Artikel Belajar dan Bermanfaat

99+ Pengertian Review dan Tujuannya Menurut Para Ahli


Advertisement
Advertisement

Pengertian review merupakan sebuah ringkasan, tinjauan dari beberapa sumber entah dari film, buku, berita dan lainya. Tentunya anda sudah sering mendengar kata review. Seperti review buku, review film, review produk dan lainnya. Dengan adanya review kita bisa tahu kelebihan, kekurangan dan kualitas dari suatu karya atau produk. Tujuannya digunakan untuk memberi informasi ke pembaca tentang suatu ha dan mengajaknya atau membuat pembaca semakin penasaran. Review ini sangat penting untuk pemasaran suatu produk tertentu.
Tujuan Review
Sebenarnya apa tujuan review? Setiap penulis memiliki tujuan yang berbeda-beda. Tetapi tujuan utamanya untuk memberikan informasi, gambaran, atau gagasan di sebuah produk atau karya yang dibuat. Kini review jangkauannya lebih luas. Tidak hanya pada review buku saja. tetapi termasuk review film, review produk, dan masih banyak lainnya. hal ini bisa dilihat dari banyaknya forum-forum yang menjelaskan tentang review suatu produk atau karya.
Misalnya anda membuat review sebuah film. Tujuan anda untuk membagikan informasi kepada pembaca tentang kualitas dari film tersebut. Sehingga pembaca penasaran untuk menontonnya. Atau dijadikan sebagai referensi, apakah film tersebut bagus atau tidak. Saat ini banyak orang mencari review produk atau karya terlebih dahulu, sebelum membeli atau menonton hal tersebut. Di Belakang buku, juga sering terdapat review dari pembaca. Sehingga pembeli bisa lebih tertarik untuk membeli buku tersebut.
Review bisa berarti suatu hal yang positif atau negatif. Hal ini tergantung dari tujuan dari penulis review tersebut. Review dibuat setelah penulis mendapatkan informasi atau menggunakan produk atau karya tersebut. Untuk review film, berarti penulis telah menonton film tersebut. Untuk review produk berarti penulis telah menggunakan produk tersebut. Saat menonton atau menggunakan produk tersebut, pasti ada hal positif dan negatif yang dirasakan. Disinilah tugas penulis untuk menginfromasikan semua hal yang dia dapatkan. 

Perbedaan Resume, Resensi dan Review
Pengertian review merupakan ringkasan atau tinjauan dari suatu hal. Lalu apa perbedaan resume, resensi dan review. Ketiga hal tersebut sering dilakukan dalam meringkas sebuah buku. Banyak orang yang bingung membedakannya. Oleh karena itu kita akan membahasnya secara lengkap dibawah ini.
     Resume
Resume bisa diartikan sebagai meringkas buku. Resume berasal dari kata re yang artinya kembali dan summary yang artinya meringkas. Jadi resume adalah meringkas isi buku yang telah kita baca. Saat membuat resume kita hanya menulis point pentingnya saja, tanpa mengurangi atau menambah interpretasi pribadi. Pembuatan resume bertujuan untuk meringkas bacaan panjang supaya lebih padat dan singkat tanpa mengurangi informasi yang diberikan.
Membuat resume cukup sulit, karena anda harus meringkas cerita yang panjang hanya menjadi beberapa paragraf saja. selain itu pastikan semua inti cerita masuk ke dalam resume anda. Anda tidak boleh menambah atau mengurangi informasi yang diberikan. Oleh karena itu menulis resume dibutuhkan keahlian khusus.
     Resensi
Resensi artinya menilai sebuah buku atau tulisan. Resensi berasal dari bahasa latih recensere, revider atau recensia yang artinya menimbang. Berarti resensi melakukan kajian kembali terhadap isi suatu buku, kemudian anda membahasnya dan memberikan kritik dan saran. Didalam sebuah resensi berisi kelebihan, kekurangan serta informasi singkat mengenai buku tersebut.
Tujuan resensi antara lain memberikan manfaat ke pembaca tentang kualitas dari buku tersebut. Memberikan informasi komprehensif mengenai isi buku, memberikan testimoni dan mengajak pembaca untuk berdiskusi. Resensi memiliki format yang baku, anda tidak bisa menulisnya dengan sembarangan. Harus ada judul buku, data buku, pengenalan singkat, isi secara ringkas, penilaian dan kesimpulan. Hal inilah yang membedakan resensi dengan review. Anda juga harus menulis kata yang tidak terlalu dekstiptif, sehingga pembaca penasaran untuk membaca isi buku secara keseluruhan.
     Review
Pengertian review lebih luas dibandingkan resensi. Review buku berarti mengkaji buku secara lebih mendalam dan luas. Anda pun tidak harus menulis format seperti resensi. Anda tidak hanya meringkas tetapi juga memberikan pendapat sesuai keinginan anda. Review ini tidak hanya berlaku bagi buku saja. tetapi juga berlaku bagi karya atau produk lainnya. seperti produk kosmetik, film, dan lainnya. sehingga pembaca tertarik untuk menggunakan atau menonton karya tersebut. Jadi review artinya lebih luas dibandingkan resensi,walaupun inti persoalannya hampir sama.
Cara Membuat Review Buku
Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan saat membuat review buku. Sehingga pembaca bisa menerima review tersebut dengan baik. inilah beberapa cara yang harus dilakukan :
     Review buku dengan kalimat yang bisa mendeskripsikan isi dari buku tersebut
     Tulis hal-hal yang anda sukai dari buku tersebut
     Tulis hal-hal yang tidak anda sukai dari buku tersebut
     Tulis secara ringkas pemikiran anda terhadap isi buku tersebut. Anda juga bisa menulis rekomendasi ke pembaca, kenapa harus membaca atau tidak membaca buku tersebut
     Tambahkan rating untuk buku yang sudah anda baca.
Saat menulis review produk atau film pun, tata caranya hampir sama. Saat membuat review juga harus disesuaikan dengan kondisinya. Apakah dibuat untuk formal atau tidak. Karena kini banyak orang yang membuat review di blog pribadinya. Dengan kata-kata yang lebih santai. Mereka membuat tulisan review tentang film, produk, buku atau apapun yang dia inginkan. Bahkan anda bisa mendapatkan penghasilan dari menulis review.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis review. Anda harus tahu produk tersebut dengan pasti. Jika review film, berarti anda harus menonton film tersebut. Sehingga pembaca bisa menerima review tersebut dengan baik. bangun kreditibilitas tulisan dengan baik. pastikan anda menggunakan teknik penulis yang baik., sehingga pembaca semakin tertarik untuk membaca review anda. Jika alur penulisannya kurang menarik, akan membuat pembaca tidak tertarik dengan review yang anda buat.

Baca Juga: 

Pengertian dan Definisi: Pengertian Demokrasi 
Pengertian Demokrasi dan Nilai-Nilai Demokrasi
Demokrasi: Ciri-Ciri Demokrasi
Macam-Macam Demokrasi
Macam-Macam Sistem Politik Di Berbagai Negara
Macam-Macam Hak Asasi Manusia (HAM) dan Penjelasannya

Selain itu pastikan menulis review sesuai pengalaman. Pembaca bisa membedakan tulisan review mana yang sesuai pengalaman dan hanya mengarang saja. karena detail yang dijelaskan terlihat berbeda. Pengertian review berarti menulis ulasan secara detail. Inilah alasan kenapa anda harus memiliki pengalaman mengenai produk tersebut. Untuk review film atau buku, anda tidak bisa menulis secara detail karena mungkin ada spoiler. Tetapi untuk review produk anda harus menulis secara detail. Tulis kelebihan dan kekurangan produk tersebut dengan detail.
Anda bisa menulis dengan teknik piramida, tulis suatu hal yang paling umum terlebih dahulu, kemudian mengerucut ke hal yang lebih detail. Jangan lupa untuk menambahkan tips dan saran di akhir review. Ini akan membuat pembaca semakin tertarik untuk membaca keseluruhan review anda. Berikan saran apakah produk tersebut layak digunakan atau tidak. Film tersebut layak di tonton atau tidak. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang pengertian review. Semoga bermanfaat.
Deskripsi: pengertian review merupakan ulasan, ringkasan atau tinjauan dari beberapa sumber mengenai suatu hal.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 99+ Pengertian Review dan Tujuannya Menurut Para Ahli