Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 28 October 2014

Pengertian Batuan Metamorf (Malihan) dan Penjelasannya

Pengertian Batuan Metamorf (Malihan) dan Penjelasannya| Batuan Metamorf sebagian dari jenis-jenis batuan dibumi ini, Pengertian batuan metamorf menurut beberapa para ahli yang dirangkum, bahwa pengertian batuan metamorf adalah batuan beku atau sedimen yang berubah sifat dan bentuknya karena mengalami peningkatan tekanan dan suhu di dalam kerak bumi (metamorfosis). Batuan metamorf memiliki manfaat dan kegunaan bagi manusia. Jenis-Jenis batuan yakni batuan beku, batuan sedimen, batuan metamorf, yang sebelumnya kedua jenis-jenis batuan tersebut telah dijelaskan dan dibahas, oleh karna itu kali ini kita akan menjelaskan batuan metamorf atau batuan malihan dimana dalam proses metamorfosis yang dibedakan atas 3 golongan seperti dibawah ini.

a. Metamorfosis Termal atau sentuh adalah batu-batuan yang terkena sentuhan magma panas di sekitar dapur magma atau tubuh batuan intrusive. Contohnya, batu gamping berubah menjadi batu marmer. 
b. Metamorfosis Dinamo atau metamorfosis tekanan. Batuan yang terkena tekanan yang berasal dari peristiwa tektonik (pada kulit bumi hanya bagian atas) sehingga akan mengalami metamorfosis. Misalnya, pada bidang patahan akan terbentuk cermin gesekan atau tepung milonit. 
c. Metamorfosis Regional, adalah metamorfosis yang mengenai daerah sangat luas (di bagian bawah kerak bumi) akibat tekanan seluruh terbentuk yaitu skis mika, filit, gneiss. Ciri utama batuan metamor adalah mengkilap dan tidak berfosil. 
Pengertian Batuan Metamorf (Malihan) dan Penjelasannya
(Batuan Gamping)
Sekian artikel tentang Pengertian Batuan Metamorf (Malihan) dan Penjelasannya semoga bermanfaat

Pengertian Batuan Metamorf (Malihan) dan Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin