Artikel Belajar dan Bermanfaat

Monday 8 December 2014

Pengertian Obligasi dan Jenis-Jenis Obligasi

Pengertian Obligasi dan Jenis-Jenis Obligasi| Obligasi, dalam pengertian obligasi dan jenis-jenis obligasi atau macam-macam obligasi yang seputar hal tersebut pada pembahasan kali ini. Pengertian obligasi (bond) adalah surat tanda pengakuan utang yag diterbitkan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi. Pengertian lain obligasi adalah sertifikat yang berisi kontrak antara investor dan perusahaan, yang mengatakan bahwa investor pemegang obligasi telah meminjamkan sejumlah uang terhadap perusahaan. Perusahaan yang menerbitkan obligasi mempunyai kewajiban untuk membayar bunga secara reguler sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan serta pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.


Nilai pasar (harga pasar) suatu obligasi bergerak berlawanan arah dengan perubahan suku bangsa secara umum. Jika suku bunga secara umum biasanya turun, sehingga nilai atau harga obligasi akan meningkat, karena semua investor biasanya untuk berinvestasi pada obligasi. Tidak hanya itu , jika suku bunga secara umum cenderung meningkat, maka nilai atau harga obligasi akn turun, karena para investor cenderung untuk menanamkan uangnya di bank.Jenis-Jenis Obligasi Berdasarkan Siapa yang Menerbitkannya antara lain sebagai berikut.
  • Oligasi yang diterbitkan oleh perusahaan adalah Corporate Bond 
  • Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah oleh Goverment Bond atau Treasury Bond 
  • Municipal Bond, yaitu merupakan obligasi yang diterbitkan pemerintah daerah untuk membiayai proyek tertentu di daerah 
Sebelum melakukan investasi pada obligasi, disarankan bagi para investor untuk memperhatikan peringkat obligasi, yaitu metode penilaian akan kemungkinan gagal bayar pada obligasi. Selain obligasi biasa ada juga obligasi konversi yaitu obligasi yang dapat ditukarkan dengan saham biasa pada harga tertentu. Bagi emiten , obligasi konversi merupakan daya tarik yang ditunjukkan kepada para investor untuk meningkatkan penjualan obligasi. Jenis-Jenis Obligasi lain dibedakan menjadi : 
  • Obligasi dengan Fixed Rate (Obligasi dengan Coupon Rate) yaitu jenis obligasi yang memberikan bunga tetap. Bunga biasanya dibayarkan tiap 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali. 
  • Obligasi dengan Floating Rate yaitu jenis obligasi yang memberikan bunga mengambang menyesuaikan dengan bunga yang berlaku di pasar
  • Obligasi dengan Zero Coupun yaitu obligasi dengna bunga nol atau obligasi yang hanya memberikan satu kali aliran kas masuk saja saat telah jatuh tempo. Karena obligasi ini tanpa bunga sehingga agar menarik bagi pembeli obligasi, obligasi jenis ini dijual dengan discount atau dijual dengan harga yang selalu di bawah harga nominal
Sekian pembahasan Pengertian Obligasi dan Jenis-Jenis Obligasi dan lihat juga berbagai macam artikel bermanfaat di Artikelsiana.com. Semoga artikel Pengertian Obligasi dan Jenis-Jenis Obligasi dapat bermanfaat. 

Pengertian Obligasi dan Jenis-Jenis Obligasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin