Artikel Belajar dan Bermanfaat

Friday 16 January 2015

Pengertian Gizi dan Zat Gizi

Pengertian Gizi dan Zat Gizi| Hai teman-teman kali ini membahas seputar Gizi seputar pengertian gizi, macam-macam zat gizi, fungsi dan manfaat gizi. Pembahasan pertama seputar Pengertian Gizi menurut beberapa definisi ahli mengenai pengertian gizi dimana kami menyimpulkan bahwa Pengertian Gizi Secara Umum adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan, perkembangan, pemeliharaan dan memperbaiki jaringan tubuh. Pengertian Gizi adalah dimana gizi berasal dari bahasa mesir yang berarti "Makanan".

Gizi adalah terjemahan dari kata "Nutrition" yang disebut sebagai nutrisi. Gizi juga dapat artikan sebagai sesuatu yang mempengaruhi adanya proses perubahan pada setiap makanan yang masuk dalam tubuh yang dapat mempertahankan tubuh tetap sehat. Para ahli yang mempelajari tentang Gizi disebut sebagai Ilmu Gizi. Pengertian Ilmu Gizi adalah ilmu yang zat-zat gizi yang ada pada makanan dan penggunanya dalam tubuh yang meliputi masukan, pencernaan, penyerapan, pengangkutan (transpor), metabolisme, interaksi, dan penyimpanan serta pengeluaran, semua hal ini merupakan proses zat gizi pada tubuh.

Pengertian Zat Gizi atau Nutrisi adalah zat pada makanan yang dibutuhkan oleh organisme untuk pertumbuhan dan perkembangan yang dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh yang meliputi protein, vitamin, mineral, lemak dan air. Zat gizi diperoleh dari makanan yang didapatkan dalam bentuk sari makanan dari hasil pemecahan pada sistem pencernaan. Zat gizi dibagi menjadi dua yaitu zat gizi organik dan zat gizi anorganik. Zat -zat gizi organik seperti lemak, vitamin, karbohidrat, dan protein. Sedangkan zat gizi anorganik adalah terdiri dari air dan mineral. dan tidak itu saja Zat Gizi dikelompokkan atas beberapa macam seperti macam-macam zat gizi berdasarkan sumbernya, macam-macam zat gizi berdasarkan jumlahnya, dan berdasarkan fungsinya.

Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Sumbernya
  • Nabati : nabati adalah sumber zat gizi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan 
  • Hewani : hewani adalah zat gizi yang berasal dari hewan 
Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Jumlahnya 
  • Zat Gizi Makro atau Makronutrisi : Pengertian makronutrisi adalah zat gizi atau nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang besar dengan satuan gram. Yang termasuk zat gizi makro atau makronutrisi adalah protein, karbohidrat, dan lemak. 
  • Zat Gizi Mikro atau Mikronutrisi : Pengertian mikronutrisi adalah zat gizi atau nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit atau kecil. yang termasuk zat gizi mikro adalah air, vitamin dan mineral. 
Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Fungsinya 
  • Sumber Energi Bagi Tubuh : maksud dari sumber energi bagi tubuh atau tenaga bagi tubuh digolongkan pada jenis gizi seperti lemak, protein dan karbohidrat. 
  • Pembangun dan Penjaga Tubuh : maksud dari pembangun dan penjaga tubuh digolongkan pada jenis gizi seperti mineral, protein, vitamin dan lemak. 
  • Pengatur Kerja dalam Tubuh : maksud dari pengatur kerja dalam tubuh ialah untuk mengatur proses metabolisme yang ada dalam tubuh yang digolongkan pada jenis gizi seperti air, lemak, protein dan mineral 
Fungsi Zat Gizi- Zat Gizi atau nutrisi memiliki fungsi bagi tubuh kita. Fungsi zat gizi adalah sebagai berikut. 
  • Sebagai sumber energi 
  • Memperbaiki sel-sel rusak 
  • Sebagai sumber pertumbuhan dan perkembangan 
  • Mempertahankan fungsi pada organ tubuh 
  • Menjaga keseimbangan pada metabolisme 
  • Pengatur dan pendukung dari proses metabolisme
  • Membentuk sel-sel pada jaringan tubuh
Pengertian Gizi Menurut Pendapat Para Ahli - Pengertian gizi menurut Tuti Sunardi, yang mengatakan bahwa pengertian gizi adalah sesuatu yang mempengaruhi proses perubahan semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh yang dapat mempertahankan kehidupan. Pengertian gizi menurut Lioni Ellis H, yang mengatakan bahwa pengertian gizi adalah komponen penting yang diperlukan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Pengertian gizi menurut Harry Oxorn & William R. Forte yang mengemukakan tentang pengertian gizi yang berarti gizi memiliki pengertian yang luas bukan hanya jenis-jenis pangan dan gunanya bagi badan melainkan juga mengenal cara-cara memperoleh serta mengolah dan mempertimbangkan agar kita tetap sehat. Pengertian gizi menurut Chairinniza K. Graha adalah unsur yang terkandung dalam makanan dimana unsur-unsur dapat memberikan manfaat bagi tubuh yang mengkonsumsinya sehingga menjadi sehat.
Pengertian Gizi dan Zat Gizi
"Pengertian Gizi dan Zat Gizi"
Demikianlah pembahasan Pengertian Gizi dan Zat Gizi, semoga teman-teman menerima artikel Pengertian Gizi dan Zat Gizi dengan point-point seputar pengertian gizi secara umum, pengertian zat gizi, macam-macam zat gizi dan pengertian gizi menurut para ahli, dan semoga artikel ini juga bermanfaat bagi teman-teman. Amin dan "Salam Berbagi Teman-Teman".

Pengertian Gizi dan Zat Gizi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin