Artikel Belajar dan Bermanfaat

Friday 21 July 2017

Pengertian Infrastruktur: Apa itu Definisi Infrastruktur?

Pengertian Infrastruktur - Pembangunan suatu bangsa, dapat didefinisikan dari infrastrukturnya. Infrastruktur bangsa yang baik akan mendorong bangsa atau negara untuk bersaing dan bahkan melampau berbagai negara saat ini atau negara adidaya. 

Infrastruktur tersebut, merupakan salah satu penunjang bagi majunya suatu bangsa. Namun infrastruktur di zaman ini adalah komponen atau kriteria yang paling diperhitungkan bagi suatu negara. 

Baca Juga:


Infrastruktur juga setiap zaman, setiap masa tentu terjadi perubahan yang mengubah berbagai sistem dan perilaku umat manusia. Infrastruktur juga mengubah pola kerja berbagai manusia. Infrastruktur mengubah perilaku kita. 

Infrastruktur juga hingga perkembangannya saat ini, memudahkan setiap aktivitas manusia. Hal tersebut, merupakan juga salah satu tolak ukur dari majunya suatu infrastruktur yang terus mengalami perubahan hingga saat ini. 

Tak pelak, setiap negara, setiap bangsa menginginkan dalam suatu negara, wilayah atau daerah memiliki infrastruktur yang baik,  yang maju untuk menunjang berbagai hal, termasuk dalam sistem pemerintahan bernegara dan berbangsa. 

Segala bentuk perumusan dan pelaksanaan infrastruktur tidak semulus yang kita bayangkan. Perumusan infrastruktur, membutuhkan berbagai tenaga ahli dalam merealisasikan rumusan tersebut. Seperti halnya dengan pelaksanaan infrastruktur yang juga membutuhkan tenaga ahli dalam mengimplementasikan segala konsep, segala rumusan yang telah di rencanakan. 

Hingga beberapa dari pelaksanaan atau implementasi dari infrastruktur, kadang kala terdapat pro dan kontra, terdapat kontroversi yang berdampak bagi masyarakat. Kadang berdampak positif dan terkadang berdampak negatif. 

Setiap sisi dalam membangun sebuah infrastruktur, saat ini terus diperdebatkan dan dicari sebuah titik tengah dalam membangun infrastruktur yang tidak memberatkan berbagai kehidupan, berbagai bidang. 

Namun ada juga yang kurang mengerti mengenai pengertian infrastruktur dan definisi infrastruktur. Kadang kala, persoalan ini yang berdampak timbulnya efek terhadap masyarakat. Baik kurang pahamnya masyarakat dalam mengerti infrastruktur - definisi infrastruktur. 

Ada juga yang dilandasi oleh aparatur negara yang kurang mengerti tentang cara-cara perumusan sebuah infrastruktur tersebut. Alhasil, timbullah masalah yang pada umumnya terjadi di masyarakat dan di pemerintah. Hingga timbullah kecamuk yang tidak kita inginkan. 

Lepas dari persoalan mengenai infrastruktur. Ada juga yang kurang mengerti mengenai perbedaan struktur dan infrastruktur. Bagaimana definisi struktur atau pengertian struktur  dan pengertian infrastruktur atau definisi infrastruktur. 

Maka dari itu, pembahasan kali ini, penulis akan menjelaskan kedua hal tersebut, agar di lingkungan sehari-hari kita bersama baik penulis mampu untuk mengetahui, memahamkan dan bersikap bijaksana dalam memahami persoalan infrastruktur yang ada. 

Infrastruktur: Apa itu Definisi Infrastruktur? 

Sedangkan infrastruktur menurut KBBI adalahprasarana. Infrastruktur dijelaskan sebagai sarana dan prasaranan yang mendukung keberadaan suatu struktur. Maksudnya, infrastruktur ada untuk mendukung kinerja suatu struktur. Infrastruktur ada untuk membuat kinerja struktur lebih baik dan maksimal sesuai kegunaannya. Dalam sebuah struktur organisasi, infrastruktur adalah fasilitas yang ada untuk mendukung kinerja orang-orang yang menjalankan struktur organisasi.

Dalam suatu bangunan gedung, yang disebut struktur adalah susunan bangunan dari struktur bawah (fondasi) sampai bagian-bagian yang paling atas (atap). Sedangkan infrastruktur adalah fasilitas-fasilitas yang mendukung bangunan tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya, infrastruktur gedung antara lain: bagian yang berhubungan dengan listrik, pipa, serta bagian-bagian lain yang akan melengkapi keberadaan gedung tersebut. 

Contoh lain, dalam suatu stasiun kereta misalnya, jalan rel serta perlintasannya adalah merupakan suatu struktur, sedangkan stasiun, tempat tunggu, serta fasilitas-fasilitas yang ada di dalam stasiun kereta adalah bagian dari infrastruktur.

Infrastruktur adalah bagian yang melengkapi struktur. Struktur bias dipakai atau digunakan sesuai dengan fungsinya apabila di dalamnya telah tersedia infrastruktur yang tentunya mendukung keberadaan struktur. 

Seperti sebuah bangunan gedung baru yang dapat dan layak digunakan apabila terlah ada instalasi listrik, lampu penerangan, pipa, dan fasilitas-fasilitas lain yang melengkapi bangunan tersebut; begitu juga dengan sebuah stasiun kereta api yang dapat dioperasikan apabila telah tersedia fasilitas-fasilitas stasiun kereta. 

Dapat dikatakan, apabila suatu struktur belum atau tidak diperlengkapi dengan dtrukturnya, maka struktur tersebut belum dapat digunakan untuk tujuan yang dimaksud.

Pengertian Infrastruktur, menurut Grigg (1988) infrastruktur merupakan sistem fisik yang menyediakan transportasi, pengairan, drainase, bangunan gedung dan fasilitas publik lainnya, yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia baik kebutuhan sosial maupun kebutuhan ekonomi.

Pengertian ini merujuk pada infrastruktur sebagai suatu sistem. Dimana infrastruktur dalam sebuah sistem adalah bagian-bagian berupa sarana dan prasarana (jaringan) yang tidak terpisahkan satu sama lain. 

Infrastruktur sendiri dalam sebuah sistem menopang sistem sosial dan sistem ekonomi sekaligus menjadi penghubung dengan sistem lingkungan. Ketersediaan infrastruktur  memberikan dampak terhadap sistem sosial dan sistem ekonomi yang ada di masyarakat. Oleh karenanya, infrastruktur perlu dipahami sebagai dasar-dasar dalam mengambil kebijakan (Kodoatie, 2005). 

Infrastruktur fisik dan sosial dapat diartikan sebagian kebutuhan dasar fisik pengorganisasian sistem struktur yang diperlukan untuk jaminan ekonomi sektor publik dan sektor privat sebagai layanan dan fasilitas yang diperlukan agar perekonomian dapat berfungsi dengan baik. Sulivan, Arthur, dan Steven M. Sheffrin ( 2003 ) dan Oxford Dictionary. 

Komponen Infrastruktur

Komponen-komponen di dalam infrastruktur menurut APWA (American Public Works Association) adalah :
  • Sistem penyediaan air : waduk, penampungan air, transmisi dan distribusi, fasilitas pengolahan air (water treatment)
  • Sistem pengelolaan air limbah : pengumpul, pengolahan, pembuangan, daur ulang
  • Fasilitas pengelolaan limbah padat
  • Fasilitas pengendalian banjir, drainase dan irigasi
  • Fasilitas lintas air dan navigasi
  • Fasilitas transportasi: jalan, rel, bandar udara (termasuk tanda-tanda lalu lintas dan fasilitas pengontrol
  • Sistem transit publik
  • Sistem kelistrikan: produksi dan distribusi
  • Fasilitas gas alam
  • Gedung publik: sekolah, rumah sakit
  • Fasilitas perumahan publik
  • Taman kota sebagai daerah resapan, tempat bermain termasuk stadion
  • Komunikasi
Sedangkan menurut P3KT, komponen-komponen infrastruktur antara lain:
  • Perencanaan kota
  • Peremajaan kota
  • Pembangunan kota baru
  • Jalan kota
  • Air minum
  • Drainase
  • Air limbah
  • Persampahan
  • Pengendalian banjir
  • Perumahan
  • Perbaikan kampung
  • Perbaikan prasarana kawasan pasar
  • Rumah sewa
Dilihat dari input - output bagi penduduk, komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi tiga karakteristik, yaitu:
  • Komponen yang memberi input kepada penduduk. Jenis infrastruktur yang termasuk dalam kategori ini adalah prasarana air minum dan listrik
  • Komponen yang mengambil output dari penduduk. Jenis infrastruktur yang termasuk dalam kelompok ini adalah prasarana drainase/pengendalian banjir, pembuangan air kotor/sanitasi, dan pembuangan sampah.
  • Komponen yang dapat dipakai untuk memberi input maupun mengambil output. Jenis infrastruktur yang termasuk dalam kelompok ini meliputi: prasarana jalan dan telepon.

Baca Juga:


http://www.artikelsiana.com/

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Infrastruktur: Apa itu Definisi Infrastruktur?. Semoga informasi pada kali ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita sebagai umat manusia yang mengetahui bahwa setiap zaman, setiap waktu, terdapat perkembangan dan kemajuan infrastruktur yang harus kita ketahui dan kita pelajari baik infrastruktur dahulu dan infrastruktur saat ini. Sekian dan Terima Kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Pengertian Infrastruktur: Apa itu Definisi Infrastruktur? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin