24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan. Lihat Fakta Menariknya...

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Anda harus tahu, tanaman kayu manis merupakan tanaman sejuta manfaat. Manfaat kayu manis sudah lama telah dikenal hingga saat ini, baik secara tradisional penyembuhan penyakit atau dengan produk olahan dari tanaman kayu manis yang banyak dijadikan sebagai bahan industri farmasi, kecantikan, minuman dan makanan. 

Kayu manis adalah antiseptik, tonik dan stimulan yang sangat ampuh, bersifat anti-sesak. Rempah yang rasanya manis dan kuat diambil dari lapisan dalam kulit pohon kayu manis dan dijual dalam bentuk bubuk berwarna cokelat atau batang dengan bentuk seperti gulungan. 

Batang kayu manis membuat tubuh berkeringat dan sangat baik dalam mengobati gejala batuk pile sehingga mengatai rasa sakit dan kedinginan, tanda awal batuk pilek dan influenza. Batang kayu manis biasanya ditambahkan ke dalam minuman buah campur pada musim dingin untuk mendapatkan kehangatan,aroma pedas, dan efek menenangkan. 

Kayu manis dengan wana kulit cokelat dan ketika dikeringkan, menggulung dan berbentuk tabung seperti pena. Kayu manis adalah rempah yang diperoleh dari kulit bagian dalam pada beberapa pohon dari genus Cinnamomum. Banyak digunakan sebagai penghasil makanan atau masakan gurih dan manis. 

Kandungan Senyawa Aktif Dalam Kayu Manis
Kandungan kimia dari kayu manis seperti minyak asiri, safrole, sinamaldehida, tanin, flavonoid, saponin, dammar, kalsiumoksalat, triterpenoid. Secara umum, komposisi kimia dari minya kayu manis terdiri dari sinamaldehida, sinamilasetat, salisaldehida, asam sinamat, asam benzoat, asam salisilat, eugenol dan metalisalisaldehida dengan komponen sinamaldehida sebagai bagian utama yang banyak dari kayu manis.

1. Khasiat Dan Manfaat Kayu Manis Menurut Prof Hembing Wijayakusuma
Berdasarkan pendapat dari Almarhum Prof. Hembing Wijayakusuma, bahwa kayu manis berkhasiat mengobati asam urat, tekanan darah tinggi, maag, sakit kepala, muntah-muntah, kurang nafsu makan, diare, perut kembung, sariawan, diabetes militus, asma, susah buang air besar, dan hernia.

2. Khasiat Dan Manfaat Kayu Manis Menurut Rismunandan dan Paimin 
Berdasarkan kedua orang ini dalam studinya menyatakan bahwa bagian kulit batang, daun, dan akar kayu manis dapat bermanfaat sebagai obat antirematik, istomachica (meningkatkan nafsu makan), peluruh kentut (karminatif), menghilangkan sakit (analgesik), dan peluruh keringat (diaphoretik).

3. Manfaat Kayu Manis Dalam Kandungan Senyawa Antidiabetes (Penyakit Diabetes) yaitu Sinamaldehid
Studi oleh Ngadiwiyana, dkk. pada Majalah Farmasi Indonesia tahun 2012, yang mengkaji manfaat kayu manis bahwa hasil kayu manis yakni minyak kayu manis bermanfaat sebagai penghambat enzim alfa-glukosidase sehingga mampu dikembangkan sebagai penghambat senyawa antidiabetes atau secara sederhana manfaat kayu manis untuk penyakit diabetes.

 Senyawa yang dapat bermanfaat dalam menghambat aktivitas enzim alfa-glukosidase yakni senyawa kafeat dan sinamat. Mekanisme manfaat kayu manis buat penderita diabetes atau kencing manis yang penghambatannya adalah alfa-glukosidase pada usus mamalia dapat menurunkan kadar gula darah dari hasil metabolisme karbohidrat, maka setelah makan dapat mengurangi peningkatan kadar gula darah dan mencegah komplikasi kronis akibat diabetes militus (DM).

Dengan demikian, manfaat kayu manis untuk penderita diabetes atau kencing manis sangat dapat menghambat dan mencegah komplikasi kronis karena dapat mengurangi peningkatan kadar gula darah.

4. Manfaat Kayu Manis Dalam Bentuk Minyak Asiri, Senyawa Agenr Antimikroba dan Antijamur
Minyak asiri yang terdapat dalam kayu manis baik kulit batang, ranting, cabang dan akar ini, berfungsi sebagai antimikroba. Sebagaimana penelitian Damayanti ditahun 2004, bahwa manfaat kayu manis dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococus aureus, Escherichia coli, dan Samonella typhimurium. Menguak manfaat kayu manis yang dilakukan oleh Damayanti, sebenarnya telah ada sejak tahun 1999 oleh Sukandar, dkk. bahwa kayu manis bermanfaat dan berkhasiat sebagai antimikroba  paling kuat untuk jenis Samonella typhimurium dan jamur Candia albicans. Tidak hanya berhenti disitu manfaat kayu manis sebagai antimikro, kayu manis pula dapat menghambat perkembangan dari bakteri Bacillus sustilis.

24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan


Penelitian manfaat kayu manis sebagai antimikroba dan antijamur terus berlanjut, seperti penelitian oleh Monica Dian M. Mahasiswa FK, Universitas Diponegoro tahun 2008 bahwa manfaat kayu manis dapat menghambat penyebab panu yaitu jamur Malassezia furfur. Dan diduga pula senyawa dalam manfaat kayu manis sebagai antijamur adlaah eugenol, safrol dan tanin. Terus berlanjut oleh penelitian Amal Munirah bahwa ekstrak kayu manis bermanfaat menghambat pertumbuhan jamur Candida Albicans pada rongga mulut sehingga jika disimpulkan penelitian Amal Munirah, tentu manfaat ada pada rongga mulut dan tentu saja menjaga mulut dari jamur yang pada intinya mencegah kerusakan gigi.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan

1. Khasiat dan Manfaat Kayu Manis Untuk Asam Urat
Kayu manis sebagai obat asam urat bisa anda lakukan dengan menyiapkan bahan, 1 ibu jari kayu manis,  4 lembar sosor bebek, 5 gram biji pala, 5 butir cengkih, 3 gelas air (600 ml), 15 gram jahe merah, 5 butir kapulaga. Pembuatan obat asam urat sebagai manfaat kayu manis adalah rebus semua bahan hingga menjadi 300 ml. Saring, minum dua kali sehari sebanyak 150 ml masing-masingnya.

2. Manfaat Kayu Manis Sebagai Obat Hernia
Kayu manis dalam membuat obat hernia adalah rebus 1 ibu jari kayu manis, 5 gram adas, 1 jari pulasari, 15 gram jahe merah dan 5 butir kapulaga ke dalam 800 ml hingga tersisa 400 ml. Saring air rebusannya lalu minum sekaligus selagi hangat. Lakukan dua kali sehari.  

3. Manfaat Kayu Manis Sebagai Obat Diare 
Dalam memanfaatkan kayu manis sebagai obat diare melakukan berbagai kombinasi atau ramuan-ramuan yaitu dengan menyediakan 5 gram kayu manis, 3 gelas air (600 ml), dan 5 lembar daun jambu biji. Cara membuat manfaat kayu manis sebagai obat diare adalah rebus semua bahan hingga tersari 300 ml. Saring, tambahkan gula, dan minum dua kali sehari yang masing-masing 150 ml.

4. Manfaat Kayu Manis Untuk Diabetes (Kencing Manis) 
Diabetes atau kencing manis bagi penderita maupun yang bukan penderita, tentu ingin terhindar dari penyakit dan menyembuhkan penyakit diabetes atau diabetes militus yang sampai saat ini menjadi momok bagi seluruh masyarakat disegala kalangan usia akibat gula darah yang tinggi dan manfaat kayu manis untuk gula darah dapat mengatasi hal tersebut.

24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan
Manfaat kayu manis buat penderita diabetes untuk topik ini sangat dimudahkan karena dalam pembuatan obat diabetes pemanfaatan kayu manis sangatlah mudah yakni hanya dengan menyiapkan 2 batang kayu manis (panjang 5 cm), dan 200 air panas. Cara pembuatan obat diabetes tidaklah ribet, cukup srieduh kayu manis kedalam air panas lalu minum ramuan dua kali sehari sebanyak 1 gelas.

5. Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Manfaat kayu manis terkhusus bagi wanita dan sebagian pria tentu menjadi hal yang menarik, karena ternyata kayu manis berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Manfaat kayu manis untuk kulit dapat terjadi karena kandungan antioksidan yang berperan dalam memperbaiki kerusakan organ dan menjaga kulit.

6. Manfaat Kayu Manis Untuk Diet
Kayu manis buat diet sangatlah bermanfaat bagi kecantikan tubuh anda apalagi wanita yang sangat memperhatikan masalah hal ini dan juga sekarang ini juga bagi pria. Manfaat kayu manis untuk menurunkan berat badan atau khasiatnya buat diet dapat terjadi karena kandungan eugenol yang notabene memperlancar sirkulasi dan proses metabolisme dimana hal ini tentu saja bermanfaat dan berkhasiat sebagai resep herbal yaitu manfaat kayu manis untuk menurunkan berat badan anda.

Tidak hanya eugenol, kandungan serat dan kalsium dalam manfaat kayu manis untuk diet atau menurunkan berat badan dimana serat dan kalsium ini dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga membuat bentuk tubuh anda tidak berlemak dan menjadi sehat. 

7. Manfaat Kayu Manis Untuk Penyembuhan Luka
Kayu manis dengan kandungan Cinnamaldehid dengan peran yang sangat penting dalam mengobati berbagai macam luka-luka dengan cara mencegah pembekuan trombosit sebagai penyebab terhentinya aliran darah


8. Manfaat Kayu Manis Untuk Penderita Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) 
Manfaat kayu manis dalam mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi, memanfaatkan banyak bahan atau ramuan-ramuan yang perlu anda sediakan. Bagi anda tentu bukanlah menjadi suatu masalah besar, karena manfaat yang ditawarkan untuk kesehatan anda. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 2 jari kayu manis, 10 gram kencur, 500 ml air, 10 gram asam trengguli, 20 gram daun saga dan 15 gram daun sena. Cara membuatnya pun sangatlah mudah yaitu dengan rebus semua bahan dan air hingga menjadi 200 ml. Saring dan minum saat hangat sebanyak 2 kali sehari sebanyak 1 gelas. (Dapat direbus ulang).

9. Khasiat dan Manfaat Kayu Manis Untuk Obat Maag
Kayu manis berkhasiat dan bermanfaat dalam menyembuhkan maag anda atau manfaat kayu manis untuk asam lambung. Maag yang banyak diderita oleh pelajar karena makan yang tidak teratur apalagi mahasiswa yah, penyakit ini sebenarnya dapat pula dikatakan identitas pelajar, akan tetapi penyakit ini sangat mengganggu dan juga berefek pada masalah pelajaran, maka kayu manis yang terjangkau dan mudah didapatkan tentu sangat mudah mendapatkan manfaat dan khasiat kayu manis untuk asam lambung anda. Bahan yang perlu anda siapkan adalah 10 gram kayu manis, 200 ml air (1 gelas). Cara membuat khasiat kayu manis untuk asam lambung adalah rebus hingga 100 ml, saring dan minumlah airnya selagi hangat, dua kali sehari masing-masing sebanyak 100 ml (ramuan bisa direbus ulang).

24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan


10. Manfaat Kayu Manis Sebagai Obat Muntah-Muntah 
Cara membuat obat ini sangatlah mudah yaitu rebus 1 jari kayu manis, 10 gram temu kunci, dan 3 utir kapulaga dengan 800 ml air hingga 400 ml. Saring, lalu minum dua kali sehari masing-masing 200 ml. 

11. Manfaat Kayu Manis Untuk Mencegah Penyakit Jantung
Kayu manis dengan sifat anti-inflamasi sangat efektif menjaga jantung dan arteri dari kerusakan dan infeksi. Begitu juga dengan khasiat kayu manis sebagaimana paparan diatas bahwa kayu manis bermanfaat dalam melawan kolesterol buruk. Adapun ramuan-ramuan dalam penyembuhan atau pencegahan penyakit jantung yang teruraikan dalam buku 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya (2013:153) yang resepnya adalah 13 gram daun dewa, bubuk halus 3 gram kayu manis cina, lalu seduh dengan secangkir panas. Minum selagi hangat, dan lakukan satu kali sehari.

12. Manfaat Kayu Manis Untuk Mencegah Kanker
Khasiat dan manfaat kayu manis lagi-lagi sangat ekstrim, selain bermanfaat untuk diabetes, diet, asam urat, asam lambung, jantung, kini manfaat ekstrim yang dimaksud adalah dapat mencegah penyakit kanker dimana penelitian University of Texas, bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker dan mengurangi peningkatan sel-sel kanker dalam tubuh bilamana dikonsumsi secara teratur. 

13. Manfaat Kayu Manis Untuk Mengurangi Risiko Kanker Usus
Kandungan serat, kalsium dan mangan mineral bermanfaat dalam meningkatkan fungsi usus besar yang mampu mengurangi risiko kanker usus dan diare serta sembelit.


14. Manfaat Kayu Manis Untuk Mencegah Penuaan Dini
Kayu manis yang mampu meningkatkan sirkulasi darah tentulah dapat mencegah penuaan dini sehingga wajah atau bentuk tubuh kita atau kulit kita terasa kencang dan lebih muda, hal ini karena senyawa caumarin yang memiliki sifat pengencer darah.

15. Manfaat Kayu Manis Untuk Obat Tuberkulosis (TBC)
TBC merupakan penyakit yang banyak dialami oleh lansia dan juga anak muda yang menggunakan produk-prduk yang dapat mengakibatkan TBC seperti rokok dll. Mengapa manfaat kayu manis dapat menembuhkan TBC itu karena menarik dalam buku Sehat & Cantik Alami Berkat Khasiat Bumbu Dapur (2010:98) yang telah menguraikan dan menyajikan resep dalam membuat obat tuberkulosis dengan ramuan-ramuan yang begitu beragam, namun untuk masalah penyembuhan penyakit tuberkulosis (TBC) tentu bukanlah masalah yang besar apalagi bahan yang mudah dan murah.

Bahan dan caranya adalah menyiapkan 3 lembar daun sirih, 7 biji kapulaga, 1 ibu jari manis, 7 biji kemukus, dan 7 biji cengkih. Cara membuatnya adalah rebus semua ke dalam 4 gelas air hingga menyisahkan 2 gelas air. Dinginkan, saring dan minum 3 kali 1/4 gelas dalam setiap harinya.

16. Manfaat Kayu Manis Untuk Obat Rematik 
Menurut Rismunandan dan Paimin dalam studinya menyatakan bahwa bagian kulit batang, daun, dan akar kayu manis dapat bermanfaat sebagai obat antirematik, istomachica (meningkatkan nafsu makan), peluruh kentut (karminatif), menghilangkan sakit (analgesik), dan peluruh keringat (diaphoretik).
 
17. Manfaat Kayu Manis Untuk Obat Jerawat 
Ternyata kayu manis dapat digunakan sebagai resep kecantikan wajah anda yang mampu mengobati jerawat,. Manfaat kayu manis untuk jerawat sangat mudah didapatkan yaitu menyediakan batang kayu secukupnya dan madu secukupnya. Cara membuat manfaat kayu manis untuk wajah jerawat adalah haluskan batang kayu manis hingga menjadi bubuk, campur dengan madu lalu oleskan campuran tersebut ke wajah yang berjerawat pada waktu malam hari. Hingga keesokan harinya wajah dapat dibersihkan.  
24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan

18. Manfaat Kayu Manis dan Campuran Jeruk 
Kayu manis dan campuran jeruk atau lemon, jadi apakah ini atau bermanfaatkah ramuan ini ?.. Aroma dan kekhasan rasa dari kayu manis, dapat dimanfaatkan untuk dicampurkan dengan jus jeruk, atau lemon yang kaya akan vitamin C. Jadi, akan membuat segelas toddy (minuman keras berbumbu) panas yang nikmat, tambahkan sebatang kayu manis ke dalam segelas jus jeruk segar.

19. Manfaat Kayu Manis dan Campuran Madu
Kayu manis dan campuran madu sangat nikmat dengan dituangkan air panas dan madu sebagai pemanis, sungguh bermanfaat dan berkhasiat dalam melawan infeksi dan dinginnya musim dingin.

20. Manfaat Kayu Manis Untuk Mencegah, Mengobati dan Membersihkan Gigi
Penelitian Amal Munirah bahwa ekstrak kayu manis bermanfaat menghambat pertumbuhan jamur Candida Albicans pada rongga mulut sehingga jika disimpulkan penelitian Amal Munirah, tentu manfaat ada pada rongga mulut dan tentu saja menjaga mulut dari jamur yang pada intinya mencegah kerusakan gigi. 

Kembali Ke Kandungan Kayu Manis Dalam Minyak Asiri

Berdasarkan hasil penelitian bahwa kandungan minyak C. burmanii, C. Zeylanicum, dan C. cassia masing- masing sebesar 1,75%; 2%. Minyak kayu manis diambil dari bagian kulitnya yang terdapat pada baang, dahan, dan ranting. Selain kulitnya, daun kayu manis dsuling menjadi minyak daun kayu manis atau yang biasa dikenal dengan cinnamon leaf oil. Hasil dari penyulingan jenis C.cassiavera dibagian kulit batang, kulit dahan, daun dan kulit ranting memberikan kadar berturut-turut 3,45%, 2,38%, 0,12% dan 1,95%.

Kandungan minyak daun C. zeylanicum mengandung eugenol sebagai komponen utamanya sebanyak 80-90%. Sementara itu, kandungan utama minyak daun C. burmanii dan C. cassia sama dengan kandungan minyak yang disuling dari kulitnya seperti sinnaldehida dengan kandungan minyak 80% dan sineol hanya terdapat dibagian daunnya.

Baca Juga:

24 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh Anda dan Lihat Cara Pembuatan Yang Begitu Mudah dan Cepat
BAHAYA, Kacang Tanah Dapat Mengakibatkan Mual, Muntah dan Kanker Hati Hingga Kanker Payudara
12 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami 
Manfaat dan Khasiat Stroberi Menurunkan Risiko Penyakit Jantung, Benarkah ?.. Check This Out 
32 Manfaat Anggur Untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh 
Manfaat Strawberry Untuk Tubuh Anda, Sesuai Kandungannya 
Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengobati Beragam Penyakit


Demikianlah informasi mengenai 24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan

Referensi: 24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan
  • Airey, Raje. 50 Rahasia Alami Meringankan Gejala Batuk-Pilek
  • Hussein, Muhammad Adam. Pengobatan Ruqyah dengan Terapi Kayu  Manis. Sukabumi: Adamssein media, 2015. 
  • Wijayakusuma, Hembing H.M. Atasi Asam Urat & Rematik ala Hembing. Jakarta: Puspa Swara, 2006. 
  • Suwarto, dkk. Top 15 Tanaman Perkebunan. Jakarta: Penebar Swadaya, 2014. 
  • Utami, Prapti dan Puspaningtyas, Ervira Desty. The Miracle of Herbs. Jakarta: Agromedia Pustaka, 2013. 
  • Puspaningtyas, Desty Ervira dan Prasetyningrum, Yunita Indah. Infused water berkhasiat. Jakarta: FMedia, 2014. 
  • Soraya, Noni. Infused Water: Minuman Alami Bervitamin & Super Sehat.
  • Yuliani, Sri dan Satuhu, Suyanti. Panduan Lengkap Minyak Asiri. Jakarta: Penebar Swadaya, 2012. 

.
Blog, Updated at: 11.35