Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 11 October 2014

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen|Tenaga Eksogen memiliki dampak, baik yang sifatnya positif dan negatif atau menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan manusia. Tenaga eksogen diakibatkan oleh manusia sendiri sehingga perlu cara-cara penanggulangan terjadinya tenaga eksogen, karna tenaga eksogen juga dapat menelan korban jiwa dan Tenaga eksogen juga bisa berfungsi dengan baik jika kita memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tenaga eksogen yang berasal dari permukaan bumi seperti pelapukan, erosi, dan sedimentasi berdampak banyak terhadap kehidupan manusia. Dampaknya selain bersifat positif, ada pula yang bersifat negatif. 

a. Dampak Positif Tenaga Eksogen
Dampak positif tenaga eksogen antaralain.. 
1). Memunculkan habitat. Dengan adanya pelapukan terhadap batuan, terbentuklah tanah sehingga memungkinkan tumbuh- tumbuhan hidup di atas tanah tersebut. Dengan adanya kehidupan tumbuh-tumbuhan di atas tanah, telah menyebabkan adanya kehidupan hewan dan manusia. Manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan merupakan mata rantai kehidupan yang satu sama lainnya saling memiliki ketergantungan.
2). Memperluas daratan di bumiErosi yang terjadi di daerah pegunungan materialnya akan dibawa ke laut dan mengendap di dasar laut. Peristiwa seperti ini telah berlangsung jutaan tahun lamanya sehingga endapan yang terbentuk semakin lama semakin tebal dan luas dan akhirnya membentuk daratan. Banyak dataran-dataran yang terbentuk dari hasil erosi dan pengendapan seperti pantai timur Sumatera, pantai Utara Jawa, dan lain-lain. Dataran yang terbentuk dan hasil pengendapan ini disebut dataran aluvial dan tanahnya disebut tanah aluvial.
3). Memperdekat barang-barang tambang ke permukaan bumi. Dengan adanya erosi dalam waktu yang sangat lama (jutaan tahun) terhadap pegunungan yang mengandung barang- barang tambang dan mineral makin lama makin rendah sehingga barang tambang yang ada di dalamnya makin dekat ke permukaan bumi, dan akhirnya berada di permukaan bumi.

b. Dampak Negatif Tenaga Eksogen
Dampak negatif tenaga eksogen antaralain.. 
1). Kesuburan tanah semakin berkurang karena tanah yang subur di permukaan bumi terus menerus mengalami erosi setiap hujan turun.
2). Hasil-hasil erosi yang diendapkan (sedimentasi) di muara-muara sungai menyebabkan pendangkalan di muara sungai, akibatnya sungai menjadi mudah mengalami banjir ketika musim hujan. Hal ini terjadi karena arus sungai yang mengalir mengalami hambatan di muara sungai. 
3). Abrasi (pengikisan air laut) di pantai-pantai menyebabkan daratan dekat garis pantai hilang dihantam ombak. Rumah-rumah di pinggir pantai banyak yang hancur oleh abrasi.

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen
(Gemburan Ombak yang menghantam
menimbulkanabarasi parah dan mengikis habis)
Sekian Artikel tentang Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen semoga bermanfaat

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin