Artikel Belajar dan Bermanfaat

Wednesday 12 October 2016

Manfaat Kacang Merah Turunkan Kolesterol dan Diabetes. Caranya ?..

Kacang merah, iyah. Jenis kacang yang biasa kita konsumsi memiliki banyak manfaat khususnya menurunkan kolesterol dan penderita diabetes. Kacan merah yang tergolong sebagai makan yang tinggi serat yang biasa dijadikan sebagai campuran beberapa menu makanan seperti sob, beras, salad dan topping. Namun sayangnya, mereka hanya sebatas tahu mengenai kacang merah ini dan banyak yang menghindarinya karena memicu kenaikan berat badan dan mengandung gas. Tetapi terlepas dari efek yang ditimbulkan kacang merah sebagai dikatakan diatas memiliki manfaat untuk mencegah turunnya kolesterol dan bagi penderita diabetes. 
 
Kacang merah yang digolongkan sebagai makanan nabati yang memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol dan gula darah dari berbagai kandungan yang terdapat didalam si Kacang Merah ini. Kacang merah dari kelompok polong (legume) yang satu keluarga dengan kacang hijau, kacang tolo, kacang uci dan kacang kedelai. Kacang merah biasa kita konsumsi dalam bentuk kacang polong kering, sehingga harus benar-benar masak berupa kacang kering. Kacang merah kering adalah sumber yang andal untuk karbohidrat kompleks, serat, vitamin B (khususnya asam folat dan vitamin B1), zat besi, protein, kalsium dan fosfor. 
Kacang merah dicerna secara lambat yang menyebabkan gula darah meningkat perlahan-lahan sehingga insulin, hormon pengatur metabolisme karbohidrat, yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan kebanyakan makan yang kaya akan karbohidrat. Sehingga kacang merah bermanfaat untuk menjadi makanan yang penting terutama untuk mereka yang menderita dibates dan orang yang berisiko tinggi mengidap diabetes. 
 
Kacang Merah Mampu menurunkan kadar kolesterol darah hingga 10 persen pada penderita Hiperkolesterolemia. Jadi, Kacang merah dapat menjadi makanan penting, khususnya mereka yang menderita diabetes dan yang berisiko tinggi mengidap diabetes. 
 
Sisi "buruk Kacang Merah 
Di samping memiliki komposisi zat gigi yang bermanfaat bagi kesehatan, acang merah, sebagaimana kacnag polong lainnya, mengandung beberapa komponen nongizi yang secara tradisional masih dianggap sebagai zat anti gizi-anti bersifat menghambat penyerapan beberapa zat gizi dan bersifat merupakan kesehatan misalnya asam fitat, tanin, tripsin, inhibitor, oligosakarida. 
 
Asam fitat tergolong sebagai zat antigizi karena memiliki bentuk dengan ikatan kompleks zat besi atau mineral lain, misalnya seng (zinc), kalsium, dan magnesium yang memiliki bentu tidak larut dan sulit diserap oleh tubuh. Tanin dapat juga menghambat penyerapan zat besi dan menganggu kerja enzim akibat dari terbentuknya ikatan kompleks protein-tanin. Tripsin inhibitor yang mengganggu pencernaan protein. 
 
Sedangkan untuk oligosakarida, gula kompleks yang lebih tepatnya rafinosa dan stakhiosa yang mampu dicerna oleh usus, bertanggung jawab terhadap produksi gas usus dan menyebabkan perut kembung. 
 
Dalam mengurang gas yang terdapat pada usus dari oligosakarida kacang merah, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan. Sehabis kacang merah direndam, buanglah air rendamannya, rebusdengan air yang banyak dalam panci berpenutup selama tiga menit, kemudian biakan terjadi selama dua jam. Buang air rebusan tersebut, tambahkan air baru pada suhu kamar hingga kacang merah tersebut benar-benar terendam. Sesudah dua jam, buang kembali air itu: tambahkan lebih banyak air dan biarkan terendam semalam. 

Zat-zat antigizi di atas memang mempunyai efek yang merugikan bagi kesehatan. Akan tetapi, riset mutakhir menunjukkan bahwa terdapat beberapa zat yang ternyata memiliki efek menguntungkan pula bagi kesehatan. Asam fitat, misalnya dapat menurunkan risiko kanker usus besar dan mungkin kanker payudara. Rendahnya IG kacang merah, selain berhubungan dengan faktor karbohidrat kompleks dan seratnya, yang juga berkaitan dengan asam fitat dan taninnya. 

Sementara oligosakarida yang dianggap memiliki efek penting serupa dengan serat larut dalam usus. Ia merupakan prebiotik yang penting yang memperbaiki flora bakteri pada usus besar sehingga dapat meningkatkan kesehatannya, memperpanjang umur dan menurunkan risiko terkena kanker usus besar. Peran yang dihasilkan dari oligosakarida dalam peningkatan perkembangbiakan bakteri bifido pada usus besar masih terus diteliti.

Baca Juga:

 
Manfaat Kacang Merah Turunkan Kolesterol dan Diabetes. Caranya ?..
Demikianlah informasi mengenai Manfaat Kacang Merah Turunkan Kolesterol dan Diabetes. Semoga dapat diterima dan bermanfaat bagi kita semua bahwa terlepas dari efek samping yang ditimbulkan oleh kacang merah yakni naiknya berat badan, tapi disamping itu pula memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol dan diabetes sehingga kacang merah dapat digunakan sebagai salah satu cara atau menyediakan kacang merah dalam beberapa menu makanan anda untuk manfaat yang disajikannya, tidak hanya manfaat menurunkan kolesterol dan diabetes tapi masih banyak lagi. Sekian dan terima kasih. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman
 
Referensi: Manfaat Kacang Merah Turunkan Kolesterol dan Diabetes
  • Irwan Suhanda. Rahasia Sehat dengan Makanan Berkhasiat. 2009. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara

Manfaat Kacang Merah Turunkan Kolesterol dan Diabetes. Caranya ?.. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin