Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 26 July 2016

24 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh Anda dan Lihat Cara Pembuatan yang Begitu Mudah dan Cepat...

Semua tentu kenal dengan susu kedelai, tapi apakah anda kenal dengan manfaat susu kedelai dan cara membuatannya ?.. Kali ini info Manfaat susu kedelai secara terperinci yakni manfaat susu kedelai mulai dari untuk kesehatan anak, bayi, ibu hamil dan bagi semua orang dan juga bisakah susu kedelai dimanfaatkan sebagai resep alami perawatan kecantikan tubuh. 

Meski masyarakat telah sejak lama mengkonsumsi makanan dari kedelai, namun sadar akan manfaatnya mungkin tak sebanding dengan banyaknya yang telah mengkonsumsi susu kedelai. Kandungan gizi yang sedimikian rupa dan sedemikian tingginya dapat mengatasi berbagai penyakit mulai dari penyakit ringan hingga penyakit nomor 1 yaitu penyakit jantung. 

Sebagai penikmat cerdas, baiknya kita mengetahui dan mengenal manfaat susu kedelai bukan hanya sekedar meminumnya karna rasanya dan hanya sebatas mitos tentang manfaat susu kedelai, namun benar-benar mengenal manfaat susu kedelai. Susu kedelai dapat dijadikan sebagai pengganti santan yang kita tahu memiliki kandungan lemak yang banyak karena manfaat susu kedelai kaya protein dan miskin kandung lemak. 

Manfaat Susu Kedelai

Menurut Shen Nung pada tahun 1838 SM, tanaman yang pertama dibudidayakan dimuka bumi adalah kedelai, yaitu sejak 1500 tahun SM. Berbagai jenis dan varietas kedelai yang sekarang ini diduga berasal dari jenis kedelai liar yang nama ilmiahnya Glicine ururiencis. Dimana saat ini, kedelai yang telah umumnya dibudidayakan petani memilih nama ilmiah Glicine max (Linn.) Merrill. 

Di Cina, telah mampu menganalisis kandungan gizi makanan kedelai, sebelum para ahli kimia datang. Di Cina memberi gelar manfaat susu kedelai dengan sebutan sapi cinta dan daging tanpa tulang. Tidak hanya itu, sebagian masyarakat cina juga menyebut kedelai sebagai ta-tou atau kacang ajaib, dan Ie diamant de terre atau permata bumi. 

Wajar saja, karena selain sebagai bahan berbagai produk pangan, kedelai pun dimanfaatkan berbagai industri lainnya seperti tinta, plastik, cat, antibiotik, pakan ternak, sabun, bahan bakar ramah lingkungan, dan lem. 

Teman-teman juga perlu ketahui, diantara jenis kacang-kacangan, kedelai merupakan sumber protein, lemak, vitamin, mineral dan serat yang paling baik. Selain itu, dalam lemak kedelai, terkandung beberapa fosfolipida yang sangat penting yaitu lipositol, lesitin dan sepalin. 

Kedelai dalam hal ini juga susu kedelai diyakini dapat menyembuhkan penyakit seperti diabetes, ginjal, anemia, rematik, diare, hepatitis dan hipertensi. Kandungan yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Susu kedelai banyak dikenal sebagai alternatif pengganti susu sapi. Susu kandungan protein tinggi lebih murah dan komposisi susu kedelai hampir sama dengan susu sapi maupun ASI. 

Bagi anda yang mengalami intoleransi laktosa, pilihan yang dapat anda jatuhkan adalah dengan memilih susu kedelai yang sebagai susu nabati berbahan kedelai wajib anda minati dan tentu saja bebas dari kolesterol. 

Karena kandungan protein yang tinggi dan secara umum memiliki kandungan vitamin B2, niasin, piridoksin, dan golongan vitamin B ynag tinggi dan kaya vitamin E dan K.

24 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh Anda dan Lihat Cara Pembuatannya

Masalah aroma yang timbul itu karena enzim lipksigenase yang alami pada kacang kedelai, namun hal demikian dapat diatasi. Kandungan lengkap dari kedelai dapat anda lihat dibawah ini dalam takaran 100 gram..

Kandungan Energi dan Zat Gizi Kedelai per 100 gram


Berdasarkan pendapat Food And Drug Administration (FDA), manfaat susu kedelai untuk kesehatan adalah mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi risiko serangan jantung, mengurangi keluhan yang timbul dari menopause, mengurangi risiko kanker payudara, karena kadnungan dari isoflavon, dan membantu mencegah osteporosis.

Manfaat Susu Kedelai Sebagai Estrogen Nabati Yang Sakti
Salah satu manfaat susu kedelai yaitu menjaga kestabilan tubuh, manfaat ini dapat terjadi karena kandungan isoflavonnya. Isoflavon yang dijuluki dengan estrogen nabati yang berfungsi dalam mendorong metabolisme estrogen. Hingga diantaranya dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis kanker misalnya kanker prostate, isoflavon yang dapat berfungsi dalam melakukan regulasi untuk menghambat pertumbuhan kanker. 

Manfaat susu kedelai ini pada kandungan isoflavon sangat bermanfaat bagi wanita terkhusus kepada wanita yang memasuki masa monopause. Isoflavon berfungsi mengurangi rasa nyeri, meningkatkan kepadatan tulang (mencegah osteoporisis). 

Dalam aspek psikologi bagi wanita atau perempuan, tentu bermanfaat dalam keharmonisan rumah tangga. 

Manfaat susu kedelai pada pria dimana kandungan isoflavon dalam susu kedelai dalam penelitian menyebutkan bahwa pria yang minum 2 gelas susu kedelai setiap hari menunjukkan risiko kanker prostat 70% lebih rendah. 

Maka, dengan mengkonsumsi isoflavon dapat menurunkan risiko kanker, diabetes militus, mirgran dan penuaan dini.

24 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh Anda dan Lihat Cara Pembuatannya
Manfaat Susu Kedelai Sebagai Alternatif Pengganti Santan 
Santan memiliki kandungan lemak jenuh atau lemak yang tak baik bagi tubuh karena dapat berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan lemak dalam kedelai atau biasa disebut dengan lemak tak jenuh yang terkandung didalamnya yaitu asam omega 3 bermanfat dan berkhasiat dalam menurunkan kadar lemak darah (kolesterol dan trigliserida), mencegah pembekuan darah dari butir-butir pembekuan darah (trombosit), dan mencegah penyumbatan pembuluh darah arteri, efek dari manfaat susu kedelai yaitu tentu menjaga dan melindungi jantung dan pembuluh darah. 

Manfaat Susu Kedelai Sebagai Kaya Serat Pangan
Susu kedelai aman dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi atau tinggi kolesterol dan juga bermanfaat dalam masalah kesehatan atau meningkatkan kesehatan pencernaan karena tingginya kandungan gizi serat pangan susu kedelai ini. 

Susu kedelai pula tidak memiliki kandungan laktosa susu yang banyak terdapat pada susu sapi, sedangkan susu kedelai lebih bersahabat dan sangat bermanfaat dan berkhasiat bagi pencernaan anda. 

Manfaat Susu Kedelai Menurut Prof H.M. Hembing 
Berdasarkan pendapat dari prof H.M. Hembing ketua umum HIPTRI (Himpunan Pengobat Tradisional dan Akupunktur Se-Indonesia, menyatakan bahwa susu kedelai, menyehatkan dan mencegah penyakit jantug, lever, arteroklerosisi, mencegah kerusakan gigi, kanker, radang lambung kronis, anemia, rematik, tekanan darah tinggi, dan meningkatkan stamina serta dll. 

Manfaat Susu Kedelai Menurut Prof. Dr. Hiromi Shinya M.D. 
Manfaat meminum susu kedelai adalah bagi anak yang memiliki alergi terhadap mengonsumsi susu sapi, hal ini terjadi karena ibu hamil meminum susu yang terlalu banyak dan anaknya cenderung lebih mudah terjangkit dermatitis atopic (alergi), maka sebagai alternatif pilihan untuk terus meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal, susu kedelai dapat menjadi pilihan anda sebagaimana penuturan diatas mengenai kandungan energi dan zat gizi dari susu kedelai. 

Kesimpulannya: Dari berbagai penuturan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa manfaat susu kedelai sangat bermanfaat bagi anak, bayi, ibu hamil, pria, dan juga terhadap lansia. Oleh sebab itu, baiknya kita memaparkan manfaat susu kedelai yang telah disebutkan diatas.
24 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh Anda dan Lihat Cara Pembuatannya

Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh Anda

1. Manfaat untuk mencegah kerusakan gigi
2. Manfaat untuk mencegah dan mengobati radang lambung kronis
3. Manfaat untuk mencegah dan mengobati anemia
4. Manfaat utnuk mencegah dan mengobati osteoporis 
5. Manfaat untuk mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi) 
6. Meningatkankan stamina
7. Manfaat untuk mencegah dan mengobati arteroklerosis
8. Manfaat untuk mencegah lever
9. Manfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung
10. Sebagai susu alternatif 
11. Manfaat untuk pembuatan santan 
12 Manfaat untuk mencegah dan menyehatkan sistem pencernaan 
13. Manfaat untuk mencegah dan menurunkan kolesterol dan gliserida 
14. Manfaat sebagai bahan diet 
15. Manfaat untuk melindungi dan menyehatkan pembuluh darah 
16. Manfaat untuk mencegah dan menyehatkan penyakit stroke
17. Manfaat untuk mencegah dan mengobati diabetes militus
18. Manfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit migran (sakit kepala) 
19. Manfaat sebagai media kecantikan karena dapat mencegah penuaan dini 
20. Manfaat untuk meningkatkan keharmonisan rumah tangga
21. Manfaat untuk mengurangi risiko kanker payudara
22. Manfaat untuk mengurangi risiko kanker prostat bagi pria 
23. Manfaat untuk metabolisme estrogen 
24. Manfaat untuk mencegah dan menyembuhkan kanker 

Setelah manfaat susu kedelai, tak lengkapnya rasanya jika tak menyuguhkan cara membuat susu kedelai yang dapat anda lihat dibawah ini...

Cara Membuat Susu Kedelai

Bahan 
  • 250 gram kacang kedelai, cuci bersih
  • 1500 ml air
Cara membuat
  • Rendam kedelai dengan air hangat selama 24 jam. Setelah mekar, cuci bersih dan buang kulitnya 
  • Blender dengan air sampai benar-benar halus. Saring. Rebus dengan api sedang dan aduk-aduk sampai mendidih, jangan sampai meluap
  • Setelah dingin saring dengan kain katun yang berih
  • Susu kedelai siap digunakan

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai 24 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh Anda dan Lihat Cara Pembuatannya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. 

Referensi: 24 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh Anda dan Lihat Cara Pembuatannya
  • Suprapti, Lies. Kembang Tahu dan Susu Kedelai. Yogyakarta: KANISIUS, 2005.
  • Susianto. The Miracle of Vegan: Pola Hidup Sehat Ala Vegetarian Murni. Jakarta Selatan: QANITA, 2010. 
  • Muaris, Hindah. Kue Basah Susu Kedelai: Tinggi Protein & Rendah Kolesterol. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006. 
  • Ihsan, Adib. Usaha Camilan: Modal <1 juta Balik Modal 1 Bulan. I. Yogyakarta: Pusataka Grhatama, 2010. 
  • Mudjajanto, Eddy Setyo dan Kusuma, Fauzi. Susu Kedelai: Susu Nabati Yang Menyehatkan. Jakarta: AgroMedia Pustaka, 2005. 
  • Amrin, Totok. Susu Kedelai. Jakarta: Niaga Swadaya, 2010. 

24 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh Anda dan Lihat Cara Pembuatan yang Begitu Mudah dan Cepat... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin