Menu

35+ Pengertian Manajemen, Unsur dan Fungsi Manajemen Menurut Ahli

Inilah pengertian manajemen menurut para ahli manajemen yang anda cari untuk mengartikan apa itu manajemen?. Tentu saja diantara kita belum ada yang mengetahui apa yang dimaksud manajemen?. Untunglah, ada beberapa ahli yang bisa menjelaskan secara sederhana apa yang disebut kata “manajemen”. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Manajemen adalah sebuah proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh kelompok orang, komunitas, laskar, individu atau organisasi untuk memperoleh capaian dari tujuan organisasi tersebut dengan cara saling bekerja sama untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Hai teman-teman kali ini seputar pengertian manajemen dan fungsi manajemen. Pengertian Manajemen menurut definisi beberapa para ahli yang telah kami simpulkan dan kami nyatakan Pengertian Manajemen Secara Umum. Pengertian Manajemen adalah suatu seni dalam ilmu dan proses pengorganisasian seperti perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian atau pengawasan. Dalam pengertian manajemen sebagai seni karna seni berfungsi dalam mengujudkan tujuan yang nyata dengan hasil atau manfaat sedangkan manajemen sebagai ilmu yang berfungsi menerangkan fenomena-fenomena, kejadian sehingga memberikan penjelasan yang sebenarnya. Nah, tentu saja kita dalam mendefinisikan sesuatu maka kita terlebih dahulu mengartikan pengertian manajemen secara etimologi atau asal-usul kata. Kata “Manajemen” diambil dari bahasa Perancis kuno yakni “Menagement”. Menagement berarti seni dalam mengatur dan melaksanakan. Manajemen bisa juga kita definisikan sebagai cara atau upaya merencanakan, mengoordinasikan, mengoorganisasikan dan mengontrol sumber daya untuk bisa mencapai target atau sasaran secara efektif dan efisien. Efektif dalam hal ini untuk dapat mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan dan efisien untuk dapat melaksanakan pekerjaan secara terorganisir dan benar. Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu “Manage” yang berarti, mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin. Sedangkan Pengertian Manajemen secara etimologis adalah seni melaksanakan dan mengatur. Pengertian manajemen juga dipandang sebagai disiplin ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan tujuan organisasi dalam upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber milik organisasi. Orang yang melakukan manajemen disebut dengan manajer.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen menurut George.R.Terry yang mengatakan bahwa pengertian manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional maksud yang nyata. Pengertian manajemen menurut Encylopedia of the Social Science, mengatakan bahwa pengertian manajemen adalah suatu proses yang pelaksanaan tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi. Pengertian manajemen menurut Mary Parker Follet, mengatakan bahwa pengertian manajemen adalah sebuah seni atau management is an art). Setiap pekerjaan mampu diselesaikan oleh orang lain. Pengertian manajemen menurut James A.F Stoner, yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi yang lain agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Pengertian manajemen menurut Lawrence A. Appley adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain. Pengertian manajemen Wilson Bangun adalah rangkaian aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh anggota-anggota organisasi untuk mencapai tujuannya. Pengertian manajemen menurut Koontz, mengatakan bahwa pengertian manajemen adalah seni yang paling produktif selalu didasarkan pada pemahaman terhadap ilmu yang mendasarinya. Nah, kali ini kita akan bahas satu persatu tentang apa itu pengertian manajemen. Tentu saja bagi anda yang masih awam dengan manajemen, tentu saja masih juga belum mengetahui para ahli manajemen. Kali ini, anda mesti simak baik-baik, karena pengertian yang disajikan para ahli manajemen mesti dicermati secara seksama. Pendapat para ahli tersebut dapat kita jadikan sebagai landasan untuk dapat memahami mengenai ilmu manajemen.

Baca Juga  Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri, Karakteristik, Faktor, Sifat & Dampaknya

Pengertian Manajemen Menurut Parker Follet

Kata “Manajemen” yang dijelaskan oleh Mary Parker Follet yaitu sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan lewat orang lain. Jadi, disini pengertian manajemen menurut ahli Mary Parker Follet bahwa sesuatu dikatakan manajemen jika sudah bisa melakukan pengaturan dan mengarahkan orang lain untuk dapat mencapai tujuannya atau tujuan organisasi.

Pengertian Manajemen menurut George R. Terry

Setelah kita membaca pengertian manajemen yang sudah disampaikan Mary Parker Follet, selanjutnya kita melihat apa maksud manajemen menurut George R. Terry. Nah, Manajemen menurut George R Terry adalah suatu proses yang khas dimana terdiri atas beberapa tindakan yakni perencanaan, pengorganisasi, menggerakkan dan melakukan pengawasan. Sebagai contohnya, jika anda seorang manajer ingin produknya bisa laris manis di pasar maka sebelum membuat produk sebaiknya melakukan perencanaan, kemudian melakukan pengorganisasian orang, menggerakkan orang dalam membuat produk, setelah itu membentuk tim pengawas agar rencana bisa berjalan dengan baik. Semua yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai sasaran atau target yang ingin dicapai dengan cara memanfaatkan sumber daya, termasuk sumber daya manusia dan sumber daya yang lainnya.

Pengertian Manajemen Menurut Henry Fayol

Selanjutnya, pengertian manajemen menurut Henry Fayol adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengawasan atau pengontrolan terhadap sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan secara efesien dan efektif. Nah, disini apa yang disampaikan Henry Fayol tentang Manajemen, memang tidak jauh bedanya dengan apa yang disampaikan oleh George R. Terry tentang manajemen.

Pengertian Manajemen Menurut Ricky W. Griffin

Ricky W. Griffin termasuk ahli manajemen terkenal di dunia yang memiliki penjelasan “manajemen” yang banyak digunakan oleh orang-orang. Pengertian manajemen menurut Ricky W. Griffin adalah suatu proses perencanan, proses pengelompokkan, proses koordinasi dan proses pengontrolan terhadap sumber daya untuk dapat mencapai tujuan secara efisien dan efektif. Efektif berarti tujuan bisa tercapai sesuai rencana dan sedangkan efisien berarti tugas dijalankan secara benar, terorganisir dan sesuai jadwal penyelesaiannya.

Pengertian Manajemen Menurut Lawrence A.Appley

Lawrence A. Appley, seorang ahli ekonomi juga ikut menjelaskan tentang pengertian manajemen. Manajemen menurut Lawrence A. Appley yaitu sebuah keahlian yang dimiliki oleh seseorang atau organisasi untuk dapat mengarahkan dan menggerakkan orang lain supaya ikut melakukan dan bekerjasama melaksanakan sesuatu.

Pengertian Manajemen Menurut Oey Liang Lee

Oey Liang Lee, salah satu ahli manajemen terkenal di dunia ikut menyampaikan pengertian manajemen. Menurut Oey Liang Le, Manajemen adalah ilmu atau seni yang melakukan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengontrolan atau pengendalian terhadap sumber daya yang ada untuk bisa mencapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Pengertian Manajemen Menurut Hilman

Hilman adalah salah satu ahli manajemen terkenal di dunia yang mengartikan pengertian manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan lewat perantara kegiatan orang lain dan mengawasi segala usaha pada setiap individu untuk mencapai tujuan yang sama.

Pengertian Manajemen Menurut Dr. Ahuja

Dr. Ahujae seorang ahli manajemen terkenal di dunia mengarikan bahwa pengertian manajemen adalah pihak-pihak yang menawarkan atau menyediakan jasa untuk bidang yang berkaitan dengan manajemen.

Pengertian Manajemen menurut Dr. Bennet N. B Silalahi, MA

Dr. Bennet termasuk ahli manajemen terkenal di dunia dan Indonesia yang mengartikan pengertian manajemen adalah ilmu tentang perilaku yang terdiri dari aspek social eksak bukan dari tanggung jawab keselamatan dan kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.

Pengertian Manajemen Menurut Renville Siagian

Renville Siagian yang juga salah satu ahli manajemen terkenal di dunia mengartikan pengertian manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak pada bidang jasa pelayanan yang dikendalikan atau dikelola oleh tenaga ahli yang sudah terlatih dan berpengalaman.

Pengertian Manajemen Menurut James A. F Stoner

Inilah pengertian manajemen yang sering digunakan oleh orang-orang di dunia, karena James A.F Stoner termasuk ahli manajemen terkenal di dunia yang sangat diakui. Manajemen menurut James A. F Stoner adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, leadership dan pengendalian upaya dari anggota organisasi tersebut serta penggunaan sumber daya yang ada di organisasi tersebut untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan organisasi sebelumnya.

Baca Juga  Pengertian Peta dan Fenomena Fisik serta Fenomena Buatan Pada Peta

Fungsi Manajemen

Fungsi Manajemen – Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang selalu ada dan berada dalam proses manajemen yang menjadi patokan bagi manejer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi Manajemen secara Umum adalah sebagai berikut… 1. Fungsi Perencanaan (Planning) Pengertian perencanaan/planning adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk membuat tujuan perusahaan dengan berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang ingin diraih. Perencanaan merupakan cara terbaik dalam mengejar dan membuat tujuan perusahaan dapat tercapai karna perencanaan merupakan proses bagian dari fungsi manajemen yang penting karna tanpa perencanaan fungsi-fungsi manajemen berikutnya tidak dapat berjalan. Perencanaan adalah yang sangat penting pada sebuah manajemen bisnis. Seorang manajemer yang mengelola perusahaan atau bisnis akan selalu membuat perencanaan dan mengevaluasi setiap aksi atau tindakan yang telah dilakukan dan yang masih belum lakukan dalam bisnis. Perencanaan sangat penting untuk dapat menentukan secara keseluruhan pada tujuan perusahaan dan upaya untuk dapat memenuhi tujuan tersebut. Seorang manajer senantiasa bertindak sebagai seseorang yang sedang mencari alternative untuk memperoleh tujuan akhir, mencakup rencana jangka pendek, menengah sampai jangka panjang. Tanpa adanya perencanaan yang tepat dalam berbisnis maka dapat membuat bisnis tak berjalan sesuai jalur atau yang diinginkan. Penyimpangan ini berbahaya dan berakibat hadirnya ketidakteraturan sampai berakhir bangkrut. 2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing) Pengertian pengorganisasian/organizing adalah membagi suatu kegiatan besar menjadi suatu kegiatan-kegiatan kecil dengan membagi dalam setiap tugas agar tercapainya suatu tujuan dengan lebih mudah. Fungsi manajemen yang selanjutnya yaitu pengorganisasian. Tentu saja pada kegiatan besar dibutuhkan beberapa kegiatan kecil atau serangkaian kegiatan. Tujuannya untuk bisa mempermudah seorang manajer untuk melakukan pengawasan secara lebih efektif dan menentukan sumber daya yang diperlukan pada setiap kegiatan yang telah dibagi agar menjadi lebih efisien. Pengorganisasian secara lebih mudah dilakukan untuk menentukan tugas apa yang akan dikerjakan, siapa yang mengerjakan dan bagaimana harusnya bisnis tersebut dikerjakan. Hal tersebut bertujuan untuk dapat mencapai tujuan bisnis lewat proses yang lebih terorganisasi dan terstruktur.

3. Fungsi Penempatan (Staffing)

Mirip dengan organizing, namun penggunaannya lebih luas. Bila organizing lebih memperhatikan manajemen sumber daya manusia, maka staffing lebih memperhatikan sumber daya secara umum. Beberapa sumber daya tersebut diantaranya; peralatan, perlengkapan, dan inventaris yang ada pada sebuah organisasi.  

4. Fungsi Pengarahan (Directing)

Pengertian pengarahan/directing adalah suatu tindakan yang mengusahakan agar semua anggota kelompok untuk berusaha mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha. Fungsi manajemen dalam bisnis (pengarahan) adalah suatu tindakan yang berupaya supaya setiap anggota kelompok dapat mendapatkan atau mencapai target dan sasaran sesuai prosedur manajerial yang telah direncanakan. Seorang manajer akan melakukan pengarahan jika terjadi masalah atau jika apa yang dikerjakan tak sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Karena tak semua hal yang direncanakan dalam bisnis bisa diwujudkan secara nyata dalam tindakan, mengingat banyaknya kejadian yang tak bisa kita duga sebelumnya. Sehingga disinilah fungsi manajemen untuk mengarahkan apa yang dikerjakan sumber daya itu masih berada di jalur yang semestinya.

  • Jalur (routing): manajer harus menetapkan jalur untuk memperkecil resiko kesalahan yang terjadi
  • Penetapan waktu (scheduling): manajer harus memiliki waktu rutin untuk melakukan pengawasan, misalnya saja satu bulan satu kali atau dua kali
  • Perintah pelaksanaan (dispatching): manajer memiliki sikap untuk mendorong dan memerintah agar setiap sumber daya menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan
  • Tindak lanjut (follow up): manajer melakukan evaluasi dan memberikan solusi dari segala yang permasalahan yang terjadi selama proses mencapai tujuan untuk meminimalisisr terjadinya kesalahan yang sama.
Baca Juga  Perubahan Kecil dan Besar serta Contohnya Masing-masing

Unsur-unsur Manajemen

Pada pembentukan sistem manajerial yang baik, maka dibutuhkan unsur unsur manajemen. Semua unsur manajemen saling berkaitan dan melengkapi satu sama lain. Jika salah satu unsure tersebut tak ada maka akan berefek pada hasil secara keseluruhan dari pencapaian suatu organisasi. Jika manajemen organisasinya salah maka hasil akhirnya juga melenceng dari tujuan dan sedangkan jika unsur manajemennya bisa berkoordinasi dengan baik maka yakin dan percaya tujuan organisasi akan dapat tercapai. Nah, berikut unsur unsur manajemen:  

1. Manusia

Faktor yang sangat menentukan dalam kerja-kerja manajemen yaitu ketersediaan sumber daya manusianya. Dalam praktiknya, manusialah yang bisa membuat tujuan dan melakukan proses pencapaian tujuan tersebut. Dengan kata lain bahwa, proses kerja tak akan terjadi jika tidak ada manusia di dalamnya.  

2. Uang 

Uang adalah salah satu unsur manajemen yang sangatlah berpengaruh karena hasil dari kegiatan itu bisa diukur dari jumlah uang yang telah beredar pada perusahaan tersebut. Unsur uang bisa menjadi alat dalam proses pencapaian tujuan dengan penggunaannya yang diperhitungkan secara rasional. Penggunaan uang pada suatu perusahaan adalah untuk biaya operasional seperti gaji pegawai atau pekerja, pembelian dan perawatan peralatan kantor dan peralatan lainnya yang diperlukan oleh perusahaan.  

3. Material atau Bahan Baku

Bahan baku terdiri dari raw material atau bahan setengah jadi dan bahan jadi. Unsur material termasuk salah satu factor penting dalam dunia usaha karena hasil yang baik hanya dapat dicapai jika terdapat material yang baik.  

4. Mesin atau alat produksi

Mesin atau alat produksi sangat diperlukan manusia untuk dapat mempermudah pekerjaan yang sulit secara lebih cepat. Penggunaan alat produksi atau mesin akan dapat meningkatkan hasil dan keuntungan serta akan membuat proses kerja menjadi lebih efisien dan efektif.  

5. Metode Kerja

Proses pelaksanaan kerja hanya bisa berjalan secara efisien dan efektif jika dilakukan dengan cara kerja atau metode yang tepat. Suatu metode kerja harus mempertimbangkan sasaran, fasilitas, waktu, uang dan kegiatan bisnis. Selain daripada itu, metode kerja yang tepat dan baik juga mesti dipahami oleh manusia yang akan menjalankannya. Dengan kata lain bahwa, sebuah metode hanya dapat berjalan secara baik jika manusia juga turut aktif terlibat di dalamnya.  

6. Pasar

Proses pemasaran produk termasuk unsur manajemen yang sangatlah krusial bagi sebuah perusahaan jika tak ada pemasaran maka barang tersebut tidak akan laku. Suatu bisnis dapat menguasai pasar jika menawarkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan minat dan daya beli konsumennya. Itulah sebabnya mengapa proses pemasaran itu sangat erat hubungannya dengan kualitas barang yang telah dipasarkan.

Contoh dan Jenis-Jenis Manajemen

Dalam penerapan ilmu manajemen dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak sekali contoh yang bisa kita temukan, sesuai dengan bidangnya. Berikut ini adalah beberapa contoh dan macam-macam manajemen:

• Manajemen Strategi

• Manajemen Administrasi Perkantoran

• Manajemen Biaya • Manajemen Organisasi

• Manajemen Personalia dan Administrasi

• Manajemen Perusahaan

• Manajemen Pemasaran

• Manajemen Produksi

• Manajemen Keuangan

• Manajemen Waktu

• Manajemen Organisasi

• Manajemen Komunikasi

• Manajemen Pendidikan

• Manajemen Konstruksi

• Manajemen Agribisnis

• Manajemen Stress

• Manajemen Sumber Daya Manusia

• Manajemen Risiko

• Manajemen Rantai Pasokan

• Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

• Manajemen Hubungan Masyarakat (Humas)

• Dan lain-lain

Baca Juga:

Pengertian Manajemen, Fungsi, Unsur, Prinsip & Bidangnya  

Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Pasar Serta Contohnya

Pengertian Administrasi, Ciri, Fungsi, & Menurut Para Ahli  

Pengertian Produksi, Faktor-Faktor, Proses, & Tujuannya  

Pengertian Perusahaan Dagang, Jenis, & Ciri-Cirinya

Demikianlah materi tentang Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen semoga teman-teman menerima materi Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen dengan point-point seperti diatas yakni pengertian manajemen, pengertian manajemen menurut para ahli, dan fungsi manajemen, dan juga bermanfaat pastinya. Sekian teman-teman. dan “Salam Berbagi”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *