Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 24 January 2016

Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat

Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat| Asam urat atau rematik pirai (gout artritis). Selain osteoartritis, asam urat jenis rematik artikuler terbanyak yang menyerang warga Indonesia. Asam urat dari gangguan metabolik karena asam urat (urit acid) menumpuk dalam jaringan tubuh, kemudian dibuang melalui urin. Kondisi gout terdapat timbunan atau defosit kristal asam urat dalam persendian (Wijayakusuma, 2006). Selain itu asam urat merupakan hasil metabolisme norma dari pencernaan protein khususnya daging, hati, ginjal dan jenis-jenis sayuran misalnya kacang dan buncis atau penguraian senyawa purin yang sebenarnya dibuang ke ginjal, feses atau keringan (Sustrani, 2004). 

Lalu, apasih itu asam urat ?.. Secara umum asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Purin adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Sehingga dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin, maka disaat kita mengkonsumsi makhluk hidup, purin tersebut bertambah dalam tubuh kita. Selain itu purin, dihasilkan dari perusakan sel-sel tubuh secara norma atau penyakit tertentu (Hidayat, 2007). 

Patofisiologi 
Hiperurisemia (konsentrasi asam urat dalam serum lebih besar dari 7,0 mg/dl) menyebabkan penumpukan kristal monosodium urat. Peningkatan atau penurunan kadar asam urat serum mengakibatkan serangan gout. Jika kristal urat mengendap dalam sendi, maka respon inflasi terjadi dan serangan gout dimulai. Jika berulang-ulang, mengakibatkan kristal natrium urat atau tofus mengendap dibagian perifer tubuh misalnya ibu jari kaki, tangan dan telinga (Smeltzer & Bare, 2001). 
Kristal monosodium urat tersebut dengan imunoglobulin berupa IgG. Selanjutnya im unoglobulin berupa IgG meningkat fagositosis kristal dan dengan demikian memperlihatkan aktivitas imunologik (Smeltzer & Bare, 2001). 

Manifestasi Klinis 
Manifestasi sindrom gout terdiri dari atritis gout akut (serangan rekuren inflamasi artikuler dan periartikuler yang berat), fofus (endapan kristal yang menumpuk dalam jaringan artikuler, jaringan oseus, jaringan lunak serta kartilago), nefropati gout (gangguan ginjal) dan pembentukkan batu asam urat dalam traktus urinarius. Ada empat stadium penyakit gout yang dikenal sebagai hiperurisema asimtomatik, arthritis gout yang kronis, gout interkritikal dan gout tofeseus yang kronik (Enggram, 1998). 

Jenis-Jenis Asam Urat
Jenis asam urat menurut Ahmad, 2011 adalah sebagai berikut.. 
1. Grout Primer 
Jenis ini terdapat 99% penyebabnya belum diketahui (idiopatik). Dugaan bahwa terjadi karena faktor genetik dan faktor hormonal sehingga gangguan metabolisme mengakibatkan produksi asam urat atau berkurangnnya pengeluaran asam urat dari tubuh. 
2. Gout Sekunder 
Disebabkan dengan meningkatnya produksi asam urat karena nutrisi yaitu mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Purin adalah salah satu senyawa organik basa penyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk asam amino, unsur pembentuk protein. Produksi asam urat dapat meningkat jika adanya penyakit darah (penyakit sumsum tulang polisetemia), mengonsumsi alkohol, dan faktor obesitas, penyakit kulit (psoriasis), kadar trigiserin yang tinggi. 

Penyebab Asam Urat 
Penyebab asam urat menurut pendapat Ahmad, (2011) yaitu.. 
1. Faktor eksternal 
Paling utama penyebab asam urat adalah faktor ini karena nutrisi dan konsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi 
2. Faktor Internal 
Adanya proses penyimpangan metabolisme berkaitan dengan usia, yang mana usia diatas 40 tahun bersiko lebih besar terkena asma urat. Asam urat juga dapat muncul karena penyakit sumsum tulang dan polisitemia, konsumsi obat-obatan, alkohol, obesitas, diabetes militus. 

Tahap Perkembangan Penyakit Asam Urat
Terdapat 4 tahap penyakit gout menurut Wijayakusum, 2006 yaitu.. 
1. Asimptomatik, kadar asam urat dalam darah meningkat, tidak menimbulkan gejala 
2. Akut, mendadak dan memuncak, rasa nyeri pada sendi, dan biasanya terjadi peradangan misalnya pembengkakan sendi, panas dan tampak kemerahan. Serangan cepat berlalu dan kembali lagi dalam waktu tertentu. 
3. Interkritikal, dua serangan gout akut yang mengalami serangan kedua dalam 6 bulan sampai 2 tahun karena tidak diobati terus menerus 
4. Kronis, Terdapat timbunan kristal asam urat yang banyak didalam jaringan lunak, tulang rawan, selaput diantara tulang dan rendo, timbunan asam urat terjadi membentuk tofus. 

Tanda dan Gejala Asam Urat
Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat
 
Pada gout biasanya serangan terjadi     secara     mendadak (kebanyakan menyerang pada malam hari). Jika gout menyerang sendi-sendi yang terserang tampak merah, mengkilat, bengkak, kulit diatasnya terasa panas disertai rasanyeri yang hebat, dan persendian sulit digerakan ( Wijayakusuma, 2006).
 
Gejala lain adalah suhu badan menjadi demam, kepala terasa sakit, nafsu makan berkurang, dan jantung berdebar. Serangan pertama gout pada umumnya berupa serangan akut yang terjadi pada pangkal ibu jari
14 kaki. Namun, gejala-gejala tersebut dapat juga terjadi pada sendi lain seperti tumit, lutut dan siku. Dalam kasus encok kronis, dapat timbul tofus (tophus), yaitu endapan seperti kapur pada kulit yang membentuk tonjolan yang menandai pengendapan kristal asam urat ( Wijayakusuma, 2006).  

Kadar Normal Asam Urat 
Menurut tes enzimatik maksimum 7 mg/dl dan teknik biasa, normalnya 8 mg/dl. jika lebih maka terjadi hiperurisemia. Pembagian kadar normal untuk pria berkisar 3-7 mg/dl dan perempuan 2,5-6 mg/dl. (Suherman,2010). 

Salah Satu Penyebab Paling Utama Asam Urat Adalah Kolesterol 

Kolesterol merupakan penyebab utama timbulnya penyakit asam urat dan penyakit-penyakit lainnya, sehingga sangat berkaitan untuk dikaitkan dalam informasi kali ini. Kolesterol yang paling tinggi (hiperkolesterolemia) biasanya tidak terlihat dan seringkali tidak bergejala, kecuali dengan Check Up (periksa darah) setiap 6 bulan sekali dan konsultasi dengan dokter. 

Perlu anda ketahui, didalam makanan terdapat tiga macam lemak yaitu: 
  • Saturated (lemak jenuh), lemak yang terdapat di makanan misalnya jerohan, otak sapi, kuning telur yang wajib dihindari 
  • Monounsaturated (lemak tidak jenuh dengan rantai tunggal), terdapat di udang dan kepiting. Konsumsi terbatas
  • Poliunsaturated (lemak tak jenuh ganda), seperti ikan dari latu (tenggiri dan tuna) serta omega-3. Hendaknya banyak dikonsumsi karena membantu menurunkan LDL kolesterol jahat, dan menaikkan kolesterol baik HDL. 
Ideanya konsums makanan yang mengandung lemak dibawah 30%, 50%, 60%, dan rotein 20%. dan usahakan jangan mencapai 300 mg/hari. 

Contoh Tips Program Diet 
  • Membaca label makanan dan minuman jika hendak membeli 
  • Cukup 2 gelas minuman alkohol sehari
  • Batasi porsi makanan 
  • Pilih produk non-fat
  • Kurang penggunaan garam pada makanan kalau perlu jangan. Karena jika banyak dapat meningkatkan tekanan darah. 

Tips Mengendalikan Kolesterol Untuk Terhindar Asam Urat

 Kolesterol dalam tubuh menyebabkan berbagai penyakit salah satunya asam urat. Tidak hanya orang gemuk saja, juga terjadi pada orang kurus boleh jadi memiliki kolesterol tinggi dengan lemak jahat atau tidak baik LDL. dan dapat menimpa orang yang masih mudah yang tidak menjaga pola hidup sehat. 

Kolesterol normal dalam tubuh 160-200 mg sehingga penumpukan kolesterol LDL harus dicegah dan tetap keadaan normal. Beberapa tips dalam mengontrol kolesterol adalah sebagai berikut...

1. Diet 
Konsumsi   makanan   yang   rendah   lemak   dan   kolesterol.   Misalnya   dengan mengkonsumsi   susu   tanpa   lemak   dan   mengurangi   konsumsi   daging.   Pilihlah makanan dengan kandungan lemak tak jenuh daripada kandungan lemak jenuh. Minyak   yang   digunakan   untuk   menggoreng   secara   berulang-ulang   dapat meningkatkan kadar kolesterol, maka ada baiknya Anda mengurangi konsumsi
makanan yang digoreng
2. Konsumsi Makanan Berserat
Lebih   banyak   mengkonsumsi   makanan   berserat   seperti   gandum,   kacang- kacangan,   sayur-sayuran   dan  buah-buahan.   Jenis  makanan   ini  dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.
3. Konsumsi Antioksidan 
Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, strawbery, pepaya, wortel,   atau   labu.   Mengkonsumsi   bawang   putih   secara   teratur   juga   dapat menurunkan kadar kolesterol
4. Hindari Alkohol dan Merokol 
Dengan merokok atau mengkonsumsi alkohol, kolesterol akan mudah menumpuk dalam aliran darah.
5. Olahraga
Berolahraga secara teratur sesuai dengan umur dan kemampuan.  Jaga agar berat tubuh Anda tetap ideal

6. Makanan Sehat, Hati-hati, Berbaya atau Pantang ?...

Seperti apakah makanan yang harus dihindari ?.. Makanan yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi harus anda hindari agar tidak terkena penyakit asam urat dan berbagai macam penyakit lainnya. Pantangan-pantagan tersebut dapat anda lihat dibawah ini... 
No.
Nama Makanan (per 100 gr)
Kolesterol(mg)
Kategori
1.
Putih telur ayam
0
Sehat
2.
Teripang (haisom)
0
Sehat
3.
Ubur-ubur
0
Sehat
4.
Susu Sapi tanpa lemak (non-fat
0
Sehat
5.
Daging ayam pilihan tanpa kulit
50
Sehat
6.
Daging bebek pilihan tanpa kulit
50
Sehat
7.
Ikan sungai biasa
55
Sehat
8.
Daging sapi pilihan tanpa lemak
60
Sehat
9.
Daging babi pilihan tanpa lemak
60
Sehat
10.
Daging kelinci
65
Sehat
11.
Daging kambing tanpa lemak
70
Sehat
12.
Ikan ekor kuning
85
Sehat
13.
Daging asap
98
Sekali-Sekali
14.
Iga sapi
100
Sekali-Sekali
15.
Iga babi
105
Sekali-Sekali
16
Daging sapi
105
Sekali-Sekali
17.
Burung dara
110
Sekali-Sekali
18.
Ikan bawal
120
Sekali-Sekali
19.
Daging sapi berlemak
125
Sekali-Sekali
20.
Lemak Sapi
130
Sekali-Sekali
21.
Lemak Kambing
130
Sekali-Sekali
22.
Daging Babi Berlemak
130
Sekali-Sekali
23.
Keju
140
Hati-Hati
24.
Sosis Daging
150
Hati-Hati
25.
Kepiting
150
Hati-Hati
26.
Udang
160
Hati-Hati
27.
Kerang/Siput
185
Hati-Hati
28.
Belut
185
Hati-Hati
29.
Santan Kelapa
185
Hati-Hati
30.
Lemak Babi
200
Hati-Hati
31.
Susu Sapi
250
Berbahaya
32.
Susu Sapi Krim
280
Berbahaya
33.
Coklat (cacao)
290
Berbahaya
34.
Mentega/margarine
300
Berbahaya
35.
Jeroan Sapi
380
Berbahaya
36.
Jeroan Babi
420
Berbahaya
37.
Kerang Putih/Remis/TIram
450
Berbahaya
38.
Telur Ayam
500
Berbahaya
39.
Jeroan Kambing
610
Berbahaya
40
Cumi-Cumi
1170
Pantang
41
Kuning Telur Ayam
2000
Pantang
42.
Otak Sapi
2300
Pantang
43.
Otak Babi
3100
Pantang
44.
Telur Burung Puyuh
3640
Pantang


Catatan: Saran untuk kami sendiri adalah pantangan asam urat yang pada kategori hati-hati sampai kategori pantang jangan di konsumsi. Karena kadar kolesterol yang tinggi dan mungkin saja anda tidak dapat mengontrol kadar kolesterol, sehingga lebih baik dihindari.  Sumber: Singapore General Hospital dan UPT: =Balai Informasi Teknologi LIPI (Pangan & Kesehatan, Copyright 2009)

Itulah macam-macam makanan yang perlu anda hindari bagi anda penderita asam urat dan juga untuk semua orang dengan memiliki beresiko dan dapat anda jadikan pengetahuan karena anda dapat sampaikan teman dekat anda, lingkungan anda atau pantangan untuk anda konsumsi sehari-hari.

Pengobatan Asam Urat

Pengobatan asma urat dapat diatasi dengan pengobatan modern (kimia dan pengobatan tradisional. Penjelasannya dapat anda lihat dibawah ini...
1. Pengobatan Modern (Kimia) 
Pengobatan modern dapat diperoleh dengan resep dokter yaitu dengan obat-obatan sebagai berikut..
a. Obat Anti Inflamasi Non-Steroid (OAINS), berfungsi mengatasi nyeri sendi dari proses peradangan 
b. Kortikosteroid, berfungsi sebagai obat anti radang dan menekan reaksi imun yang diberikan dalam bentuk tablet atau suntikan pada sendi yang sakit. 
c. Imunosupresif, berfungsi menekan reaksi imun, obat ini jarang digunakan karena berefek penyakit kanker dan bersifat racun pada ginjal dan hati. 
d. Suplemen Antioksidan, diperoleh dari vitamin dan mineral. 

Selain obat-obatan diatas, program rehabilitasi juga dapat anda lakukan untuk pola hidup yang baik.

2. Pengobatan Tradisional 
Obat tradisional yang berbahan ramuan tumbuhan, hewan, mineral, sediaan galenik atau campuran bahan.Pengobatan tradisional asam urat berupa akar-akaran ataupun tanaman adalah sebagai berikut....
a. Sidaguri (Sida rhombifolia L) 
Kandungan kimiawi didalamnya yaitu alkoloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino, minyak terbang dan zat philegmatic. Batangnya mengandung tanin dan kalsium oksalat. akarnya terdapat kaloid, steroid, dan efedrine. Biasanya digunakan untuk pengobatan asam urat dan rematik. tidak hanya itu mengobati flu, demam, malaria, radang amandel, radang usus, disentri, sakit perut, sakit kuning, kencing batu, bisul, radang kulit bernanah dan eksim. Sidaguri adalah tumbuhan perdu liar yang tumbuh tegak dan berabang. Tumbuhan yang tingginya sekitar 1-2 meter, tumbuh didaerah tropis dengan ketinggian 1.400 meter diatas permukaan laut. 

Cara menggunakan tumbuhan Sidaguri adalah segar dan dihaluskan untuk dioleskan pada sendi yang sakit. Untuk diminum dengan direbus baik segar atau kering dan dicampur bahan lainnya dengan 60 gram sidaguri air 600 cc hingga tersisa 300 cc. 

b. Daun Salam (Syzygium plyanthum) 
Daun salam berkhasiat sebagai peluru kencing (diuretik) dan penghilang rasa nyeri (analgetik). Daun ini digunakan untuk pengobatan kolesterol tinggi, sakit maag, diare, kencing manis, tekanan darah tinggi dan asam urat, serta rematik. Kandungannya minyak asiri( sitral, eugenol), tanin dan flavonoid.  

Cara menggunakan daun salam adalah dengan menggunakan 7 lembar daun segar dan bersih. 2 gelas air putih rebus sampi mendidih hingga tersisa 1 gelas dan diminum pagi dan sore. 

c.  Sambiloto 
Pohon   sambiloto   berbentuk   terna   dengan tinggi mencapai 35-95 cm. daunnya memenjang dan berwarna  hijau  tua.  Bunganya  berukuran  kecil  dan  24 berwarna putih keunguan. Buahnya berukuran kecil, berbentuk  silindris  dan  berwarna  hijau  kekuningan. Sambiloto   memiliki   rasa   pahit.   Seluruh   bagian tanaman   yang   telah   kering   dapat   dimanfaatkan sebagai  bahan  ramuan  obat. Tanaman  ini  berkhasiat sebagai  antiradang,  penghilang  nyeri  atau  analgetik dan penawar racun.Tanaman  sambiloto  ini  mengandung  laktone seperti    deoksiandrografolid,    andrografolid    yang merupakan zat pahit, 14-deoksi-11, 12-didehidroandrografolid, neoandrografolid dan homoandrografolid.    Selain    itu,    sambiloto    juga mengandung  flavonoid,  alkane,  keton,  aldehid  dan beberapa    mineral   seperti   kalium,    natrium   dan kalsium. Kandungan lainnya berupa asam kersik dan damar.

d. Temulawak 
Temulawak merupakan     tanaman terna menahun,   berbatang   semu   dan   tingginya   dapat mencapai  2-2,5  meter.  Temulawak  banyak  tumbuh di  hutan.  Tanaman  ini  tumbuh  merumpun  dengan berbagaianakan.  Setiap  tanaman  biasanya  memiliki 2-9  helai  daun  yang  berbentuk  panjang  dan  lebar. Umbi  temulawak  berupa  rimpang.  Rimpang  inilah 25 yang dapat dimanfaatkan sebagai obat, baik rimpang segar  maupun  kering.  Tanaman  ini  memiliki  rasa sedikit    pahit.    Tanaman    ini    berkhasiat   sebagai antiradang,    antisembelit,    tonikum    dan    diuretic.Rimpang tamanan ini mengandung pati,
kurkuminoid  dan  minyak  asiri  seperti  felandren  dan turmerol.

Baca Juga:

 
Demikianlah informasi mengenai Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.Salam Berbagi Teman-Teman. 

Sumber:Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat
  • library.upnvj.ac.id/pdf/2s1keperawatan/205312039/bab2.pdf
  • digilib.ump.ac.id/files/disk1/17/jhptump-a-rinaasripa-828-2-babii.pdf 
  • agarilus.com/pengenalan-penyakit-a-solusi/kolesterol?format=pdf
  • bit.lipi.go.id/pangan-kesehatan/documents/artikel_kolesterol/gaya_hidup_sehat.pd

Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin