Artikel Belajar dan Bermanfaat

Friday 10 October 2014

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen| Tenaga Endogen terdiri atas tektonisme, vulkanisme, dan gempa bumi yang memberikan dampak bagi kehidupan manusia, baik yang sifatnya positif maupun negatif, dilihat dari tenaga endogen yang tergolong memiliki banyak dampak negatif tetapi jangan salah tenaga endogen memiliki juga banyak dampak positif yang bermanfaat yang tujuannya kepada manusia pastinya, jadi tenaga endogen tidak seperti apa yang kita pikir, bahwa tenaga endogen hanya merugikan manusia tetapi ternyata dilihat tenaga endogen juga menguntungkan manusia sangat berfungsi bagi manusia, apakah itu ??.. itu semua akan terjawab dalam sebuah pembahasan yakni Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen. pasti telah mengetahui pengertian endogen atau tenaga endogen oleh sebab itu tidak perlu lagi kita membahas tenaga endogen dan mari kita fokus ke Dampak Positif dan Negatif dari Tenaga Endogen, seperti dibawah ini,... 

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen 
1. Dampak Positif Tenaga Endogen 
Tenaga tektonisme yang bersifat membangun telah memberi bentuk pada muka bumi berupa dataran-dataran tinggi dan pengunungan. Seandainya tidak ada tektonisme, tidak akan kita temukan dataran tinggi dan pegunungan. Dataran tinggi sebenarnya adalah bagian dari pegunungan, akan tetapi bentuknya relatif datar dibandingkan dengan bentuk pegunungan yang bergelombang. Patut kita syukuri bahwa tenaga endogen berupa tektonisme yang telah membentuk dataran tinggi dan pegunungan memberikan manfaat besa bagi kehidupan manusia. Bentangan alam berupa dataran tinggi dan pegunungan merupakan tempat yang baik untuk : 
a). Pertanian, terutama tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan, teh, kopi, kina, dan lain-lain. 
b). Kawasan tangkapan air hujan yang menjadi sumber air bagi sungai-sungai. 
c). Pusat pembangkit tenaga air (PLTA). 
d). Tempat habitat hewan-hewan, khususnya hewan liat karena daerah pegunungan pada umumnya tertutup oleh hutan. 
e). Menyediakan hasil-hasil hutan karena pegunungan sangat cocok untuk tempat hidupnya pohon-pohon yang membentuk hutan. 
f). Menyediakan hasil tambang, terutama jenis logam seperti bijih besi, emas, nikel, tembaga, dan lain-lain. 
g). Tanah di daerah pegunungan umumnya subur karena pada daerah pegunungan ini juga merupakan daerah terdapatnya gunung-gunung api.
h). Tempat Pariwisata yang banyak dikunjungi wisatawan karena udaranya sejuk. 

2. Dampak Negatif Tenaga Endogen 
Dampak negatif tenaga endogen antara lain.. 
a). Lereng-lereng pegunungan yang terbentuk oleh tenaga endogen ada yang curam dan ada pula yang lebih pandai. Lereng-lereng yang curam megnalami erosi tinggi sehingga tidak baik dijadikan lahan pertanian. 
b). Daerah-Daerah pegunungan sering terjadi longsor yang banyak menimbulkan kerugian baik materi maupun korban jiwa, terutama pada musim hujan. 
c). Membuat jalan di daerah pegunungan memerlukan biaya besar karena jalan menjadi bertambah bila dibandingkan dengan jalan yang dibuat lurus seperti didaerah dataran.
d). Gempa bumi dan peletusan gunung api sering menimbulkan banyak korban jiwa maupun harta.

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen
Sekian Artikel tentang Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen semoga bermanfaat

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin