Artikel Belajar dan Bermanfaat

Manfaat Kacang Panjang: Panjang Bentuknya, Panjang Manfaatnya

Advertisement


loading...

Loading...



Loading...
loading...
Kacang panjang yah, bentuk yang panjang juga manfaat yang panjang pula. Kacang panjang bukan hal baru anda dengar, dan manfaatnya masih sesumbar untuk pelengkap makanan, tapi untuk manfaatnya bagi kesehatan anda, ehmm, no coment. Maka dari itu, kami memberikan informasi mengenai kacang panjang, karena emak-emak atau ibu-ibu pasti dan tanpa terkecuali pernah dan bahkan sering menghidangkan sayuran kacang panjang ini, selain dari pada itu, kami juga memberikan kandungan kacang panjang yang mengungkap mengapa kacang panjang memiliki manfaat atau khasiat bagi kesehatan atau tubuh kita.

Kacang Panjang

Kacang panjang adalah tanaman tropis yang berasal dari cina. Tanaman yang berasal dari keluarga Papilinoceae, mempunyai nama botani Virgina sesquipedalis L. Dalam bahasa inggris disebut dengan cow pea atau yard loing bean. Kacang panjang dibedakan kedalam tiga jenis yakni kacang panjang hijau, kacang merah dan kacang panjang putih. Sedangkan di Indonesia, kacang panjang hijau dan kacang putih. Lalu, bagaimana dengan kacang panjang merah? Kacang panjang merah tidak komersial di Indonesia. Akan tetapi, kacang panjang merah banyak ditanam di korea dan Jepang. 

Kacang panjang biasa dikonsumsi baik mentah, tumis, atau rebus. Jika di Asia Tenggara, kacang panjang merupakan sayuran yang paling umum dioleh sebagaiman macam sayur. Tak hanya polong atau kacangnya, yang dapat kita manfaatkan atau konsumsi, tapi daun kacang panjang, dapat dimanfaatkan yang tergolong sebagai sayur yang lezat.

Baca Juga: 


Di sejumlah negara di Asia, daun kacang panjang merupakan sayuran daun yang telah banyak digemari. Sebagian kacang panjang dapat dipanen setelah tua, yang kemudian diambil kacangnya. Biji kacang panjang merupakan sayuran yang bermutu dimana banyak mengandung protein. 

Manfaat Kacang Panjang

a. Sumber Karbohidrat dan Protein 
Kacang panjang adalah sumber karbohidrat dan protein nabati yang baik. Semakin tua, kandungan karbohidrat, lemak dan proteinnya semakin banyak. Mengapa demikian?..manfaat kacang panjang yang kita dapatkan karena berkaitan dengan pembentukan biji yang banyak mengandung karbohidrat protein, dan lemak. 

Misalnya kacang-kacangan yang lain, kacang panjang memiliki manfaat yang merupakan sumber protein yang baik dimana setiap individu membutuhkan asupan protein yang bermanfaat untuk sepanjang hidup. Protein nabati dan kacang-kacangan dapat dimanfaatkan sebagai pengganti protein hewani.  

Kebutuhan protein untuk setiap individu ditentukan dari jenis kelamin dan usianya. Pada masa pertumbuhan, individu asupan protein yang cukup dalam pertumbuhan organ dan menjamin efisiensi kerja otaknya. Kekurangan asupan protein mampu untuk memperlemah kerja otak. Kekurangan asupan protein akan memperlemah kerja otak. 

Anak-anak yang tengah dalam masa tumbuh kembang, sangatlah perlu asupan protein agar tumbuh menjadi cerdas. Karena itu, berikan makanan yang bermanfaat atau berkhasiat dengan kadnungan yang kaya protein. Lebih lagi, protein nabati pada sayuran unggul daripada protein hewani yang memiliki risiko sebagai pemicu kanker. 

b. Melancarkan Proses Pencernaan
Polong kacang muda banyak mengandung serat, yakni serat yang dapat larut dalam air dan serat tak larut dalam air. Serat merupakan karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh enzim. Keberadaan serat pangan sangatlah bermanfaat atau berkhasiat untuk membantu memperlancarkan proses pencernaan anda. 

Serat tak larut dalam air, akan melindungi usus dari kerusakan. Kekurangan serat memacu berbagai macam penyakit, misalnya aterosklerosis, hiperglikemia, dan hiperlipemia. Kekurangan serat yang sering dialami masyarakat perkotaan yang mana sebagian besar menunya, makanan siap saji dan makanan awetan. 

c. Mencegah Penyerapan Lemak Berlebihan 
Bagi anda yang mempunyai masalah dengan lemak, kolesterol dan trigliserida, serat larut dalam air yang berasal dari kacang-kacangan dapat anda gunakan manfaat untuk mengatasi masalah tersebut. Walaupun memberi asupan kalori yang cukup besar, anda tak perlu takut dalam memanfaatkan untuk mengonsumsi kacang-kacangan, khususnya saat masih berupa polong muda. 

Anda tidak akan gemuk kareanya, karena lemak yang terdapat merupakan lemak yang tidak berbahaya malahan bermanfaat atau berkhasiat untuk kesehatan anda. Selain itu, manfaat serat kacang panjang merupakan penghambat penyerapan lemak berlebihan yang harus anda hindari.

Baca Juga:

d. Kaya Vitamin B1, B2, B3, dan B6. 
Kacang panjang merupakan sumber vitamin B1 dan B2 yang memiliki manfaat untuk diperlukan tubuh. Vitamin B1 berfungsi untuk dimanfaatkan sebagai kestabilan sistem saraf dan suplai energi, sedangkan vitamin B2 yang bermanfaat untuk mendukung produksi energi seluler dan menjaga suplai vitamin B2 yang lain. 

Selain itu, kacang panjang memiliki manfaat yang mana mengandung niasin atau vitamin B3 dan B6 yang jumlahnya cukup besar untuk dimanfaatkan oleh tubuh kita. Kecukupan vitamin B3, bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula dan kolesterol di dalam darah. 

Kecukupan vitamin B6 akan meningkatkan aktivitas saraf pusat agar dapat bekerja noormal. Kekurangan vitamin B6 akan membuat anda malas, mengalami fatigue (kelalahn akut), dan mudah terkena eksem. 

Efek Negatif Kacang Panjang

a. Menghalangi Penyerapan Zat Besi dan Kalsium
Kacang panjang mengandung zat antibergizi bernama phyticacid. Senyawa asam ini bermanfaat dalam menghalangi tubuh menyerap zat besi dan kalsium. Jika tidak terlalu banyak mengkonsumsi, efeknya tidak terlalu merugikan tubuh. Namun, dalam jumlah yang banyak akan mengganggu fungsi tubuh.

Phytic acid lebih banyak ditemukan pada kacang yang telah tua, yaitu di selaput luar dari biji. Bagi anda yang mengalami defisiensi kalsium dan zat besi, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi kacang panjang khususnya yang telah tua.

b. Meningkatkan Kadar Asam Urat
Untuk memiliki manfaat kacang panjang atau polong yang masih muda, karena manfaat akan kandungan zat antigizi dan purinnya lebih rendah. Kacang panjang juga mengandung purin yang cukup tinggi. Karena itu, bagi anda yang mempunyai penyakit asam urat (gout) sebaiknya dalam meraup manfaat kacang polong, sebaiknya tidak terlalu berlebihan mengonsumsi kacang panjang karena memiliki efek penyakit asam urat anda.

Baca Juga:

15 Manfaat Pare: Si Pahit Kaya Manfaat Bagi Kecantikan, Kesehatan dan Pengobatan hingga HIV/AIDS
30 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda
Obat Amandel!. Cara Mengobati Amandel dengan 12 Bahan Alami

Manfaat Kacang Panjang: Kandungan Lengkap Kacang Panjang 

Manfaat Kacang Panjang: Panjang Bentuknya, Panjang Manfaatnya

Dari hasil penuturan akan manfaaat kacang panjang diatas, bukan tidak mungkin, kita untuk mengelak menerima manfaat kacang panjang. Akan tetapi, wajiblah kita untuk membatasi dan memilih kacang panjang yang baik agar seluruh manfaat atau khasiat kacang panjang dapat maksimal kita manfaat dalam tubuh kita. Demikian adanya manfaat kacang panjang karena terlihat dari kandungan kacang panjang seperti dibawah ini..
Manfaat Kacang Panjang: Panjang Bentuknya, Panjang Manfaatnya

Baca Juga:

24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan. Lihat Fakta Menariknya..
24 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh Anda dan Lihat Cara Pembuatan yang Begitu Mudah dan Cepat
BAHAYA, Kacang Tanah dapat Mengakibatkan Mual, Muntah dan Kanker Hati hingga Kanker Payudara
12 Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Kacang Panjang: Panjang Bentuknya, Panjang Manfaatnya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua, dan mulailah menggunakan atau menghidangkan sesuatu yang memiliki manfaat bagi kesehatan anda dan mengetahui batas-batas untuk mendapatkan manfaat sayuran apalagi kacang panjang ini. Perlu kita ingat bahwa segala sesuatu memiliki positif dan negatif, begitupula sikap anda yang memiliki sisi baik dan sisi jahat. 

Referensi Manfaat Kacang Panjang: 

  • Lingga, Lanny. Cerdas memilih sayuran. Cet-1. jakarta: AgroMedia Pustaka, 2010. 
  • Asripah. Budidaya Kacang Panjang. Azka Press
  • Rahayu, Estu. Budi daya kacang panjang. Cet. 14. Jakarta: Penebar Swadaya, 2007. 
  • gambar: blogspot.com./_LTFtTbIQoLc/SQZAIvhRiI/AAAAAAAAAPg/aXPhixwsjxQ/s1600/kacang+panjang.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Kacang Panjang: Panjang Bentuknya, Panjang Manfaatnya