Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Jenis-Jenis Diplomasi & Ruang Lingkup Diplomasi

Jenis-Jenis Diplomasi & Ruang Lingkup Diplomasi  – Secara umum, pengertian Diplomasi adalah perpaduan antara ilmu dan seni perundingan atau metode yang berfungsi untuk menyampaikan pesan melalui perundingan untuk mencapai tujuan dan kepentingan negara baik dalam bidang politik, ekonomi, perdagangan, sosial, budaya, pertahanan, militer, dan berbagai kepentingan lain dalam bingkai hubungan internasional.
 
Perkembangan yang dialami oleh praktek diplomasi di era kontemporer, dewasa ini mengarahkan kepada apa yang dikenal “changing nature of diplomacy“. Dalam changing nature of diplomacy, perkembangan praktek diplomasi berakibat pada sejumlah kondisi berikut (Tariqul Islam 2005).
 
Pertama, berkurangnya peran diplomat dalam mengambil keputusan. Penyebab hal ini dapat terjadi dikarenakan peran dan fungsi diplomat berangsur-angsur mulai tergantikan oleh kehadiran teknologi.
 
Demikian terjadi diakibatkan dengan mudah aktivitas diplomasi untuk dapat dilakukan dengan lebih efektif tanpa harus mengirim seorang diplomat sebagai perwakilan negara.
 
Kedua, dalam intensitas diplomasi bilateral juga mengalami penurunan. Hal itu dikarenakan banyaknya bermunculan aktor-aktor baru yang mengisi dan mempunyai kepentingan tersediri, dan melakukan diplomasi dalam bentuk yang berbeda-beda.
 
Kemunculan para aktor baru tersebut, menjadi pemantik dalam mendorong adanya dominasi diplomasi multilateral dalam hubungan internasional sebagai akibat atas lahirnya organisasi-organisasi internasional.
 
Ketiga, meredupnya eksistensi institusi diplomatik yang berperan dalam membantu terjadinya hubungan diplomatik dan memfasilitasi hubungan diplomatik melalui aturan dan perjanjian.
 
Hal ini terjadi karena peran institusi diplomatik tesebut sudah tidak begitu dibutuhkan dengan pertimbangan bahwa praktek diplomasi kini dapat dilakukan melalui beragam cara.
 
Pengertian Diplomasi Menurut Para Ahli
Adapun pengertian Diplomasi menurut para tokoh yaitu:

1. Pengertian Diplomasi Menurut Mu’in BA

Menurut Mu’in BA bahwa definisi diplomasi adalah segala kebijaksanaan dan kecendikiawanan dalam melaksanakan dan memelihara hubungan resmi antara pemerintahan dan negara yang merdeka.
 
Selain itu, diplomasi juga merupakan alat yang digunakan didalam melaksanakan pekerjaan diplomasi adalah perundingan dan permusyawaratan. Perundingan tersebut dapat dilaksanakan dengan mengadakan pertemuan atau konferensi dan juga dengan perantaraan surat menyurat dan pertukaran nota.

2. Pengertian Diplomasi Menurut KBBI

Yang dimaksud Diplomasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB) bahwa diplomasi adalah sebagai urusan penyelenggaraan perhubungan resmi antara satu negara dengan negara lain. Bisa juga diartikan sebagai urusan kepentingan sebuah negara dengan perantaraan wakil-wakilnya di negara lain.

Jenis-Jenis Diplomasi

Secara umum, diplomasi terdapat 4 macam yaitu:

1. Jenis Diplomasi Publik

Istilah yang pertama kali digunakan tahun 1965 oleh Dean Edmund Gullion dari Fletcher School of Law and Diplomacy, Tufts University. Pengertian Diplomasi Publik adalah diplomasi yang berhadapan dengan pengaruh, sikap publik atas pembentukan dan pelaksanaan kebijakan luar negeri, yang terdiri atas  hubungan internasional diluar diplomasi internasional; perkembangan opini publik di negara lain; interaksi dari kelompok swasta dan kepentingan di suatu negara terhadap negara lainnya; pemberitaan masalah-masalah luar negeri dan dampaknya terhadap kebijakan; komunikasi antara para diplomat dan koresponden asing dan proses dari cultural komunikasi; pusat dari itu semua adalah arus transnasional atas informasi dan ide-ide.

2. Jenis Diplomasi Multilateral

Pengertian Diplomasi Multilateral adalah diplomasi yang dilakukan melalui konferensi yang diikuti paling sedikit tiga atau lebih negara dengan komunikasi secara lisan atau tulisan (Berridge dalam Djelantik, 2008 : 133).

3. Jenis Diplomasi Preventif

Yang dimaksud dengan jenis diplomasi preventif adalah diplomasi yang dilakukan dengan membuat jarak dengan kepentingan langsung sebuah negara dengan tujuan untuk memberikan bantuan moril maupun materil Diplomasi preventif lebih dari sekedar menyelamatkan dunia tetapi berfungsi untuk mencegah agar tidak terisolasi dari masyarakat internasional.

4. Diplomasi Bilateral

Pengertian Diplomasi bilateral adalah diplomasi yang mengacu pada hubunga politik dan budaya yang melibatkan kedua negara (Berridge, 2002 : 132). Pada berbagai bentuk hubungan bilateral terdapat situasi apabila terdapat keberadaan dan fungsi Kedutaan Besar tidak dapat dipertahankan. Sehingga diperlukan Keputusan formal untuk menutup Kedutaan Besar terjadi apabila terdapat suatu masalah dengan satu atau lebih negara.
 
Jenis-Jenis Diplomasi – Selain itu, terdapat macam-macam diplomasi yang dapat dilihat dibawah ini:
 
Diplomasi Boejuis-Sipil. Arti dari Diplomasi Boejuis-Sipil didefinisikan sebagai diplomasi yang dalam penyelesaian permasalahan lebih mengutamakan cara-cara damai melalui negosiasi untuk mencapai tujuan (win-win solution)

1. Jenis Diplomasi Demokratis

Pengertian diplomasi demokratis adalah diplomasi yang berlangsung secara terbuka dan memperhatikan suara rakyat.

2. Jenis Diplomasi Publik (Softpower Diplomacy)

Maksud dari Diplomasi Publik diartikan sebagai diplomasi yang menekankan adanya gagasan alternatis terhadap penyelesaian masalah melalui pesan-pesan damai, bukan melalui provokasi, agitasi atau sinisme.

3. Jenis Diplomasi Provokatif

Yang dimaksud dengan Diplomasi Provokatif memiliki tujuan untuk menyudutkan posisi suatu negara untuk memberikan dampak terhadap sikap masyarakat internasional agar menentang politik suatu negara.

4. Jenis Diplomasi Totaliter

Definisi dari Diplomasi Totaliter yaitu diplomasi yang ditonjolkan melalui peningkatan peran negara (pemujaan patriotism dan loyalitas kepada negara berapa pun harga pengorbanannya). Diplomasi ini marak pada fasisme Italia, fasisme Spanyol, dan nazi Jerman.

5. Jenis Diplomasi Preventif

Arti Diplomasi Preventif dimaksudnya agar masyarakat dapat menghadapi suasana genting yang dapat menimbulkan konflik besar atau dapat mengakibatkan terjadinya perang.
Diplomasi Multilajur (Multitrack Diplomasi)
 
Pengertian macam diplomasi ini adalah diplomasi total yang dilakukan Indonesia dengan fungsi penggunaan seluruh upaya pada aktor yang terdapat di dalam pelaksanaan poltik luar negeri.

6. Jenis Diplomasi Perjuangan

Pengertian Diplomasi perjuangan yaitu saat negara mengahadapi situasi yang terbilang genting dengan tujuan mempertahankan posisinya dalam memperjuangkan hak-hak untuk mengatur urusan dalam negerinya dan menghindari campur tangan negara lain.

Ruang Lingkup Diplomasi

Diplomasi berkaitan  dengan hubungan kegiatan politik luar negeri atau hubungan internasional. Pada umumnya, Hubungan internasional diwakili oleh diplomat.
 
Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk berkaitan kepentingan negara-negara yang bekerjasama. Adapun alat yang digunakan suatu negara untuk melakukan kegiatan diplomasi adalah:

1. Departemen Luar Negeri (DEPLU)

Pada umumnya, DEPLU memiliki kedudukan sebagai ibu kota negara dalam mengirim dan memiliki fungsi sebagai pihak yang mengatur politik luar negeri sebuah negara.

2. Perwakilan Diplomatik

Sedangkan perwakilan diplomatik atau diplomat memiliki kekdudukan di dalam ibu kota negara lain yang berfungsi sebagai penyambung lidah dan panca indera’ dari negara yang diwakilinya.
 
 

 
Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-teman. 

Daftar Isi

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *