Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 1 October 2015

Pengertian Alat Musik Ritmis, 11 Jenis-Jenis & Gambarnya.

Pengertian Alat Musik Ritmis, 11 Jenis-Jenis & Gambarnya.| Hai.. kali ini mengenai jenis-jenis alat musik ritmis, cara memainkan & gambar alat ritmis tersebut. Namun sebelum itu, Apa itu Alat Musik Ritmis ?.. Pengertian Alat Musik Ritmis adalah alat musik yang menghasilkan nada yang tidak tetap yang berfungsi/digunakan sebagai alat musik pengiring dan pengatur tempo lagu. Terdapat beberapa cara dalam memainkan alat musik ritmis yakni dengan dipukul baik dengan menggunakan tangan atau alat, dikocok, dan digesek.

Jenis-Jenis Alat Musik Ritmis 

Alat musik ritmis memiliki beberapa jenis yang terdapat didunia. Jenis-jenis alat musik ritmis adalah sebagai berikut...
1. Drum, adalah alat musik yang dipukul. Pada awalnya drum terdiri dari kulit yang direntangkan di sebuah penyangga. Cara memainkan drum adalah dengan dipukul menggunakan tangan atau alat yaitu stick drum. Drum menggunakan bahan dari kulit dan plastik. Sebelumnya drum terdapat beberapa jenis yaitu kendang, timpani dll. Namun, sekarang ini, jika kita menyebut drum yang terlintas adalah alat musik buatan pabrik dari bahan plastik yang direnggangkan. Pemain drum disebut dengan drummer.
Pengertian Alat Musik Ritmis, Jenis-Jenis & Gambarnya.
Drum
2. Kendang adalah instrumen dalam gamelan jawa (termasuk sunda). Fungsi utama gendang adalah mengatur irama. Kendang merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan ke kulit yang direnggangkan. Terdapat beberapa jenis gendang yaitu ketipung atau kendang kecil, kendang ciblon/kebar atau kendang menengah, kendang kalih atau kendang gede yang merupakan pasangan dari ketipung.
Pengertian Alat Musik Ritmis, Jenis-Jenis & Gambarnya.
Kendang
3. Simbal Tangan, adalah alat musik yang dimainkan sejak zaman kuno yang terdiri dari dua buah lempengan logam berbentuk lingkaran dan menonjol dibagian tengahnya. Cara memainkan simbal adalah dengan membenturkan atau menggesekkan kedua lempengan tersebut. Contoh simbal tangan merupakan simbal yang digunakan pada marching band.
Pengertian Alat Musik Ritmis, Jenis-Jenis & Gambarnya.
Simbal Tangan
4. Triangle, adalah alat musik yang berbentuk segitiga dengan menghasilkan suara dari getaran seluruh badannya. Alat musik triangle terbuat dari bahan besi logam. Cara memainkan alat musik triangle adalah dengan memukulnya dengan batang pemukul dari besi.

Pengertian Alat Musik Ritmis, 11 Jenis-Jenis & Gambarnya.
5. Tamborin, adalah alat musik yang mengiringi lagu berirama riang yang terbuat dari logam dan berbentuk lingkaran. Di setiap sisinya terdapat logam bulat tipis sepasang rangkap. Tidak hanya dari logam, ada juga yang terbuat dari kulit. Karena setiap sisinya terdapat logam maka tamborin akan mengeluarkan bunyi bergemerincing ketika alat musik di goyangkan.

Pengertian Alat Musik Ritmis, 11 Jenis-Jenis & Gambarnya.

6. Kastanyet, adalah alat musik ritmis yang digunakan untuk mengiringi tarian-tarian spanyol yang teridiri dari sepasang kepingan kayu keras berbentuk cekung. Cara memainkan alat musik ritmis kastanyet adalah dengan cara menepuk-menepuk tangan kiri yang diletakkan kastanyet dengan menggunakan tangan kanan.

Pengertian Alat Musik Ritmis, 11 Jenis-Jenis & Gambarnya.
7. Konga, adalah alat musik yang menyerupai dengan kendang, namun bentuk konga lebih panjang dan memiliki ciri tersendiri dari bentuknya. Konga terbuat dari kayu dan pada permukaannya menggunakan kulit hewan untuk menghasilkan bunyi khas. Konga memiliki gantungan yang diletakkan di penyangga besi agar posisinya tetap seimbang saat dimainkan. Cara memainkan alat musik konga adalah dengan cara dipukul menggunakan kedua tangan tanpa alat bantu.
Pengertian Alat Musik Ritmis, 11 Jenis-Jenis & Gambarnya.
8. Rebana, adalah kendang kecil yang memiliki bentuk bundar dan pipih. Terdapat bingkai dengan bentuk lingaran terbuat dari kayu yang dibubut. Pada permukaan rebana menggunakan kulit kambing yang diregangkan yang untuk ditepuk saat dimainkan. Cara memainkan alat musik ritmis rebana adalah dengan dipukul-pukul menggunakan telapak tangan.

Pengertian Alat Musik Ritmis, 11 Jenis-Jenis & Gambarnya.
9. Tifa, adalah salah satu musik yang berasal dari Papua yang menyerupai gendang baik cara memainkan, bentuk, dan bahan yang digunakan. yakni kayu dan kulit hewan. Namun, tifa memiliki bentuk memanjang dan sedikit ramping pada bagian tengahnya. Cara memainkan tifa adalah dengan berdiri dan dipukul seperti gendang.
Pengertian Alat Musik Ritmis, 11 Jenis-Jenis & Gambarnya.
10. Timpani adalah alat musik ritmis yang dimainkan dengan dipukul dengan mallet timpani. Mallet timpani terbuat dari kayu yang berdiameter 2 cm. Ujungnya dibalut bola kapas yang terbuat dari bulu biri-biri dari Eroap yang sangat lembut. Tabung timpani terbuat dari kuningan atau fiber yang berbentuk seperti mangkuk.

Pengertian Alat Musik Ritmis, 11 Jenis-Jenis & Gambarnya.
11. Marakas adalah alat musik tradisional dengan suara rincik dan semarak yang dihasilkan alat musik marakas identik dengan suasana angin laut yang segar di daerah pantai. Marakas ketika digoyangkan akan menghasilkan bunyi. Hal ini terjadi karena dalamnya diisi dengan butiran kecil. Alat musik ritmis termasuk ke dalam jenis perkusi autophones atau idiophones dan salah satu bagian penting dari alat musik Salsa, Charanga, Trova Ensemble, Cuba, dan Rumba.
Pengertian Alat Musik Ritmis, 11 Jenis-Jenis & Gambarnya.

Baca Juga:

Pengertian Apresiasi Seni Rupa
Seni Rupa: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Macam, & Fungsi
Pengertian Seni, Fungsi, Macam Seni & Menurut Para Ahli
Pengertian Seni Rupa Murni & 8 Contoh Seni Rupa Murni
Pengertian Seni Rupa Terapan, Contoh, Sejarah, & Macam-Macamnya

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Alat Musik Ritmis, 11 Jenis-Jenis & Gambarnya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian alat musik ritmis, jenis-jenis alat musik ritmis, gambar-gambar alat musik ritmis. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Pengertian Alat Musik Ritmis, 11 Jenis-Jenis & Gambarnya. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin