Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Pengertian dan Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk

Pengertian dan Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk|Letak Geografis Indonesia sangat strategis dikarenakan indonesia berada ditengah-tengah garis khatulistiwa dan diapik oleh benua dan samudra ini membuat banyak pengaruh bagi indonesia, pengaruhnya bagi bangsa indonesia terutama kondisi alam dan penduduk sangat besar ini tidak lain dikarenakan oleh letak geografis indonesia yang sangat strategis membuat banyak pengaruh-pengaruh dari luar dan pengaruh dari alam yang tak dapat dihindari oleh Indonesia Oleh karna itu mari kita lihat pembahasan Pengertian dan Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk, seperti dibawah ini…

Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk

Pengertian Letak Geografis adalah letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Menurut letak geografisnya Indonesia terletak diantara dua benua,yakni Asia danAustralia, dan diantara dua Samudr, Yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Letak Indonesia yang diapit dua benua dan berada di antara dua samudra terpengaruh besar terhadap keadaan alam maupun kehidupan penduduk

Baca Juga  AFNEI: Pengertian, Sejarah, Tugas, & Tujuan Ke Indonesia

1. Pengaruh Letak Geografis terhadap Keadaan Alam  

Indonesia merupakan negara kepulauan yang merupakan pertemuan dua samudra besar (Samudra Pasifik dan Samudra Hindia ) dan diapit daratan luas (Benua Asia dan Australia ). Hal itu berpengaruh terhadap kondisi alam.
  • Wilayah Indonesia beriklim laut, sebab merupakan negara kepulauan, sehingga banyak memperoleh pengaruh angin laut yang mendatangkan banyak hujan. 
  • Indonesia memiliki iklim musim, yaitu iklim yang dipengaruhi oleh angin muson yang berembus setiap 6 bulan sekali berganti arah. Hal ini menyebabkan musim kemarau dan musim ujan di indonesia
Baca Juga  Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah
2. Pengaruh Letak Geografis terhadap Keadaan Penduduk
   Karena indonesia terletak pada posisi silang ( cross position) antara dua benua dan dua samudra, maka pengaruhnya bagi kehidupan bangsa indonesia adalah sebagai berikut.
  • Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan asing, yakni dalam bidang seni, bahasa, peradaban, dan agama 
  • Indonesia terletak di antara negara-negaraberkembang, sehingga memiliki banyak mitra kerja sama. 
  • Lalu lintas perdagangan dan pelayaran di indonesia cukup ramai, sehingga menunjang perdagangan di indonesia dan menambah sumber devisa negara.
Sekian Artikel tentang Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk|Letak Geografis Indonesia, Semoga bermanfaat. (Sumber: Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu,Penulis : Sri Sudarmi dan Waluyo, Hal : 5, Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,2008.jakarta)
0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *