Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 8 September 2015

Faktor Penyebab Runtuhnya/Kehancuran VOC

Faktor Penyebab Runtuhnya/Kehancuran VOC| VOC kependekan dari Verenigde Oostindische Compagnie atau kongsi dagang belanda. VOC berdiri sejak 1602 untuk berdagang ke seluruh benua asia yang pernah berkuasa dan jaya sebagai kongsi dagang dengan memiliki banyak laba dari hasil penjualan rempah-rempah dan barang komoditi lainnya yang berasal dari asia yang selanjutnya dijual ke Eropa. Namun perusahaan kongsi dagang atau VOC mengalami kebangkrutan dan pada akhirnya seluruh aset dari VOC diambil oleh pemerintahan Belanda pada abad ke-18. Mengenai apa penyebab atau mengapa VOC dapat hancur, runtuh, bankrut, atau mengalami kemunduran dapat dilihat mengenai faktor-faktor penyebab runtuhnya/kehancuran VOC dibawah ini... 

Faktor Penyebab Runtuhnya/Kehancuran VOC

  • Banyaknya korupsi di sebagian besar pegawai tinggi VOC yang digunakan untuk membeli rumah-rumah mewah di belanda. 
  • Banyaknya hasil laba yang diselewengkan oleh para pegawai di kantor cabang, terlihat dari pembukuan laba yang berbeda dari dagang asia dengan kantor pusat di belanda. 
  • Adanya ekspansi dagang untuk memperbesar daerah jangkauan perdagangan yang membutuhkan biaya yang banyak sedangkan laba yang dibukukan tidak mencukupi membuat banyaknya hutang-hutang VOC dari ekspansi dagang tersebut. 
  • Adanya serangan terhadap kapal-kapal VOC yang dilakukan oleh armada angkatan laut Eropa, sehingga banyak kapal VOC yang tidak kembali membuat VOC kekurangan armada kapal untuk berdagang. 

Baca Juga:

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah 
Proses Masuknya Pengaruh Hindu Budha di Indonesia 
Sejarah: Isi Perjanjian Dekrit Presiden 5 Juli 1959, Tujuan, & Dampaknya 
Isi Sumpah Pemuda dan Sejarah Sumpah Pemuda 

Demikianlah informasi mengenai  Faktor Penyebab Runtuhnya/Kehancuran VOC. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua mengenai faktor-faktor penyebab runtuhnya VOC, atau faktor-faktor kehancuran VOC. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Faktor Penyebab Runtuhnya/Kehancuran VOC

Faktor Penyebab Runtuhnya/Kehancuran VOC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin