Manfaat dan Hikmah Puasa Bulan Ramadhan Secara Ilmiah

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Manfaat dan Hikmah Puasa Bulan Ramadhan| Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, rahmat dan mustajadnya doa kita. Pada bulan ini wajib setiap umat Islam didunia berpuasa bagi yang telah memenuh syarat dalam berpuasa satu bulan penuh. Dengan berpuasa pada bulan Ramadhan kita akan mendapat pahala dan di tambah melakukan amal kebajikan dimana pada bulan Ramadhan setiap amal kebaikan dan pahala yang didapatkan akan dilipat gandakan pada Bulan Ramadhan, sungguh membuat umat Islam di dunia mengejar dan bersungguh-sungguh meraih dan mendapatkan pahala tersebut. 

Selain dari itu, terdapat manfaat dan hikmah yang dalam segi Ilmiah telah dibuktikan kebenarannya. Banyak yang mengatakan bahwa dalam bulan Ramadhan akan membuat kesengsaraan bagi tubuh manusia, padahal anggapan salah, karena dalam berbagai penelitian yang dilakukan mengatakan bahwa berpuasa memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh manusia apalagi berpuasa pada bulan Ramadhan. Terlebih lagi zaman ini terdapat banyak penyakit yang merajalela yang berasal dari gaya hidup tak sehat. Hal ini dapat diobati dengan berpuasa satu bulan penuh pada Bulan Ramadhan. 

Dalam ilmu kesehatan, puasa sering dikaitkan sebagai proses detoksifikasi atau proses pengeluaran zat sisa atau racun yang berasal dari dalam tubuh. jika ini dilakukan satu bulan penuh pada bulan Ramadhan, banyangkan sudah berapa banyak racun yang keluar dari dalam tubuh kita ?... Untuk melihatnya, telah terangkum berbagai penyakit yang disembuhkan dalam berpuasa yang ada pada informasi mengenai Manfaat Puasa Bulan Ramadhan Secara Ilmiah antara lain sebagai berikut...
Manfaat dan Hikmah Puasa Bulan Ramadhan Secara Ilmiah

Manfaat Puasa Bulan Ramadhan Secara Ilmiah

  • Meningkatkan fungsi otak :  Di saat berpuasa, neutrotropik akan mengalami peningkatan yang diturunkan otak yang menghasilkan memproduksi sel otak pada tubuh yang lebih banyak dari biasanya. Banyak produksi sel otak bagi tubuh bermanfaat bagi kinerja otak yang semakin meningkat. Dimana bagi yang berpuasa, mengalami penurunan hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, sehingga menurunkan tingkat stres yang akan dialami. 
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh atau Mengurangi tingkat kegemukan : Secara ilmiah berpuasa berdampak bagi penurunan berat badan karena usus-usus dalam tubuh akan bersih dari sisa-sisa endapan makanan. Endapan makanan tersebut yang menjadi lemak perut. Sehubungan dengan hal ini, berpuasa juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang bermanfaat dalam mengurangi resiko penyakit jantung stroke. Sehingga berpuasa dapat menurunkan tingkat kolesterol
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh : Banyak yang tidak menyangka mengenai manfaat berpuasa yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Dari hasil penelitian berpuasa meningkatkan Limfosit sampai 10 kali lipat dalam tubuh, hal ini tentu memberikan pengaruh yang bermanfaat besar terhadap sistem imunitas tubuh, sehingga berpuasa juga menghindarkan kita dari berbagai virus yang berasal dari makanan luar yang tidak baik. 
  • Mencegah diabates dan kelebihan nutrisi lainnya :  Obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya adalah akibat dari tubuh yang mengalami kelebihan akan kadar gula dan kolesterol. Hal ini tentu saja dapat ditanggulangi dan bahkan disembuhkan dengan berpuasa yang pada saat berpuasa konsumsi gula dan makanan berlemak dapat lebih terkontrol dan dikurangi yang menyebabkan adanya keseimbangan kadar gula dan kolesterol tersebut. 
  • Membuat pola pikir menjadi lebih tajam : Terdapat manfaat unik dalam berpuasa berdasarkan ungkapan hasil penelitian bahwa pemikiran melambat, namun membuat pikiran bekerja lebih tajam. Dari apa yang dilihat masalah rasa lapar membuat memaksa seseorang untuk berpikir lebih tajam dan kreatif. 
  • Membuat pikiran menjadi lebih tenang dan terhindar dari penyakit kronis : Kita ketahui bahwa berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi berpuasa mewajibkan untuk menahan amarah. Hal ini tentu saja membawa pengaruh pada keadaan psikologis seseorang menjadi jauh lebih tenang dan bila dikaji secara ilmiah, dapat menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh. Menurunnya adrenalin akan memberikan dampak yang bermanfaat dalam mencegah pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu yang lebih baik dimana mengenai hal tersebut tentu saja mengurangi penyakit-penyakit yang sangat berbahaya seperti jantung kroner, stroke dan lain-lainnya. 
  • Bermanfaat bagi kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah : Sakit jantung dapat ditanggulangi dengan berpuasa karena ketika sedang berpuasa terjadi peningkatan HDL dan penurunan LDL yang berdasarkan hasil penelitian "chronobiological" bahwa berpuasa merupakan hal yang dapat menyehatkan jantung dan pembuluh darah. 
  • Mengobati Penyakit Sendi/Encok : Berpuasa dengan teratur yaitu berpuasa pada bulan ramadhan akan meningkatkan sel penetral alami dalam tubuh yang membuat sakit encok lambat laun menuju kesembuhan. Dari meningkatnya sel penetral (pembasmi bakteri) dapat menyembuhkan atau mengurangi radangsendi penyebab encok. 
  • Menyehatkan Ginjal : Ginjal merupakan penyaring zat apapun baik yang kita makan dan minum sehingga ketika kita berpuasa ginjal akan menjadi sehat dan membuat ginjal berfungsi secara maksimal ketika kekuatan osmosis urin mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, yang kekuatan osmosis tersebut dapat diraih dengan berpuasa.  
  • Terhindar dari kebiasaan yang tidak menyehatkan : Berpuasa dapat menghindarkan kita dari kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan seperti merokok atau mengkonsumsi makanan/cemilan yang tidak sehat. Sehingga selama berpuasa kita akan terhindar dari kebiasaan kita dan menjalani pola hidup teratur. 
  • Mencegah penyakit diabetes : Penyakit diabetes dapat dicegah dengan berpuasa karen penyakit ini diakibatkan oleh kadar gula yang tinggi dalam tubuh, sehingga pada saat kita berpuasa asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh akan terkontrol. 

Hikmah Puasa Bulan Ramadhan 

1. Meningkatkan ketakwaan : Berpuasa memberikan hikmah yang bermanfaat bagi kita dalam menjalakan ibadah puasa dengan sepenuh hati hal ini akan meningkatkan ketakwaan kita kepada sang pencipta. 
Sebagaimana dalam firman Allah dalam Al-Qur'an : "Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas mu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa" (QS. Al-Baqarah: 183). 

2. Meningkatkan rasa syukur atas segala nikmat Allah SWT : Dalam berpuasa pada bulan ramadhan, dianjurkan untuk setiap orang memiliki kelebihan dalam ekonomi diwjaibkan untuk bersedekah kepada orang-orang dakir pada bulan Ramadhan, seperti seakan engkau memberi orang yang tidak takut miskin. Maka jadilah orang yang mensyukuri nikmat Allah SWT. 
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : "Allah sungguh ridha pada hamba yang memakan makanan yang lalu memuji-Nya atas makan itu atau minum minuman lalu memuji-Nya atas minuman itu" (HR. Muslim). 

3. Orang yang berpuasa menyibukkan hatinya dengan pikir dan zikir : Dalam berpuasa tentu akan mendapati masalah mengenai lapar dan haus, namun hal ini dapat di lawan dengan selalu berpikir dan berzikir. 
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : "Tidak ada wabah yang diisi penuh oleh Anak Adam yang lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah bagi anak Adam itu suapan yang dapat menegakkan punggunya, jika dia tidak mampu, maka 1/3 untuk memakannya, 1/3 untuk minumnya dan 1/3 untuk nafasnya (HR. Ibnu Majah). 

4. Melatih Disiplin Waktu : Berpuasa tentu membuat kita lebih kreatif dalam mengatur waktu untuk tetap fit dan kuat , sehingga tubuh memelurkan waktu istirahat yang cukup, dan tidur teratur. Hal ini tentu saja akan membuat kita lebih disiplin mengenai waktu. 

5. Keseimbangan dalam hidup : Pada bulan puasa kita berlatih untuk mengingat dan melaksanakan seluruh kewajiban kita selama ini sebagai umat Muslim dengan imbalan pahala yang dilipat gandakan . Dari yang sebelumnya terdapat berbagai aktivitas duniawi dan lupa dengan akhirat. 

6. Lebih peduli dengan sesama dan mempererat silaturahmi : Dalam bulan ramadhan, setiap umat Islam kembali disadarkan akan pentingnya rasa kebersaamaan dan persaudaraan. Baik itu dengan  memberikan hal-hal yang memudahkan menjalani puasa seperti menu berbuka puasa atau hal lainnya. 

7. Berhati-hati dalam berbuat : Puasa Ramadhann tidak hanya menahan lapar dan haus, namun puasa ramadhan juga membuat kita lebih menjaga mata, telinga, perkataan dan perbuatan. Hal ini akan membuat kemajuan disaat sesudah bulan Ramadhan yang telah kita jalani dari yang dulunya suka berbohong, menggunjng, dan memandang yang menimbulkan dosa, kini dapat menghilangkan hal-hal tersebut dan dapat membuat serta menjaga diri dalam berbuat apapun. 

8. Melatih hidup sederhana : Ketika tiba waktu berbuka puasa yaitu hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang sedikit membuat kita telah merasakan kenikmatan. Dimana perlu kita ketahui bahwa pikiran yang banyak dan lain-lainnya merupakan godaan dari hawa nafsu saja. 

9. Berlatih untuk tabah : Dalam berpuasa kita dibiasakan untuk menahan seperti marah, berburung sangka, dan dianjurkan sifat sabar atas segala perbuatan orang lain kepada kita. 

10. Selalu melakukan kegiatan mulia karena itu ibadah : Setiap langkah ke mesjid adalah ibadah, menolong orang adalah ibadah, berbuat adil pada manusia adalah ibadah, tersum pada saudaranya adalah ibadah, membuang duri di jalan adalah ibadah, sampai tidur orang puasa adalah ibadah, sehingga segala sesuatu dapat dijadikan ibadah. Sehingga kita tidak akan menyia-nyiakan segala kegiatan kita dan selalu ingin melakukan kegiatan yang beribadah. 

Baca juga : 


Demikianlah informasi mengenai Manfaat dan Hikmah Puasa Bulan Ramadhan Secara Ilmiah. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu manfaat puasa di bulan Ramadhan, dan hikmah berpuasa di bulan Ramadhan. Sekian dan terima kasih. Referensi dari ngonoo.com"Salam Berbagi teman-teman". Jangan Lupa SHARE yah :) . 

.
Blog, Updated at: 03.45