Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 6 March 2022

Karakteristik Adalah: Pengertian Karakteristik dan Contohnya

Pengertian Karakteristik & Contoh Karakteristik – Apasih itu Karakteristik? Yang dimaksud dengan pengertian karakteristik adalah sesuatu yang terkait dengan karakter dan gaya hidup seseorang serta nilai-nilai yang berkembang secara teratur sehingga tingkah laku dapat lebih konsisten dan mudah untuk diperhatikan.

Selain itu, menurut Caragih (2013) bahwa karakteristik ialah ciri/karateristik secara alamiah melekat pada diri seseorang yang terdiri atas umur, jenis kelamin, ras/suku, pengetahuan, agama/kepercayaan dan sebagainya.

Adapun ciri-ciri karakteristik yang akan kita teliti sebagai berikut:

Umur

Umur merupakan salah satu ciri dari karakteristik atau bentuk indikator dari karakteristik. Arti dari Umur disini adalah waktu atau bertambahnya hari sejak lahir hingga akhir hidup.

Umur atau usia memiliki pengaruh yang teramat besar sebab ketika semakin bertambah usia maka semakin banyak pengetahuan yang di dapat.

Terdapat hal yang besar yang terjadi karena pengaruh faktor usia seseorang dalam pemilihan KB, sebab semakin tua usia seseorang maka membuat semakin banyak pengalaman dan matang dalam pengambilan keputusan.

Usia yang lebih muda atau menikah muda seperti saat usia 17 tahun, pasti memiliki pengalaman, dan kematangan emosi yang berbeda dengan orang yang telah menginjak umur 20 tahun ke atas.

Pada usia misalnya 17 tahun, mungkin karena perbedaan pengalaman dan kurangnya informasi sebab dampak dari perbedaan umur akan dapat berpengaruh pada pemilihan alat kontrasepsi.

Selain itu, terdapat pengaruh emosi juga dapat menentukan pemilihan kontrasepsi.

Pada umur 17 tahun dengan 20 tahun ke atas terdapat perbedaan tingkat emosinya yang mungkin masih labil ketika mendengar,

Atau melihat orang yang melakukan kontrasepsi tertentu dan dapat berakibat buruk pada orang yang memakai kontrasepsi itu.

Seperti menjadi gemuk, sehingga secara emosi membawa mereka untuk tidak melakukan atau memilih KB itu tanpa mau bertanya kepada para medis atau pelayan kesehatan.

Sedangkan ketika berada pada umur 20 tahun ke atas, kemungkinan besar tidak mudah untuk langsung percaya pada kejadian yang dilihatnnya sebab terdapat kedewasaan berpikir.

Sehingga akan ditanyakan lebih lanjut kepada pelayan kesehatan atau yang mengalami kegemukan tadi,

Sehingga tidak langsung memvonis kegemukan sebab faktor utamanya pemakaian kontrasepsi tertentu.

Kategori umur menurut Depkes RI (2009): masa remaja akhir 17 – 25 tahun, masa dewasa awal 26- 35 tahun, masa dewasa akhir 36- 45 tahun,masa lansia awal 46- 55 tahun.

Karakteristik Adalah: Pengertian Karakteristik dan Contohnya
Karakteristik Adalah: Pengertian Karakteristik dan Contohnya

Tingkat Pendidikan

Yang dimaksud dengan Pendidikan adalah suatu usaha untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup.

Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tatalaku seseorang/kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia dengan upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara, perbuatan mendidik

Adapun menurut UU RI No. 20 Tahun 2010, terdapat tingkat pendidikan yang dibagi ke dalam 3 jenis yaitu formal, non formal dan informal.

Adapun penjelasan dari macam-macam jenis pendidikan itu ialah:

Formal

Yang dimaksud dengan pendidikan formal adalah pendidikan yang dilakukan secara resmi dan berjenjang. Seperti pendidikan sekolah dasar, menengah dan tinggi.

Jalur Non-formal

Sedangkan yang dimaksud dengan pendidikan non formal adalah pendidikan yang dilaksanakan diluar dari sistem pendidikan yang terdapat dalam pendidikan formal. Adapun contoh-contoh dalam pendidikan ini ialah latihan, kursus dalam, seminar, bengkel, forum dan persidangan.

Jalur Informal

Sedangkan arti dari Pendidikan informal ialah proses pendidikan pembelajaran sampingan yang dapat berlangsung secara spontan dan tanpa struktur.

Seseorang itu akan mendapatkan dan menambahkan pengetahuan, kemahiran dan membentuk sikap serta pandangan menurut pengetahuannya setiap hari sama ada di tempat bekerja, di sekolah atau di tempat rekreasi.

Umpamanya, ketika seseorang mendapat pengalaman dan merubah perlakuan dengan membaca dan menonton televisi, maka dapat dikatakan pendidikan informal dari pada media massa.

Pekerjaan

Arti dari Pekerjaan adalah sesuatu yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan. Manusia butuh bekerja untuk mempertahankan hidupnya sebab mendapatkan uang.

Status Pendapatan

Arti dari ciri dari karakteristik dalam hal ini ialah Status pendapatan diartikan suatu posisi untuk mendapatkan penghasilan, pemberian posisi dan seperangkat hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh pembawa status.

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kehidupan dan pola hidup adalah stress psikososial, ialah kemelaratan.

Selain itu, status ekonomi yang tinggi pada seseorang akan menyebabkan orang tersebut mempunyai pola hidup dan cara hidup yang lebih baik.

Paritas

Menurut manuaba (2009) yang dimaksud dengan paritas adalah banyaknya kelahiran hidup yang dipunyai oleh seorang wanita. Paritas ialah jumlah kehamilan yang menghasilkan janin yang mampu hidup diluar rahim.

Jumlah perkawinan

Menurut UU Perkawinan No.1 Tahun 1974 bahwa arti dari Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri yang bertujuan untuk membentuk keluarga (rumah tangga) bahagia dan kekal menurut Ketuhanan Yang Maha Esa.

Jumlah Anak Hidup

Yang dimaksud dengan Jumlah anak ialah jumlah keturunan yang dihasilkan selama masa perkawinan seba dapat mempengaruhi akseptor dalam memakai kontrasepsi,

Seperti banyaknya anak ibu cendrung memilih alat kontrasepsi jangka panjang untuk mangatur jarak kehamilan.

Jarak anak

Mengatur jarak kelahiran antara anak pertama dan kedua ataupun selanjutnya perlu diperhatikan.

Selain mempertimbangkan faktor kesehatan ibu, sang kakak pun akan siap menerima kehadiran adiknya.

Jarak anak untuk ibu melahirkan kurang dari 2 tahun, 2 sampai 5 tahun dan lebih dari 5 tahun.

Berat Badan

Menurut Primayastuti (2013) bahwa yang dimaksud dengan berat badan merupakan ukuran yang lazim atau sering dipakai untuk menilai keadaan gizi manusia yang dipengaruhi dengan akseptor dalam memilih alat kontrasepsi.

Lazimnya akseptor yang berat badan meningkat lebih memilih menggunakan kontrasepsi non hormonal.

Status kesehatan (Tekanan Darah)

Status kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi semua manusia karena tanpa kesehatan yang baik,

Maka setiap manusia akan sulit dalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari. Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, maupun sosial.

Status Menyusui

Menyusui adalah proses pemberian susu kepada bayi atau anak kecil dengan Air Susu Ibu (ASI) dari payudara ibu sebelum usia anaknya 2 tahun.

Demikianlah informasi mengenai Apa itu Karakteristik: Pengertian dan Contoh Karakteristik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Karakteristik Adalah: Pengertian Karakteristik dan Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin