Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday, 5 March 2023

Mengapa Briket Dapat Dijadikan Energi Alternatif

 Energi alternatif merujuk pada sumber daya energi yang berbeda dari bahan bakar fosil (seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam) yang telah lama digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi manusia. Energi alternatif diperoleh dari sumber daya alam yang dapat diperbarui, seperti sinar matahari, angin, air, biomassa, dan panas bumi.

Sumber daya energi alternatif dianggap sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan karena tidak hanya dapat diproduksi secara berkelanjutan tetapi juga lebih rendah dalam emisi gas rumah kaca dan limbah berbahaya. Selain itu, penggunaan sumber daya energi alternatif juga dapat membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan membantu meningkatkan ketahanan energi suatu negara.

Contoh dari sumber daya energi alternatif adalah tenaga surya, tenaga angin, tenaga air (hidro), biomassa, dan energi panas bumi. Energi alternatif juga dapat digunakan untuk memproduksi listrik, transportasi, dan pemanasan.

Pengaruh briket sebagai pengganti energi alternatif cukup signifikan terutama untuk daerah yang memiliki akses terbatas ke sumber daya energi yang lebih mahal seperti minyak bumi atau gas alam. Briket juga dapat dijadikan sebagai alternatif yang lebih murah dan ramah lingkungan dibandingkan dengan kayu bakar biasa atau batu bara.

Penggunaan briket sebagai energi alternatif telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Menurut laporan Global Wood Pellet Industry Market 2020, permintaan global untuk briket dan pelet kayu meningkat sebesar 11,6% pada tahun 2019, dengan permintaan tertinggi berasal dari Eropa, diikuti oleh Asia, dan Amerika Utara.

Selain itu, beberapa negara telah menerapkan kebijakan dukungan untuk penggunaan briket sebagai sumber energi alternatif, termasuk insentif fiskal dan subsidi untuk penggunaan briket, serta program pelatihan dan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran tentang keuntungan penggunaan briket.

Meskipun demikian, pengaruh briket sebagai pengganti energi alternatif masih terbatas dan belum sepenuhnya tergantikan oleh bahan bakar fosil. Namun, dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya energi alternatif dan semakin berkembangnya teknologi untuk memproduksi briket yang lebih efisien dan ramah lingkungan, penggunaan briket sebagai sumber energi alternatif dapat terus meningkat di masa depan.

Mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif

Briket adalah bahan bakar padat yang terbuat dari serbuk kayu atau limbah biomassa lainnya yang telah dipadatkan dengan tekanan tinggi dan tanpa menggunakan bahan perekat. Briket dapat dijadikan energi alternatif karena memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  1. Ramah Lingkungan: Briket terbuat dari limbah biomassa seperti serbuk kayu, sekam padi, serbuk gergaji, sabut kelapa, dan lain sebagainya. Penggunaan briket dapat mengurangi limbah biomassa yang dibuang ke lingkungan sehingga mengurangi polusi dan kerusakan lingkungan.
  2. Efisien: Briket memiliki daya bakar yang tinggi dan konsumsi energi yang rendah. Dalam hal ini, briket lebih efisien dibandingkan dengan kayu bakar biasa.
  3. Harga Terjangkau: Harga briket lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi.
  4. Mudah Didapatkan: Bahan baku untuk membuat briket mudah didapatkan dan tersedia secara melimpah di alam.
  5. Tidak Memerlukan Penanganan Khusus: Briket dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama tanpa memerlukan penanganan khusus. Briket juga tidak mudah terbakar dan aman untuk disimpan di dalam ruangan.

Dengan keunggulan-keunggulan di atas, maka briket dapat dijadikan sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan, efisien, terjangkau, mudah didapatkan, dan tidak memerlukan penanganan khusus.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul yakni Mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Mengapa Briket Dapat Dijadikan Energi Alternatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin