Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Unsur & Tugasnya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Unsur & Tugasnya|Secara Umum, Pengertian Manajemen Pemasaran adalah proses merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan, mengimplementasikan dan controlling (pengawasan) atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan agar tercapainya target atau tujuan perusahaan. Sedangkan secara sederhana, Pengertian manajemen pemasaran adalah berusaha untuk mengidentifikasi apa yang dibutuhkan oleh konsmen dan cara pemenuhannya dapat diwujudkan. 
Untuk dapat mengidentifikasi apa yang dibutuhkan konsumen, maka pebisnis perlu melakukan riset pemasaran, diantaranya berupa survei tentang keinginan konsumen, sehingga pebisnis bisa mendapatkan informasi mengenai apa yang sesungghnya dibutuhkan oleh konsumen. Konsep Pemasaran adalah syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan. 

Informasi mengenai kebutuhan konsumen ini kemudian diteruskan ke bagian produksi untuk dapat diwujudkan. Setelah output produk terwujud, maka manajemen pemasaran kemudian juga melakukan kegiatan dalam proses penyampaian produk kepada konsumen. Untuk kasus bisnis sablon, yang termasuk di dalam kegiatan manajemen pemasaran adalah di antaranya melakukan identifikasi jenis sablon apa yang sedang diminati oleh konsumen, apakah sudah ada pebisnis sablon yang memenuhi minat tersebut, berapa kemampuan daya belinya, bagaimana agar perusahaan kita atau bisnis kita dapat menjawab keinginan dan minat konsumen tersebut, termasuk dalam kegiatan ini adalah proses menjual (selling) akan produk yang sudah dihasilkan tadi. 

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
  • Philip Kotler/Amstrong (2002:14): Pengertian manajemen pemasaran menurut philip kotler bahwa manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi. 
  • Buchari Alma (2004:130): Menurut Buchari Alma bahwa pengertian manajemen pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran ataupun bagian dipemasaran. 
Unsur-Unsur Manajemen Pemasaran 
1. Orientasi Pada Konsumen atau Pembeli
Pada umumnya produsen menghasilkan produk dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Konsumen adalah orientasi utama dalam strategi bisnis. Tentu proses marketing atau penjualan dalam bisnis tentu mengedepankan pihak konsumen dalam konsep pemasaran sebagia perioritas utama. 
2. Perencanaan Kegiatan-Kegiatan Pemasaran Secara Menyeluruh
Dalam kegiatan pemasaran harus disusun secara menyeluruh dari segala keperluan agar mempermudah proses pemalaksanaan dan pengawasan. 
3. Kepuasan Konsumen 
 Hal ini menjadi perhatian utama dalam menyusun strategi pemasaran. Bagusnya manajemen pemasaran ketika menyetujui hasil keputusan para konsumen yang maksimal. Kepuasan konsumen tidak hanya diukur dan dilihat dari kualitas produk yang dihasilkan, tetapi bagaimana cara maupun strategi pemasaran yang dijalankan.

Tugas Manajemen Pemasaran 
  • Mempelajari kebutuhan maupun keinginan dari konsumen
  • Mengembangkan konsep-konsep produk atau barang untuk kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pasar
  • Membuat desain produk dan mengembangkan pembungkusan maupun merk
  • Mengatur distribusi dan memeriksa penjualan
  • Menciptakan komunikasi pemasaran efektif dan efisien
  • Mengatur harga untuk mendapatkan Return on Investment yang layak. 

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai  Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Unsur & Tugasnya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian manajemen pemasaran, fungsi manajemen pemasaran, unsur-unsur manajemen pemasaran, dan tugas-tugas manajemen pemasaran. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

.
Blog, Updated at: 02.47