Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Adobe Photoshop: Pengertian, Fungsi, Sejarah, & Fitur Adobe Photoshop

Adobe Photoshop: Pengertian, Fungsi, Sejarah, & Fitur Adobe Photoshop – Secara umum, Pengertian Adobe Photoshop adalah aplikasi yang menganimasikan gambar dengan bagus. 
Atau Adobe Photoshop juga dapat didefinisikan sebagai sofware (perangkat lunak) editor citra yang dibuat oleh Adobe Systems yang berfungsi untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. 
Menurut Andi Surjja Boediman (1995:5) bahwa sebagai sofware atau perangkat lunak yang paling banyak digunakan, fungsi-fungsi Adobe Photoshop ini tidak lepas dari fitur menarik yang terus dikembangkan hingga baik digunakan dalam dunia publikasi, fotografi, video dan juga bidang berorientasi visual lainnya, software ini punya banyak potensi untuk membantu proses desain dan visualisasi berbagai ragam pekerjaan.
Photoshop juga berguna untuk mengelolah gambar berbasis bitmap yang mempunyai tool dan efek yang lengkap sehingga dapat menghasilkan gambar atau foto yang berkualitas tinggi. 
Kelengkapan fitur Adobe Photoshop merupakan keunggulan dan keuntngan yang sehingga desiner grafis profesional dan mungkin juga sampai saat ini masih belum ada software lain yang menggunguli manfaat yang diberikan dari kelengkapan fitur dalam photoshop. 
Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , versi (ketigabelas) adalah Adobe Photoshop CS6, dan Versi yang terakhir adalah versi(keempatbelas) Adobe Photoshop CS7. 

Sejarah Singkat Adobe Photoshop

Latar belakang hadirnya Adobe Photoshop memiliki sejarah yang panjang. Diawali dari langkah profesor dari Michigan (USA) bernama Glenn Knol. 

Glenn Knol bereksperimen untuk mengolah foto secara digital dengan alat sederhana, ia bekerja. Tujuan dan harapan ini Glenn Knol untuk membuat sebuah program pengolah gambar secara digital diteruskan oleh anaknya bernama John Knoll dan Homas Knoll. 

Akhirnya, kedua anak Glenn Knol ini berhasil menciptakan program aplikasi sederhana hingga perusahaan bernama Image Scan memberikan lisensi. 
Tidak butuh waktu lama, penemuan ini kemudian diambil alih oleh Adobe Corporation dan diberi nama Adobe Photoshop. 
Versi terakhir adalah CS5 atau lebih dikenal dengan Adobe Photoshop CS5 (Creative Suite). Memang, pada awal terciptanya Photoshop hanya ditujukan untuk keperluan pengolah gambar (fotografi). 
Namun dengan kerja keras, Thomas Knoll dan timnya mampu mengembangkan Adobe Photoshop dengan fitur-fitur unggul misalnya web design (Image Ready), publishing (Photoshop), animasi (Image Ready), digital painting (Photoshop), dan bidang lainnya. 
Para web design maupun graphic design cenderung lebih banyak menggunakan program Adobe Photoshop untuk membantu pekerjaan di bidang masingmasing karena mudah digunakan, memiliki warna cerah, mendukung plug-in dari pihak ketiga, dan hasil output yang fantastic. 

Fungsi Adobe Photoshop

Selain sebagai fungsi utama sebagai aplikasi pengedit foto atau gambar yang bertipe raster atau bitmap. 

Aplikasi ini juga berfungsi untuk mempercantik gambar, merekayasa gambar, dan membuat desain gambar. 
Penjabaran dalam fungsi Photoshop untuk mempercantik gambar adalah dengan cara menghaluskan atau membersihkan objek. Fungsi demikian dilakukan dengan tujuan agar gambar terlihat lebih indah dan menarik.
Tidak hanya sampai disitu, Adobe Photoshop juga memiliki kegunaan dalam merekayasa gambar. 
Keunggulan Photoshop ini dilakukan dengan cara mengubah tampilan ataupun menggabungkan gambar-gambar yang berbeda dengan tujuan terlihat seperti gambar asli dan seringkali dapat menipu mata yang melihatnya. 
Fungsi Photoshop untuk membuat desain gambar adalah dengan cara menciptakan objek baru seperti logo, spanduk, brosur, dan poster. 

Fungsi Adobe Photoshop Secara Singkat 

Adapun Kegunaan / fungsi adobe photoshop secara teknik yaitu: 
  • Berfungsi untuk mengkombinasi 2 gambar atau lebih menjadi satu gambar baru.
  • Berfungsi dalam membersihkan atau memperindah gambar.
  • Berfungsi untuk memberikan pengaburan gambar agar dapat terlihat samar-samar
  • Dapat berfungsi dalam meningkatkan intensitas cahaya gambar agar dapat terlihat lebih terang.
  • Selain itu, fungsi yang paling utama adalah dapat memotong gambar
  • Dapat memberi atau merubah warna
  • Berfungsi dalam menghilangkan atau menghapus objek pada suatu gambar.
  • Selain itu, memiliki keunggulan dalam mengubah ukuran gambar menjadi lebih kecil ataupun menjadi lebih besar
  • Bahkan memiliki keunggulan yang berfungsi dalam mempertajam warna dan kualitas gambar. 

Interface Photoshop

Dalam interface Photoshop atau yang tampil dalam Adobe Photoshop terdapat beberapa fitur menarik yang menjadi keungggulan dan keuntungan dalam menjalankan fungsi adobe Photoshop. Adapun fitur tersebut yaitu: 
  1. Baris Menu. Jenis fitur dalam Photoshop ini berisi barisan perintah berupa menu diantaranya menu file, edit, image, dll.
  2. ToolBox. Fitur ini berisi ikon yang mewakili alat/piranti yang berfungsi untuk membuat/menyunting image dan objek.
  3. Option Line. fitur yang menjadi salah satu keunggulan dari Adobe Photoshop yang berisi baris ikon untuk pengaturan tambahan sesuai toolbox yang sedang dipilih.
  4. Status bar. Jenis fitur yang terdapat dalam Adobe Photoshop digunakan untuk menampilkan informasi tentang objek yang sedang diseleksi.
  5. Working Windows. Merupakan jendela yang digunakan untuk bekerja dan menyunting image.
  6. Windows. Digunakan untuk mengorganisasikan seluruh menu yang digunakan untuk memodifikasi image. 

Main Menu Photoshop

Adapun macam-macam main menu yang terdapat dalam Adobe Photoshop adalah: 
  1. Adjust. Jenis main menu dalam Photoshop ini digunakan untuk manipulasi pewarnaan pada gambar.
  2. Duplicate. Fitur Duplicate difungsikan untuk menduplikat gambar.
  3. Image size. Jenis main menu Photoshop ini adalah tool yang befungsi untuk memperbesar maupun memperkecil gambar.
  4. Canvas size, digunakan untuk mengubah ukuran kertas.
  5. Filter, digunakan untuk memberikan efek pada gambar.

Penggunaan Tool seleksi Photoshop

1. Penggunaan Selection Tool

Arti tool ini digunakan untuk menyeleksi image. Beberapa selection menu antara lain Rectangular marquee tool, Elliptical marquee tool, Single Row marquee tool, Single Column marquee tool.

2. Penggunaan Lasso

Selain itu, Lasso Tool dalam Photoshop diartikan dan fungsi kepada pengguna dalam memberikan bentuk seleksi yang tidak beraturan sesuai keinginan kita. 
Ada beberapa macam pilihan motif yang digunakan untuk menyeleksi objek dengan menggunakan lasso tool diantaranya lasso tool, polygonal lasso tool, magnetic lasso tool.

3. Penggunaan Magic Wand

Fitur Magic Wand tool dalam Adobe Photoshop ini difungsikan untuk menyeleksi daerah yang warnanya sama atau hampir sama. 
Daerah yang diseleksi akan meliputi tempat yang di klik dan daerah disekitarnya yang memiliki warna hampir sama.

4. Penggunaan Selection Menu

Adapun beberapa selection menu untuk mengoptimalkan seleksi:
  • All, untuk seleski seluruh gambar.
  • Deselect, untuk menghilangkan seleksi.
  • Reselect, memunculkan kembali seleksi yang sudah dihilangkan.
  • Inverse, membalik daerah seleksi.
  • Color range, untuk menyelaksi warna yang di inginkan.
  • Modify, untuk mengubah seleksi yang dibuat.
  • Grow, untuk memperbesar area seleksi.
  • Transform seleksi, untuk mengubah seleksi.
  • Save selection, menyimpan seleksi.

E. Mengenal Layer

  1. Layer merupakan lapisan suatu objek, dimana setiap satu layer dapat terdiri satu objek. Pada saat membuat objek gambar atau tulisan sebaiknya diletakkan pada layer yang berbeda, sehingga pada saat memodifikasi objek maka perubahan objek tidak mempengaruhi objek gambar antara satu dengan yang lainnya.
  2. Layer Visibility. Fitur menarik dari Laye yang terdapat dalam Adobe Photoshop ini fungsi untuk memunculkan atau menyembunyikan tiap-tiap layer.
  3. Active Layer. Jenis fitur Active Laye dalam Photoshop difungsikan untuk menentukan di layer mana kita akan bekerja.
  4. Lock. berguna untuk mengunci layer.
  5. Opacity. digunakan untuk menentukan tingkat transparansi suatu layer terhadap layer yang lain.
  6. Mode. berisi berbagai model layer dan pengaruhnya terhadap layer yang lain.
  7. New Layer. digunakan untuk membuat layer baru.
  8. Deleta Layer. digunakan untuk menghapus layer.
  9. Merge, untuk menggabungkan beberapa layer.

F. Tool Box dan Macam-Macam Fungsinya

Demikianlah informasi mengenai Pengertian, Fungsi, Sejarah dan Fitur Adobe Photoshop. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *