Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 6 March 2022

[ Jawaban ] Sebutkan Hikmah Beriman Kepada Malaikat? Nilai 100

Hikmah Beriman Kepada Malaikat – Inilah jawaban pertanyaan sebutkan hikmah beriman kepada malaikat untuk menjawab soal mata pelajaran agama islam. Tentu saja, banyak diantara kita masih banyak yang belum mengetahui apa hikmah beriman kepada para malaikat.

Padahal beriman kepada malaikat itu masuk dalam kategori rukun iman sehingga sudah seharusnya kita mengetahui seperti apa hikmah beriman kepada para malaikat sebagai perwujudan kita telah menjalankan rukun iman yang ke 2 tersebut.

Sebenarnya terdapat banyak hikmah beriman kepada malaikat yang bisa kita sebutkan. Hikmah tersebut merupakan bagian dari perintah Allah Swt dalam rukun iman yang memang harus wajib ditaati oleh setiap umat Islam.

Karena malaikat adalah salah satu makhluk ciptan Allah Swt yang diciptakan dari Cahaya. Malaikat bertugas untuk melayani segala urusan yang sudah ditetapkan oleh Allah Swt.

Iman kepada malaikat menjadi suatu tanda bagi setiap orang islam bahwa dia telah mengakui keberadaan salah satu dari ciptaan Allah Swt. Disamping itu, malaikat termasuk dalam urusan perkara gaib yang memang diperintahkan kepada kita untuk dapat mempercayainya.

Walaupun, kita tidak dapat melihat wujudnya secara langsung. Akan tetapi keberadaannya sudah tentu ada karena hal tersebut diinformasikan secara langsung oleh Allah Swt dalam kitab Al-Quran.

Nah, berikut ini kami akan memberikan jawaban dari pertanyaan sebutkan hikmah beriman kepada malaikat yang dijelaskan secara rinci berdasarkan kajian hadits dan al-Quran.

Sebutkan Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Perintah beriman kepada para malaikat memiliki beberapa hikmah yang diantaranya sebagai berikut:

Menambah Semangat dan Ikhlas

Beriman kepada para malaikat akan dapat menambah keikhlasan dan semangat dalam melakukan ibadah meskipun tidak disaksikan oleh orang lain saat melakukan ibadah tersebut.

Menambah Kesadaran

Beriman kepada para malaikat akan dapat menambah kesadaran terhadap alam wujud yang tak terjangkau oleh alat indera, akan tetapi keberadaannya sudah jelas ada.

Giat Berusaha

Iman kepada malaikat akan dapat membuat kita semakin giat berusaha karena rejeki yang diturunkan oleh Allah Swt dibagikan lewat malaikat. Akan tetapi mesti dengan kerja keras dan usaha.

Menghadirkan rasa syukur kepada Allah

Dengan mengimani para malaikat maka akan dapat menghadirkan rasa syukur kepada Allah karena para malaikat Allah Swt, manusia mendapatkan banyak anugerah dan karunia.

Meningkatkan Iman Kepada Allah

Adapun hikmah beriman kepada malaikat yang selanjutnya yaitu bisa meningkatkan iman kita kepada Allah Swt. Peningkatan iman ini terjadi karena kita dapat mempercayai ciptaan Allah yang tidak terlihat tersebut, hal itu sama artinya kita telah mengakui kebesaran Allah Swt.

Berhati-hati dalam melakukan tindakan

Dengan mengimani para malaikat Allah maka kita akan lebih berhati-hati dalam melakukan tindakan. Malaikat adalah makhluk Allah Swt yang memiliki8 tugas yang diantaranya mencatat segala amal perbuatan kita sehingga kita akan lebih berhati-hati ketika melakukan tindakan karena kita yakin apa yang telah kita lakukan itu akan dicatat oleh para malaikat.

Yakin Datang Pertolongan Allah Swt

Karena malaikat itu senantiasa mendoakan orang yang beriman maka dia tidak perlu lagi takut jika dia membutuhkan bantuan kepada Allah Swt dan doa malaikat itu senantiasa dikabulkan oleh Allah Swt.

[ Jawaban ] Sebutkan Hikmah Beriman Kepada Malaikat? Nilai 100 (Foto: Artikelsiana.com)
[ Jawaban ] Sebutkan Hikmah Beriman Kepada Malaikat? Nilai 100 (Foto: Artikelsiana.com)

Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Selain beberapa hikmah yang sudah dijelaskan di atas maka berikut ini terdapat beberapa hikmah yang bisa kita petik ketika beriman kepada malaikat.

  • Semakin giat melakukan usaha, karena memang semua yang telah diturunkan oleh Allah Swt, harus dengan kerja keras dan uasaha.
  • Menambah semangat dan rasa keikhlasan dalam menjalankan ibadah, meskipunt tidak dilihat oleh orang lain ketika melakukannya.
  • Menumbuhkembangkan sikap cinta terhadap amal sholeh.
  • Bersyukur kepada Allah Swt karena telah menciptakan malaikat untuk dapat membantu segala kehidupan dan kepentingan manusia itu sendiri.
  • Semakin yakin mengenai kebesaran Allah Swt.
  • Menghindari keinginan dalam berbuat dosa.
  • Sangat suka mendoakan kebaikan dan memberikan ampunan kepada orang lain.
  • Memperkuat keimanan terhadap Allah Swt.
  • Terhindar dari adanya perilaku sombong.
  • Menambah kesadaran mengenai alam wujud yang tidak dijangkau oleh alat indera manusia.
  • Menghindarkan manusia dari perbuatan tercela dan buruk.
  • Menumbuhkan rasa untuk mengagungkan Allah Swt karena dengan kekuasaanNya sudah menciptaqkan malaikat yang begitu istimewa.
  • Tidak akan sempurna keimanan jika kita tidak mengimani malaikat Allah Swt.
  • Iman kita yang jauh lebih kuat dan jauh lebih yakin kepada Allah Swt.
  • Membentuk sikap amanah, jujur dan mendorong diri kita untuk tetap senantiasa bisa berbuat baik.
  • Yakin terhadap pertolongan Allah Swt.
  • Senantiasa untuk dapat berfikir dan berhati-hati setiap melakukan suastu perbuatan karenas perbuatan buruk atau baik akan selalu dipertanggungjawabkan di akhirat kelak dan tidak pernah luput.
  • Berlomba-lomba dalam hal kebaikan, dan bertakwa serta beriman kepada Allah Swt.
  • Senantisa takut melakukan suatu perbuatan maksiat yakin segala perbuatan tersebut tidak akan pernah lepas dari pengawasan malaikat.

Nah, demikianlah jawaban pertanyaan sebutkan hikmah beriman kepada malaikat. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan jawaban soal agama islam.

[ Jawaban ] Sebutkan Hikmah Beriman Kepada Malaikat? Nilai 100 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin