Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 26 January 2019

Pengertian Linux, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangannya

Dalam pembahasan mengenai sistem operasi komputer, Linux menjadi salah satu term yang begitu penting dan cukup familiar. Ya, Anda sudah sering mendengar kata Linux diucapkan oleh banyak orang, bukan? Namun, meskipun seringkali mendengar, cukup banyak kalangan yang tidak memahami apa itu pengertian Linux dalam sistem operasi komputer.
Ya, kebanyakan dari mereka hanya memahami bahwa Linux merupakan OS lain di luar Windows. Hanya itu saja tanpa memahami apa sebenarnya Linux tersebut. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal terkait Linux, mulai dari definisi Linux, jenis serta kelebihan dan kekurangannya. Penasaran? Simak beberapa ulasan singkat di bawah ini. Selamat membaca!
Definisi Linux
Mungkin, banyaknya kalangan yang belum mengerti apa itu pengertian Linux dikarenakan penggunaan Linux yang cukup jarang di kalangan pengguna PC atau laptop. Ya, bisa dimaklumi memang karena Linux pada dasarnya tidak sebesar Windows. Dalam pemakaian sehari-hari, lebih banyak PC atau laptop yang menggunakan Windows untuk OS mereka.
Lantas, apa arti dari Linux tersebut? Sebagaimana disinggung di awal bahwa Linux merupakan salah satu jenis OS, sebagaimana Windows dan juga Mac. Di Indonesia sendiri, OS yang sering digunakan adalah Windows. Inilah salah satu hal kenapa Linux tidak banyak dimengerti oleh masyarakat di Indonesia.
Nah, Linux adalah OS dengan sistem open source di mana bisa disebarluaskan secara gratis. OS ini berada dibawah lisensi GNU dan menjadi turunan dari unix. Pada dasarnya, Linux bisa digunakan di berbagai jenis komputer, seperti Iner X86 hingga RISC.
Dikarenakan OS ini bersifat terbuka, maka siapa saja bisa mengembangkannya, termasuk Anda sendiri. Untuk pengembangan, apa yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan lisensi dari GNU, di mana kemudian Anda akan mendapatkan program beserta kode sumbernya. Dengan mendapatkan akses tersebut, maka Anda bisa mengubah program dengan leluasa.
Sejarah Singkat Linux
Untuk memahami pengertian Linux dengan lebih baik, maka Anda juga perlu untuk mengerti sejarah singkat dari OS ini. Nah, Linux dikembangkan pertama kali sekitar Agustus 1991 oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa asal Finlandia, di mana ia mendapatkan inspirasi dari sistem UNIX kecil yang sebelumnya sudah dikembangkan.
Nah, pada Agustus 1991 tersebut, versi 0.01 Linux berhasil diciptakan. Sementara pada Oktober 1991, versi Linux 0.02 juga berhasil dikembangkan. Sejak saat itu, Linux terus berkembang menjadi sebuah sistem UNIX yang begitu lengkap. Hingga saat ini, Linux masih ada dan menjadi opsi OS yang lebih murah dibandingkan dengan Windows ataupun Mac.

Jenis-jenis Linux
Dalam perkembangannya, Linux terus bergerak untuk memberikan sistem operasi terbaik bagi pemakai. Nah, sesaat setelah perkembangan pertama, Linux diciptakan dengan beberapa versi yang berbeda. Beberapa versi Linux tersebut memiliki kinerja dan detail yang cukup berbeda. Adapun beberapa jenis-jenis Linux yang ada hingga saat ini adalah sebagai berikut:
1)    Linux Mint
Linux mint merupakan salah satu jenis Linux yang cukup banyak digunakan. Apa yang menarik dari versi ini adalah tampilannya. Ya, Linux mint memiliki tampilan layar yang begitu user-friendly sehingga akan sangat mudah dipelajari dan digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
Selain memiliki tampilan yang menarik, OS ini juga bisa diandalkan dari segi performa. Versi ini memiliki dukungan aplikasi serta multimedia yang cukup lengkap. Dengan kelengkapan ini, maka pengguna akan merasa dipuaskan saat menggunakannya.
2)    Mageia
Jenis Linux selanjutnya yang tersedia hingga saat ini adalah Mageia. Ini adalah salah satu jenis Linux terbaik yang ada dan dikembangkan. Apa yang menarik dari opsi Linux ini adalah performa yang diberikan. Ya, Mageia akan memberikan performa yang sangat stabil saat digunakan. Selain itu, OS ini bisa berjalan lancar dalam produk komputer dengan spesifikasi yang biasa saja.
3)    Ubuntu
Saat membahas mengenai pengertian Linux, pasti Anda sering mendengar nama Ubuntu, bukan? Ya, Ubuntu merupakan salah satu jenis Linux yang sangat terkenal. OS ini dibuat dengan dasar distribusi Debian. Jenis Linux ini memang menjadi pilihan favorite, terutama untuk pengguna di kalangan pemula.
Jadi, jika Anda ingin menggunakan Linux sebagai OS komputer, maka Anda bisa memulai penggunaan dengan memilih Ubuntu. Salah satu hal yang menarik dari Ubuntu adalah OS bisa terhubung dengan internet dan semua file yang tersimpan akan tetap aman. Selain itu, jenis Linux ini memiliki kemampuan yang baik untuk menghindari spam dan malware.
4)    Jenis Linux lainnya
Selain beberapa jenis Linux di atas, ada beberapa jenis Linux lain yang juga tersedia hingga saat ini. Beberapa jenis Linux tersebut adalah Fedora, Debian, Arch, Cent-OS, PC Linux OS, Puppy Linux dan Back Track.
Dengan adanya beberapa versi Linux sebagaimana di atas, tentu Anda bisa melihat mana jenis Linux yang cocok untuk Anda gunakan. Pelajari lebih lanjut mengenai jenis Linux di atas untuk melihat secara detail kinerja dari OS tersebut sebelum Anda memilihnya.
Kelebihan dan Kekurangan Linux
Setelah membahas beberapa hal terkait Linux sebagaimana di atas, hal yang tidak kalah penting untuk dibahas adalah kelebihan serta kekurangan Linux. Ya, membahas hal ini cukup penting untuk memberikan gambaran lain terkait Linux pada Anda sehingga tentu pemahaman terkait Linux akan bertambah.
Selain itu, mengetahui kelebihan serta kekurangan Linux juga dapat menjadi landasan kenapa OS ini begitu menarik untuk dipilih. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari Linux yang harus diketahui?
Sebagaimana OS lainnya, Linux memiliki kelebihan serta kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan saat Anda ingin menggunakan OS jenis ini untuk PC atau laptop Anda. Adapun kelebihan dari Linux di mana perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:
·    Linux memiliki sifat open source. Dengan sifat ini, maka Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Tidak hanya itu, Linux juga dapat dikembangkan secara bebas oleh semua orang. OS ini berbeda dengan Mac yang bersifat close source, sehingga kode dari OS tersebut tidak dibagikan
·    Linux kini mulai mudah untuk dioperasikan. Hal ini menjawab adanya stigma yang muncul di masyarakat jika Linux sangat susah digunakan oleh awam dan juga identik dengan hacker. Nah, jika Anda ingin menggunakan OS asli, maka akan lebih baik jika Anda memilih Linux.
·    Memiliki pengamanan yang relatif lebih bagus. Hal ini dikarenakan Linux menggunakan desain multi user.
·    Dalam operasinya, Linux cenderung lebih ringan daripada OS lainnya. Dengan fakta tersebut, maka Linux dapat menjadi pilihan OS yang tepat, terutama bagi Anda yang memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.
Sementara untuk kekurangan Linux, beberapa kekurangan Linux adalah sebagai berikut:
·    Pengguna belum terlalu banyak
·    Proses instal lebih ribet daripada Windows
·    Program belum terlalu lengkap dan tidak lebih banyak dari Windows
Nah, demikian beberapa hal terkait pengertian Linux serta hal lainnya. Semoga ulasan di atas dapat memberikan pemahaman yang baru.
Deskripsi: pengertian Linux harus dipahami dengan baik. Linux merupakan salah satu jenis OS yang cukup banyak digunakan di mana menggunakan sistem open source yang menarik.

Pengertian Linux, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin