Artikel Belajar dan Bermanfaat

Friday 29 January 2016

35 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan & Kecantikan

35 Manfaat Cuka Apel Kesehatan & Kecantikan|Cuka Apel adalah cairan hasil fermentasi buah apel segar  yang diubah menjadi asam asetat (Anonymous, 2006). Cuka Apel merupakan salah satu suplemen makanan yang cukup terkenal di Indonesia dan dinilai baik dan layak dipasarkan karena manfaat dan khasiat yang begitu banyak. Cuka Apel berasal dari apel yang segar yang diolah dimana buah apel biasa tumbuh di iklim sub tropis, dan apel yang terlalu masam dan sepat sebenarnya merupakan pilihan untuk membuat cuka apel yang dapat membuat rasa cuka apel memuaskan. 

Sebelum kita jauh membahas mengenai apa itu cuka apel, sejarah cuka apel, kandungan gizi cuka apel, dan manfaat cuka apel baik manfaat kesehatan atau manfaat kecantikan dengan membahas terlebih dahulu dari mana buah apel. Buah apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel yang umumnya jika masak kulitnya berwarna merah dan ada juga hijau dan kuning. Kulit buah yang sedikit lembek, dan daging yang keras serta memiliki beberapa biji didalamnya. 

Sejarah Buah Apel Di Indonesia 
Sejarah buah apel di Indonesia itu pada awalnya di tanam di Asia Tengah, dan berkembang luas di wilayah lebih dingin dan memiliki nama ilmiah Malus domestica dari sejarahnya keturunan Malus sierversi dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar) yang ditemui liar di pegunungan Asia Tengah, Kazakhstan, Kirgiztan, Xinjiang, Tajikistan, dan Cina.
Tahun 1930-an tanaman buah apel masuk ke Indonesia yang dibawah oleh Kreben oleh orang Belanda dan ditanam di Nongkojajar (Kabupaen Pasuruan). Tahun 1953, Lembaga Penelitian Hortikultura mendatangkan beberapa jenis apel dari luar negeri, termasuk Rome Beauty dan Princess Noble. Ditahun 1960 tanaman apel di Batu, Malang yang menganti tanaman jeruk yang mati diserang penyakit. Sejak itu tanaman apel terus berkembang di dataran tinggi Kota Batu, Poncukusumo (Malang) dan Nongkojajar (Pasuruan) dan masa kejayaannya pada ahun 1970. 

Sekarang ini, Apel sudah banyak di produksi dan tersebar luas di Indonesia dan harganya relatif terjangkau. dan Apel pun dapat dikonsumsi kapanpun tidak tergantung musim.

Kandungan Apel 
35 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan & Kecantikan Apel terdiri dari beberapa senyawa yang ternyata bermanfaat bagi tubuh kita dan mengapa hal ini juga mengapa cuka apel bermanfaat untuk kita konsumsi karena terdapat dalam kandungan apel sendiri yaitu sebagai berikut...
1). Flavonoid 
Buah Apel merupakan buah yang paling banyak kandungan Flavonoid dibandingkan dengan buah yang lainnya yang mampu menurunkan risiko penyakit kanker paru-paru yakni 50%, dan adapun sejenis dari flavonoid yakni quacertn dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker prostat. (Klinikmayo, 2010). 
2). Fitokimia
Fitokimia berfungsi sebagai antioksidan yang melawan kolesterol jahat (LDL, Low Density Lipoprotein) yang berpotensi menyumbat pembuluh darah dan antioksidan mencegah terjadinya kerusakan sel-sel atau jaringan pembuluh darah serta antioksidan pun disaat bersamaan meningkatkan kolesterol baik (HDL : High Density Lipoprotein) bermanfaat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah (British Medical Journal, 1996). 
3). Pektin 
Kandungan pektin dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dalam sebuah penilitian, ditemukan asam D-g Lucanc  yang bermanfaat mengatur kadar kolesterol yang mampu mengurangi kolesterol sampai 35 persen. Apel sebesar 5 gram dengan berukuran sedang memiliki serat tinggi dan bermanfaat melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan (Cornell University Amerika, 1996).
4). Tannin 
Tannin dengan konsentrasi yang tinggi dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi dari tumpukan plak, serta mencegah infeksi saluran kencing dan menurunkan risiko penyakit jantung(Yuliati, 2007).
Menurut Bambang Soelarso, (1997), manfaat buah apel adalah sebagai berikut... 
  • Mengeluarkan toksin dalam tubuh 
  • Menjaga kestabilan hormon dan sistem imunitas (daya tahan tubuh)
  • Mengurangi stress, meningkatkan konsentrasi dan produktivitas
  • Memperbaiki kualitas tidur 
  • Mengurangi manifestasi alergi (seperti: gatal, asma) 
  • Melancarkan peredaran darah dan sistem saraf
Tabel Kandungan Gizi Buah Apel 
Secara spefisik, kandungan gizi buah apel dapat dilihat dalam sebuah tabel dibawah ini..
35 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan & Kecantikan
Wikipedia.com
Itulah sedikit penjelasan mengenai Buah Apel, dan mari kita masuk ke pembahasan kita yaitu cuka apel..

Cuka Apel 

Cuka Apel (Apple cider vinegar) berasal dari hasil fermentasi pada buah apel segar. Cairan yang bening kuning keemasan memiliki rasa yang masam dan aroma segar menyegat. Konon, manfaat cuka apel telah digunakan sejak ratusan lalu untuk mengurangi nyeri pada artritis, mengobati sakit tenggorokoan, hipertensi, peningkatan kadar kolesterol, jerawat, dan gangguan kulit. Sedangkan di mesir dan romawi cuka apel telah dimanfaatkan sebagai ramuan herbal. 

Cuka apel tidak menimbulkan keasaaman dalam tubuh, walaupun kita tahu bahwa rasa cuka apel adalah masam. dan tentu pahaman teman-teman bahwa rasa asam memiliki pH asam, hal ini tidak lah salah, namun cuka apel ini tidak seperti itu, dimana kita ketahui buah yang rasanya asam yakni nanas, jeruk, mangga, jeruk lemon, namun memiliki pH basa. Sebaliknya untuk makanan yang memiliki pH asam ternyata kurang memiliki rasa asam, contohnya daing, coklat. Faktor yang menentukan asam atau basanya suatu makanan bukan dari rasa ataupun baunya namun jenis kandungan mineral, kadar protein, dan kadar airnya. 

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan pH asam, meningkatkan keasaman dalam darah hingga menimbulkan kondisi yang disebut asidoksis. Asidoksis menyebabkan gangguan metabolisme sehingga terjadinya pengentalan atau penggumpalan darah, salah gizi (malnutrisi), serta munculnya penyakit-penyakit degeneratif, termasuk obesitas. 

Komposisi Gizi Cuka Apel/Kandungan Gizi Cuka Apel
Berdasarkan SNI (Standar Nasional Indonesia, cuka fermentasi merupakan produk cair mengandung asam asetat dan dari proses fermentasi bahan mengandung karbohidrat atau alkohol tanpa tambahan bahan yang diizinkan.
Sedangkan untuk cuka apel sendiri merupakan hasil fermentasi asam asetat dan alkohol dari buah Apel. Kandungan cuka apel sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kandungan buah apel segar yang mana secara umum kandungan gizi cuka apel dimana asam asetat cuka apel paling mendominasi dalam cuka apel. Di Amerika Serikat, produk cuka menimal harus mengandung 4% keasaman. Negara-negara Eroa memiliki standar regional untuk cuka diproduksi atau dijual di area tersebut. Cuka yang telah disuling umumnya mengandung 4-7% asam asetat, sedangkan sari buah apel dan cuka anggur mengandung sekitar 5-6% asam asetat. Perbedaan ini terjadi sebab bahan baku apel yang digunakan berbeda. 

Komposisi Cuka Apel 
35 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan & Kecantikan



Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh kita adalah sebagai berikut... 
1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Cuka apel dapat meningkatkan metabolisme tubuh karena kandungan kalium dari cuka apel ini berperan dalam proses penyembuhan dan sebagai elektrolit yang komposisinya mirip dengan elektrolit tubuh sehingga mengapa cuka apel bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh 
2. Menurunkan Kadar Kolesterol 
Cuka apel dengan kadar Asam amino yang tinggi dibandingkan dengan bentuk buah apel segarnya, dan ternyata kandungan Asam amino ini dapat menurunkan kadar kolesterol anda yaitu kadar kolesterol buruk (LDL) dan meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) dan tidak hanya Asam amino saja juga ada Serat pectin yang berfungsi dalam menurunkan kadar kolesterol dengan interaksi dengan C menjadikan manfaat cuka apel adalah sebagai antikolesterol.
3. Menjaga Keseimbangan Asam Basa Cairan Tubuh 
Keseimbangan pH dimana salah satu kandungan yang bermanfaat menjaga keseimbangan Asam basa cairan tubuh adalah Asam amino. 
4, Regenerasi Sel-Sel Rusak 
Asam amino yang terkandung dalam cuka apel juga bermanfaat dalam meregenerasi sel-sel yang rusak. Sehingga bagi anda yang memiliki masalah-masalah kulit cuka apel menjadi pilihan anda setiap hari.
5. Menjaga Kesehatan Mata dan Kornea Mata
Kandungan vitamin A pada cuka apel bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata anda seperti tabel kandungan gizi cuka apel dan begitu juga kandungan vitamin B2 (riboflavin) yang menjaga dan memelihara kesehatan kornea mata.
6. Membersihkan Radikal Bebas 
Vitamin A, Provitamin Beta Karoten, Vitamin C dari ketiga kandungan dan masih banyak lagi yang dapat membersihkan tubuh kita dari radikal bebas penyebab berbagai penyakit. 
8. Mencegah Terjadinya Neuritis
Kandungan vitamin A, B1 (tiamin), dan Vitamin C yang kaya membuat cuka apel bermanfaat dalam mencegah terjadinya penyakit neuritis. 
9. Mencegah Rematik
Magnesium, Vitamin B1 (Tiamin) bermanfaat dalam mencegah penyakit rematik dan magnesium yang notabene berperan dalam melekatkan kalsium  dan fosfor sehingga rematik anda dapat berkurang dan sehat kembali.
10. Mencegah Kanker
Cuka apel bermanfaat dalam mencegah kanker karena ada banyak kandungan gizi cuka apel yang berfungsi dalam mencegah penyakit kanker, atau sebagai pembantu dalam mencegah penyakit kanker, seperti Vitamin B1 (Tiamin), Vitamin A, Vitamin B2 (ribflavin), Vitamin C, Provitamin Beta Karoten, Enzim, dan Serat Pectin. 
11.Menyehatkan, Melindungi dan Memperbaiki Lambung 
Asam amino, Vitamin B1 (Tiamin), Vitamin B2 (Riboflavin), Enzim, Serat Pectin, dari beberapa kandungan ini dan ada masih banyak lagi yang terkandung dalam cuka apel bermanfaat anda konsumsi karena dapat menyehatkan lambung.  
12.. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 
Manfaat yang satu ini mungkin banyak terdapat di buah dan begitu juga dengan hasil fermentasi buah apel yakni cuka apel bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, imunitas, atau sistem kekebalan tubuh yang mana beberapa kandungan yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh adalah vitamin A, B1, B2, C,  Provitamin Beta Karoten, Enzim, Serat Pectin.
13. Mengurangi Kram Pada Kaki
Kandungan sari apel yang bermanfaat dalam melarutkan kristal asam urat sebagai penyebab utama timbulnya kram. Sehingga bagi anda yang sering mengalami masalah kram, mungkin anda cobalah mengkonsumsi cuka 
14. Melawan Osteoporosis 
Kandungan Magnesium dalam cuka apel dapat melawan terjadinya penyakit osteoporosis dimana magnesium berperan dalam melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang.
15. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Menyehatkan Jantung
Kandungan Vitamin kompleks, Magnesium, Enzim, dan Serat Pectin, Tannin, dan Fitokimia yang seluruh dan masih banyak lagi kandungan cuka apel yang bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit jantung, dan menyehatkan jantung jika anda mengkonsumsi cuka apel setiap hari secara rutin.  
16. Penenang Alami 
Cuka apel juga bermanfaat sebagai obat penenang artinya dapat menenangkan anda baik itu jika anda sedang marah, atau stress dan menghindarkan anda dari namanya stress, dengan mengkonsumsi setiap hari.
17. Mengatasi Penyakit Maag 
Kalium, Asam amino, Vitamin B1 (Tiamin), Vitamin B2 (riboflavin), dan Serat Pectin, kandungan ini bvermanfaat bagi anda yang menderita penyakit maag dan hal tersebut ada pada cuka apel, walaupun cuka apel rasanya masam, namun hal ini tidak membuat anda terkena penyakit maag bahkan sebaliknya, cuka apel dapat mengatasi penyakit maag anda karena dapat meningkatkan senyawa basa dalam tubuh anda dan perlu teman-teman ketahui dan sebelumnya telah kami jelaskan diatas, bahwa mengetahui makanan yang memiliki kandungan asam atau basa itu tidak dengan rasanya. 
18. Menyehatkan Saluran Pecernaan 
Cuka Apel bermanfaat dalam menyehatkan saluran pencernaan karena mulai dari kalium yang meningkatkan metabolisme tubuh, asam amino yang menurunkan kadar kolesterol darah, menjaga keseimbangan asam basa cairan tubuh, vitamin A : sebagai antioksidan, vitamin B1: memelihara sifat permeablitas dinding pembuluh darah, sehingga tidak terjadi penumpukan cairan tubuh, dan serat pectin: sebagai senyawa polisakarida yang melindungi dinding lambung dan usus.
19. Meredakan Rasa Letih dan Lesu 
Meredakan rasa letih dan lesu yang diakibatkan karena miskinnya pasokan darah yang kaya oksigen sehinga asam urat menumpuk. Jika disertai rasa tidak nyaman dan gatal, bisa jadi karena toksemia (keracunan dalam darah). Bisa diatasi dengan membuat ramuan 3/4 cangkir cuka apel, tambahkan 1/4 cangkir madu, aduk dan minumlah sedikit-sedikit agar badan anda segar sepanjang hari, tidur enak dan minum setiap setelah sarapan. 
20. Obat Penyembuh Batuk dan Sakit Tenggorokan 
Campurkan cuka apel dengan air hangat dalam jumlah yang sama, kemudian gunakan untuk berkumur sambil mengadakan kepala, lalu buang. Hal ini ternyata dapat meredakan dan menyembuhkan batu serta sakit tenggorokan. 
21. Mencegah Terjadinya Kanker Usus
Manfaat cuka apel yang dapat mencegah kanker usus dan menyehatkan usus hal ini dari kandungan Vitamin B Kompleks, Enzim, dan yang paling utama adalah serat pectin karena merupakan senyawa polisakarida yang mudah larut dalam air yang berfungsi melindungi dinding lambung dan usus bila terjadi luka, toksin kuman dan asam lambung berlebih.
22. Mencegah Terhindar dan Meringankan Penyakit Diabetes Militus
Dari sifatnya yang memperlambat penyerapan glukosa yang dapat membantu mencegah kenaikan glukosa (gula darah) sehingga sangat baik bagi penderita diabetes militus dan bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit tersebut. 
23. Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Stroke 
Kandungan Asam amino yang berfungsi membuat protein dalam darah untuk mempertahankan tekanan osmose  darah, menurunkan kadar kolesterol, vitamin B1 (tiamin) yang sifatnya permeabilitas dinding pembuluh darah sehingga mencegah penumpukan cairan jaringan tubuh sehingga dapat mencegah dan mencega penyakit stroke.
24. Menurunkan Berat Badan
Asam amino yang menurunkan kadar kolesterol darah, Vitamin A, dan Vitamin B Kompleks, dan serat Pectin yang melancarkan pencernaan dan berguna dalam menurunkan berat badan anda.  
25. Mencegah Bau Badan, Mulut, Kutu Air, dan Bau Kaki
Cuka apel dapat menghilangkan bau badan, mulut, kutu air, dan bau kaki karena cuka apel dapat memeliha dan menyeimbangkan asam basa dalam tubuh kita sehingga bermanfaat bagi anda yang memiliki masalah bau badan sedangkan manfaat menghilangkan bau mulut karena sifat-antibakteri yang dimiliki cuka apel sehingga bermanfaat bagi anda sebagai pembersih mulut sekaligus pencuci mulut anda. 
26. Mengatasi Hidung Tersumbat 
Cuka apel membantu anda dalam mengatasi hidung tersumbat dengan mencampurkan cuka apel dengan air hangat lalu masukkan ke hidung sampai batas rongga hidung dan terasa air tersebut masuk ke mulut dan jika sudah terasa buang kembali.
27. Mengenyangkan/Diet
Kandungan kalori yang tinggi yang dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh dan serat pectin yang berfungsi dalam membentuk volume makanan. 

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Kecantikan Kulit

28. Membersihkan Kulit 
Cuka apel dapat juga dimanfaatkan sebagai masker wajah dengan mencampurkan madu, dan tanah liat dan biarkan selama 15 menit di wajah kemudian cuci bersih. 
29. Meningkatkan Kecerahan Kulit 
Cuka apel bermanfaat dalam meningkatkan kecerahan kulit dan mengurangi tingkat pigmentasi kulit dan menghilangkan bintik-bintik gelap dan melembabkan kulit anda dengan cara menempatkan cuka apel sebagai pembersih wajah anda yang dicampur dengan air. 
30. Menyembuhkan Psoriaris dan Radang
Cuka apel dapat membantu anda dalam mengurangi rasa sakit dari kulit yang terkelupas akibat sengatan matahari dan kandungan sulfur membuat kulit menjadi kencang dan mencegah penuaan dini.
31. Menjaga pH Kulit Anda
Dengan cara mengencerkan cuka dengan air dan oleskan pada kulit anda dan dengan menjaga pH kulit dapat mencegah munculnya jerawat dan memperbaiki kulit yang rusak dan kutil. 

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Kecantikan Rambut

32. Meningkatkan Pertumbuhan dan Memperkuat Rambut
Caranya, dengan memberikan satu sendok cuka apel dengan segelas air lalu minum secara teratur atau memberikannya langsung ke rambut dan pijat-pijat.
33. Membersihkan Sel-Sel Kulit Mati pada Kulit Kepala
Nutrisi yang terdapat dalam cuka apel dapat membantu anda dalam membersihkan sel-sel kulit mati dan tentu saja dapat meningkatkan volume dan kilau rambut dengan menyuci rambut secara teratur dengan cuka apel.
34. Meningkatkan Kualitas Rambut
Kandungan asam alpha-Hydroxy yang dapat menutup kutikula dan membuat rambut lebih halus  dan meninkatkan kualitas rambut.
35.  Mencegah Ketombe, Infeksi Kulit, dan Gatal
Sifat cuka apel yang anti-bakteri membuatnya bermanfaat dalam penanganan ketombe, infeksi kulit dan gatal-gatal yang mana jamur penyebab ketombe adalah Malassezia furfur dapat dibersihkan dan tak dapat berkembang.

Cara Pembuatan Cuka Apel 

Alat dan bahan pembuatan cuka apel
1.    Bahan-bahan yang di gunakan :
  • Apel 500 gr
  • Gula 100 gr
  • Air 500 ml
  • amonium phosphat [ (NH4)3 PO4] 0,25 gram/liter
  • kalsium metabisulfit 0,125 gram/liter           
  • NaHCO3
  • asam sitrat
  • ragi roti (Saccharomyces cereviseae) sebanyak 0,5 gr untuk 500 ml sari buah apel.
2.Peralatan yang digunakan adalah sebagai berikut 
  • Timbangan
  • Kain saring
  • Baskom
  • Panci
  • toples
  • kompor
  • belender
  • labu ukur
  • lilin
Setelah menyiapkan alat dan bahan pembuatan cuka apel, selanjutnya lihat cara-cara pembuatan cuka apel dibawah ini...
1. Disiapkan buah apel yang masak dan tidak busuk, dicuci bersih, jangan dikupas kulitnya, direbus dan ditambah air sebanyak 500 ml sampai mendidih agar buah apel tidak terjadi pencoklatan pada saat diblender, didinginkan.
2. Buah apel yang sudah direbus, dipotong kecil – kecil, diblenderbersama dengan air rebusan buah apel, Kemudian disaring dengan kain saring untuk mendapatkan sari buah (filtrat).
3. Diatur pH dari filtrat menjadi ± 4,5. Bila pH < 4 ditambahkan NaHCO3 dan bila > 5 ditambahkan asam sitrat.
4. Larutan sari buah apel ditambahkan gula pasir sebanyak ± 10% (100 gr per liter),dan ditambah air sebanyak 500 ml, dipasteurisasikan pada suhu 70 – 80 ÂșC selama 15 menit (dihitung mulai dari setengah mendidih), lalu didinginkan dengan cara diangin-anginkan sampai suhunya turun, diaddkan ke dalam labu ukur 500 ml dihomogenkan, Kemudian dimasukan dalam botol fermentasi, Ditambahkan ragi roti (Saccharomyces cereviseae) sebanyak 0,5 gr untuk 500 ml sari buah apel.
5. Botol fermentasi disumbat dengan karet / gabus yang diberi lubang kecil untuk memasukkan pipa plastik yang berbentuk “U” serta rapatkan lubang gabus tadi dengan lilin dan ujung pipa dan ujung pipa dimasukkanke dalam air dimasukkan ke dalam air.
6. Dibiarkan pada suhu ruangan ± 14 hari. Fermentasi berlangsung bila timbul gas CO2 yang terlihat dalam air berupa gelembung udara. Fermentasi akan berlangsung terus sampai gula dalam sari buah habis.
7. Selama peragian, botol penampung diisi air untuk menghalangi masuknya udara dari luar.
8. Apabila fermentasi telah selesai, larutan sari buah yang telah difermentasi disaring dengan menggunakan corong yang dilapisi kapas bersih.
9. Supaya ragi dapat tumbuh dan bekerja dengan baik dapat ditambahkan amonium phosphat [ (NH4)3 PO4] 0,25 gram/liter.
10. Untuk menghambat atau membunuh pertumbuhan mikroorganisme (bakteri atau kapang) yang tidak dikehendaki dapat ditambahkan kalsium metabisulfit 0,125 gram/liter.
11. Awal fermentasi dihasilkan kadar alkohol hingga mendapatkan hasil kadar alkohol optimum. Setelah kadar alkohol optimum tercapai lakukan fermentasi kembali sehingga didapatkan kadar asam asetat optimum dalam pembuatan cuka apel, semakin lama fermentasi maka semakin bagus pula kadar asam asetat yang terjadi.

Baca Juga:

Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab, & Pantangan Asam Urat
23 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Menurut Islam & Medis
18 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan & Kecantikan
14 Manfaat Masker Tomat & Cara Membuatnya
22 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan & Kecantikan
18 Manfaat Lemon & Khasiat Buah Lemon Untuk Tubuh Anda
18 Obat Sakit Gigi Secara Alami & Produk Obat Sakit Gigi

Demikianlah informasi mengenai 35 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan & Kecantikan. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu manfaat cuka apel untuk kesehatan, manfaat cuka apel untuk kecantikan kulit dan manfaat cuka apel untuk kecantikan rambut. Sekian dan terima kasih kepada sumber-sumber atau referensi dibawah ini.. Salam Berbagi Teman-Teman.

Sumber: 35 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan & Kecantikan 
  • Skripsi Nur Hummad Karim, Perbandingan Efektivitas Cuka Ael dan Dietilpropion terhadap penurunan berat badan tikus. 
  • download.portalgaruda.org/article.php?article=346564&val=4387&title=Efek%20Cuka%20Apel%20dan%20Cuka%20Salak%20terhadap%20Penurunan%20Glukosa%20Darah%20dan%20Histopatologi%20Pankreas%20Tikus%20Wistar%20Diabetes
  • digilib.unimus.ac.id/files/disk1/124/jtptunimus-gdl-chandraben-6197-2-babii.pdf
  • blogs.unpad.ac.id/boenga/files/2011/08/Cuka-Apel-dan-Segala-Khasiatnya.pdf
  • eprints.undip.ac.id/41836/1/559_PARTIKA_KHARUNIA_DEWI_G2C009033.pdf
  • repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/21419/4/Chapter%20II.pdf

35 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan & Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin