Menu

Pengertian Konservasi Menurut Ahli, Tujuan, Fungsi Dan Contohnya

Istilah konservasi memang sudah cukup umum dan sering didengar. Istilah ini menjadi hal yang penting, terutama dalam pembahasan mengenai lingkungan. Namun, sebenarnya, konservasi ini juga dipelajari oleh semua disiplin ilmu, selain lingkungan. Nah, untuk memahami istilah ini dengan lengkap, Anda harus memahami pengertian konservasi dengan detail terlebih dahulu.
Perlu diketahui, masalah konservasi, khusus di Indonesia, diatur dengan undang-undang tertentu, yakni pasal 1 ayat 5 tahun 2005. Adanya peraturan ini menunjukkan masalah konservasi merupakan masalah penting di mana pemerintah Indonesia berusaha untuk menjaga lingkungan negara agar senantiasa baik dan bebas dari masalah-masalah yang mengganggu.
Definisi Konservasi
Berbincang tentang definisi dari konservasi, ada beberapa detail pengertian konservasi dari beberapa ahli. Secara umum, konservasi diartikan sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh manusia guna menjaga kelestarian alam. Upaya yang dilakukan adalah upaya berkesinambungan, baik secara mutu ataupun jumlah sehingga generasi mendatang tetap bisa merasakan hasil konservasi.
Dalam hal ini, ada pengertian konservasi lain yang berasal dari Adi Shakti. Dalam hal ini, beliau mengatakan bahwa konservasi merupakan suatu upaya dan proses untuk mengolah tempat, ruang serta objek agar memiliki makan kultural. Dengan proses tersebut, maka akan ada pemeliharaan yang dilakukan di mana bersumber dari sumber daya alam.
Sedangkan menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, konservasi diartikan sebagai pengelolaan dalam hal sumber daya alam. Pengelolaan ini dilakukan dengan cara yang bijaksana dan tepat sehingga dapat menjamin kesinambungan persediaan dan juga kualitas nilai serta keragaman dari objek tersebut.
Definisi lain terkait konservasi yang cukup penting datang dari Alison Backer. Dalam hal ini, pengertian konservasi yang ia pahami adalah suatu proses yang dilakukan secara terus menerus terhadap sumber daya alam. Proses tersebut dapat bertahan dan dapat dipergunakan untuk generasi yang akan datang.
Tujuan dari Konservasi
Selain membahas tentang definisi konservasi, maka Anda harus mengetahui tujuan dari konservasi tersebut. Pemahaman mengenai tujuan dari konservasi menjadi penting agar Anda mengetahui bahwa konservasi adalah hal penting guna dilakukan.
Nah, adapun beberapa tujuan dari konservasi ini adalah sebagai berikut:
·    Guna memelihara serta melindung tempat-tempat yang dianggap memiliki nilai kultural. Pemeliharaan ini dimaksudkan agar tempat tersebut tidak hancur, beralih, berganti ataupun hilang.
·    Untuk memberikan penekanan kembali terkait pentingnya pemakaian bangunan lama dan meningkatkan kesadaran agar bangunan tersebut tidak telantar. Tidak hanya bangunan saja, namun juga sumber daya alam lainnya yang sekiranya berguna untuk kehidupan manusia di masa yang akan datang
·    Melindungi benda, hewan dan beragam sumber daya alam lainnya dari kehancuran dan kepunahan yang diakibatkan oleh beragam faktor, seperti faktor alam, mikro organisme dan faktor kimiawi
·    Menciptakan kawasan yang lebih bersih dan terawat, terutama untuk habitat hidup hewan-hewan yang memang sudah langka
Dengan beberapa fungsi dari konservasi sebagaimana di atas, tentu Anda bisa membaca bahwa konservasi merupakan hal penting. Beberapa fungsi konservasi di atas bisa menjadi landasan pergerakan bagi Anda untuk mendukung upaya konservasi yang sudah dilakukan berbagai pihak di Indonesia dan belahan dunia lainnya.
Manfaat dari Konservasi
Hal lain, selain pengertian konservasi serta fungsi konservasi yang harus diketahui adalah manfaat dari konservasi. Ya, mengetahui manfaat dari konservasi memang cukup penting untuk mengembangkan pola pikir agar Anda dapat memandang sumber daya alam sebagai sesuatu yang berharga.
Adapun beberapa manfaat yang terkandung dalam aktivitas konservasi adalah sebagai berikut:
·    Melindungi kekayaan ekosistem alam dan juga memelihara segala proses ekologi maupun keseimbangan ekosistem dengan cara yang berkelanjutan
·    Guna melindungi fauna dan flora yang memang sudah terancam punah dan hilang
·    Melindungi ekosistem yang indah, menarik, langka dan juga memiliki keunikan
·    Melindungi ekosistem dari kerusakan-kerusakan yang terjadi akibat beberapa sebab, seperti faktor alam, mikro organisme, dan lainnya
·    Menjaga kualitas lingkungan agar lebih indah, bersih dan terjaga
Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat konservasi yang dilihat dari segi ekonomi. Perlu diketahui bahwa konservasi juga memiliki hubungan dengan aktivitas ekonomi di masyarakat. Adapun beberapa manfaat konservasi jika dilihat dari sudut pandang ekonomi adalah sebagai berikut;
·    Mencegah adanya kerugian yang disebabkan oleh kerusakan sistem penyangga kehidupan. Salah satu contoh yang sudah banyak dialami manusia saat ini adalah kerusakan pada hutan lindung, aliran sungai dan lainnya. Dalam hal ini, kerusakan yang terjadi pada keduanya membuat suatu daerah akan rentan terhadap bencana banjir dan tanah longsor
·    Mencegah adanya kerugian yang diakibatkan oleh hilangnya sumber genetika. Dalam hal ini, kerugian yang dirasakan terutama oleh kalangan pegiat kesehatan. Dengan lingkungan yang rusak, maka pengembangan bahan pangan serta obat-obatan tentu saja akan terganggu.
Macam-macam Bentuk Konservasi Alam
Dalam usaha yang dilakukan, ada beberapa bentuk konservasi alam yang telah dibuat. Beberapa jenis konservasi alam tersebut menunjukkan adanya banyak peluang yang bisa dilakukan dalam rangka untuk mempertahankan ekosistem.
Nah, lantas apa saja bentuk konservasi alam yang sudah dilakukan hingga saat ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.
·    Taman nasional
Taman nasional adalah salah satu bentuk konservasi yang banyak dilakukan. Bentuk konservasi ini berfungsi sebagai usaha perlindungan terhadap sistem penyangga kehidupan serta perlindungan pada hewan dan tumbuhan yang ada di dalamnya. Selain itu, taman nasional juga berperan sebagai tempat belajar, rekreasi dan juga pelestarian budaya.
·    Cagar alam
Bentuk lain dari konservasi yang banyak digalakkan di Indonesia adalah cagar alam. Ada cukup banyak cagar alam di Indonesia yang menunjukkan jika konservasi berjalan dengan baik. Nah, fungsi dari cagar alam ini adalah untuk melindungi tumbuhan dan juga hewan dengan cara melepaskannya untuk hidup secara alami sebagaimana insting masing-masing.
·    Taman laut
Jenis konservasi lain yang digalakkan di Indonesia adalah taman laut. Sebagaimana namanya, fokus dari konservasi ini adalah masalah laut. Ya, konservasi ini dilakukan untuk melindungi kondisi laut dan menjaga keindahan laut agar tetap lestari. Jenis konservasi ini akan berfungsi untuk melindungi keragaman hayati, terutama kehidupan di bawah laut.
·    Kebun raya
Kebun raya juga termasuk bentuk dari konservasi yang digalakkan oleh pemerintah. Nah, konservasi ini juga berfungsi untuk melindungi sumber daya alam agar tetap lestari. Tidak hanya itu, kebun raya juga berfungsi untuk melindungi binatang dari kepunahan. Biasanya, kebun raya juga ditujukan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga.
·    Hutan bakau
Bentuk konservasi lainnya yang juga dilakukan adalah penanaman hutan bakau. Jenis hutan buatan ini ditanam di bibir pantai. Fungsi utama dari hutan bakau adalah untuk mencegah abrasi dan erosi air laut yang bisa saja menggerus daratan. Jenis konservasi ini mulai digalakkan di Indonesia, terutama di pantai yang memiliki potensi gelombang besar yang tinggi.
Nah, demikian beberapa pembahasan mengenai pengertian konservasi dan beberapa hal lainnya. Dengan pembahasan di atas, Anda menjadi tahu bahwa konservasi adalah hal penting yang harus digalakkan. Semoga bermanfaat.
Deskripsi: pengertian konservasi harus dipahami dengan baik, juga beberapa pengetahuan lain agar Anda menjadi terbuka dan paham jika hal ini adalah penting untuk kehidupan masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!