20 Obat Ambeien/Wasir Tradisional, Obati Ambeien Dengan Cara Alami

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
20 Obat Ambeien/Wasir|Ambeien/Wasir hadir bukan tanpa sebab, namun ambeien/wasir terjadi karena beberapa faktor yang membuat kita berfikir untuk mencari obat ambeien/wasir. Salah satu yang menyebabkan ambeien/wasir terjadi karena kandungan-kandungan buruk yang ada dalam makanan instan, banyaknya aktivitas kerja dalam ruangan yang membuat kita jarang bergerak, dan kurangnya olahraga diduga menjadi pemicu munculnya beragam jenis penyakit. Seperti Wasir/Ambeien dan lain-lain.

Ketika penyakit datang, kita berlomba-lomba untuk berobat dan mencari obat-obatan dalam penyembuhan penyakit anda. Di tengah semakin meningkatnya biaya pengobatan medis, ada tawaran pengobatan yang lebih murah dan mudah, yaitu pengobatan tradisional warisan leluhur yang dikenal dengan pengobatan herbal. Maka dari itu, informasi kali ini berkenaan dengan obat herbal dalam cara mengobatan ambeien/wasir. 

Secara anatomi, wasir/ambeien bukanlah suatu penyakit, melainkan karena suatu perubahan pada bantalan pembuluh-pembuluh darah di anus (dalam bahasa Latin disebut dengan corpus cavernosa recti) yang berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan sekitarnya. Fungsi bantalan tersebut merupakan katup yang membantu otot-otot anus untuk menahan feses. Terdapat tiga pembuluh darah yang ada didaerah anus. Jika terjadi suatu hal yang menyebabkan terjadinya gangguan (bendungan) aliran darah, pembuluh darah di daerah anus yang melebar dan membengkak. Keadaan tersebut disebut wasir/ambeien. 

Wasir/ambeien dapat mengalami peradangan yang menyebabkan terbentuknya bekuan darah (trombus), pendarahan, atau membesar dan menonjolnya wasir ke luar. Wasir yang tetap berada di anus disebut wasir dalam (hemoroid internal) dan wasir yang keluar anus disebut wasir luar (hemoroid eksternal).

20 Obat Ambeien/Wasir Tradisional, Obati Ambeien Dengan Cara Alami

A. Wasir Dalam (Hemoroid Internal) 

Wasir Dalam adalah wasir yang terjadi diatas (didalam). Gejala yang paling sering muncul adalah pendarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar dengan feses yang keras. Wasir dalam dibagi menjadi tinga tingkatan berikut.  
1. Tingkat I (dini): tidak menonjol melalui anus
2. Tingkat II : sudah menonjol dan dapat menonjol melewati anus sesudah penderita buang air besar. 
3. Tingkat III: menonjol secara menetap. 
Pada derajat I dan II, Wasir dalam masih dapat hilang secara spontan tanpa operasi.

B.  Wasir Luar (Hemoroid Eksternal)

Wasir Luar adalah varises dibawah otot dan biasanya dengan kulit. Gejala wasir luar yang sering terjadi adalah adanya benjolan di anus, yang terkadang berdarah, buang air besar camppur dararh, terasa perih, nyeri atau panas. Hati-hati jika terjadi pendarahan yang cukup banyak sebab dapat menyebabkan anemia (kurang darah). 

Wasir Luar dibagi dalan dua jenis yaitu sebagai berikut...
1. Wasir Luar Akut: berupa bengkak bulat kebiruan di pinggir anus. Sering terasa sangat sakit dan gatal 
2. Wasir Luar Kronis: Wasir Luar Kronis terjadi sejak lama. 

C. Gejala Umum Ambeien

Wasir sering kali ditandai dengan rasa sakit di pembuluh darah dan sekitar anus, demikian yang diungkap oleh US National Digestive Diseases Information Cearinghouse (NDDIC). Wasir dapat mengeluarkan darah, terutaam setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah di handuk atau tisu kamar mandi. Darah dapat membuat air di kakus menjadi merah. Namun, jumlah darah biasanya sedikit dan wasir jarang menyebabkan seseorang kehilangan darah yang berat atau anemia. 

Wasir dapat menonjol ke luar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan peprlahan-lahan atau dapat masuk dengan sendirjnya. Wasir dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuk bekuan darah. Kadang wasir dapat mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Namun, bukan berarti gagal di daerah anus (pruritus ani) berarti gejala wasir. Rasa gatal dapat terjadi karena seseorang sulit menjaga kebersihan di daerah teraya nyeri tersebut.

D. Faktor Resiko/Penyebab Ambeien

Wasir dapat diakibatkan oleh hal-hal berikut... 
  • Terlalu banyak atau terlalu lama duduk (lebih dari dua jam)
  • Diare menahun
  • Kehamilan akibat perubahan hormon
  • Keturunan penderita wasir
  • Hubungan seks yang tidak lazim 
  • Penyakit membuat penderita mengejan
  • Kurang olahraga 
  • Kurang mengonsumsi serat 
  • Sembelit/konstipasi/obstipasi menahun 
  • Sering menunda buang air besar sehingga kotoran mengeras
  • Kurangnya konsumsi air putih dan sayuran 
  • Penekanan kembali aliran darah vena 
  • Mengejan terlalu kuat

 E. Deteksi Dini Ambeien/Wasir

 20 Obat Ambeien/Wasir Tradisional, Obati Ambeien Enggak Harus Mahal..
 20 Obat Ambeien/Wasir Tradisional, Obat Ambeien Enggak Harus Mahal..
Deteksi dini penyakit wasir sangat mudah. Kita cukup dengan mengamati gejalanya. Gejala utama wasir adalah terjadi pendarahan dan adanya benjolan di anus. Gejala tambahannya adalah sakit di daerah anus dan terasa mengganjal, keluar cairan dari anus, dan gatal di sekitar anus. Jika mengalami gejala-gejala tersebut untuk segerah mungkin memeriksakan ke dokter dalam memastikan apakah itu gejala wasir, tumor atau polip yang mirip dengan gejala wasir. 

Kategori-Kategori Wasir Sesuai Stadium

a. Stadium 1. Pada stadium pertama, wasir tidak terlalu dirasakan dan tidak banyak mengganggu aktivitas seseorang. Ciri-ciri orang yang menderita wasir stadium pertama adalah adanya rasa panas, gatal dan susah buang air besar.
 20 Obat Ambeien/Wasir Tradisional, Obati Ambeien Enggak Harus Mahal..

b. Stadium 2. Pada stadium kedua dapat diketahui dengan ciri-ciri yang terasa sakit dan terjadi pendarahan ketika buang air besar. Terkadang wasir akan menampakkan benjolan dan ketika seseorang sedang buang air besar yang disertai dengan darah. Wasir yang keluar dalam bentuk daging kecil dapat masuk kembali.
 20 Obat Ambeien/Wasir Tradisional, Obati Ambeien Enggak Harus Mahal..
c. Stadium 3. Pada stadium ketiga, mula terjadi pendarahan yang mana keluar benjolan dan disertai rasa sakit dan benjolan tersebut harus didorong untuk memasukkannya. Benjolan dari wasir/ambeien mulai menggangu aktifitas dan terus membandul karena sering kali keluar walaupun bentuk wasir masih terlihat sebesar jari kelingking.
 20 Obat Ambeien/Wasir Tradisional, Obati Ambeien Enggak Harus Mahal..
d. Stadium 4. Stadium keempat, wasir terus keluar walaupun sudah didorong dan bentuk sudah jelas, dan sedemikian besarnya hingga membentuk lingkaran di sekitar lubang anus. Kadang-kadang wasir dapat menyebabkan kesulitan kencing, yang disebabkan oleh terjadinya penekanan wasir internal di saluran kencing.
 20 Obat Ambeien/Wasir Tradisional, Obati Ambeien Enggak Harus Mahal..

Pengobatan Ambeien/Wasir 

Terdapat beberapa cara mengobati ambeien/wasir, mulai dari menggunakan obat-obatan, suntikan hingga sampai operasi. Sebagai upaya pengobatan terakhir, dokter umumnya melakukan bedah pisau (konvensional, terutama untuk wasir pada stadium 4). 

Umumnya, ambeien/wasir diobati dengan obat-obatan pada stadium 1 dan 2. Namun jika terjadi pendarahan dan lantas obat-obatan tersebut tidak mempan maka dilakukan tindakan menghentikan pendarahan dengan menyuntik, mengikat, membakar, atau membekukan wasir/ambeien. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya anda mengetahui lebih cepat, sudah stadium mana ambeien/wasir anda agar tidak berujung pada operasi dan pengobatan ambeien/wasir tidak terlalu mahal dan murah yaitu dengan menggunakan pengobatan herbal, tanaman tradisional yang sudah banyak mengatasi masalah ambeien/wasir, yang dapat anda lihat dibawah ini...

20 Obat Ambeien/Wasir Tradisional, Obati Ambeien Dengan Cara Alami

Obat ambeien/wasir secara tradisional dengan tanaman-tanaman herbal yang bersumber dari buku-buku herbal yang dapat anda lihat dibawah ini...

1. Obat Ambeien/Wasir Dengan Akar Jeruk Nipis
Akar Jeruk Nipis bermanfaat dalam mengobati ambeien/wasir dengan cara pengobatan yakni dengan menggunakan akar jeruk nipis sebanyak 1/2 genggam dan air 6 gelas. Caranya dengan mencuci akar jeruk nipis sampai bersih dan direbus dengan 6 gelas api kecil hingga tersisa 3 gelas. Setelah dingin, airnya diminum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

2. Obat Ambeien/Wasir Dengan Daun Komfrey Segar
Cara mengobati ambeien/wasir dengan daun komfrey segar sangatlah mudah. Cukup menyiapkan bahan daun komfrey 4 lembar, garam secukupnya dan air 4 gelas. Cara membuat obat herbal ambeien/wasir ini adalah  lemaskan daun komfrey dengan garam, lalu dicuci. Makan 2 kali sehari sebagai lalapan. Cara kedua mengobati ambeien adalah dengan membuatnya jus daun komfrey yang sarinya diminum sebanyak 2 kali sehari. Sedangkan cara ketiga dengan merebus daun konmfrey dalam 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas, kemudian airnya diminum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

3. Obat Ambeien/Wasir Dengan Biji Buah Makasar. Cara membuat obat ambeien herbal dengan biji buah makasar adalah dengan menggunakan 7 buah biji makasar sebagai pengobatan ambeiein/wasir yang digiling hingga halus, lalu di masukkan ke dalam kapsul dan diminum sekaligus sesudah makan. Obat ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil.  

4. Obat Ambeien/Wasir Dengan Bayam Duri Segar
Bayam Duri Segar sebenarnya sudah sangat terkenal dalam mengobati ambeien/wasir dan sering digunakan. Cara mengobati ambeien/wasir adalah dengan mencuci bersih bayam sebanyak 1 tanaman, lalu direbus dengna air secukupnya. Bagian yang sakit diuapi dan dicuci dengan air rebusan.

5. Obat Ambeien/Wasir Dengan Daun Iler Segar
Cara membuat obat herbal ambeien/wasir dengan menggunakan daun iler segar sebanyak 25 gram, gula merah 5 gram, dan air 2 gelas. Daun iler dicuci hingga bersih, kemudian direbus dalam 2 gelas air hingga 15 menit. Berilah gula merah lalu aduk hingga rata. Setelah dingin, airnya kemudian disaring dan minum sekaligus.

6. Obat Ambeien/Wasir Dengan Daun Kembang Bugang
Cara pembuatannya sangatlah mudah, cukup dengan menggunakan 9 lembar daun kembang bugang, madu secukupnya dan air 3 gelas. Daun kembang bugang dicuci hingga bersih, kemudian dipotong-potong. Rebus otongan daun dalam 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum dengan madu.

7. Obat Ambeien/Wasir Dengan Wungu Segar
Cara membuat obat ambeien/wasir adalah sediakan daun wungu segar sebanyak 10 gram dan air dua gelas. Cuci bersih daun wungu dan rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Air rebusan tersebut disaring dan diminum hingga sembuh.

8. Obat Ambeien/Wasir Dengan Daun Keji Beling Segar
Dengan menyediakan daun keji beli segar sebanyak 20-50 gram dan air sebanyak 6 gelas. Dauan keji beling direbus ke dalam 6 gelas air hingga tersisa sebanyak 3 gelas. Setelah air hasil rebusan dingin, kemudian disaring dan diminum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

9. Obat Ambeien/Wasir Dengan Daun Wungu Segar dan Daun Sendok Segar. 
 Cara membuat ramuan herbal ini adalah menyediakan daun wungu segar sebanyak 10 gram, daun sendok segar sebanyak 15 gram, air sebanyak 3 gelas. Cara pembuatan obat ini adalah dnegan mencuci seluruh bahan hingga bersih, lalu direbus ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah hasil rebusan dingin, kemudian  di saring dan diminum hingga siang hari.

10. Obat Ambeien/Wasir Dengan Daun Wungu, Pegagan Segar, Tempuh Wiyang Bawang Merah, Adas, Pulosari, dan Rimpang Kunyit
Cara mengobati ambeien/Wasir dengan membuat ramuan herbal dengan bahan yang lumayan banyak adalah menyediakan daun wungu sebnanyak 14 gram, pegagan segar 13 gram, tempuh wiyang 3 tanaman utuh, bawang merah 3 buah, adas 3 butir, pulosari 1/2 jari, rimpang kunyit 10 gram, dan air 3 gelas yang semua bahan dicuci dan dipotong-potong seperlunya, lalu direbus ke dalam 3 gelasw air bersih hingga tersisa 1 1/2 gelas. Setelah di saring, airnya diminum 2 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

11. Obat Ambeien/Wasir Dengan Lidah Buaya
 Obat ambeien dengan lidah buaya tidak perlu diragukan lagi karena sudah banyak yang membuktikan manfaat lidah buaya atau khasiat lidah buaya dalam penyembuhan ambeien/wasir yang cara membuat obat ambeien/wasir dengan lidah buaya ada banyak, pertama adalah dengan menyediakan 1/2 batang daun lidah buaya yang durinya dibuang, lalu batang daun lidah buaya dicuci dan diparut. Beri setengah gelas air panas, kemudian peras. Tambahkan 2 sendok makan madu dalam keadaan hangat,minum 3 kali sehari.

Cara mengobati ambeien/wasir dengan lidah buaya yang kedua adalah dengan menggunakan daun lidah buaya yang bagian kulit berwarna hijau dibuang. Bagian bening dan berlendir dipotong-potong. Untuk menghilangkan lendirnya, potongan daging daun sebanyak kurang lebih 1/2 gelas disiram air panas, kemudian ditiriskan. Saat akan dimakan, ke dalam gelas tambahkan air matang sampai menjadi 3/4 gelas.Di minum sehari sekali sampai sembuh.

Sedangkan cara yang ketiga dalam mengobati ambeien/wasir dengan terapis oles, cukup dengan membuat jus lidah buaya, dan tambahkan norit dan bubuk gambir secukupnya dan oleskan pada ambeien.

11. Obat Ambeien/Wasir Dengan Lempuyang Wangi
Cara mengobati ambeien/wasir dengan ramuan herbal adalah cukup dengan menyediakan lempuyang wangi sebanyak 3/4 jari, air bersih 2 gelas dan garam secukupnya. Cara meramu obat ambeien ini adalah mencuci bersih lempuyang wangi setelah itu diparut. Tambahkan air bersih dan sedikit garam, lalu diperas dan disaring. Minum ramuan herbal obat ambeien/wasir dengan lempuyang wangi sebanyak 2 kali sehari, masing-masing 1 sendok makan.

12. Obat Ambeien/Wasir Dengan Daun Patikan Cina, Akar Simaruba, Daun Sembung, Kelembak
Cara membuat ramuan obat herbal ambeien/wasir dengan menyediakan daun patikan cina 20 gram, akar simaruba 20 gram, daun sembung 15 gram, kelembak 10 gram, air bersih 2 gelas. Cara meramu cukup dengan merebus semua bahan dengan 2 gelas air hingga tersisa 1/2nya dan minum air rebusan 3 kali sehari.

13. Obat Ambeien/Wasir Dengan Daun Ungu Segar.
Cara mengobatinya, cukup dengan menyediakan daun ungu segar sebanyak 10 gram, dan 2 gelas air. Daun ungu dicuci bersih dan direbus daun ungu dengan 2 gelas air, hingga tersisa 1 gelas, lalu disaring.

14. Obat Ambeien/Wasir Dengan Akar Repuh, Kulit Batang Randu, Kulit Kayu Kesambi, Kulit Kayu Penarahan, Bubuk Lada, dan Tuak. 
Cara membuat ramuan herbal ini adalah dengan menumbuk halus seluruh bahan (kecuali tuak), lalu tambahkan tuak dan aduk hingga rata. Balurkan ramuan tersebut ke bagian ambeien yang sakit sebanyak 1-2 kali sehari.

15. Obat Ambeien/Wasir Dengan Daun Sembung Muda, Adas, dan Kapur Sirih. 
Cara membuat obat ini cukup dengan menyediakan daun sembung muda sebanyak 20-25 gram, adas 4-5 gram, kapur sirih 2-3 gram, dan air bersi 2-3 gelas. Camurkan seluruh bahan lalu rebus dengan 2-3 gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut sebanyak 2-3 kali sehari.

16. Obat Ambeien/Wasir Dengan Daun Muda Kiasahan
Cara membuat obat ambeien ini dengan menyediakan daun muda kiasahan 2-3 lembar, panaskan daun muda kiasahan dalam sekam. Setelah itu tempelkan ramuan dalam keadaan hangat pada bagian yang sakit 1-2 kali sehari masing-masing 20-30 menit.

Obat Ambeien/Wasir Yang Berdarah Dengan Tanaman Herbal Secara Alami

Terdapat perbedaan dalam cara mengobati ambeien, seperti ambeien berdarah yang memerlukan ramuan herbal khusus dalam pengobatannya. Obat ambeien berdarah dapat anda lihat dibawah ini..

17. Obat Ambeien/Wasir Berdarah Dengan Daun Andong. 
Cara mengobati ambeien/wasir berdarah dengan daun andong sangat lah mudah, cukup meramu daun, bunga atau akar andong yang masing-masing 15-30 gram, 9-15 gram, 6-10 gram yang direbus ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan sekaligus.

18. Obat Ambeien/Wasir Berdarah Dengan Herba Krokot Segar
Cara membuat obat ambeien ini adalah menyediakan herba krokot segar sebanyak 9-13 gram, dan air sebantak 1 gelas. Herba krokot segar dicuci bersih, lalu direbus ke dalam 1 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Setelah dingin, airnya di saring dan diminum sekaligus.

19. Obat Ambeien/Wasir Berdarah Dengan Akar atau Bunga Pagoda kering dan Usus sapi
Cara membuat obat ambeien/wasir berdarah ini cukup dengan menyediakan akar atau bunga pagoda kering sebanyak 60 gram, usus sapi 200 gram, dan 4 air gelas. Cara meramu obat tradisional ini dengan merebus akar atau bunga pagoda dan usus sapi dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari yang masing-masing 1 gelas dan makan usus sampai habis.

Obat Ambeien/Wasir Kronis Dengan Tanaman Tradisional

20. Obat Ambeien/Wasir Kronis Dengan Daun Ungu, Menyan Madu, Tepung Kelembak, dan Kunyit. 
Cara membuat obat ambeien kronis ini cukup dengan menggunakan daun ungu sebanyak 3 lembar, menyan madu sebesar biji jagung 1 biji, tepung kelembak 1 sendok teh, dan kunyit sebesar telur ayam 1 biji. Cara meramu obat herbal ini dengan mengupas kunyit, lalu diiris tipis, rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 geas, lalu disaring. Minum ramuan 4 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas. Lakukan selama 1 bulan secara terus menerus.

Baca Juga:

50 Manfaat Jahe Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda
20 Manfaat Daun Salam Sebagai Pengobatan & Kecantikan
Daun Kelor: 20 Manfaat Daun Kelor Kesehatan & Kecantikan
32 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan & Kecantikan 
20 Obat Asam Lambung Herbal, Obat Tradisional Tanpa Dokter 
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri

16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami 
32 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan & Kecantikan 
Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab, & Pantangan Asam Urat 
 
Demikianlah informasi mengenai  20 Obat Ambeien/Wasir Tradisional, Obati Ambeien Dengan Cara Alami. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi. 

Referensi:  20 Obat Ambeien/Wasir Tradisional, Obati Ambeien Dengan Cara Alami 
  • Suryo, Joko. Herbal Penyembuh Wasir dan Kanker Prostat.
  • Arief hariana, R. Syamsul Hidayat, dan Bambang Mursito. 2015. Kitab Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya. 
  • Redaksi AgroMedia. 2010. 273 Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Aneka Penyakit. Jakarta: AgroMedia
  • Indrajati, Valentina. 2013. Herbal Ahli Atasi Penyakit. Jakarta Timur: Penebar Swadaya
  • Sa'adah, Suamiati. Mengenal Tanaman Yang Berkhasiat Obat. 
  • Hariana, Arief. 812 Resep Untuk Mengobati 236 Penyakit.

.
Blog, Updated at: 07.13