Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Komputer: Apa itu Komputer?

Advertisement
loading...
Loading...

Advertisement
Loading...
loading...

Pengertian Komputer - Komputer bukanlah hal yang lumrah untuk anda dengar. Komputer yang sering kita gunakan, juga memiliki arti, pengertian atau defini yang juga tidaklah sulit untuk kita jelaskan. Penjelasan komputer untuk zaman sekarang sudah menjadi hal yang sungguh sangat mudah. Bahkan untuk bangku sekolah dasar sudah mengetahui apa itu komputer, dan bagaimana itu komputer. 

Mengapa? 

Pasalnya, komputer sudah sering digunakan dan terlebih lagi android, smartphone yang kini gandrung untuk digunakan seluruh masyarakat. Ibaratnya, Android atau smartphone merupakan miniatur kecil dari komputer dan bahkan kelas android atau smartphone lebih tinggi dibandingkan komputer. 

Komputer, umumnya tidaklah sama dengan smartphone mulai dari sisi fisik dan juga tingkat kualitas programnya. Namun, komputer juga memiliki keunggulan yang lebih dari teknologi yang saat ini kita gunakan, kini kita pakai sehari-hari. 

Tidak hanya itu, komputer juga kini mulai berbenah dan memiliki spesifikasi atau kualitas yang terus diperbaharui. Komputer setiap tahunnya muncul beberapa produksi atau nama-nama perusahaan komputer dan jenis-jenis yang memiliki perbedaan di setiap versinya dan juga memiliki pembaharuan di setiap tahunnya. 

Dulu, komputer kurang digunakan oleh masyarakat dan android atau smartphone bahkan tidak ada. Komputer menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi bagi pekerja kantoran dan bagi setiap pelajar. Komputer adalah teknologi tercanggih saat itu. 

Saat itu, komputer masih sangat populer seluruh masyarakat dan banyak yang mengantri untuk menggunakan komputer. Terlebih lagi melihat sejarah komputer yang cukup panjang dan penuh dengan inovasi-inovasi baru hingga lahirlah komputer yang kita gunakan saat ini, yaitu smartphone atau android. 

Namun anehnya, sekalipun komputer bukanlah hal yang tabu untuk kita lihat dan kita gunakan saat ini ditengah perambaan teknologi yang semakin maju. Masih banyak dari kita atau teman-teman yang sulit atau kurang mudah untuk kita definisikan komputer atau pengertian komputer itu sendiri. 

Hal ini terlihat aneh di zaman saat ini. Jika masih ada yang mencari definisi komputer yang cukup familiar kita gunakan. Cukup aneh, jika komputer masih mengisi ketidaktahuan kita, ditengah miniatur komputer sering kita gunakan. 

Gejala ini, tidak hanya dialami oleh satu orang atau dua orang saja, melainkan ada banyak. Termasuk penulis atau admin sendiri. Ada juga yang memang mencari definisi atau pengertian komputer bukan alasan yang biasa melainkan luarbiasa. 

Salah satu contohnya, mengapa masih ada yang mencari pengertian atau definisi komputer padahal kita bisa mengarangnya sendiri, itu karena penelitian atau tugas yang memang sumber informasi dari definisi atau pengertian komputer itu jelas dan terkadang membutuhkan definisi atau pengertian menurut para ahli. 

Begitupula yang pernah di alami oleh admin atau penulis. Terkadang mencari sesuatu di internet atau mengenai definisi komputer perlu rujukan jelas, dan membutuhkan waktu yang cepat untuk mendapatkan apa yang kita cari dengan sumber atau referensi atau daftar pustaka mengenai apa yang kita cari harus jelas, salah satunya mengenai pengertian komputer itu sendiri. 

Maka dari itu, admin atau penulis, akan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi teman-teman, bagi kita mengenai definisi komputer atau pengertian komputer dan juga pengertian komputer menurut para ahli. Serta membantu anda untuk memperjelas sumber dan daftar pustaka dimana penulis atau admin mengambil definisi tersebut. 

Hanya untuk teman-teman dan menyebarkan informasi mengenai definisi komputer. Tapi, semoga juga informasi pengertian komputer atau definisi komputer juga hal yang sama teman-teman kita lakukan yakni dengan menyebarkan atau share informasi ini. 

Di satu sisi untuk membantu penulis atau admin, dan juga untuk menyebarkan informasi bagi teman-teman yang tidak sempat mendapatkan pengertian komputer dan definisi komputer dengan sumber dan daftar pustaka yang jelas. 

Baca Juga: 

Pengertian Komputer

Istilah komputer (computer) berasal dari bahasan latin yang berarti computare, yang berarti menghitung (to compute atau to reckon ). Selain itu, ada yang mengatakan bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas. Tugas tersebut diataranya menerima masukan (input) memproses masukan, menyimpan perintah-perintah pengolahan, dan meyediakan keluaran (output) dalam bentuk informasi. 

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

1. Pengertian Komputer Menurut Hamacher 
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memrosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi. Kita bisa menyimpan berbagai macam dengan kapasitas yang besar. 

2. Pengertian Komputer Menurut Fuori
Komputer adalah sesuatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan artimatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. 

3. Pengertian Komputer Menurut Blissmer 
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu untuk melakukan beberapa tugas sebagai berikut: 
a. Menerima input 
b. Memproses input tadi sesuai dengan programnya 
c. Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan 
d. Menyediakan output dalam bentuk inform. 

4.  Pengertian Komputer Menurut Elias M. Awad
Komputer sebuah alat hitung yg memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog

5.  Pengertian Komputer Menurut Donald H. Sanderes
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memrosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).

6.  Pengertian Komputer Menurut Williams, Sawyer
Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan. 

Baca Juga:


Demikianlah informasi mengenai Pengertian komputer. semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita terhadap teknologi walaupun teknologi tidaklah luar biasa melainkan telah biasa bagi kita semua. Sekian dan terima kasih Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi Pengertian Komputer: 
  • Fariq, Erik & Studio MataMaya. 2010. Teknik Overclocking untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputtindo. 
  • Arifin Hasnul. 2009. Panduan Membeli Komputer Murah dan Berkualitas. Yogyakarta: Mediakom. 
  • Ukar, Kurnewi. 2006. Pengenalan Komputer. PT Elex Media Komputindo. 
  • Shartono. 2009. Belajar Komputer Gampang Kok. Yogyakarta: Best Publisher. 
  • Talib Haer. 2006. Panduan Belajar Komputer. Jakarta: PT. Lex Media Komputindo
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Komputer: Apa itu Komputer?