Akuntansi Manajemen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, & Ruang Lingkup

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Akuntansi Manajemen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, & Ruang Lingkup|Secara Umum, Pengertian Akuntansi Manajemen adalah kegiatan yang menyajikan laporan keuangan kepada seluruh manajer di perusahaan sebagai dasar untuk membuat keputusan bisnis dalam kesiapan pengelolaan dan fungsi kontrol. Menurut Chartered Institute of Management Accountants (CIMA), bahwa menurutnya akuntansi manajemen adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, interpretasi, dan komunikasi informasi yang digunakan oleh manajemen untuk merencanakan, mengevaluasi dan pengendalian dalam suatu entitas untuk memastikan dan akuntabilitas penyusunan sumber daya tersebut. 
Sedangkan The American Institue of Certified Public Accountants (AICPA) menyatakan bahwa akuntansi manajemen sebagai pratik meluas dalam tiga bidang yaitu sebagai berikut.. 
  • Manajemen Strategi. Akuntansi manajemen memiliki peran yang bertugas sebagai mitra strategis di dalam organisasi.
  • Manajemen Kinerja. Akuntansi manajemen memiliki pengembangan praktik dalam pengambilan keputusan bisnis dan mengelola kinerja dalam organisasi.
  • Manajemen Risiko. Akuntansi manajemen memiliki kontribusi dalam membuat kerangka kerja dan raktik dalam mengidentifikasi, mengukur, mengelola dan melaporkan resiko untuk mencapai tujuan organisasi. 
Menurut Hariadi (2002:3) bahwa akuntansi manajemen merupakan identifikasi, pengukuran, pengumpulan, analisis, pencatatan, interpretasi, dan pelaporan kejadian-kejadian ekonomi suatu badan usaha yang dimaksudkan agar manajemen dapat menjalankan fungsi perencanaan pengendalian dan pengambilan keputusan. 

Menurut Abdul Halim dan Bambang Supomo (2001:3), Akuntansi manajemen adalah suatu kegiatan (proses) yang menghasilkan informasi keuangan bagi manajemen untuk pengambilan keputusan eknomi dalam melaksanakan fungsi manajemen. 

Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian akuntansi manajemen adalah pemanfaatan data-data dan informasi akuntansi yang digunakan sebagai alat bantu manajemen untuk menjalankan fungsinya yaitu fungsi perencanaan, pengarahan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengambilan keputusan. 

Akuntansi manajemen memberikan informasi-informasi kepada setiap manajerial dimana dalam hal ini akuntansi manajemen sebagai suatu tipe informasi yang dipandang untuk mengolah informasi keuangan memenuhi keperluan manajer dalam perencanaan dan pengendalian aktivitas organisasi. Hal ini tentu memberikan manfaat seperti 
  • Mengurangi kepastian 
  • Membantu manajemen untuk bertindak lebih baik 
  • Membantu manajemen untuk mengenali lingkungan internal maupun eksternal 
  • Membantu manajemen dalam penilaian kinerja 
  • Membantu perencanaan manajemen 
  • Memotivasi manajemen
Tujuan Akuntansi Manajemen Sebagai Tipe Informasi
Sistem informasi akuntansi manajemen tidak terikat oleh kriteria formal apapun yang mendefinisikan sifat dari proses, masukan, atau keluarannya sehingga kriterianya fleksibel dan berdasarkan pada tujuan manajemen. Sistem akuntansi manajemen memiliki tiga tujuan umum : (Hansen, 2009:4)
a. Menyediakan informasi untuk perhitungan biaya jasa, produk, atau objek lainnya yang ditentukan oleh manajemen. Oleh karenanya, implementasi  penyediaan informasi untuk perhitungan-perhitungan biaya oleh manajemen digunakan untuk mengevaluasi ketepatan keputusan yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas, menurunkan biaya, memperluas pangsa pasar dan meningkatkan laba.
b. Menyediakan informasi untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan. Oleh karenanya, informasi dibutuhkan untuk mengidentifikasi berbagai peluang untuk perbaikan dan mengevaluasi kemajuan yang telah dicapai dalam mengimplementasikan berbagai tindakan yang didesain untuk menciptakan perbaikan.
c. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan. Oleh karena itu, pentingnya pengambilan keputusan dengan memilih atau beberapa strategi yang paling masuk akal dalam memberikan jaminan pertumbuhan dan kelangsungan hidup jangka panjang bagi perusahaan.

Baca Juga: 
Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen 
Pengertian Manajemen, Fungsi, Unsur, Prinsip & Bidang 
Pengertian Akuntansi, Apa itu ?.. 
Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, Prinsip & Arti Menurut Para Ahli 
Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian, Fungsi, & Teorinya

Manejemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Unsur & Tugasnya
Akuntansi Manajemen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, & Ruang Lingkup
Demikianlah informasi mengenai Akuntansi Manajemen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, & Ruang Lingkup. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian akuntansi manajemen, fungsi manajemen, tujuan manajemen dan ruang lingkup manajemen. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.  

Referensi: Akuntansi Manajemen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, & Ruang Lingkup 
  • Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen ; Konsep, Manfaat dan Rekayasa. Jakarta: Salemba Empat
  • Hansen, Don R. dan Marryanne M. Mowen. 2009. Managerial Accounting ; Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.
  • Abdul Halim dan Bambang Supomo, Akuntansi Manajemen, edisi 1.Yogyakarta :BPFE 2001
    Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 
  • Hansen dan Mowen. 2009. Akuntansi Managerial . Buku I Edisi 8, Jakarta : Salemba Empat. Kaplan, Robert S., dan David P.
  • Hariadi, Bambang, Akuntansi Manajemen, edisi 1. Yogyakarta : BPFE 2002
  • Machfoedz, Mas’ud, Akuntansi Manajemen, Jakarta : BPFE 2002
  • Abdul Halim dan Bambang Supomo, Akuntansi Manajemen, edisi 1.Yogyakarta :BPFE 2001
  • Samsryn, L.M, Akuntansi Manajerial Suatu Pengantar, Jakarta : Rajawali Pers, 2002

.
Blog, Updated at: 06.49