Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Bagi Manusia

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta)| Tumbuhan paku memiliki banyak manfaat yang berperan dalam kehidupan manusia. Manfaat tumbuhan paku (pteridophyta) dimana kita ketahui bahwa tumbuhan paku adalah organisme fotoautotrof, yang artinya adalah dapat membuat makanan sendiri dengan cara berfotosintesis. Tumbuhan paku hidup di berbagai tempat seperti ditempat lembab (higrofit), di air (hidrofit), permukaan batu, tanah dan menempel (epifit) dikulit pohon.

Tumbuhan paku yang hidupnya di tanah adalah Adiantum cuneatum (splir) dan Alsophila Glauca (paku tiang). Tumbuhan paku yang hidupnya di tanah yang berair adalah Marsilea sp. Tumbuhan paku yang hidup di air adalah Azolla pinnata dan Salvinia natans. Sedangkan tumbuhan paku yang hidupnya menempel di pohon adalah Platycerium bifurcatum (paku tanduk rusa) dan Asplenium nidus (paku sarang burung). Tumbuhan paku akan hidup melimbah dan subur dihabitat yang sesuai yaitu di hutan hujan tropis.  

Tumbuhan paku memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Namun ada pula yang merugikan. Terlepas dari hal tersebut dimana seperti tema diatas yaitu manfaat tumbuhan paku (pteridophyta). Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) adalah sebagai berikut..... 

Manfaat Tumbuhan Paku bagi Manusia
  • Sebagai tanaman hias, contohnya Adiantum (suplir), Platycerium sp (paku tanduk rusa), Asplenium nidus (paku sarang burung), Nepholepism dan Alsophila glauca (paku tiang). 
  • Bermanfaat sebagai bahan obat-obatan seperti Equisetum (paku ekor kuda) yang mempunyai fungsi diuretik. Diuretik adalah melancarkan pengeluaran urine dan Selaginella (obat luka). 
  • Sebagai bahan-bahan makanan seperti sayuran, misalnya Marsilea crenata (semanggi) dan Pteridium aquilinum (paku garuda).  
  • Sebagai pupuk hijau, seperti Azolla pinnata bersimbiosis dengan ganggang biru Anabaena azollae yang mampu mengikat gas nitrogen (N2) bebas. 
  • Sebagai bahan pembuatan petasan seperti pyrotechnics, dengan menggunakan spora Lycopodium sp. 
  • Sebagai tiang bangunan, seperti Alsophila glauca
  • Bermanfaat sebagai penggosok atau ampelas, seperti tumbuhan paku Equisetum sp 
  • Sebagai salah satu bahan dalam membuat karangan bunga, seperti Lycopodium cernum
Baca Juga :

Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Bagi Manusia
"Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Bagi Manusia "
Demikianlah uraian seputar Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) bagi Manusia. Semoga teman-teman dapat menerima dan dapat bermanfaat bagi kita semua serta teman-teman "Jangan Lupa untuk SHARE atau Bagikan melalui Sosmed teman-teman yang digunakan atau anda bagikan melalui sosmed yang ada dibawah ini..Agar teman-teman dapat dengan mudah menemukan manfaat tumbuhan paku (pteridophyta), kan baik saling berbagai :) " . Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". 

.
Blog, Updated at: 01.44