Menu

Geopark Night Specta di Pantai Klayar, Bupati Pacitan Harap Warga Kenali Budaya

Artikelsiana, News Geopark Night Spectra yang digelar di kawasan Pantai Klayar, Donorojo, Sabtu (4/8/2018) menjadi media promosi dan pengenalan kepada masyarakat.

Khususnya menyangkut budaya geopark di tiga kabupaten. Yakni Wonogiri (Jawa Tengah), Gunung Kidul (Yogyakarta), dan Pacitan (Jawa Timur).

Baca Juga  Gempa Bumi di Lombok 7 SR, BMKG: Berpotensi Tsunami dan Kantor Ikut Acak-Acakan

“Tujuannya mengenalkan budaya geopark kepada masyarakat. Dimana budaya geopark terdiri dari unsur geologi dan arkeologi,” kata Wakil Bupati Yudi Sumbogo saat membacakan sambutan Bupati Indartato.

Menurutnya, daerah-daerah yang berada dikawasan itu memiliki peran sendiri-sendiri dalam upaya pengembangan dan pelestarian kawasan taman bumi.

Baca Juga  Keok 2 Gol Atas Bali United, Kiper PSIS Semarang Jandia Eka Putra Juga Diangkut Ambulans

“Jika Kabupaten Gunung Kidul sebagai pintu gerbang, maka Wonogiri menjadi lokasi museum. Sedangkan Pacitan adalah etalasenya,” tuturnya.

Kegiatan budaya yang dihelat malam hari itu menampilkan beberapa seni tari. Diantaranya tari Surub dan Sekar Klayar. Dua tari produk dari kearifan lokal masyarakat sekitar pantai yang dikenal dengan seruling samuderanya itu.

Baca Juga  Sering Dibohongi? Ini 4 Zodiak Tipe Cowok Paling Jujur, Pasangan Hingga Tua

Kepala Dinas Pendidikan Daryono menjelaskan jika agenda tersebut merupakan program tahunan hasil kesepakatan dari tiga kabupaten.

“Tujuannya memperkenakan pariwisata di tiga wilayah dan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,” (**/arif).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *