Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 28 January 2021

Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya

Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya – Apasih itu Xilem? pada dasarnya, pengertian Xilem (pembuluh kayu) adalah jaringan pengangkut makanan dari akar ke batang dan daun pada tumbuhan dan terdiri dari berbagai macam bentuk sel.

Ciri khas dari penyusun sel-sel xilem adalah sel yang telah mati. Selain itu, ciri lainnya yang utama dari xilem adalah berdinding tebal dari adanya zat berupa zat lignin.

Zat lignin inilah yang kemudian sebagai salah satu penentu dari fungsi xilem lainnya sebagai jaringan penguat.

Sehingga ketika terdapat pertanyaan seputar untuk menjelaskan mengapa xilem berfungsi untuk jaringan penguat disebabkan dari adanya zat lignin.

Tidak hanya itu penyusun dari Xilem, sebab jaringan pengangkut ini juga memiliki struktur yang memberikan perbedaan dengan floem yang juga merupakan jaringan pengangkut.

Struktur penyusun xilem itu adalah adanya trakeid dan unsur pembuluh. Diketahui bahwa struktur penyusun xilem ini biasanya terdapat pada seluruh tumbuhan vaskuler terdapat trakeid.

Selain itu, untuk unsur-unsur pembuluh terdapat pada angiosperma, serta segelintir gimnosperma dan tumbuhan vaskuler tidak berbiji.

Untuk ciri-ciri dari trakeid, apabila ditinjau dari segi bentuknya, dimana trakeid berbentuk sel yang panjang, tipis dengan ujungnya yang runcing.

Sehingga dalam proses dan cara kerjanya dapat berperan penting dalam membantu air bergerak.

Dengan demikian, dengan adanya proses ini maka air tidak perlu lagi menyeberangi dinding sekunder yang tebal. Melainkan, air dapat bergerak dari sel ke sel terutama melalui ceruk.

Dinding sekunder trakeid diperkeras oleh lignin, fungsinya untuk mencegah sel-sel runtuh dari adanya tegangan transport air dan juga berfungsi untuk memberi dukungan.

Untuk unsur-unsur pembuluh mempunyai bentuk yang lebih pendek, lebih lebar dan memiliki dinding yang tipis.

Perbedaan trakeid dan unsur pembuluh ini dari segi bentuk dimana unsur pembuluh kurang meruncing dibandingkan trakeid.

Unsur-unsur pembuluh tersusun dengan ujung-ujung yang bersentuhan, membentuk pipa mikro panjang yang disebut pembuluh.

Dinding ujung dari unsur pembuluh mempunyai lempeng berlubang-lubang yang mengalirkan air secara bebas melalui pembuluh.

Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya
Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya

Pengertian Xilem: Apa itu?

Secara sederhana yang dimaksud dengan Xilem adalah jaringan pengangkut. Secara etimologi, istilah Xilem sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yaitu “Xylos”.

Arti kata dari Xylos adalah kayu, sehingga yang dimaksud dengan Xilem disebut juga dengan pembuluh kayu. Xilem susunan jaringannya kompleks yang terdiri dari beberapa tipe sel.

Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya
Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya

Selain itu, arti dari Xilem secara umum adalah jaringan pengangkut makanan dari akar ke batang dan daun pada tumbuhan dan terdiri dari berbagai macam bentuk sel.

Fungsi Xilem Pada Tumbuhan 

Berdasarkan dari penjelasan diatas, apabila dipisah-pisahkan untuk meninjau mengenai fungsi xilem, pada dasarnya xilem memiliki fungsi untuk mengangkut air, mineral, dan makanan dari akar ke batang dan daun.

Selain itu Xilem juga berperan sebagai transportasi nutrisi organik dan gula yang dihasilkan daun melalui fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan.

Jaringan pengangkut pada tumbuhan tidak hanya jaringan xilem saja melainkan ada juga jaringan yang bekerja sama dengan Xilem yaitu jaringan floem.

Pengertian jaringan xilem dan floem ini tidaklah jauh berbeda, yaitu sebagai jaringan pengangkut dalam tubuh tumbuhan, namun untuk xilem dan floem memiliki fungsi yang berbeda.

Ciri-Ciri Xilem

Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya
Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya

Menurut penjelasan diatas, maka dapat rangkum mengenai ciri atau karakteristik xilem pada tumbuhan adalah:

  1. Tipe selnya trankeid.
  2. Dinding sel tebal.
  3. Mengandung lignin.
  4. Tersusun dari berbagai macam sel.
  5. Sel-sel penyusun telah mati.
  6. Terdiri atas trakea, trakeid serabut xilem, parenkim kayu.

Struktur Xilem

Adapun unsur-unsur xilem terdiri dari unsur trakeal, serat xilem, dan parenkim xilem.

1. Unsur Trakeal

Sebagai bagian dari struktur penyusun xilem, Unsur trakeal adalah unsur yang berfungsi dalam pengangkutan air beserta zat terlarut di dalamnya.

Karakteristik unsur trakeal apabila ditinjau dari segi bentuknya memiliki sel-sel yang memanjang,

Tidak hanya itu, unsur trakeal juga tidak memiliki kandungan protoplas (bersifat mati), dan trakeal mempunyai dinding sel berlignin, serta beragam jenis-jenis noktah. Unsur trakeal terdiri dari 2 jenis sel seperti trakea dan trakeida.

2. Serat xilem

Arti dari struktur penyusun xilem ini adalah unsur xilem yang memiliki bentuk sel yang panjang dengan dinding sekunder yang berlignin.

Terdapat 2 jenis serat pada tumbuhan yaitu serat trakeid dan serat libriform. Berbicara mengenai bentuknya, serat libriform lebih panjang dibandingkan dengan serat trakeid.

Selain perbedaan itu, serat libriform juga memiliki dinding selnya lebih tebal dibanding serat trakeid. Ditemukan adanya noktah sederhana pada serat libroform, sedangkan serat trakeid memiliki noktah terlindung.

3. Parenkim Xilem

Parenkim xilem tersusun dari sel-sel yang masih hidup. Dalam parenkim xilem, terdapat xilem primer dan juga xilem sekunder.

Pada xilem sekunder ditemukan 2 macam parenkim, ada yang disebut dengan parenkim katu dan ada juga parenkim jari-jari empulur.

Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya
Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin