Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengobati Beragam Penyakit

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Manfaat Buah Mengkudu - Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) merupakan buah dengan bau tidak sedap tetapi manfaat & khasiat bagi kesehatan dan penyembuhan penyakit. Buah yang dapat dijadikan masker, jus dan sekaligus bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan serta penyembuhan penyakit seperti asam urat, asam lambung, obat amandel, untuk ibu hamil, cacar air, untuk rambut, dan wajah, obat ginjal, untuk gondok, batu ginjal, hipertensi, halau tikus, hepatitis, hiv, ibu menyusui, jantung, jerawat, kolesterol, obat maag, ketombe, diabetes, penghanvur batu empedu, menghitamkan rambut, untuk rambut rontok, obat kanker, untuk tbc, dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat buah mengkudu

Buah mengkudu atau dalam bahasa latin Morinda citrifolia, sedangkan untuk penamaan buah mengkudu yang sudah sangat basi ditelinga masyarakat Indonesia karena seringnya memanfaatkan buah mengkudu tersebut dalam pengobatan penyakit seperti di Aceh (keumeudee);Jawa (kudu, pace, kemudu); Bali (tibah), Sunda (Cangkudu); Madura (Kodhuk). Sedangkan untuk penamaan buah mengkudu di luar Indonesia yang asal dari buah mengkudu adalah didaerah Asia tenggara yang tergolong ke dalam famili Rubiaceae seperti Tahiti (nono), Hawaii (noni), Hindi (ach), Hawaii (noni), Myammar (ungcoikan).

Tanaman yang kaya manfaat dan khsiat yaitu buah mengkudu terdapat atau tumbuh pada dataran rendah sekitar 1500 m. Tinggi pohon sekitar 3-8 m, bunga bongkol warna putih. Buahnya majemuk yang saat masih muda berwarna hijau mengkilat dan memiliki bintik-bintik, tapi saat tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Kegunaan Buah Mengkudu - Buah mengkudu dalam mengungkap manfaat dan khasiatnya yang terkandung didalamnya, sebenarnya sebelum diketahui kandungan, hanya masih bersifat kepercayaan, buah mengkudu sudah digunakan secara tradisional oleh masyarakat Aceh sebagai buah sayur dan rujak. Tidak hanya manfaat buah mengkudu, juga terdapat manfaat daun buah mengkudu yang sering digunakan sebagai bahan nicah peugaga yang biasa dihidangkan saat buka puasa. Oleh karena itu, pada pedesaan Aceh, sering terdapat didekat rumah buah mengkudu dan juga dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan dalam menyembuhkan berbagai penyakit secara alami.

Asal Usul Buah Mengkudu - Asal usul buah mengkudu yang kegunaannya bermanfaat bagi seluruh bagian penting manusia, tak terlepas dari penyebarannya dari keberadaan bangsa Polinesia yang menetap di Kepulauan Samudra Pasifik yang berasal dari Asia Tenggara di tahun 100 SM, yang terkenal sebagai bangsa berani mengembara. Dalam pengembaraan tersebut, tak lepas membawa bekal termasuk mengkudu.

Sejak 1500 tahun lalu penduduk yang kini disebut Hawai itu mengenal mengkudu dengan sebutan noni yang memiliki banya manfaat dan dipandang oleh orang hawai sebagai hawaii magic plant, karena buah yang masih bersifat kepercayaan bermanfaat menangkal dan mengobati macam penyakit.


Kandungan Buah Mengkudu 
Nilai komposisi kimia dan nutrisi herbal mengkudu pada bagian yang dapat dimakan dalam 100 g yaitu:
  • Air: 89,10%
  • Protein: 2,90%
  • Lemak: 0,60% 
  • Karbohidrat: 2,20%
  • Serat: 3%
  • Abu: 1,20%
  • Lain-lain: 1%. 
Kandungan Nutrisi Buah Mengkudu - Beranjak dari kandungan nutrisi buah mengkudu yang tak lagi dipercaya atau diyakini bahwa buah mengkudu memiliki manfaat atau khasiat, tetapi benar-benar bahwa mengkudu bermanfaat dan berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit. Kandungan nutrisi dalam 100 g buah mengkudu adalah sebagai berikut..
  • Kalori: 167 kal 
  • Vitamin A: 395,83 (IU)
  • Vitamin C: 175 mg 
  • Niasin: 2,50 mg 
  • Tiamin: 0,70 mg 
  • Riboflavin: 0,33 mg 
  • Besi: 9,17 mg
  • Kalium: 1,12 mg 
  • Karbohidrat: 51,67,40 g 
  • Natrium: 335 mg 
  • Protein: 0,75 g 
  • Lemak: 1,50 g 
Dr. Ralp Heinecke, peneliti herbal yang menyimpulkan bahwa jus dari buah mengkudu mengandung enzim prokseronase dan alkaloid prokseronin. Jika kita meminumnya maka bermanfaat dan berkhasiat dalam memulihkan pencernaan ketika prokseronin di dalam usus besar akan membentuk zat aktif yang disebut dengan xeronin. 


Tidak hanya itu, xeronin dapat mengubah lemak menjadi protein dan energi yang membantu dalm menstabilkan bentuk tubuh. 

Buah mengkudu juga mengandung senyawa yang memiliki manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit, seperti asam kapril, morindin, metil asetil, morinda diol, damnacanthal, dan morindin. Uji praklinis Direktorat Teknologi Farmasi dan Medika BPPT menunjukkan bahwa pada tikus yang diberi dua sendok sari buah mengkudu perhari akan mengalami penurunan tekanan darah, gula darah dan kolesterol. 

Manfaat dan Khasiat Kesehatan Herbal Mengkudu 

Berikut beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu dalam menyehatkan dan mengobati berbagai macam penyakit yang tentu saja sebagai bahan herbal anda. Manfaat dan khasiat buah mengkudu adalah sebagai berikut.. 

1. Manfaat Buah Mengkudu: Batuk 

Cara memanfaatkan buah mengkudu dalam mengobati penyakit batuk adalah dengan menggunakan buah mengkudu yang telah masak, cuci, kupas dan buang biji-bijinya. Selanjutnya, iris-iris dan makan langsung bersama garam. Bisa menggunakan buah mengkudu yang masih mentah, dibuat seperti rujak pedas, dan langsung dimakan. 

2. Manfaat Buah Mengkudu: Hepatitis

Siapkan duah buah mengkudu masak, lantas parut dan peras. Tambahkan gula batu secukupnya. Minum dua kali sehari. 

3. Manfaat Buah Mengkudu:  Melancarkan Air Seni

Ambil dua buah mengkudu masak, cuci, lalu parut. Tambahkan satu sendok makan garam, peras dengan kain. Air perasaan diminum tiga kali sehari. 

4. Manfaat Buah Mengkudu:  Hipertensi

Cara memanfaatkan buah mengkudu untuk mengobati hipertensi yaitu dengan menyediakan satu buah mengkudu matang dan satu sendok makan madu. Cuci buah mengkudu, hancurkan, peras, dan ambil airnya. Campurkan dengan madu dan aduk sampai rata. Minum tiga kali sehari. 

5. Manfaat Buah Mengkudu:  Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Herbal sari atau jus buah mengkudu mampu meningkatkan Daya Tahan Tubuh, seperti: Merangsang sel T dalam sistem kekebalan tubuh (sel T berperan penting dalam melawan penyakit terutama makrofaset dan limfoset dari sel darah putih: menjukkan efek anti bakteri: mempunyai efek anti rasa sakit atau nyeri (analgesik). 

6. Manfaat Buah Mengkudu:  Menghambat Pertumbuhan Sel Pra Kanker 


Mengapa bisa ?.. karena buah mengkudu dapat menormalkan fungsi-fungsi sel-sel yng abnormal seperti halnya dapat menghambat pertumbuhan tumor. 

7. Manfaat Buah Mengkudu:  Menghambat Pertumbuhan Tumor 

8. Manfaat Buah Mengkudu: Menormalkan Tekanan Darah

Buah mengkudu dapat bermanfaat dalam hal ini karena mengandung sejenis fitonutrien, yaitu scopoletin yang berfungsi dalam memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Dengan demikian jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah sehingga tekanan darah menjadi normal. 

9. Manfaat Buah Mengkudu: Menghilangkan Rasa Sakit

Herbal jus atau sari mengkudu memiliki zat analgesik yang dapat menghilangkan rasa sakit

10. Manfaat Buah Mengkudu: Anti Alergi dan Anti Peradangan 

Herbal sari mengkudu sebagai senyawa scopoletin (hidroksi-metoksi-kumarin) yang sangat efektif dalam zat anti peradangan dan anti alerg.

11. Manfaat Buah Mengkudu: Meredakan Nyeri Haid atau Gejala PMS

Kandungan dalam buah mengkudu bermanfaat dalam meredakan sakit yang dapat meminimalisir perubahan hormon sehingga sindrom menstruasi dapat diatasi, seperti mengurangi rasa sensitif, dan mood saat menstruasi. 

12. Manfaat Buah Mengkudu: Mengatasi Kulit Bersisik

Cara yang dapat ditemput dengan melebutkan kulit dan mengaluskannya dengan menggunakan buah mengkudu adalah dengan menggosokkan pada kulit secara merata selama 10 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat. 

13. Manfaat Buah Mengkudu: Menyehatkan Tulang

Berfungsi mencegah penyakit, dan buahnya memiliki kandungan metil asetil, morindone, dan asam kapril yang meningkatkan kekuatan tulang dalam tubuh dan lakukanlah secara teratur untuk mencegah pengeroposan pada tulang. 

14. Manfaat Buah Mengkudu: Menghilangkan Sakit Kuning

Cara mengobati hal ini dengan beberapa cara dalam mengobatinya dengan menggunakan manfaat dan khasiat buah mengkudu dengan cara pembuatan adalah dengan menyiapkan dua buah pace yang telah masak dan mengeluarkan baunya. Lalu buah mengkudu haluskan, dan peras serta masukkan madu dalam perasaan tersebut. Aduk hingga rata dan minum sebanyka tiga kali sehari. 

15. Manfaat Buah Mengkudu: Mengobati Bronkitis

Bronkitis dapat diobati dan bila ingin memanfaatkan buah mengkudu , karena memiliki kandungan zat anti bakteri yang terdapat dalam paru-paru. Konsumsi secara teratur untuk menghilangkan bakteri yang terdapat dalam paru-paru. 

16. Manfaat Buah Mengkudu: Mengobati Sakit Gigi

Zat antibakteri dari buah mengkudu membawa manfaat yang luar biasa karena dapat menyembuhkan sakit pada gigi hingga dapat meredakannya. 

17. Manfaat Buah Mengkudu: Basmi Ketombe

Cara memanfaatkan buah mengkudu dalam membasmi ketombe atau menghilangkan ketombe sehingga rambut menjadi lebih sehat dan bersih. Cara mengatasinya adalah dengan menghancurkan 1-2 buah mengkudu hingga menjadi bubur, jika kurang encer dapat ditambahkan sedikit air dan digosokkan ke kulit kepala sambil di pijat lembut. Diamkan kurang lebih 1 jam kemudian bilas  hingga bersih. Lakukan selama 2 kali sampai ketombe benar-benar hilang.

18. Manfaat Buah Mengkudu: Menurunkan Kadar Kolesterol

Cara memanfaatkan buah mengkudu sebagai obat kolesterol adalah dengan menyiapkan 30 gram lidah buaya dan 3 buah mengkudu yang sudah matang, dimana cara membuat obat kolesterol dengan buah mengkudu adalah dengan lidah buaya dikupas dan dibuat jus buah mengkudu dan dicampurkan secara merata lalu diminum.

19. Manfaat Buah Mengkudu: Mengatifkan Sel, Sehat dan Memperbaiki Struktur Serta Fungsinya

Di awal abad ke-20 Dr. Paul Heinike menyatakan bahwa mengkudu mengandung proxeronase dan alkaloid proxeronin didalam tubuh. Xeronine dalam aliran darah memiliki ke mampuan membuat sel lebih aktif, sehat serta memperbaiki struktur dan fungsinya.

20. Manfaat Buah Mengkudu: Mengobati Sakit Perut

Pemanfaatannya adalah sediakan 2-3 daun mengkudu yang ditumbuk halus, diberi garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, disaring dan diminum.

21. Manfaat Buah Mengkudu: Obat Demam

Demam karena masuk angin dan influenza dapat anda manfaatkan buah mengkudu yang dilakukan dengan cara, menyiapkan 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur, merebus 2 gelas air mendidih, hingga tinggal 1 gelas, saring. Minum selama 2 kali 1 sehari pagi dan sore. 

Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu Sebagai Obat adalah Sebagai Berikut....

22. Luka pada usus halus
23. Muntah-Muntah
24. Diabetes. Sakit Pinggul
25. Kencing Batu
25. Hormon Tiroid
26. Mencegah Penuaan
27. Kekurangan Tenaga
28. Sakit Kepala
29. Sariawan
30. Gusi Berdarah
31. Selulit
32. Kurap
33. Cacing Kulit
34. Kudis
35. Sindrom pra-menstruasi
36. Penebalan Otot Jantung
37. Meningkatnya Mobilitas Transportasi Oksigen Dalam Sel
38. TBC
39. Perut Kembung.
40. Kolera
41. Sinusitis
42. Asma
43. Borok

Selain buahnya, masih banyak bagian lain dari mengkudu yang dapat dimanfaatkan. 

1. Akar - Akar mengkudu yang memiliki kandungan yang bermanfaat dan berkhasiat yaitu senyawa morindan dan senyawa antrakinon lainnya. Senyawa tersebut bermanfaat dan berkhasiat sebagai pewarna alami terutama dalam industri batik dan serat. Di samping itu, akar mengkudu bermanfaat dalam obat penluruh air seni dan pencahar. 

2. Daun - Daun yang digunakan sebagai obat perut (seperti mulas, kolik dan pencahar), antidiabetes, antihipertensi dan menyehatkan badan setelah melahirkan. 

3. Kulit Batang - Bermanfaat dan berkhasiat untuk mengobati malaria, disentri, eksin dan luka. 

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengobati Beragam Penyakit, semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih.

Referensi: 
  • Andini. 2009. 199 Tips Cantik MUdah dan Murah dari Rumah. Yogyakarta: MedPress
  • Herliana, Ersi. 2013. Penyakit Asam Urat Kandas Berkat Herbal. Jakarta Selatan: FMedia
  • Hermawati, Risa dan Dewi. 2014. Berkat Herbal Penyakit Jantung Koroner Kandas. Jakarta Selatan: Fmedia. 
  • Agus Kardinan dan Agus Ruhnayat. Budidaya Tanaman Obat Secara Organik. 
  • Hatta, Muhammad. 2016. Mukjizat Herbal Dalam Al-Qur'an, Jakarta Timur: Mirqat. 
  • Thomas A.N.S. 1989. Tanaman Obat Tradisional. Yogyakarta: Kanisius
  • Sabriah, Asiyah. Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Dalam Sekejab. 
  • Hieronymus Budi Santoso. 2008.Ragam & Khasiat Tanaman Obat: Sehat Alami dari Halaman Asri. Jakarta Selatan: PT. Agromedia Pustaka. 
  • Khomsan, Ali. 2009. Rahasia Sehat dengan Makanan Berkhasiat. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara

.
Blog, Updated at: 11.35