Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 28 July 2016

30 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda

Jangan cuma tahu enaknya buah nanas, tapi tahu juga dong manfaat buah nanas. Tentu buah nanas selain rasa asam manis menyegarkan, ternyata memiliki manfaat. Manfaat buah nanas dapat terjadi karena kandungan senyawa berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh anda. 

Khasiat buah nanas dengan kandungan vitamin C, vitamin B1, Vitamin A dan Vitamin B2, potassium, kalsium, niacin, zat besi dan juga protein yang memiliki manfaat untuk regenerasi kulit dan manfaat untuk mengatasi kulit berminyak. 

Nanas atau Ananas comosus (L) Meer yang kerap dikonsumsi sebagai buah segar yang tumbuh dan berbuah didataran tinggi hingga 1000 mdpl. Tanaman yang tidak menyukai air yang menggenang. 

Manfaat buah nanas kini belum banyak masyarakat yang mengetahui dan menyadari bahwa buah nanas memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan dibalik rasa yang lezat. Tak jarang banyak mengendus bahwa buah nanas sebagai penyebab keputihan sehingga banyak perempuan mengasingkan diri dari buah nanas yang membuat manfaat buah nanas tidak atau kurang didapatkan khasiatnya oleh kalangan wanita. 

Padahal, riset terkini menunjukkan bahwa nanas memiliki senyawa berkhasiat sarat dengan antioksidan dan fitokimia dengan macam-macam manfat dan khasiat misalnya untuk mengatasi penuaan dini, serangan jantung, penghalau stress, wasir dan kanker. 

Buah nanas merupakan buah tropis yang berasal dari Paraguay dan Brazil Selatan. Kulit keras berwarna hijau dan jika masak warnanya kuning, berlapis lilin. Buahnya yang berupa buah buni majemuk; berbentuk silindris; diamter 10-20 cm; panjang hingga 30 cm; dengan berat berkisar antara 1,5-5 kg, buahnya berdaging; berwarna kuning muda; berair; rasanya asam sampai manis; baunya harum; bagian tengah berserat. Bijinya kecil, dan seringkali tidak jadi. 

Manfaat Buah Nanas Sebagai Sumber Antioksidan 
Buah yang mengandung vitamin C dan vitamin A (retinol) masing-masing sebesar 24,0 miligram dan 39 miligram dalam setiap 100 gram bahan. Kedua vitamin yang memiliki khasiat antioksidan mampu melindungi dari serangan penyakit, baik itu penuaan diri, kanker hingga jantung koroner.

Manfaat antikosidan dalam buah nanas diperankan dari kandungan vitamin C dan A yang menghambat laju oksidasi molekuler target, yang menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh yang diyakini sebagai dalang atau provokator dari berbagai penyakit. 

Setiap hari sel-sel tubuh terkena dengan kerusakan oksidatif. DNA yang menjadi pusat dari informasi genetika dapat menjadi contoh dari setiap hari mendapat tak kurang 10.000 pukulan oksidatif. Tidak hanya itu, molekul lain misalnya lemak dan protein amat rentan terhadap kerusakan oksidatif. 

Tubuh manusia sangat mudah dengan pengaruh radikal bebas dari sinar ultraviolet, bahan pengawet makanan dan asap bermotor. Buah nanas dalam hal ini menjawab dengan segala tantangan yang bersumber kandungan   dimana hasil penelitian ilmiah menujukkan senyawa fenolik misalnya myricetin, quercitin, tyramine, dan ferulic acid, membuat manfaat buah nanas mampu meredam reaksi radikal bebas dalam tubuh dan lebih lanjut manfaat buah nanas untuk mencegah penyakit kanker. 

Begitupula masalah atau penyakit katarak, buah nanas memiliki manfaat untuk terhindar dari katarak yang mana vitamin antioksidan misalnya asam askorbat dan beta-karotenoid dapat menstabilkan membran sel lensa (mata) dan mempertahankan konsentra glutation tereduksi. Dengan demikian, berkhasiat mencegah reaksi oksidasi lipid pada membran sel lensa dan akhirnya tentu saja bermanfaat terhindar dari katarak atau penyakit mata. 

Manfaat buah nanas untuk mempercepat penyembuhan luka operasi serta pembengkakan dan nyeri sendi dari kandungan bromelin sehingga buah nanas memiliki manfaat demikian. Tidak hanya itu manfaat buah nanas, juga memiliki manfaat menderita wasir atau ambeien dianjurkan mengonsumsi buah nanas 4-5 kali setiap hari karena bromelinnya dapat menghentikan pendarahan dan serat yang dikandung dapat memperlancar buang air besar. 

Kandungan Nutrisi dan Zat Berkhasiat

Buah sumber vitamin (A, B1, B2, dan C), mineral (kalium, mangan tembaga, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium), fruktosa, glukosa, sukrosa (gula tebu), karoten, asam nikotinik, serat, asam organik, dan enzim bromelain. 

Lagi-lagi Bromelain berkhasiat membantum mencernakan protein dan memperbaiki gangguan lambung. Bromelain berkhasiat mengurang peradangan (antiinflamasi) dan pembengkakan, menganggu pertumbuhan sel knker, antibakteri, mempunyai aktivitas fibrionolitik, menghambat agregasi trombosit (platelet), melarutkan dahak pada saluran napas (misalnya pneumonia dan bronkhitis). 

Khasiat antiradang buah nanas dimanfaatkan sebagai suplemen makanan untuk manfaat tubuh yakni mempercepat pertumbuhan luka atau mengurangi rasa nyeri (misalnya rheumatoid arthritis, trauma, gout, memar). 

Jika mengonsumsi buah nanas secara teratur, tentu memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan dan jaringan parut pada pembuluh darah arteri dimana kelanjutannya adalah bermanfaat mengurangi peradangan dan memperbaiki penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler). 

Manfaat buah nanas juga meningkatkan antibiotika di serum bila mengonsumsi secara bersamaan. Mempermudah buah air besar dimana manfaat buah nanas untuk penderita sembelit atau diare. 

Kandungan buah nanas yaitu mangan merupakan mineral untuk kecantikan tubuh atau kulit dan menguatkan tulang, dan tulang rawat anda yang tentu saja manfaat buah nanas untuk pencegahan dan mengatasi osteoporosis dan mengencangkan kulit, mengatasi jerawat dan memperhalus kulit.

30 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda

Buah nanas muda rasanya asam berkhasiat dan bermanfaat untuk diuretik, peluruh haid, peluruh dahak dan pencahar. Khasiat penghambatan penggumpalan trombosit dan aktivitas fibrinolitik memiliki manfaat untuk mencegah aterosklerosis, penyakit jantung koroner dan stroke berkurang. 

Kesimpulan: Jika Teman-Teman Menyimak atau Membaca secara Menyeluruh penjelasan diatas  tentu kesimpulan yang dapat kita tarik untuk menyederhanakan Apa sih manfaat buah nanas itu ?... dan tentu kiranya kesimpulan admin dan teman-teman memiliki kesamaan dalam manfaat buah nanas seperti dibawah ini....

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda

1. Mencegah dan mengatasi penyakit jantung
2. Mencegah dan mengurngi stroke
3. Mengatasi sembelit
4. Mengatasi diare 
5. Peluruh haid, 
6. Bermanfaat untuk peluruh dahak 
7. Bermanfaat untuk diuretik 
8. Mengurangi peradangan 
9. Memperbaiki gangguan lambung 
10. Mencegah penyakit kanker
11. Antibiotika 
12. Pertahanan terhadap radikal bebas
13. Mencegah penuaan dini 
14. Penghalau stress
15. Untuk wasir
16. Mencegah penyakit katarak 
17. Mempercepat pertumbuhan luka 
18. Mengurangi nyeri dan peradangan 
19. Mengatasi radang teonggorokan 
20. Mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi)
21. Menurunkan demam
22. Mencegah dan mengatasi Osteoporosis
23. Bermanfaat untuk peluruh kencing 

Manfaat Buah Nanas Untuk Kecantikan 

Manfaat buah nanas untuk perawatan kecantikan, nanas bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan untuk meregenerasi kulit. Kandungan bromelin yang terdapat dalam buah nanas bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati secar aalamiah, juga dapat menghaluskan kulit sekaligus menegah sembap dan gatal-gatal. 

24. Manfaat Buah Nanas Untuk Sebagai Pembersih
Haluskan buah nanas segar dengan blender atau diparut. Setelah itu oleskan pada kulit. Biarkan selama beberapa menit, setelah itu bersihkan dengan menggunakan air dingin. 

25. Manfaat Buah Nanas Untuk Meluruhka Sel-Sel Kulit dan Menyegarkan Kulit 
Kupas dan bersihkan nanas, lalu potong-potong secukupnya menurut kebutuhan. Gosokkan potongan nanas tersebut ke kulit dengan daging buah menghadap ke kulit. Gosok ke seluruh tubuh dan biarkan beberapa menit. Lalu bilas bersih. 

26. Manfaat Buah Nanas Untuk Masker Penghalus Kulit
Campurkan nanas bersama pepaya, lalu halus dan blender. Setelah itu oleskan pada kulit. Biarkan selama beberapa menit, setelah itu bersihkan dengan menggunakan air dingin. 

27. Manfaat Buah Nanas Untuk Toner Buatan Sendiri 
Campur 2 gelas jus nanas dan 1 gelas air hangat. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol penyemrot dan semprotkanlah sesuai kebutuhan anda, jika sudah digunakan simpan sisanya dikulkas. 

28. Manfaat Buah Nanas Untuk Menghaluskan Kaki
Dengan menyediakan 1 gelas jus nanas, 1/4 gelas cider vinegar atau cuka apel dan 1 butir telur. Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu dengan mencampurkan jus nanas dengan cider vinegar dan kuning telur di baskom. Rendam kaki dalam ramuan tersebut selama 10 menit. Bilas dengan air hangat. Lalu kemudian keringkan dengan handuk. 

29. Manfaat Buah Nanas Melembutkan dan Menghaluskan Kulit Wajah
Parut atau haluskan buah nanas yang telah dikupas secukupnya, lalu oleskan pada kulit wajah dan leher, hindari daerah sekitar mata. Biarkan hingga mengering. Setelah itu keringkan dan bersihkan dengan air dingin. 

30. Manfaat Buah Nanas Untuk Menghaluskan Kulit Bibir
Sinar matahari menyebabkan dehidrasi pada kulit bibir, untuk mengatasi hal demikian anda dapat memanfaatkan buah nanas dengan menggosokkan pada kulit bibir dengan seiris nanas. Selain itu, irisan buah nanas segar manfaat untuk menjaga kulit bibir tetap halus dan kenyal. Untuk mendapatkan hasil yang baik. Oleskan lip balm sesudah itu untuk mempertahankan kelembapan kulit bibir. 

Baca Juga:


Demikianlah informasi mengenai Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih

Referensi: Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda
  • Surtiningsih. Cantik Dengan Bahan Alami. Jakarta: Gramedia, 2005.
  • Sehat dengan Makanan Berkhasiat. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2008. 
  • Suhanda, Irwan. Rahasia Sehat Dengan Makanan Berkhasiat. Jakarta: Buku Kompas, 2009. 
  • Dalimartha, Setiawan dan Adrian, Felix. Khasiat Buah dan Sayur. Jakarta: Penebar Swadaya, 2011.

30 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin