Pengertian Puasa Ramadhan

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Puasa Ramadhan| Bulan Ramadhan dimana setiap muslim dan muslimah diwajibkan untuk berpuasa satu bulan penuh. Mengenai berpuasa bulan Ramadhan, sudah tahukah anda Apa itu Pengertian Puasa Ramadhan ?...Secara umum, Pengertian Puasa Ramadhan adalah puasa yang wajib dilaksanakan pada bulan Ramadhan oleh setiap umat Islam diseluruh dunia.

Apa sih itu Puasa ?.. Pengertian puasa terbagi atas dua yaitu secara bahasa dan secara istilah. Pengertian puasa menurut bahasa adalah menahan diri dari sesuatu. Sedangkan pengertian puasa menurut istilah adalah menahan diri dari segala perbuatan yang membatalkan puasa seperti makan, minum, muntah dengan sengaja, hubungan suami istri, onani dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. 

1. Hukum Puasa Ramadhan 

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa puasa ramadhan wajib dilakukan bagi setiap umat Muslim didunia dan seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 183 : 

Pengertian Puasa Ramadhan

Artinya : "Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa". 

2. Syarat-Syarat Wajib Mengerjakan Puasa Ramadhan 

  • Beragama islam 
  • Baligh (telah mencapai umur dewasa) 
  • Berakal 
  • Sehat 
  • Tidak musafir
  • Berupaya untuk mengerjakannya

3. Yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa 

Terdapat beberapa orang yang diperbolehkan tidak berpuasa antara lain sebagai berikut
  • Orang keadaannya sedang sakit dan tidak diharapkan kesembuhannya lagi atau orang yang sakit, jika berpuasa malah akan menambah dan memperparah sakitnya. 
  • Orang tua yang sedang lemah
  • Wanita hamil dan sedang menyusui 
Akan tetapi wajib baginya untuk membayar fiqyah atau bahan makanan yang mengenyangkan seseorang dalam sehari, seperti dia yang sedang memakannya, sebanyak hari puasa yang dia tinggalkan. Sedangkan bagi yang sakit, namun dapat diharap kesembuhannya, orang bepergian jauh yang wajib dibayarkan kesembuhannya.

Pengertian Puasa Ramadhan

Artinya : "Maka barang siapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankan (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) : memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih bagik bagimu jika kamu mengetahui".  

4. Yang Dilarang Puasa Ramadhan 

Ada yang diperbolehkan tidak berpuasa, ada juga yang dilarang berpuasa pada bulan ramadhan antara lain sebagai berikut... 
  • Orang kafir (termasuk ahli kitab)
  • Orang yang hilang akal 
  • Wanita yang sedang haid dan nifas

Baca Juga : 

Bacaan Niat Puasa dan Doa Buka Puasa Ramadhan
20 Mukjizat Berpuasa di Bulan Ramadhan Terhadap Kesehatan 
Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa dan Menghilangkan Pahala Puasa
Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
Doa Bacaan Niat Shalat Tarawih dan Shalat Witir
Hukum dan Tata Cara Mencicipi Menu Masakan Buka Puasa Yang Tidak Membatalkan Puasa
Hukum Menyikat Gigi Saat Berpuasa
Manfaat dan Hikmah Puasa Bulan Ramadhan Secara Ilmiah
Pengertian Lailatul Qadar dan Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar 

Demikianlah informasi Pengertian Puasa Ramadhan. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian puasa ramadhan, syarat-syarat wajib mengerjakan puasa ramadhan, yang diperbolehkan tidak berpuasa, yang dilarang puasa ramadhan. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa SHARE yah :) .

.
Blog, Updated at: 22.10