Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 21 September 2014

Pengertian & Pengaruh Letak Astronomi Indonesia

Pengertian & Pengaruh Letak Astronomi Indonesia|Dalam Astronomi pasti akan di bahas dengan pengertian garis lintang, Pengertian letak Astronomi,Pengertian garis bujur, Garis Khatulistiwa Indonesia dan Lintang Selatan (LS) dan Lintang Utara (LU) dan Bujur Timur (BT) dan Bujur Barat (BB), semua itu merupakan satu rangkaian dengan Letak Astronomi Indonesia, Letak Astronomi indonesia juga memiliki pengaruh bagi indonesia, karna setiap negara-negara di benua asia, afrika, eropa, amerika, dan australia memiliki Letak Astronomi yang berbeda-beda yang memiliki pengaruh yang berbeda pula, Begitupun indonesia Letak Astronomi indonesia memiliki pengaruh, Oleh Karna itu Pada kali ini akan dibahas tentang Pengaruh letak Astronomi Indonesia dan beragai rangkaian yang menyangkut tentang Astronomi, Berikut Pembahasannya seperti dibawah ini,,,

Pengaruh Letak Astronomi Indonesia

Garis lintang merupakan garis-garis yang sejajar dengan khatulistiwa yang melintang mengelilingi bumi bumi sampai pada daerah pada kutup. Adapun garis bujur merupakan garis tegak yang sejajar menghubungkan wilayah kutup utara dan selatan. Garis-garis tersebut merupakan garis khayal yang dipergunakan sebagai pedoman untuk menunjukkan posisi daerah di muka bumi.

Pengaruh Letak Astronomi Indonesia| dan Garis Khatulistiwa Indonesia

Letak astronomi adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya. Mengenai tempat atau posisi astronomisnya, indonesia berada diantara 6 °LU-11°LS dan diantara 95°BT-141°BT. Wilayah Indonesia paling utara adalah Pulau weh di nanggroe Aceh Darussalam yang berada di 6° LU. Wilayah Indonesia paling selatan adalah Pulau Roti di Nusa Tenggara Timur yang ada di 11°LS. dibagian Wilayah Indonesia yang berada pada bagian paling barat adalah di ujung utara Pulau Sumatra yang ada di 95°BT. Ada juga wilayah Indonesia timur atau dibagian paling timur di Kota Merauke yang berada pada 141°BT.

1. Garis Lintang 
Pengaruh Letak Astronomi Indonesia dan Garis Khatulistiwa Indonesia Garis lintang merupakan garis khayal pada peta atau globe yang sejajar dengan khatulistiwa. Pada Garis khatulistiwa yang membelah bumi sehingga menjadi dua belahan utara dan belahan selatan. Pada Garis khatulistiwa atau garis equator atau garis lini adalah garis lintang 0°. Garis lintang dipakai untuk membagi wilayah iklim di bumi yang disebut iklim matahari.

Berdasarkan letak lintangnya, wilayah Indonesia berada di antara 6° LU — 110 LS. Hal ini menyebabkan Indonesia beriklim tropis dengan ciri-ciri:
Ciri-Ciri Iklim Tropis di Indonesia :
a. memiliki curab hujan yang tinggi,
b. memiliki hujan hutan tropis yang luas dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi,
c. menerima penyinaran matahari sepanjang tahun,
d. banyak terjadi penguapan sehingga kelembapan udara cukup tinggi.
2. Garis Bujur 
Garis bujur adalah garis khayal pada peta atau globe yang menghubungkan kutub utara dan selatan bumi. Bumi dibagi menjadi 180° garis bujur timur (BT) dan 180° garis bujur barat (BB). Perhitungan garis bujur 00 dimulai dan Kota Greenwich dekat Kota London. Garis bujur dipergunakan untuk menentukan waktu suatu daerah. Letak astronomi indonesia berada di antara  95°BT-141°BT. menjadikan indonesia memiliki tiga daerah waktu, yaitu :
a. Daerah waktu indonesia bagian barat ( WIB), meliputih seluruhu sumatra, jawa, madura, kalimantan barat, kalimantan tengah, dan pulau-pulau kecil disekitarnya. Waktu indonesia barat memiliki selisih waktu 7 jam lebih awal dari GMT ( Greenwich Mean Time )

b. Daerah Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA), meliputi Bali, Nusa Tengara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur , Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Waktu Indonesia Tengah memiliki selisih waktu 8 jam lebih awal dan GMT.

c. Daerah Waktu Indonesia bagian Timur (WIT), meliputi Kepulauan Maluku, Papua, dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Waktu Indonesia bagian timur memiliki selisih waktu 9 jam lebih awal dan GMT.
Sekian Artikel Tentang Pengertian & Pengaruh Letak Astronomi Indonesia, Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian letak astronomi dan pengaruh letak astronomis Indonesai. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: Pengaruh Letak Astronomi Indonesi
  • Sudarmi, Sri dan Waluyo, 2008. Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu. Jakarta: Departemen Pendidikan. Hal: 5-6. 

Pengertian & Pengaruh Letak Astronomi Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin