Pengertian Litosfer : Apa itu Litosfer ?..

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Litosfer : Apa itu Litosfer ?..| Kerak bumi juga biasa disebut litosfer (lithos - batuan, sphere = batuan ). Jadi, litosfer berarti lapisan batuan. Berdasarkan proses terbentuknya, batuan-batuan yang ada dimuka bumi dikelompokkan menjadi tiga jenis yakni batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf. Batuan beku terjadi akibat adanya magma yang membeku. Sebagian besar (80%) batuan kerak bumi adalah beurpa batuan beku. Batuan beku secara umum tersusun atas mineral-mineral kuarsa, feldspar, mika, piroksin, magnetif, dan olivin. Contoh batuan beku adalah granit, obsidian, dan pumice (batu apung). 

Pengertian Litosfer : Apa itu Litosfer ?..

Batuan sedimen atau batuan endapan terjadi karena bantuan beku ter-erosi, dan terbawa ke suatu tempat hingga mengendap dan membentuk batuan. Contoh batuan sedimen adalah batu krikil, pasir dan tanah lempung. Batuan metamorf atau batuan malihan adalah batuan yang terbentuk dari batuan jenis lain yang mengalami perubahan bentuk akibat pengaruh suhu dan tekanan yang tinggi. Contoh batuan malihan adalah marmer, batubara, dan batu permata. 
Pengertian Litosfer : Apa itu Litosfer ?..

Sekian pembahasan Pengertian Litosfer : Apa itu Litosfer ?.. dan lihat juga artikel-artikel lainnya di Artikelsiana.com. Semoga artikel tentang Pengertian Litosfer : Apa itu Litosfer ?.. semoga bermanfaat

.
Blog, Updated at: 03.29