Artikel Belajar dan Bermanfaat

Manfaat Makan Jengkol: Si Bau yang Kaya Manfaat

Advertisement
loading...
Loading...

Advertisement
Loading...
loading...

Jengkol, yah jengkol yang pada kali ini, kami ingin menyajikan manfaat jengkol. Walau terdengar sedikit melucu, tapi kami akan menyakinkan teman bahwa jengkol memiliki manfaat untuk tubuh anda. Jengkol sendiri atau bagi kita seluruh masyarakat Indonesia, sudah tak lagi asing mendengar sayuran ini. 

Ada yang menyukai dan bahkan setiap hari, selalu saja ada sayuran ini. Tapi ada juga yang tak menyukai sayuran jengkol, dan bahkan belum mencobanya, sudah jauh meninggalkan sayuran ini, malang kali nasip kau jengkol. 

Baca Juga:

 
Manfaat jengkol, kami dan para penikmat jengkol tentunya berharap, agar tidak memandang sebelah mata jengkol, nampak dari luar adalah sayuran yang sangat kampungan tapi disisi lainnya, jengkol memiliki manfaat yang dapat mengubah pandangan teman-teman atau anda dan mungkin jengkol akan selalu tersaji di atas meja anda. Begitupula untuk yang memang telah menyukai jengkol ini, namun tak tahu menahu bahwa jengkol memiliki manfaat, kami berharap "janganlah jadi penyuka tapi jadilah penikmat". 

Jengkol 

Jengkol adalah sayuran khas Indonesia. Tanaman leguminoceace yang berasal dari Asia Tenggara mempunyai nama botani Pithecellobium jiringa. Jengkol muda, umumnya bisa dimakan mentah, sedangkan untuk jengkol yang telah harus dimasak terlebih dahulu. Seorang yang akan makan jengkol memiliki urine yang berbau belerang, 

Baca Juga:

Hal demikian dapat katakan bahwa jengkol mengandung belerang. Aroma belerang yang muncul merupakan akibat dari degradasi asam amino bersulfur menjadi komponen yang lebih kecil. Asam amino bersulfur merupakan komponen penyusun protein yang paling dominan pada jengkol. Maka dari itu, aroma yang ada pada jengkol, dapat dikatakan cukup menyengat. 

Gizi dan Manfaat Jengkol 

1. Kaya Protein 

Sekali lagi, janganlah memandang sesuatu dari satu sisi, itulah jengkol. Walaupun menimbulkan bau tak sedap, jengkol tetaplah bergizi tinggi sebergizi bau yang kalian alami. Kandungan proteinnya yang demikian besar, bahkan melebihi protein nabati yang terkandung dalam tempe. Tubuh memerlukan protein dimana sepanjang waktu untuk membangun sel baru dan mengganti sel tubuh yang telah aus. 

Peringatan: 
Jika pikiran anda berubah dan ingin menikmati jengkol, ada beberapa hal yang kami ingin sampaikan untuk anda yang ingin menikmati manfaat jengkol, yakni jengkol harus dimasak terpisah, terpisah dari sayuran lainnya. 

Sepanjang hidup manusia, sudah barang tentu memerlukan asupan protein, terlebih lagi manfaat jengkol dengan kekayaan proteinnya. Protein memiliki manfaat untuk pembentukan enzim dan hormon. Protein juga sangatlah bermanfaat didalam menjaga imunitas tubuh dan membantu kerja otak. Kekurangan protein akan menyebabkan penurunan daya pikir dan konsentrasi anda. 

2. Kaya Kalsium 

Jengkol mengandung kalsium dalam jumlah cukup banyak. Jika kita makan 100 gram jengkol, kita telah memenuhi seperlima dari kebutuhan kalsium harian individu dewasa. Jika and alergi susu atau menghindari produk hewani, untuk mencukupi kebutuhan kalsium, anda dapat memilih sayuran atau buah yang memiliki manfaat akan kekayaan kalsium.

3. Mencegah Anemia 

Tahukah anda Anemia?, sudah basi jika kami ingin menjelaskan penyakit yang kini marak terjadi dimasyarakat. Tapi fokus kita pada kali ini, manfaat jengkol yang mampu mencegah Anemia. Jengkol merupakan jenis kacang-kacangan yang umumnya mengandung vitamin C. 

Kecukupan vitamin C, memiliki manfaat untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh defisiensi zat besi. Di dalam tubuh, vitamin C akan melakukan reduksi ion feri menjadi fero yang kemudian akan diserap oleh tubuh. 

Selain dari pada itu, vitamin C memiliki manfaat untuk mengobat folat ke asam folinat dimana memiliki manfaat untuk tubuh. Berkaitan dengan anemia, ketersediaan asam folat akan meningkatkan serapan zat besi yang bermanfaat untuk pembentukan butir darah merah. Jika produksi darah merah normal, tidak akan terjadi anemia megalobastik yang disebabkan defisiensi folat. 

Baca Juga:

Efek Negatif Jengkol: Dibalik Manfaat, Efek Samping pun tak luput

Terlepas dari manfaat makan atau mengonsumsi jengkol begitu meriah, akan tetapi jengkol juga memiliki sisi negatif yang tentu saja segala sesuatu tak terlepas akan hal itu. Mungkin anda pula telah sering mendengar yang keracunan memakan jengkol? jengkol bukan makanan beracun, sekali lagi jengkol bukanlah makanan beracun. Namun, dalam kondisi tertentu, jengkol dapat menjadi beracun bagi tubuh. Jengkol dapat beracun dikarenakan karena jengkol mengandung asam jengkolat yang tinggi, sehingga menyebabkan darah teracun. 

Keracunan jengkol tidak terjadi secara merta, melainkan terdapat tenggang waktu. Umumnya, tanda-tanda keracunan akan muncul 2-5 jam setelah mengonsumsi jengkol. Gejala demikian diawali dari keracunan jengkol yang berupa pusing, mual dan sakit bila kencing. 

Jika gejala-gejala tersebut masih berlanjut hingga 5-12 jam berikutnya, penderita akan mengalami kencing darah dan umumnya berakhir dengan kematian. Untuk mengurangi gejala keracunan sebaiknya and tidak makan jengkol liar yang diolah sendiri. Jengkol yang umumnya dijual di pasar merupakan dipanen dari jengkol yang aman. 

Jika teman-teman saat makan jengkol anda mengalami pusing, hentikanlah untuk menghindari keracunan. Sesegera mungkin untuk meminum air sebanyak-banyaknya untuk meluruhkan asam jengkolat yang dapat masuk ke tubuh anda sebelum bereaksi. 

Perhatian: 
Agar tak menerima atau tak terkena keracunan jengkol dengan memilih jengkol yang ingin digunakan atau ingin dikonsumsi, memasak yang betul , jangan langsung tangcap aja. kemudian jangan terlalu sering, walau ketagihan. 

Baca Juga:

Kandungan Jengkol 

Manfaat Makan Jengkol: Si Bau yang Kaya Manfaat
Dari urain manfaat jengkol diatas, tidak perlulah teman-teman heran atau kaget melihat dan menganggap bahwa penyampaian kami adalah bualan. Namun, senyata-nyata yang kami sampaikan adalah benar adanya. Dari sumber-sumber referensi buku yang kami temukan dan dapat kami lampirkan untuk pembutian manfaat jengkol, yang bagi penyuka jengkol untuk saatnyalah menikmatilah jengkol, dan untuk yang tak menyukai jengkol sedari dinilah, atau saatnyalah menyukai dan menuju menikmati jengkol karena manfaat jengkol berlandaskan dari gizi yang ada dalam jengkol seperti yang dapat anda lihat dibawah ini... 


Baca Juga: 

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengobati Beragam Penyakit
Cara Membuat Masker Jeruk & Manfaat Untuk Wajah
Penyakit Herpes: Penyebab, Gejala & Cara Mengobati Penyakit Herpes
43 Manfaat Air Kepala: Manfaat Bagi Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda

Manfaat Makan Jengkol: Si Bau yang Kaya Manfaat
Manfaat Jengkol

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Makan Jengkol: Si Bau yang Kaya Manfaat. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua, berbagai informasi kami, jika teman-teman merasa ada yang tersinggung atau tersakiti akan tulisan kami, maka wajar, kami memang ingin menyinggung dan ingin menyakiti anda. Santai mas bro. Ini hanya informasi buat teman-teman untuk sebagai referensi atau ingin mencobanya sendiri. Sekali lagi, semoga dengan artikel ini, jengkol akan semakin laku dipasaran. Hidup sayuran SNI. Sekian dan terimakasih. 

Referensi Manfaat Makan Jengkol: Si Bau yang Kaya Manfaat: 
  • Lingga, lanny. Cerdas memilih sayuran. Cet-1. Jakarta: AgroMedia Pustaka. 2010. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Makan Jengkol: Si Bau yang Kaya Manfaat