Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Pengertian Bela Negara dan Penjelasannya

Pengertian Bela Negara dan Penjelasan| Negara indonesia sangat penting bagi kita semua sehingga perlunya kita menamakan sikap bela negara tapi tahukah anda apa itu pengertian bela negara ?. dimana kali ini kita akan membahas pengertian bela negara dan penjelasannya. membela negara sangat perlu kita lakukan karna negara dalam proses terbentuknya negara memiliki sejarah yang sangat panjang untuk menjadi setiap warga negara memiliki hak dan kewajibannya yang dijamin dalam peraturan perundang-undangan, salah satunya yang diatur dalam pasal 27 ayat 3 UUD 1945 tentang pembelaan negara. Apa hak dan kewajibanmu sebagai siswa dalam upaya pembelaan negara 
         Kronologi dan Arti Bela Negara Bagi, bangsa indonesia, kemerdekaan bukanlah tujuan akhir dari perjuangan bangsa. Kemerdekaan yang diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945 menunjukkan bahwa rakyat Indonesia tidak dapat dipisahkan dengan perjuangan bangsa. 
        Berbagai ancaman terhadap kedaulatan negara indonesia Indonesia yang baru mereka datang dari Belanda yang masih memiliki keinginan menguasai negara indonesia Ikut sertanya rakyat indonesia dalam perjuangan bersenjata didorong oleh rasa cinta terhadapa bangsa dan tanah air sehingga pengorbanan yang mereka berikan sebagai perwujudan tanggung jawabnya bukan karena paksaaan. Tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang didasari kecintaannya terhadap tanah air. 
         Itulah yang disebut bela negara sebagaimana tercantum dalam UU No. 20 Tahun 1982 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pertahanan Keamanan Negara.Bela negara adalah tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu, dan berkelanjutan yang dilandasi oleh kecintaan tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, serta keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan untuk berkorban guna meniadakan ancaman baik dari dalam negeri kedaulatan negara, kesatuan dan persatuan bangsa, keutuhan wilayah, dan hukum nasional, serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
Baca Juga  Kekuasaan Presiden Sebagai Kepala Negara

Sekian Artikel Tentang Pengertian Bela Negara dan Penjelasannya , Semoga Bermanfaat
(Sumber : Kewarganegaraan SMP/MTs kelas IX Pembelaan Negara )

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *