Artikel Belajar dan Bermanfaat

Monday 2 February 2015

Manfaat Perdagangan Internasional

Manfaat Perdagangan Internasional| Perdagangan internasional memiliki banyak manfaat. Sebelum membahas manfaat perdagangan internasional, tahukah anda Pengertian Perdagangan Internasional ?... Pengertian perdagangan internasional adalah suatu proses tukar-menukar atau jual beli barang dan jasa yang terjadi antara dua negara atau lebih. Dalam perdagangan internasional kita, mengenal istilah ekspor dan impor. Sebelumnya telah dibahas pengertian ekspor dan impor. Negara kita tidak bisa mendapat devisa jika tidak mengekspor hasil-hasil tambang dan komoditas lainnya. Kesempatan kerja juga semakin meningkat dengan adanya perdagangan internasional. Tidak hanya itu saja, perdagangan internasional juga menstabilkan harga-harga, meningkatkan kualitas konsumsi, dan dapat mempercepat alih teknologi. Berikut ini akan diuraikan satu persatu manfaat perdagangan internasional tersebut. 

Manfaat Perdagangan Internasional 
Ada banyak manfaat perdagangan internasional, baik itu bagi pemerintah maupun bagi masyarakat yang berperan dalam perdagangan. Manfaat perdagangan internasional adalah sebagai berikut....

1. Manfaat Perdagangan Internasional #Memperoleh Devisa : Jika kita mengekspor suatu komoditas, kita mendapatkan mata uang asing seperti dollar Amerika, yen, atau jenis mata uang  lainnya. Mata uang asing ini, hal ini disebut dengan devisa. Dengan devisa ini yang digunakan untuk, misalnya mengimpor barang modal dan konsumsi 


2. Manfaat Perdagangan Internasional #Memperluas Kesempatan Kerja : Perdagangan internasional, khususnya kegiatan ekspor, yang memberikan kesempatan untuk memperluas kesempatan kerja yang berguna untuk menghasilkan barang ekspor dibutuhkan tenaga kerja. Coba bayangkan, apakah yang terjadi jika barang tambang, dan hasil pertanian, serta hasil kerajinan tidak diekspor?. Tentu saja, orang yang bekerja di sektor itu akan menganggur.

3. Manfaat Perdagangan Internasional #Menstabilkan Harga-Harga : Jika harga suatu jenis barang dalam negeri mahal atau jumlahnya kurang dan tidak memenuhi permintaan pasar, barang tersebut harus diimpor. Dengan adanya impor, harga barang jenis tersebut akan stabil dan permintaan pun dapat terpenuhi.

4. Manfaat Perdagangan Internasional #Meningkatkan Kualitas Konsumsi : Melalui perdagangan internasional, penduduk dapat membeli barang-barang yang belum dapat dihasilkan di dalam negeri atau mutunya belum sebaik produk luar negeri. Perdagangan internasional dapat memacu industri dalam negeri untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan agar dapat bersaing di pasar internasional. Di indonesia, barang seperti itu beragam, antara lain televisi, pakaian, sepatu, dan perabot.

5. Manfaat Perdagangan Internasional #Mempercepat Alih Teknologi : Untuk menggunakan barang-barang yang diimpor dari luar negeri, dibutuhkan pengetahuan atau keterampilan tertentu. Oleh sebab itu, pihak penjual perlu mengadakan bimbingan atau pelatihan untuk menggunakannya yang akan mempercepat alih teknologi. Alih teknologi yang dapat memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih modern. 

Baca Juga : 
Demikianlah Informasi seputar Manfaat Perdagangan Internasional dan pengertian perdagangan internasional. Semoga teman-teman menerima artikel seputar pembahasan pada kali ini. Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan lupa untuk Share baik itu facebook, twitter. 

Manfaat Perdagangan Internasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin