Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya| Tumbuhan bagian-bagian yang terstruktur yang memiliki fungsi /peran dan organel-organel dengan fungsi masing-masing. Organel sel tumbuhan dan sel hewan memiliki perbedaan, dari jumlah-jumlah organnya. Organel-organel tersebut sangat berperan dalam mendukung setiap kinerja dari tanaman atau tumbuhan. Organel-organel sel tumbuhan dan fungsinya dapat dilihat seperti dibawah ini.. 

1. Organel Sel Tumbuhan #Nukleus (Inti Sel)
Nukelus (Inti Sel) adalah organel sel yang sangat penting dan khusus, pusat utama sel yang menyimpan materi ginetik (kromosom) dari sel tertentu. Fungsi Organel sel Nukleus adalah mengkoordinasikan proses metabolisme misalnya pertumbuhan sel, sintesis protein dan pembelahan sel. Inti dan isinya disebut dengan nukleoplasma

2. Organel Sel Tumbuhan #Plastida (Kloroplas)
Plastida (Kloroplas) adalah  bagian sel tumbuhan yang membawa pigmen klorofil. Fungsi Plastida adalah membantu tumbuhan sehingga dapat menjalani fotosintesis dengan sempurna. 

3. Organel Sel Tumbuhan #Ribosom 
Ribosom adalah organel yang memiliki ukuran yang kecil dan padat didalam sel yang berfungsi sebaga tempat dalam sintesis protein yang mengandung protein (40%) dan Asam ribonukleat atau RNA (60%). Ribosom terbagi atas dua yakni ribosom bebas dan ribosom terikat. ribosom bebas adalah ribosom yang muncul secara bebas sedangkan ribosom terikat adalah melekat dengan organel retikulum endoplasma. 

4. Organel Sel Tumbuhan #Mitokondria 
Mitokondria adalah organel yang bermembran rangkap yakni membran dalam dan membran luar dengan berlekuk-lekuk (krista). mitokondria berguna dalam memecah karbohidrat kompleks dan gula yang dimanfaatkan. Fungsi mitokondria adalah tempat respirasi aerop dalam pembentukan ATP sebagi sumber energi. 

5. Organel Sel Tumbuhan #Badan Golgi (Kompleks Golgi)
Badan Golgi adalah kantung pipih bertumpuk yang tersusun dan terikat oleh membran dengan ukuran kecil dan besar. Fungsi dari Badan golgi adalah mengangkut zat kimia keluar ke dalam dan keluar sel setelah lemak dan protein di sintesis oleh retikulum endoplasma, badan golgi mengubah dan mempersiapkannya untuk keluar dari sel. 

6. Organel Sel Tumbuhan #Retikulum Endoplasma (RE) 
Retikulum Endoplasma (RE) adalah organel yang menghubungkan antara nukleus dan sitoplasma. Retikulum endoplasma memiliki kantung yang berbelit-belit. Retikulum endoplasma terbagi dua yakni Retikulum endoplasma kasar dan halus. retikulum endoplasma kasar adalah ditutupi oleh ribosom sedangkan retikulum endoplasma halus adalah tidak ditutupi ribosom atau ditempeli ribososm. Fungsi Retikulum Endoplasma (RE) adalah penghubung dan pengangkutan struktur steroid, protein dan glikogen dan senyawa lainnya. 

7. Organel Sel Tumbuhan #Vakuola
Vakuola adalah organel penyimpanan yang membantu mengatur tekanan turgor sel tumbuhan. vakuola juga membantu pencernaan intraseluler molekul kompleks dan eksresi pada limbah. 

8. Organel Sel Tumbuhan #Peroksisom
Peroksisom adalah organel sitoplasma yang mengandung enzim oksidatif. Enzim tersebut digunakan dalam pemecahan metabolisme asam lemak menjadi gula sederhana. Fungsi dari Peroksisom adalah memecah asam lemak menjadi gula dan membantu kloroplas dalam proses fotorespirasi.

Artikel Terkait:

Pengertian Sel dan Bentuk-Bentuk Sel
Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya
Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan 
Pengertian Jaringan Parenkim, Ciri, Sifat, Fungsi & Jenisnya
 
Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya
Demikianlah pembahasan Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya semoga dapat bermanfaat, dan lihat juga artikel lainnya disini

.
Blog, Updated at: 19.01