Artikel Belajar dan Bermanfaat

Gempa Bumi di Lombok 7 SR, BMKG: Berpotensi Tsunami dan Kantor Ikut Acak-Acakan


Advertisement
Advertisement

Artikelsiana, News - Gempa bumi yang melanda warga Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (5/8/2018) malam dengan kekuatan 7 Skala Richter (SR) yang terjadi pada pukul 18:46:35. Lokasinya berada pada 8.37 LS, 116.48 BT pada kedalaman 15 kilometer.

"Pemutakhiran,Peringatan Dini Tsunami di NTB, Gempa Mag:7.0, 05-Aug-18 18:46:35WIB, Lok:8.37LS,116.48BT,Kdlmn:15Km" dikutip dari Twitter @infoBMKG

Gempa bumi di Lombok, NTB itu membuat sejumlah warga berlarian keluar rumah dan bangunan.
Tak hanya itu, warga yang berada di sekitar pantai memacu kendaraan menjauh menuju tempat yang lebih tinggi.

Akibat kerasnya guncangan gempa di Lombok, NTB. Sejumlah warga semakin histeris lantaran adanya peringatan dini tsunami dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kepala BMKG Mataram, Agus Riyanto mengatakan, "berdasarkan hasil analisa BMKG Pusat, tsunami berpotensi terjadi di Lombok Barat bagian utara dan Lombok Timur bagian utara. Namun, BMKG belum bisa memantau naiknya air laut hingga berita ini diturunkan," tuturnya.

Agus Riyanto mengatakan, pihaknya terus memantau perkembangan potensi tsunami ini dan menyampaikan informasi kepada seluruh pihak untuk melakukan penyelamatan.

Kerasnya guncangan gempa tidak hanya dirasakan warga biasa. Agus mengatakan, 


"Kantor BMKG Mataram ikut acak-acakan akibat gempa tersebut. Komputer dan sejumlah perlengkapan dalam kantor BMKG ikut berjatuhan," ungkapnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Gempa Bumi di Lombok 7 SR, BMKG: Berpotensi Tsunami dan Kantor Ikut Acak-Acakan