Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 7 October 2018

Pengertian Windows, Fungsi, Sejarah & Macam-Macam Windows Terbaru

Windows - Sejarah system operasi windows pada computer (pc)/laptob memiliki fungsi yang terus terbarukan dengan maksud dan tujuan sebagai kemudahan manusia untuk mengoperasikan Microsoft windows. 

Penamaan Windows dimulai pada tahun 1985 dengan kelebihan atau keuntungan menggunakan system operasi ini begitu jauh hingga sekarang sebab terdapat macam-macam varian atau versi dalam system operasi windows. 

Dengan fungsi Microsoft Windows ini, system operasi demikian terus berkontribusi dan berkembang hingga terdapat puluhan jutaa pengguna komputer atau laptob yang menggunakan windows sebagai system operasinya. 

Tidak hanya itu, keuntungan dalam hal teknologi yang diberikan oleh system operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation melainkan juga pada kemudahan dalam menginstal pada computer. 

Pengertian Sistem Operasi Windows: Apa itu Windows? 

Pengertian Windows - Arti Windows secara umum adalah system operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menyediakan sistem antarmuka grafis atau GUI (Graphical User Interface). 

Dalam sejarah perkembangan singkat sistem operasi Windows, windows telah bervolusi dari MS-DOS. MS-DOS itu sendiri dimaksud sebagai sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line.
Sepak terjang sistem operasi ini dimulai dari versi pertama. Jenis pertama windows dikenal dengan nama Windows Graphic Environment 1.0 yang diluncurkan pada 10 November 1983. 

Walaupun telah diluncurkan pada tahun tersebut, akan tetapi penjelajahan pasar baru dikeluarkan oleh Windows pada bulan November tahun 1985. 

Adapun fungsi dan tujuan dari Windows Graphic Environment 1.0 adalah untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. 

Selain itu, Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan yang diketahui bukan merupakan sistem operasi yang berjalan di atas MS-DOS dan beberapa macam-macam varian dari MS-DOS. 

Oleh karena itu, ia tidak akan dapat berjalan tanpa hadirnya sistem operasi DOS Versi 2.x, versi 3 x juga sama. 

Bahkan dalam beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi yang bersifat mandiri yang dimaksud dimana tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. 

Perkembangan demi perkembangan terus dikeluarkan oleh Microsoft Windows hingga sejauh ini dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%. 

Sejarah Singkat Macam-Macam Perkembangan Windows

Selain penjelasan diatas, ternyata sejarah penggunaan nama Windows lahir begitu rumit dan penuh dinamika. Awalnya penamaan system operasi ini dimulai dari Rowland Hanson kepala bagian pemasaran di Microsoft. 

Windows Versi 1.0 

Dengan kegigihannya menyakinkan pentinggi Microsoft dengan menggunakan nama Windows untuk memikat konsumen. Walaupun awalnya Windows versi 1.0 ingin dinamakan Interface Manager. 

Diketahui Sistem operasi Windows 1.0 dirilis pada 20 November 1985 dan diperkenalkan pertama kali pada tanggal 10 November 1983 disebut Windows Graphic Environment 1.0. 

Microsoft membuat sebuah model GUI setelah munculnya sistem operasi Apple dengan nama Mac OS. Bill Gates melihat prototipe Macintosh buatan Steve Jobs pertama kali pada tahun 1981, dan Microsoft berkerja sama dengan Apple membuat beberapa perangkat lunak yang bekerja di bawah Mac seperti Word dan Excel. 

Walaupun tidak dipungkiri Windows versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran.

Windows 2.0

Windows 2.0 diumumkan keluar pada 9 Desember 1987, dengan keunggulan lebih dari jenis versi sebelumnya. Keuntungan jenis Windows versi 2.0 sebab aplikasi grafis buatan Microsoft yaitu Microsoft Word for Windows dan Microsoft Excel for Windows. 

Selain itu, semakin bertambah ketika Aldus PageMaker muncul dalam versi untuk Windows yang sebelumnya hanya bisa berfungsi pada Macintosh. Aplikasi-aplikasi Windows dapat difungsikan melalui MS-DOS, untuk memasuki Windows untuk melakukan operasinya, dan keuntungannya apabila akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup. Walaupun dalam Windows versi 2.0 menggunakan teknologi 16-bit dan model memori modus real, yang hanya mampu mengakses memori hingga 1 megabit saja. 

Dalam perkembangan Windows 2.0 sudah memiliki konfigurasi seperti itu, Windows dapat menjalankan aplikasi multitasking lainnya. 

Windows versi 2.0 juga berjalan secara langsung di floppy disk. Di Windows 2.0 inilah sejarah pertama kali dikenalkannya istilah "Maximize" dan "Minimize" pada  setiap aplikasi Windows. 

Baru pada 27 Mei 1988, Microsoft merilis dua versi diantaranya Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1. Versi ini adalah sejarah pertama kali Windows membutuhkan hard disk agar dapat berfungsi. Selain itu versi ini menggunakan model memori modus real dengan dukungan High Memory Area (HMA). Windows/386 2.1 memiliki kernel dalam modus terproteksi dengan emulasi Expanded Memory Specification (EMS) standar Lotus-Intel-Microsoft (LIM), pendahulu spesifikasi Extended Memory Specification (XMS) yang pada akhirnya mengubah topologi komputasi di dalam IBM PC. 

Semua aplikasi berbasis Windows dan berbasis DOS saat itu berjalan dalam modus real, yang berjalan di atas kernel modus terproteksi dengan menggunakan modus Virtual 8086, sebagai fitur baru oleh Intel 80386. 

Versi 2.03 dan kemudian versi 3.0 barulah mendapatkan tuntutan dari Apple. Hal itu disebabkan karena memang versi 2.1 ini mempunyai modus penampilan jendela secara cascade (bertumpuk), selain beberapa fitur sistem operasi Apple Macintosh yang ditiru  oleh Windows. 

Utamanya adalah masalah tampilan (look and feel). Hakim William Schwarzer akhirnya membatalkan semua 189 tuntutan, kecuali 9 tuntutan diajukan oleh Apple terhadap Microsoft pada tanggal 5 Januari 1989. 

Windows 3.0 

Windows 3.0 diluncurkan pada 22 Mei 1990. Windows versi 3.0 jadi kesuksesan Microsoft. Melalui virtual memory, Windows 3.0 berkemampuan terhadap aplikasi Windows, mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking). 

Windows 3.0 membuat IBM-PC dan kompatibelnya. Selain itu sebagai penantang serius terhadap Apple Macintosh melalui peningkatan performa pemrosesan grafik dengan adanya kartu grafis (Video Graphics Array (VGA), dan mengizinkan aplikasi Windows untuk memakai memori lebih banyak dengan cara yang lebih mudah dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh MS-DOS. 

Windows 3.0 dapat berjalan di dalam tiga modus, yakni modus real, modus standard, dan modus 386 Enhanced. Windows versi 3.0, versi pertama Windows yang befungsi dalam modus terproteksi, walaupun kernel 386 enhanced mode adalah versi kernel yang ditingkatkan dari kernel modus terproteksi di dalam Windows/386 2.1. 

Hal itu terjadi disebabkan adanya fitur kompatibilitas. Aplikasi Windows 3.0 harus dikompilasi dengan menggunakan lingkungan 16-bit, sehingga sama sekali tidak menggunakan kemampuan mikroprosesor Intel yang merupakan prosesor 32-bit. 

Selain itu, beberapa bulan kemudian dirilis versi Multimedia dinamakan Windows 3.0 with Multimedia Extensions 1.0 yang hadir multimedia upgrade kit , yang terdiri atas drive CD-ROM dan sound card.

Hal ini membuat Windows 3.0 terjual sebanyak 10 juta salinan. Menyambut respons dari dirilisnya IBM OS/2 versi 2.0 ke pasaran pada 6 April 1992, Windows 3.1 Multimedia dan Workgroups hadir dengan tampilan yang lebih baik. Ini adalah peningkatan minor terhadap Windows 3.0 (seperti halnya kemampuan untuk menampilkan font TrueType Fonts yang dikembangkan bersama-sama dengan Apple). Versi ini juga sudah memiliki File Manager, Program Manager, serta mendukung 32-bit disk access. Versi multimedianya juga telah dilengkapi dengan media viewer untuk memainkan video. 

Windows 95

Dirilis pada 24 Agustus 1995, Windows 95 memiliki nama kode Chicago yang memiliki arsitektur 32-bit. Microsoft tidakmengganti semua kode Windows menjadi 32-bit. Masih banyak bagian di dalamnya berupa 16-bit. Walaupunmasih menggunakan MS-DOS, namun dalam versi ini Micros memperkenalkan browser Internet Explorer tampilan GUI yang baru.

Selain itu, terdapat Windows 95 OSR2, OSR 2.1 dan OSR 2.5 yang dirilis hanya kepada OEM (pabrikan). Beberapa perusahaan OEM bahkan menjual hard disk baru dengan sistem operasi Windows 95 OSR2 di dalamnya. Selain fitur yang terkandung di dalam Windows 95, Microsoft juga memperkenalkan Microsoft Plus! for Windows 95 yang mencakup beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh Windows.

Windows 98

Pada 15 mei 1998 dirilis Windows 98 untuk pabrikan sedangkan masyarakat luas pada 25 Juni 1998. Keunggulan atau keuntungan Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru, dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 Gigabyte, Dukungan USB di dalam Windows 98, Dukungan Microsoft untuk Windows 98 berakhir pada tanggal 11 Juli 2006.

Pada tanggal 9 Mei 1999, Microsoft merilis Windows 98 Second Edition, sebuah rilis yang menawarkan banyak peningkatan dibandingkan versi sebelumnya. Internet Connection Sharing, bentuk dari Network Address Translation (NAT). 

Fungsi dari ini untuk mengizinkan satu jalur koneksi Internet dapat digunakan oleh beberapa mesin di dalam sebuah jaringan lokal juga diperkenalkan pada versi ini. Banyak masalah minor di dalam Windows yang lama telah dikoreksi, yang menjadikan Windows 98 menurut banyak orang sebagai sebuah versi Windows 9x yang paling stabil di antara semua versi Windows 9x lainnya.

Windows 2000

Rilis pada 17 Februari 2000 dan dikenal Windows NT 4.0 sebelum berubah nama menjadi Windows 2000 ditujukan untuk dua pangsa pasar, yakni pasar workstation dan juga pasar server. Memiliki fitur Active Directory yang berfungsi sebagai model jaringan pengganti model jaringan NT domain, menggunakan teknologi yang merupakan standar industri, seperti Domain Name System (DNS), Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dan Kerberos untuk menghubungkan antara satu mesin ke mesin lainnya. 

Windows Terminal Services yang pada Windows NT 4.0 hanya terdapat didalam satu produk saja, pada Windows 2000 terdapat dalam semua versi server.

Selain itu mempertahankan Device Manager yang telah ditingkatkan (dengan menggunakan Microsoft Management Console), Windows Media Player, dan DirectX 6.1 (yang memungkinkan sistem operasi berbasis kernel Windows NT untuk menjalankan game).

Windows 2000 sebagai produk yang cocok untuk pengguna rumahan. Sebab kurangnya dukungan driver perangkat keras misalnya pemindai (scanner) dan pencetak (printer) pada saat dirilis. Windows 2000 tersedia dalam 6 (enam) edisi, diantaranya:Windows 2000 Professional, Windows 2000 Server, Windows 2000 Advanced Server, Windows 2000 Datacenter Server, Windows 2000 Advanced Server Limited Edition, Windows 2000 Datacenter Server Limited E. 

Windows Millennium Edition (Windows ME)

Dirilis pada 14 September 2000, Windows Millennium Edition (Windows ME) dibuat hanya setahun. Keunggulan versi ini memiliki fitur System Restore , Movie Maker versi pertama. Dukungan Microsoft untuk Windows ME berakhir pada tanggal 11 Juli 2006.

Selain itu, Windows ME memiliki keunggulan fitur seperti  Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7.0, dan Microsoft DirectX 7.1 yang dapat diperoleh secara gratis dari situs Windows Update.  Windows ME merupakan sistem operasi terakhir yang dibuat berdasarkan kernel monolithic Windows 9x dan MS-DOS.

Windows XP 

Dirilis pada 25 Oktober 2001, Windows XP yang memiliki nama kode Whistler dengan menggunakan kernel Windows NT yang unggul pada kestabilannya, sehingga menjadikan kernel Windows NT memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah tua. Windows XP adalah versi sistem operasi Windows yang paling lama yang berkisar dari tahun 2001 -tahun 2007 pada saat dimunculkannya Windows Vista. 

Adapun jenis-jenis versi dari Windows XP tersedia adalah: Windows XP Home Edition, ditujukan untuk pasar desktop dan laptop rumahan; Windows XP Home Edition N, sama seperti Home Edition yang biasa, tapi tidak memiliki Windows Media Player; Windows XP Professional, ditujukan bagi para power user dan pebisnis; Windows XP Professional N, sama seperti Professional Edition, tapi tidak memiliki Windows Media Player ; Windows XP Media Center Edition (MCE), dirilis November 2002, merupakan Windows XP Home Edition yang ditujukan untuk dektop dan laptop dengan penekanan pada hiburan rumahan; Windows XP Media Center Edition 2003; Windows XP Media Center Edition 2004; Windows XP Media Center Edition 2005, dirilis tanggal 12 Oktober 2004; Windows XP Tablet PC Edition, ditujukan untuk PC Tablet (PC dengan layar sentuh); Windows XP Embedded, ditujukan untuk sistem benam (embedded system); Windows XP Starter Edition, ditujukan untuk para pengguna komputer di beberapa negara berkembang; Windows XP Professional x64 Edition, dirilis 25 April 2005 untuk sistem-sistem rumahan dan workstation yang menggunakan prosesor 64-bit yang berbasiskan set instruksi x86-64 (AMD64 atau Intel EM64T). 

Windows XP 64-bit Edition, untuk jajaran prosesor Intel Itanium, yang mempertahankan kompatibilitas aplikasi 32-bit menggunakan emulator perangkat lunak. Berkaca pada vitur, versi ini sama dengan Windows XP Professional. September 2005 produk ini dihentikan saat vendor terakhir workstation berbasis Itanium menghentikan produk-produknya sebagai workstation karena memfokuskan Itanium sebagai basis komputer server. Windows XP 64-bit Edition 2003, dibuat berbasiskan basis kode Windows NT 5.2 (sama seperti Windows Sebelumnya).

Windows Vista

Microsoft meluncurkan untuk pengguna rumahan dan kalangan bisnis pada 30 Januari 2007 yakni Windows Vista dengan nama kode Longhorn yang memiliki keamanan lebih baik dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna terbatas yang disebut dengan User Account Control (UAC), untuk menggantikan filosofi administrator-by-default yang diterapkan pada Windows XP. Memiliki fitur grafik yang disebut dengan Windows Aero GUI. 

Aplikasi baru seperti halnya Windows Calendar, Windows DVD Maker dan beberapa game baru seperti Chess Titans, Mahjong, dan Purble Place. Selain itu, Windows Vista memiliki versi Microsoft Internet Explorer yang lebih aman, serta Windows Media Player versi baru.Windows Vista dijual dalam beberapa edisi: Windows Vista Starter; Windows Vista Home Basic; Windows Vista Home Premium; Windows Vista Business; Windows Vista Enterprise; Windows Vista Ul. 

Windows 7 

Dirilis pada 22 Juli 2009, Windows 7 memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600. Sedangkan untuk masyarakat umum, dirilis pada 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah jump list, taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan fitur baru lainnya.

Selain itu, terdapat versi yang dikeluarkan oleh Windows 7 diantaranya: Windows 7 Starter; Windows 7 Home Basic; Windows 7 Home Premium; Windows 7 Professional; Windows 7 Enterprise; Windows 7 Ultimate.

Windows 8 

Windows 8 adalah sistem operasi yang diproduksi untuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Metode windows versi ini dengan mengurangi beban pemakaian RAM di dalam Operating System. 

Penghematan penggunaan RAM di Windows 8 dipastikan dapat secara signifikan memperpanjang penggunaan PC yang memakai baterai (laptop ataupun tablet PC) disebabkan RAM merupakan salah satu komponen di komputer yang paling banyak memakai arus listrik.

Sistem operasi yang menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar dapat digunakan pada peralatan layar sentuh (touchsreen) selain mouse dan keyboard.

Windows 10

Diperkenalkan pada 30 September 2014 pada konferensi Build, Windows 10 baru dirilis pada 29 Juli 2015 dan pada November 2015, Threshold 2 dari Windows 10 (v10.0.10586) dirilis ke publik. 

Windows 10 diluncurkan dengan fungsi dan tujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh misalnya komputer meja dan laptop. 

Selain itu terkhususnya kebangkitan menu Mulai yang terlihat di Windows 7, sistem desktop maya, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Bursa Windows dalam jendela pada desktop daripada modus layar penuh

Fungsi Windows 

Sebagaimana penjelasan diatas berdasarkan arti, sejarah dengan macam-macam versi dari perkembangan windows tersebut, maka fungsi dari sistem operasi windows adalah: 
  1. Mengelola dan mengendalikan data input dan output.
  2. Memiliki dukungan driver yang lebih banyak
  3. Menghubungkan antara sofware (perangkat lunak) dengan hadware (perangkat keras) yang memudahkan untuk terintegrasi bekerja secara konsisten dan stabil.
  4. Perkembangan yang impresif dibandingkan software lainnya sebab banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows.
  5. Mengendalikan ataupun mengelola sumber daya yang sedang dijalankan bahkan sofware perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer ataupun laptob.
  6. Terdapat aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS yang lainnya.
  7. Mengelola proses mulai dari tahap persiapan, penjadwalan, serta pemantauan terhadap program yang berfungsi.
  8. Sistemnya bisa dikembangkan, maka semakin mudah siapa saja membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows.
Windows - Sejarah system operasi windows pada computer (pc)/laptob memiliki fungsi yang terus terbarukan dengan maksud dan tujuan sebagai kemudahan manusia untuk mengoperasikan Microsoft windows.  Penamaan Windows dimulai pada tahun 1985 dengan kelebihan atau keuntungan menggunakan system operasi ini begitu jauh hingga sekarang sebab terdapat macam-macam varian atau versi dalam system operasi windows.  Dengan fungsi Microsoft Windows ini, system operasi demikian terus berkontribusi dan berkembang hingga terdapat puluhan jutaa pengguna komputer atau laptob yang menggunakan windows sebagai system operasinya.  Tidak hanya itu, keuntungan dalam hal teknologi yang diberikan oleh system operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation melainkan juga pada kemudahan dalam menginstal pada computer.  Pengertian Sistem Operasi Windows: Apa itu Windows?  Pengertian Windows - Arti Windows secara umum adalah system operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menyediakan sistem antarmuka grafis atau GUI (Graphical User Interface).  Dalam sejarah perkembangan singkat sistem operasi Windows, windows telah bervolusi dari MS-DOS. MS-DOS itu sendiri dimaksud sebagai sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line.  Sepak terjang sistem operasi ini dimulai dari versi pertama. Jenis pertama windows dikenal dengan nama Windows Graphic Environment 1.0 yang diluncurkan pada 10 November 1983.  Walaupun telah diluncurkan pada tahun tersebut, akan tetapi penjelajahan pasar baru dikeluarkan oleh Windows pada bulan November tahun 1985.  Adapun fungsi dan tujuan dari Windows Graphic Environment 1.0 adalah untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.  Selain itu, Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan yang diketahui bukan merupakan sistem operasi yang berjalan di atas MS-DOS dan beberapa macam-macam varian dari MS-DOS.  Oleh karena itu, ia tidak akan dapat berjalan tanpa hadirnya sistem operasi DOS Versi 2.x, versi 3 x juga sama.  Bahkan dalam beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi yang bersifat mandiri yang dimaksud dimana tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS.  Perkembangan demi perkembangan terus dikeluarkan oleh Microsoft Windows hingga sejauh ini dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.  Sejarah Singkat Macam-Macam Perkembangan Windows Selain penjelasan diatas, ternyata sejarah penggunaan nama Windows lahir begitu rumit dan penuh dinamika. Awalnya penamaan system operasi ini dimulai dari Rowland Hanson kepala bagian pemasaran di Microsoft.  Windows Versi 1.0  Dengan kegigihannya menyakinkan pentinggi Microsoft dengan menggunakan nama Windows untuk memikat konsumen. Walaupun awalnya Windows versi 1.0 ingin dinamakan Interface Manager.  Diketahui Sistem operasi Windows 1.0 dirilis pada 20 November 1985 dan diperkenalkan pertama kali pada tanggal 10 November 1983 disebut Windows Graphic Environment 1.0.  Microsoft membuat sebuah model GUI setelah munculnya sistem operasi Apple dengan nama Mac OS. Bill Gates melihat prototipe Macintosh buatan Steve Jobs pertama kali pada tahun 1981, dan Microsoft berkerja sama dengan Apple membuat beberapa perangkat lunak yang bekerja di bawah Mac seperti Word dan Excel.  Walaupun tidak dipungkiri Windows versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran. Windows 2.0 Windows 2.0 diumumkan keluar pada 9 Desember 1987, dengan keunggulan lebih dari jenis versi sebelumnya. Keuntungan jenis Windows versi 2.0 sebab aplikasi grafis buatan Microsoft yaitu Microsoft Word for Windows dan Microsoft Excel for Windows.  Selain itu, semakin bertambah ketika Aldus PageMaker muncul dalam versi untuk Windows yang sebelumnya hanya bisa berfungsi pada Macintosh. Aplikasi-aplikasi Windows dapat difungsikan melalui MS-DOS, untuk memasuki Windows untuk melakukan operasinya, dan keuntungannya apabila akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup. Walaupun dalam Windows versi 2.0 menggunakan teknologi 16-bit dan model memori modus real, yang hanya mampu mengakses memori hingga 1 megabit saja.  Dalam perkembangan Windows 2.0 sudah memiliki konfigurasi seperti itu, Windows dapat menjalankan aplikasi multitasking lainnya.  Windows versi 2.0 juga berjalan secara langsung di floppy disk. Di Windows 2.0 inilah sejarah pertama kali dikenalkannya istilah "Maximize" dan "Minimize" pada  setiap aplikasi Windows.  Baru pada 27 Mei 1988, Microsoft merilis dua versi diantaranya Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1. Versi ini adalah sejarah pertama kali Windows membutuhkan hard disk agar dapat berfungsi. Selain itu versi ini menggunakan model memori modus real dengan dukungan High Memory Area (HMA). Windows/386 2.1 memiliki kernel dalam modus terproteksi dengan emulasi Expanded Memory Specification (EMS) standar Lotus-Intel-Microsoft (LIM), pendahulu spesifikasi Extended Memory Specification (XMS) yang pada akhirnya mengubah topologi komputasi di dalam IBM PC.  Semua aplikasi berbasis Windows dan berbasis DOS saat itu berjalan dalam modus real, yang berjalan di atas kernel modus terproteksi dengan menggunakan modus Virtual 8086, sebagai fitur baru oleh Intel 80386.  Versi 2.03 dan kemudian versi 3.0 barulah mendapatkan tuntutan dari Apple. Hal itu disebabkan karena memang versi 2.1 ini mempunyai modus penampilan jendela secara cascade (bertumpuk), selain beberapa fitur sistem operasi Apple Macintosh yang  ditiru  oleh Windows.  Utamanya adalah masalah tampilan (look and feel). Hakim William Schwarzer akhirnya membatalkan semua 189 tuntutan, kecuali 9 tuntutan diajukan oleh Apple terhadap Microsoft pada tanggal 5 Januari 1989.  Windows 3.0  Windows 3.0 diluncurkan pada 22 Mei 1990. Windows versi 3.0 jadi kesuksesan Microsoft. Melalui virtual memory, Windows 3.0 berkemampuan terhadap aplikasi Windows, mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking).  Windows 3.0 membuat IBM-PC dan kompatibelnya. Selain itu sebagai penantang serius terhadap Apple Macintosh melalui peningkatan performa pemrosesan grafik dengan adanya kartu grafis (Video Graphics Array (VGA), dan mengizinkan aplikasi Windows untuk memakai memori lebih banyak dengan cara yang lebih mudah dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh MS-DOS.  Windows 3.0 dapat berjalan di dalam tiga modus, yakni modus real, modus standard, dan modus 386 Enhanced. Windows versi 3.0, versi pertama Windows yang befungsi dalam modus terproteksi, walaupun kernel 386 enhanced mode adalah versi kernel yang ditingkatkan dari kernel modus terproteksi di dalam Windows/386 2.1.  Hal itu terjadi disebabkan adanya fitur kompatibilitas. Aplikasi Windows 3.0 harus dikompilasi dengan menggunakan lingkungan 16-bit, sehingga sama sekali tidak menggunakan kemampuan mikroprosesor Intel yang merupakan prosesor 32-bit.  Selain itu, beberapa bulan kemudian dirilis versi Multimedia dinamakan Windows 3.0 with Multimedia Extensions 1.0 yang hadir  multimedia upgrade kit  , yang terdiri atas drive CD-ROM dan sound card. Hal ini membuat Windows 3.0 terjual sebanyak 10 juta salinan. Menyambut respons dari dirilisnya IBM OS/2 versi 2.0 ke pasaran pada 6 April 1992, Windows 3.1 Multimedia dan Workgroups hadir dengan tampilan yang lebih baik. Ini adalah peningkatan minor terhadap Windows 3.0 (seperti halnya kemampuan untuk menampilkan font TrueType Fonts yang dikembangkan bersama-sama dengan Apple). Versi ini juga sudah memiliki File Manager, Program Manager, serta mendukung 32-bit disk access. Versi multimedianya juga telah dilengkapi dengan media viewer untuk memainkan video.  Windows 95 Dirilis pada 24 Agustus 1995, Windows 95 memiliki nama kode Chicago yang memiliki arsitektur 32-bit. Microsoft tidakmengganti semua kode Windows menjadi 32-bit. Masih banyak bagian di dalamnya berupa 16-bit. Walaupunmasih menggunakan MS-DOS, namun dalam versi ini Micros memperkenalkan browser Internet Explorer tampilan GUI yang baru. Selain itu, terdapat Windows 95 OSR2, OSR 2.1 dan OSR 2.5 yang dirilis hanya kepada OEM (pabrikan). Beberapa perusahaan OEM bahkan menjual hard disk baru dengan sistem operasi Windows 95 OSR2 di dalamnya. Selain fitur yang terkandung di dalam Windows 95, Microsoft juga memperkenalkan Microsoft Plus! for Windows 95 yang mencakup beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh Windows. Windows 98 Pada 15 mei 1998 dirilis Windows 98 untuk pabrikan sedangkan masyarakat luas pada 25 Juni 1998. Keunggulan atau keuntungan Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru, dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 Gigabyte, Dukungan USB di dalam Windows 98, Dukungan Microsoft untuk Windows 98 berakhir pada tanggal 11 Juli 2006. Pada tanggal 9 Mei 1999, Microsoft merilis Windows 98 Second Edition, sebuah rilis yang menawarkan banyak peningkatan dibandingkan versi sebelumnya. Internet Connection Sharing, bentuk dari Network Address Translation (NAT).  Fungsi dari ini untuk mengizinkan satu jalur koneksi Internet dapat digunakan oleh beberapa mesin di dalam sebuah jaringan lokal juga diperkenalkan pada versi ini. Banyak masalah minor di dalam Windows yang lama telah dikoreksi, yang menjadikan Windows 98 menurut banyak orang sebagai sebuah versi Windows 9x yang paling stabil di antara semua versi Windows 9x lainnya. Windows 2000 Rilis pada 17 Februari 2000 dan dikenal Windows NT 4.0 sebelum berubah nama menjadi Windows 2000 ditujukan untuk dua pangsa pasar, yakni pasar workstation dan juga pasar server. Memiliki fitur Active Directory yang berfungsi sebagai model jaringan pengganti model jaringan NT domain, menggunakan teknologi yang merupakan standar industri, seperti Domain Name System (DNS), Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dan Kerberos untuk menghubungkan antara satu mesin ke mesin lainnya.  Windows Terminal Services yang pada Windows NT 4.0 hanya terdapat didalam satu produk saja, pada Windows 2000 terdapat dalam semua versi server. Selain itu mempertahankan Device Manager yang telah ditingkatkan (dengan menggunakan Microsoft Management Console), Windows Media Player, dan DirectX 6.1 (yang memungkinkan sistem operasi berbasis kernel Windows NT untuk menjalankan game). Windows 2000 sebagai produk yang cocok untuk pengguna rumahan. Sebab kurangnya dukungan driver perangkat keras misalnya pemindai (scanner) dan pencetak (printer) pada saat dirilis. Windows 2000 tersedia dalam 6 (enam) edisi, diantaranya:Windows 2000 Professional, Windows 2000 Server, Windows 2000 Advanced Server, Windows 2000 Datacenter Server, Windows 2000 Advanced Server Limited Edition, Windows 2000 Datacenter Server Limited E.  Windows Millennium Edition (Windows ME) Dirilis pada 14 September 2000, Windows Millennium Edition (Windows ME) dibuat hanya setahun. Keunggulan versi ini memiliki fitur System Restore , Movie Maker versi pertama. Dukungan Microsoft untuk Windows ME berakhir pada tanggal 11 Juli 2006. Selain itu, Windows ME memiliki keunggulan fitur seperti  Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7.0, dan Microsoft DirectX 7.1 yang dapat diperoleh secara gratis dari situs Windows Update.  Windows ME merupakan sistem operasi terakhir yang dibuat berdasarkan kernel monolithic Windows 9x dan MS-DOS. Windows XP  Dirilis pada 25 Oktober 2001, Windows XP yang memiliki nama kode Whistler dengan menggunakan kernel Windows NT yang unggul pada kestabilannya, sehingga menjadikan kernel Windows NT memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah tua. Windows XP adalah versi sistem operasi Windows yang paling lama yang berkisar dari tahun 2001 -tahun 2007 pada saat dimunculkannya Windows Vista.  Adapun jenis-jenis versi dari Windows XP tersedia adalah: Windows XP Home Edition, ditujukan untuk pasar desktop dan laptop rumahan; Windows XP Home Edition N, sama seperti Home Edition yang biasa, tapi tidak memiliki Windows Media Player; Windows XP Professional, ditujukan bagi para power user dan pebisnis; Windows XP Professional N, sama seperti Professional Edition, tapi tidak memiliki Windows Media Player ; Windows XP Media Center Edition (MCE), dirilis November 2002, merupakan Windows XP Home Edition yang ditujukan untuk dektop dan laptop dengan penekanan pada hiburan rumahan; Windows XP Media Center Edition 2003; Windows XP Media Center Edition 2004; Windows XP Media Center Edition 2005, dirilis tanggal 12 Oktober 2004; Windows XP Tablet PC Edition, ditujukan untuk PC Tablet (PC dengan layar sentuh); Windows XP Embedded, ditujukan untuk sistem benam (embedded system); Windows XP Starter Edition, ditujukan untuk para pengguna komputer di beberapa negara berkembang; Windows XP Professional x64 Edition, dirilis 25 April 2005 untuk sistem-sistem rumahan dan workstation yang menggunakan prosesor 64-bit yang berbasiskan set instruksi x86-64 (AMD64 atau Intel EM64T).  Windows XP 64-bit Edition, untuk jajaran prosesor Intel Itanium, yang mempertahankan kompatibilitas aplikasi 32-bit menggunakan emulator perangkat lunak. Berkaca pada vitur, versi ini sama dengan Windows XP Professional. September 2005 produk ini dihentikan saat vendor terakhir workstation berbasis Itanium menghentikan produk-produknya sebagai   workstation   karena memfokuskan Itanium sebagai basis komputer server. Windows XP 64-bit Edition 2003, dibuat berbasiskan basis kode Windows NT 5.2 (sama seperti Windows Sebelumnya). Windows Vista Microsoft meluncurkan untuk pengguna rumahan dan kalangan bisnis pada 30 Januari 2007 yakni Windows Vista dengan nama kode Longhorn yang memiliki keamanan lebih baik dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna terbatas yang disebut dengan User Account Control (UAC), untuk menggantikan filosofi   administrator-by-default   yang diterapkan pada Windows XP. Memiliki fitur grafik yang disebut dengan Windows Aero GUI.  Aplikasi baru seperti halnya Windows Calendar, Windows DVD Maker dan beberapa game baru seperti Chess Titans, Mahjong, dan Purble Place. Selain itu, Windows Vista memiliki versi Microsoft Internet Explorer yang lebih aman, serta Windows Media Player versi baru.Windows Vista dijual dalam beberapa edisi: Windows Vista Starter; Windows Vista Home Basic; Windows Vista Home Premium; Windows Vista Business; Windows Vista Enterprise; Windows Vista Ul.  Windows 7  Dirilis pada 22 Juli 2009, Windows 7 memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600. Sedangkan untuk masyarakat umum, dirilis pada 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah jump list, taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan fitur baru lainnya. Selain itu, terdapat versi yang dikeluarkan oleh Windows 7 diantaranya: Windows 7 Starter; Windows 7 Home Basic; Windows 7 Home Premium; Windows 7 Professional; Windows 7 Enterprise; Windows 7 Ultimate. Windows 8  Windows 8 adalah sistem operasi yang diproduksi untuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Metode windows versi ini dengan mengurangi beban pemakaian RAM di dalam Operating System.  Penghematan penggunaan RAM di Windows 8 dipastikan dapat secara signifikan memperpanjang penggunaan PC yang memakai baterai (laptop ataupun tablet PC) disebabkan RAM merupakan salah satu komponen di komputer yang paling banyak memakai arus listrik. Sistem operasi yang menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar dapat digunakan pada peralatan layar sentuh (touchsreen) selain mouse dan keyboard. Windows 10 Diperkenalkan pada 30 September 2014 pada konferensi Build, Windows 10 baru dirilis pada 29 Juli 2015 dan pada November 2015, Threshold 2 dari Windows 10 (v10.0.10586) dirilis ke publik.  Windows 10 diluncurkan dengan fungsi dan tujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh misalnya komputer meja dan laptop.  Selain itu terkhususnya kebangkitan menu Mulai yang terlihat di Windows 7, sistem desktop maya, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Bursa Windows dalam jendela pada desktop daripada modus layar penuh Fungsi Windows  Sebagaimana penjelasan diatas berdasarkan arti, sejarah dengan macam-macam versi dari perkembangan windows tersebut, maka fungsi dari sistem operasi windows adalah:  Mengelola dan mengendalikan data input dan output. Memiliki dukungan driver yang lebih banyak  Menghubungkan antara sofware (perangkat lunak) dengan hadware (perangkat keras) yang memudahkan untuk terintegrasi bekerja secara konsisten dan stabil. Perkembangan yang impresif dibandingkan software lainnya sebab banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows. Mengendalikan ataupun mengelola sumber daya yang sedang dijalankan bahkan sofware perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer ataupun laptob.  Terdapat aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS yang lainnya. Mengelola proses mulai dari tahap persiapan, penjadwalan, serta pemantauan terhadap program yang berfungsi.  Sistemnya bisa dikembangkan, maka semakin mudah siapa saja membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows. Ilustrasi: Pengertian Windows, Fungsi, Sejarah & Macam-Macam Windows Terbaru Demikianlah informasi mengenai Pengertian Windows, Fungsi, Sejarah & Macam-Macam Windows Terbaru. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita akan system operasi yang kita gunakan saat ini. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
Ilustrasi: Pengertian Windows, Fungsi, Sejarah & Macam-Macam Windows Terbaru

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Windows, Fungsi, Sejarah & Macam-Macam Windows Terbaru. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita akan system operasi yang kita gunakan saat ini. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Pengertian Windows, Fungsi, Sejarah & Macam-Macam Windows Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin