Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur|Proses terjadinya atau terbentuknya Angin Muson baik itu Angin Muson barat dan Angin Muson Timur, Angin Muson adalah Angin yang bertiup 6 bulan sekali dan selalu berganti arah. Angin Muson di Indonesia terdapat dua Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur, Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur tidak terjadi begitu saja, Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur memiliki fase-fase atau Kapan Angin Muson Barat Muncul ??.. Kapan Angin Muson Timur Muncul ??...Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur akan bertiup pada bulan-bulan tertentu, dan Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur memiliki Sifat-sifat tersendiri yang berbeda-beda karna memiliki karakteristik tersendiri, dan Datangnya Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur sampai ke indonesia juga melewati berbagai wilayah dan Angin Muson Barat memiliki dampak, begitu juga dengan Angin Muson Timur. Untuk lebih Mengetahui dan  Menjawab Pertanyaan Diatas,  Lihat Jawabannya Dibawah ini yang rangkum Menjadi Satu yaitu Mari Terbentuknya Angin Muson. 


Proses Terbentuknya Angin Muson

Perubahan letak terbitnya matahari dipengaruhi terhadap intensitas cahaya matahari pada wilayah berkaitan langsung dengan tempat lintasan peredaran semua matahari tersebut. salah satu akibat dari peredaran semua tahun matahari adalah terjadinya perubahan gerakan angin yang dikenal dengan nama angin muson. Angin muson adalah angin yang bertiup setiap 6 bulan sekali dan selalu berganti arah. Di indonesia terdapat dua angin muson, yaitu :

a. Angin Muson Barat
Bertiup setiap bulan Oktober sampai maret, saat kedudukan semua matahari dibelahan bumi selatan. Hal ini menyebabkan tekanan udara maksimum di Asia dan tekanan udara minimum di Australia, maka bertiuplah angin dari Asia ke Australia (tekanan tinggi ke rendah).Karena angin melalui Samudra Hindia, maka angin tersebut mengandung uap air yang banyak, sehingga pada bulan Oktober sampai Maret di Indonesia terjadi musim penghujan
Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur dan Proses Terbentuknya Angin Muson
Angin Muson Barat
b. Angin Muson Timur
Bertiup mulai April sampai September, di mana kedudukan semua matahari dibelahan utara. Akibatnya tekanan udara di Asia rendah dan tekanan udara di Australia tinggi, sehingga angin bertiup dari Australia ke Asia. Angin tersebut melewati gurun yang luas di Australia, sehingga bersifat kering. Oleh karena itu Indonesia saat itu mengalami musim kemarau.

Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur dan Proses Terbentuknya Angin Muson
Angin Muson Barat

Sekian Artikel tentang Proses Terbentuknya Angin Muson atau Angin Muson Barat Dan Angin Musin Timur,Semoga Bermanfaat. (Sumber : Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu, Hal : 8-9, Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Penulis :Sri Sudarmi dan Waluyo)

.
Blog, Updated at: 00.46