Artikel Belajar dan Bermanfaat

Manfaat Daun Sukun: Daun Ajaib Melawan Kanker dan Menjaga Jantung Sehat

Loading...
Advertisement
loading...
Loading...

Advertisement
loading...

Manfaat Sukun- Siapa yang tak kenal dengan tanaman sukun? Semua pasti tahu, apalagi yang sering makan gorengan. Sukun memiliki manfaat bagi tubuh anda dan juga memiliki banyak khasiat yang sesuai judul di atas, penuh keajaiban yang dapat kita raup dalam tanaman sukun ini. Sungguh besar ciptaan tuhan, sungguh banyak manfaat ciptaan tuhan yang harus kita cari, kita gali, dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari agar semua tahu bahwa tuhan menciptaan segala sesuatu memiliki manfaat untuk seluruh alam semensta dan untuk manusia, yah kita. Maka dari itu, saatnyalah kami informasikan manfaat dan khasiat sukun yang sangat berguna bagi anda yang telah mengetahui bagaimana dampak dan arogansi penyakit jantung sebagai pembunuh no. 1 didunia ini yang banyak di takuti dan dihindari oleh seluruh masyarakat dunia. 

Kali ini, kita tidak akan berbicara mengenai gorengan sukun, tetapi kali ini kita berbicara mengenai daun sukun yang memiliki khasiat tersebut. Daun sukun yang memiliki ukuran yang sangat lebar, bercanggap menjari dan berbulu kasar. Daunnya yang tunggal, berseling, lonjong, ujung runcing, pangkal meruncing, tapi bertoreh, panjang 50-70 cm, lebar 25-50 cm, petualangan menyirip tebal, dan permukaannya yang kasar. 

Daun sukun yang memiliki nama ilmiah Artocarpus alitis (Park) Fosberg, dengan berbagai nama lain, yaitu Artocarpus communis, Artocarpus communis Forst, dan Artocarpus incisa L. f., Tahukah anda bahwa daun sukun dipercaya mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan anda, baik itu sebagai manfaat dalam antikanker, manfaat dalam antimikroba, atau manfaat atau khasiat dalam antiperadangan. Efek yang ditimbulkan daun sukun yang dapat diakibatkan terhadap adanya kandungan antioksidan dalam daun sukun. 

Baca Juga: 

Kandungan Senyawa Aktif dalam Daun Sukun

Daun sukun mengandung beberapa zat yang memiliki manfaat dan berkhasiat misalnya saponin, polifenol, asam hidrosianat, aseliticolin, tanin, riboflavin, dan fenol. Daun tanaman yang memiliki kandungan quercetin, champorol, dan artoindonesianin. Sementara itu, memiiki senyawa artoindonesianin dan quercetin merupakan kelompok senyawa dari flavonoid. 

Khasiat dan Manfaat Daun Sukun

Flavonoid Geranyl, Senyawa Antikanker
Beberapa studi yang menyatakan bahwa daun sukun memiliki manfaat dan khasiat sebagai anti kanker. Hal ini yang diduga karena kandungan yang terdapat dalam daun sukun yakni flavonoid yang didalamnya. Flavonoid berperan sebagai antioksidan yang memiliki kemampuan dalam menangkal radikal bebas dari penyebab kanker. Selain dari pada itu flavonoid demikian juga memiliki peranan yang menyebabkan adanya kematian sel kanker. 

Sebuah studi yang pernah dilakukan oleh Yuanjiang Pan, Yu Wang, Xiaoxiang Zheng, Kedi Xu, dan Lin Lin dari Departemen Rekaya Biomedis, di Universitas Zhejiang yang berada di Cina menyatakan bahwa flavonoid geranyl dari daun sukun memiliki fungsi sebagai antikanker. Flavonoid geranyl merupakan senyawa yang diisolasi dalam bentuk minyak berwarna kekuningan dan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker paru-paru dan kanker kolon. Sementara itu, menurun Song Chwan Fang, bahwa seorang ilmuwan dari Chung Hwa, University of Medical Technology, Taiwan yang menyatakan bahwa kandungan isolespeol pada daun sukun bermanfaat dalam menstimulasi kematian sel kanker. 

Hebatnya lagi, daun sukun tidaklah membahayakan organ lain yang berada dalam tubuh. Hasil penelitian yang dilakukan Fita Dwi Amira yang berada di Departemen Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia yang menunjukkan bahwa ekstrak daun sukun yang terdiri atas flavonoid 30% tidak menyebabkan dalam keracunan dalam tubuh. 

Baca Juga: 

Sitosterol dan Flavonoid, Pemelihara Kesehatan Jantung

Setelah dilakukan uji khasiat atau manfaat yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kimia LIPI bersama dengan para pakar peneliti lainnya, diketahui bahwa terdapat ekstrak daun sukun mengandung flavonoid dan sitosterol yang bermanfaat atau berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kejadian ini karena ekstrak daun sukun yang ternyata dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol yang terdapat dalam tubuh anda. 

Daun Sukun Sebagai Antimikroba

Mungkin banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa daun sukun yang dipercaya berperan sebagai antimikroba. Daun sukun diketahui mampu untuk menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan jamur Candida albicans. Hal ini dimungkinkan karena adanya kandungan flavonoid, saponin dan tanin dalam daun sukun. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Rostinawati, dkk. yang diterbitkan oleh Farmaka tahun 2009 yang menyatakan bahwa ekstrak daun sukun tersebut mampu dalam menghambat pertumbuhan jamur Candida albincans. Hasil studi yang serupa berasal dari Universita Padjadjaran yang menunjukkan ekstrak daun sukun yang mampu dalam menghambat pertumbuhan Candida albicans-jamur penyebab sariawan. 

Laporan dari penelitian lain yang dilakukan oleh Sulistiyaningsih, dkk. yang diterbitkan dalam Farmaka tahun 2009, yang menyatakan bahwa hasil yang serupa. Ekstrak daun sukun terbukti mempunyai khasiat atau manfaat dalam menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. 

Baca Juga:

Asam Hidrosianat dan Tanin, Agen Antiperadangan

Daun sukun berperan juga sebagai antiperadangan karena adanya kandungan demikian maka asam hidrosianat, aseticolin, tanin dan riboflavin yang terdapat dalam daun sukun. Senyawa-senyawa tersebut memiliki peranan sebagai antioksidan yang mampu dalam mencegah terjadinya peradangan. 

Bagian yang biasa digunakan dalam tanaman sukun dalam pengoabatan adalah buah dan daunnya. Namun yang paling sering digunakan sebagai herbal adalah daunnya. 

Manfaat Daun Sukun: Herba Daun Sukun 

1. Ramuan Obat Kanker 
Dalam membuat ramuan obat kanker dengan memanfaatkan daun sukun kering dengan menyediakannya sebanyak 20 gram, lalu 20 gram kunir putih kering, k20 gram umbi dewa kering, 10 gram sambiloto kering, lalu 5 gelas air (1 liter). Cara memanfaatkan daun sukun tersebut sebagai ramuan obat kanker adalah dengan merebus semua bahan di atas api sedang hingga tersari kedalam tiga gelas (600 ml). Kemudian minum air rebusan tiga kali sehari, yang masing-masing sebanyak 200 ml pada satu jam sebelum makan atau dua setelah makan. 

2. Ramuan untuk Kesehatan Jantung
Sebagaimana yang telah diterangkan diatas bahwa penyakit jantung adalah penyakit normor satu dunia karena banyaknya terserang dan merenggut nyawa dan juga sesuai dengan judul yang kami anggkat maka dari itu, untuk memanfaatkan atau menggunakan khasiat daun sukun dalam menjaga kesehatan jantung adalah dengan menyediakan bahan 20 gram daun sukun kering, 10 gram daun dewa kering, 10 gram daun sembung kering, dan 5 gelas air (liter). Adapun bagaimana cara membuat daun sukun tersebut adalah dengan merebus semua bahan di atas api yang sedang hingga tersari menajdi tiga gelas (600 ml). Kemudian minum air rebusan tiga kali sehari, masing-masing ke dalam 200 ml pada satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan. 

3. Ramuan Obat Sariawan 
Sariawan juga dapat anda atasi dengan menggunakan manfaat atau khasiat daun sukun dengan menyediakan 1 lembar daun sukun yang memiliki warna hijau tua kemudian cuci bersih. Cara membuat sukun sebagai obat sariawan adalah dengan tumbuk daun sukun hingga halus, tempelkan tumbukan daun sukun di bagian mulut yang mengalami sariawan. 

4. Ramuan Obat Pegal-Pegal 
Pegal-pegal, apalagi bagi anda yang memiliki aktifitas yang sangat padat dan orang yang bergelut di kota yang sangat nyentrik akan aktifitasnya yang tak pernah diam dan segala sesuatu adalah pikiran, segalah sesuatu adalah gerak dan segalah sesuatu adalah tenaga, maka biasanya pegal-pegal tak jarang selalu bagian pengisi malam anda. Maka dari itu, daun sukun dapat anda manfaatkan atau gunakan khasiatnya dengan sangat mudah, yakni sediakan bahan 1 lembar daun sukun yang berwarna hijau tua, cuci bersih sediakan 1 sdm gram, dan 2 liter air. Cara membuatnya adalah rebus daun sukun dan air hingga mendidih. Tambahkan empat liter air dan satu sendok makan garam ke dalam air hasil rebusan. Gunakan air rebusan untuk merendam kaki. 

5. Ramuan Obat Panu 
Wah-wah. Tak habis-habisnya manfaat daun sukun ini, selalu menggugah untuk kita kupas, yang mana daun sukun ternyata juga dapat digunakan sebagai ramuan obat panu dengan menyediakan 1 lembar daun sukun tua. Cara membuatnya yakni dengan remas-remas daun sukun, lalu gosok secara berulang-ulang pada bagian tubuh yang terdapat panu. Kemudian lakukan sebanyak 2-3 kali sehari. 

Baca Juga: 


http://www.artikelsiana.com/

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Daun Sukun: Daun Ajaib Pelawan Kanker dan Penjaga Jantung. Semoga teman-teman dapat menerima manfaat daun sukun ini dan dapat menambah pengetahuan akan tanaman-tanaman yang dapat anda jadikan sebagai obat alternatif atau dalam menjaga kesehatan anda terutama pada penyakit jantung. Salam Berbagi Teman-Teman.

Referensi: Manfaat Daun Sukun, Daun Ajaib Melawan Kanker dan Penjaga Jantung
  • Utami, Prapti dan Puspaningtyas, Ervira Desti. The Miracle of Herbs. Jakarta: Agromedia. 2013. hlm: 76-80. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Daun Sukun: Daun Ajaib Melawan Kanker dan Menjaga Jantung Sehat