Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 9 September 2014

Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional


Penyebab Munculnya Perdagangan Internasional
(Adam Smith)

Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional | Pengertian Perdangan Internasional | Penyebab Munculnya perdagangan internasional adalah Perdaganan internasional menurut para tokoh atau ahli yang mengemukakan teori tentang terjadinya perdagangan intemasional. Tokoh tersebut di antaranya adalah Adam Smith dan David Ricardo. Adam Smith mengemukakan teori yang disebut Theory of Absolute Advantage (teori keunggulan mutlak). Menurut teori ini suatu negara disebut memiliki keunggulan mutlak dibandingkan negara lain apabila negara tersebut dapat memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi negara lain. Misalnya Indonesia memproduksi gas alam cair. Jepang tidak mempunyai sumber gas alam, tetapi mampu memproduksi mobil. Dengan demikian, terjadilah perdagangan barang antara Indonesia dan Jepang. 

Penyebab Timbulnya Perdagangan Interanasional
(David Ricardo)
         Sedangkan David Ricardo mengajukan teori tentang perdagangan internasional yang disebut Theory of Comparative Advantage (Teori Keunggulan Komparatif). Menurut David Ricardo keunggulan komparatif suatu negara apabila negara tersebut dapat memproduksi suatu barang atau jasa dengan efisien dan lebih murah dibandingkan negara lain. Sebagai contoh, Indonesia dan Korea Selatan negara produsen komputer. Korea Selatan mampu memproduksi komputer dengan harga lebih murah daripada Indonesia. Korea Selatan memiliki keunggulan komparatif dibandingkan Indonesia dalam memproduksi komputer. Indonesia akan lebih untung apabila mengimpor komputer dan Korea Selatan. Penyebab timbulnya Perdagangan internasional terjadi karena adanya hal-hal berikut.

Penyebab Timbulnya Perdangan Internasional 

 Penyebab timbulnya Perdagangan internasional terjadi karena adanya hal-hal berikut.


a. Perbedaan Hasil Produksi
Tiap-tiap negara mempunyai kekayaan alam, modal, teknologi, dan kebudayaan yang berbeda. Oleh karena itu, tiap-tiap negara mempunyai hasil pröduksi yang berbeda-beda. Ada negara yang dapat memproduksi suatu barang atau jasa yang melimpah, sementara ada negara yang kekurangan hasil produksi barang atau jasa tersebut tetapi memiliki barang atau jasa lainnya. Contoh Indonesia banyak menghasilkan produksi pertanian, Korea dan Jepang banyak menghasilkan barang-barang elektronik.

b. Perbedaan Harga Barang
Harga suatu barang di tiap-tiap negara berbeda. Perbedaan harga inilah yang mendorong adanya perdagangan intemasional. Misalnya, harga komputer di Korea Selatan dan di Jepang lebih murah daripada harga di Indonesia mendorong orang Indonesia membeli komputer tersebut di Korea atau Jepang untuk dijual di Indonesia. Mereka melakukan perdagangan karena memperoleh keuntungan sebagai akibat dan adanya perbedaan harga jual dan harga beli.
 
c. Adanya Keinginan untuk Meningkatkan Produktivitas
Tiap-tiap negara mempunyai kebutuhan akan barang yang beraneka ragam. Namun secara ekonomi, tiap negara lebih baik memproduksi beberapa macam barang saja kemudian melakukan perdagangan internasional. Dengan spesialisasi ini produktivitas tiap negara menjadi lebih tinggi.


Kesimpulan : Penyebab Timbulnya Perdangan Internasional adalah 
a. Perbedaan Hasil Produksi  artinya setiap negara memiliki hasil produksi masing-masing tetapi berbeda ada yang kurang dan ada yang melimpah. 
b. Perbedaaan Harga Barang artinya Setiap harga barang di negara atau wilayah berbeda-beda. perbedaan harga itu untuk mendapatkan keuntungan 
c. Adanya keinginan untuk meningkatkan produktivitas artinya memproduksi barang dengan memfokuskan memproduksi barang beberapa saja yang bertujuan melakukan perdangan internasional 


Itulah Sekilas Penjelasan dari Penyebab timbulnya perdangan Internasional, Pengertian Perdangan Internasional, dan Penyebab adanya perdangan internasional, Lihat berbagai macam artikel Disini, Semoga Bermanfaat


Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin