Manfaat Semangka: Buah Sehat, Karena Manis dan Segar Tak Cukup

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Siapa yang tidak mengenal semangka?. Buah yang mengandung banyak air dan banyak manfaat untuk tubuh yang memberikan kesegaran yang tak pernah diragukan. Buah yang berasal dari gurun Kalahari Afrika yang dipanen pertama kali pada 5000 tahun yang lalu di Mesir, dan berdasarkan kepercayaan nenek moyang saat itu, buahnya dipakai untuk penguburan raja-rajah agar roh mereka mendapat nutrisi di alam baka. Perbuatan yang sia-sia karena penghuni kubu tidak membutuhkan nutrisi semacam itu.

Fakta Botani Herbal Semangka 

Sebagaiamana anggota suku ketimun-ketimunlainnya,habitus tanaman yang dapat merambat namun tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

Daun semangka yang berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurn,a berwarna kuning, kecil. Semangka merupakan adalah andromonoecious monoklin, misalnya memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (statemen), dan bunga banci (hermafrodit), yang kemudian memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banji dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) yang dibagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau yang pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Bergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning. Tanaman yang cukup tanan akan kekeringan terutama jika telah memasuki masa pembentukan buah.

Baca Juga: 

Semangka Dalam Islam 

Dari literatur Islam, ditemukan riwayat mengenai baginda Rasulullah SAW yang mengonsumsi buah semangka yang diantaranya hadist Shahih Al-Jami' yang diriwayatkan oleh Abu Dawuf dan At-Tirmidzi bahwa Nabi SAW pernah memakan buah semangka yang dicampur dengan kurma muda masak, beliau bersabda, "Suhu panas buah ini dapat dinetralisir suhu dinginnya buah ini". 

Sahabat Ibnu Abbas berkata bahwa "semangka mengandung makanan, minuman dan wewangian; membersihkan kantung kemih dan perut. Membantu proses bersetubuh, membersihkan ulit dan menghilangkan gangguan pencernaan". 

Menuut Ibnu Qayyim bahwa semangka dimaksud dengan Al-Bithinkih adalah semangka berkulit hijau. Buah yang mudah dicerna daripada buah ketimun dan wortel serta dapat dengan mudah mengalami perubahan ketika bercampur dengan zat lain dalam lambung. dan baiknya menurut Ibnu Qayyim dikonsumsi sebelum makan.

Sedangkan menurut sebagian dokter bahwa untuk mendapatkan manfaat semangka dengan mengonsumsi semangka sebelum makan dapat membersihkan perut dan menjauhkan dari penyakit. Menurut Al-Baghdadi, bahwa semangka agak dingin dan sejuk, sedangkan blewah (semangka melanda) sedikit lebih panas.

Dari kedua jenis semangka tesebut memiliki manfaat yang hampir sama karena dapat dengan mudah dicerna dan memperlancar jalannya air seni. Getah semangkapun memiliki manfaat atau khasiat untuk kecantikan dimana dapat menghilangkan jerawat muka, sedangkan untuk bijinya dapat digunakan di dalam menyembuhkan batu ginjal dan kista.

Perlu kita ketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi semangka setelah makan, maka dapat menimbulkan gangguan pencernaan yang sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama setelah makan atau sebelum makan.

Imam Ibnu Qoyyim yang menegaskan bahwasanya yang perlu diperhatikan adalah buah semangka dikonsumsi sebelum makan. Sementara menurut Imam Dzhahabi efek negatif yang timbul ketika mengonsumsi buah semangka dapat dinetralisir dengan mengonsumsi jahe

Manfaat Semangka Menurut Medis Modern 

Meski harga yang tergolong murah, semangka kaya akan fitonurien dan anti oksidan hingga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat semangka bagi kesehatan tubuh dan pengobatan tubuh anda.

1. Manfaat Mencegah Otot Kaku 
Pada tahun 2013 terdapat salah satu penelitian yang mengutarakan manfat atau khasiat semangka untuk kesehatan anda bahwa meminum jus semangka sebelum olahraga dapat mengurangi otot kaku yang timbul keesokan harinya. Manfaat semangka ini dapat terjadi dikarenakan adanya kandunagn sitrulin yang kemudian diubah arginin oleh ginjal yang berefek dan bermanfaat dalam melancarkan peredaran darah.

2. Manfaat Menjaga Tubuh tetap terhidrasi 
Manfaat yang membuat  anda tetap segar dan tak perlu khawatir dengan berat badan serta badan lesu karena kandungan elektrolit dan air yang tinggi dalma semangka memiliki manfaat untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Kandungan lemak dan kalori yang sangat rendah yang berkisar 30 kalori per 100 g sehingga anda tidak perlu khawatir berat badan akan bertambah jika mengkonsumsi buah manis ini. Serat pangan yang ada di dalamnnya justru membantu melancarkan pencernaan dan baik untuk teman diet. 

3. Manfaat Menurunkan Risiko Kanker 
Semangka yang kaya dengan anti oksiden flavonoid misalnya likopen, beta karoten, lutein, zeaxatin, dan cryptoxanthin. Anti oksidan tersebut diketahui dapat mencegah kanker usus besar, prostat, payudara, endometrial, paru-paru, mulut rahim, dan pankreas. Kandungan yang terdapat dalam semangka yakni likopen lebih tinggi dibandingkan dari pada tomat. Semangka segar mengandung 4532 likopen setiap 100 gramnya, sementara tomat hanya memiliki 2573 ug. 

Likopen dalam semangka tersebar mulai dari bagian tengah daging buah hingga mendekat ke pangkal maupun ujung buah. Salah satu penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan likopen dalam semang ini, merupakan termasuk stabil walau sudah dipotong dan didinginkan ke dalam kulkas selama tujuh hari. Semangka memiliki vitamin A dan X sebagai antioksidan alami. Sehingga total antioksidan (nilai ORAC) dalam semangka adalah sebesar 142 umol TE/100g. 

4. Manfaat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 
Vitamin A dan vitamin C yang terdapat dalam semangka memiliki peran yang amat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin A kemudian membantu merawat membran mukosa agar kuman tidak mudah masuk dalam tubuh. Sedangkan untuk vitamin C dibutuhkan dalam menjaga produksi protein pembunuh virus dan kuman. 

5. Manfaat Obat Kuat Untuk Pria 
Dr. Samuel Oetoro SpGK mengungkap bahwa kandungan sitrulin dalam semangka memiliki efek yang sama seperti viagra. Hasil tersebut kemudian serupa yang didapatkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas A&M, Amerika Serikat. Penelitian tersebut kemudian menunjukkan bahwa pembuluh darah lebih lancar akibat sitrulin yang dapat meningkatkan kemampuan ereksi pada pria. Sitrulin semangka terdapat daging buah, yang lebih tinggi pada bagian putih atau kulitnya. 

6. Manfaat Anti Peradangan 
Likopen yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi bersama dengan beta karoten dan cucurbitacin E. Senyawa yang kemudian mampu menghambat aktivitas enzim siklo-oksigenase dan menetralkan reaksi molekul yang mengandung nitrogen. Oleh karena itu, semangka baik dikonsumsi untuk mencegah peradangan. Sitrulin dalam semangka diketahui dapat mempertahankan asam lambung agar tetap normal. 

7. Manfaat Menjaga Kesehatan Ginjal 
Semangka juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal sehingga untuk penyakit misalnya penyakit radang ginjal dll. dapat anda memanfaatkan semangka sebagai obat yang sekaligus dapat anda santap untuk merasakan nikmatnya. Ini dapat terjadi karena semangka bersifat diuretik yang mengandung sitrulin yang dapat meningkatkan jumlah urin keluar dari tubuh. Kalium dalam semangka mampu meluruhkan racun agar ikut keluar bersama urin yang membantu atau memiliki manfaat untuk mempromosikan kesehatan ginjal agar lebih ketat. 

8. Manfaat Sebagai Anti Peradangan 
Likopen yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi bersama dengan beta karoten dan cucurbitacin E. Senyawa yang mampu menghambat aktivitas enzim siklo-oksigenase dan menetralkan reaksi molekul yang dapat mengandung nitrogen. Oleh karena itu, semangka baik yang dikonsumsi untuk mencegah peradangan. Sitrulin yang diketahui dapat mempertahankan asam lambung agar tetap normal.

9. Menurunkan Risiko Stroke, Serangan Jantung, dan Tekanan Darah Tinggi
Semangka merupakan salah satu dari sumber potasium yang baik. Potasium merupakan komponen sel dan cairan tubuh yang dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah, sehingga mampu menurunkan risiko terkena serangan jantung, stroke dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Likopen dan kalium dalam semangka demikian penting dalam menjaga kesehatan jantung. Sedangkan vitamin A dan C membantu dalam mencegah oksidasi kolesterol yang menyumbat pembuluh darah. Ditambah lagi, semangka dikenal kaya akan kandungan asam amino sitrulin. Ginjal akan mengubah sitrulin menjadi arginin yang membantu melancarkan sirkulasi darah dan mencegah akumulasi lemak dalam sel.

10.  Manfaat Melancarkan Buang Air 
Herbal buah semangka berfungsi atau bermanfaat dalam merangsang keluarnya air seni lebih deras sehingga sangat baik bagi mereka yang mengalami gangguan buang air kecil.

11. Manfaat Menetralisasi Tekanan Darah 
Buah semangka juga bermanfaat bagi sanak saudara yang mengidap hipertensi dikarenakan kadungan air dan kaloimnya memiliki khasiat dan manfaat dalam menetralisasi tekanan darah.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Semangka

Satu buah semangka terdiri dari 91 persen air dan 6 persen gula. Semangka mengandung beberapa macam vitamin termasuk vitamin A, B1, B6, dan yang paling menonjol adalah vitamin C. Selain dari pada itu, semangka juga mengandung asam amino sitrulin, biotin, magnesium, asam spantotenik, tembaga, dan kalium.



Gambar di samping menunjukkan bahwa kandungan dari nutrisi semangka dalam sajian 100 gram. Misalnya buah berwarna merah lainnya dimana semangka mengandung yang berkhasiat yaitu pihmen warna kartenoid dalam jumlah besar. Selain dari pada itu, yang paling menonjol adalah likopen dan beta kartoen. Terdapat salah satu penelitian yang membuktikan bahwa kandungan dari semangka memiliki manfaat misalnya kandungan karotenoid dan anti oksidan plifenol lainnya semakin meningkat saat semangka masak.

Semangka

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) merupakan tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika yang berada di bagian selatan. Tanaman yang masih sekerabat dengan melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus).


Semangka dapat dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dapat dikeringkan dan disangrai dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Baca Juga: 

Manfaat Bayam: Raja Sayur Penghalau Penyakit Degeneratif
Manfaat Kacang Merah Turunkan Kolesterol dan Diabetes. Caranya?..
15 Manfaat Pare: Si Pahit Kaya Manfaat Bagi Kecantikan, Kesehatan dan Pengobatan HIV/AIDS
30 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh Anda
Obat Amandel ! Cara Mengobati Amandel Dengan 12 Bahan Alami
24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan. Lihat Fakta Menariknya
24 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh Anda dan Lihat Cara Pembuatannya Yang Begitu Mudah dan Cepat
                                                                                                                                                
Demikianlah informasi mengenai manfaat semangka. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua sehingga informasi mengenai manfaat buah semangka dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yang dirangkaikan sebagai pelengkap menu makanan anda. Sekali lagi seperti admin mengangkat judul bahwa Manfaat Semangka: Buah Sehat, Karena Manis dan Segar Tak Cukup. Sekian dan terimkasih. Salam Berbagi Teman-Teman.         

Referensi:     

  • Sobir, Phd dan Firmansyah D. Siregar. Budi Daya Semangka. Penerbit Swadaya. 
  • Hatta, Muhammad. Mukjizat Herbal Dalam Al-Qur'an. Mirqat: Pondok Bambu-Jakarta Timu
  • Ibnu Eman Al Cidadapi. Ramuan Herbal Ala Thibun Nabawi. Putra Danayu                                                                                                                                 

.
Blog, Updated at: 02.02