l Pengertian Browsing, Fungsi, Manfaat, & Macam Contoh Web Browser | Artikelsiana

Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Browsing, Fungsi, Manfaat, & Macam Contoh Web Browser


Advertisement
Advertisement

Browsing dan Web Browser - Internet adalah kumpulan jaringan dari komputer yang ada diseluruh dunia. 

Diketahui Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking. secara harfiah, pengertian internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP). 

Sedangkan menurut para ahli tentang pengertian internet dalam hal ini Lani Sidharta, menyatakan bahwa internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan komputer yang dapat memberikan layanan informasi secara lengkap.

Dan, terbukti bahwa internet dilihat sebagai media maya yang dapat menjadi rekan bisnis, politik, sampai hiburan. Semuanya tersaji lengkap di dalam media ini. 

Hasil karya teknologi di dunia ini terus berkembang pesat. Dalam menjelajahi ke berbagai komputer yang terhubung melalui internet salah satunya dibutuhkan perantara dalam hal ini disebut dengan Browser atau web browser. 

Pengertian Browsing dan Web Browser: Apa itu? 

Pengertian Browsing - Pengertian Browsing adalah istilah dalam dunia komputer jaringan atau internet yang menggambarkan kegiatan pencarian informasi melalui web browser. 

Arti browsing sering disamaartikan dengan istilah yang disebut dengan "searching". Hal itu terjadi lantaran kata searching yang berarti 'mencari' yang juga menggambarkan aktifitas pencarian informasi tersebut.

Akan tetapi, kedua hal baik browsing dan searching memiliki perbedaan yang begitu jauh. Dalam proses dan penggunannya, searching menggambarkan aktifitas pencarian dengan search engine. Sedangkan untuk browsing merupakan alat dimana search engine itu berjalan.

Pengertian Browser - Pengertian Browser atau web browser adalah suatu aplikasi perangkat lunak membuat pengguna  untuk  menayangkan  dan  berinteraksi  baik melalui tulisan, gambar, video, musik dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman Web  di sebuah  situs di World Wide Web atau di jaringan LAN lokal. 

Sedangkan pengertian web browser menurut para ahli diantaranya Winarno dan Utomo (2010:31) menyebutkan bahwa arti “web browser adalah alat yang digunakan untuk melihat halaman web“.

Selain itu, fungsi dan juga manfaat Web   browser   suatu aplikasi yang memudahkan untuk mengakses  informasi secara cepat dan mudah yang  diberikan  oleh banyak situs Web dengan cara menjelajahi link tersebut.

Dengan memformat informasi  HTML  untuk  di  tayangkan,  oleh  karena  itu  penampakan halaman  Web akan agak berbeda dari satu browser ke browser yang lain.

Menurut Connolly (2005) terkait web browser bahwa terdapat banyak informasi pada web disimpan dalam dokumen-dokumen dengan menggunakan bahasa yang disebut dengan HTML dan web broser harus mengerti dan dapat menerjemahkan HTML untuk menampilkan dokumen-dokumen ini.

Fungsi Browser 

Pada dasarnya, web browser memiliki keuntungan dan kegunaan sebagai mesin pencari dalam membantu masyarakat untuk mengakses informasi di macam-macam laman web. 

Jauh dari pada itu, ternyata web browser memiliki jenis-jenis fungsi yang biasa digunakan namun tak diketahui. Berikut fungsi dari web browser... 

1. Memastikan Keamanan Suatu Web

Umumnya, web browser terdapat proses verifikasi suatu website atau laman yang berfungsi untuk tujuan tidak berbahaya bagi perangkat saat dikunjungi. Salah satunya berguna menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa merusak sistem computer.

2. Membuka Laman Website

Fungsi web browser yang utama adalah mengarahkan pengguna untuk alamat website yang dituju sebagai bentuk efektifitas dan efisien dengan mengarahkan kata kunci yang sesuai pada search engine. 

3. Mengumpulkan Data Dan Memaksimalkan Tampilan

Selain itu, web browser berfungsi dalam mengumpulkan seluruh data pada suatu website bahkan efek yang terdapat didalamnya. Hal itu sehinggalaman web dapat ditampilkan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, web browser juga bisa menampilkan foto, video dan audio pada suatu laman.

4. Mendukung Penggunaan Search Engine

Web browser mendukung penggunaan search engine. Hal itu disebabkan lantaran search engine/mesin pencari merupakan bagian dari web browser sehingga dapat mencari data dengan lebih mudah dan lebih cepat.

5. Mendukung Permintaan Data

Mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh pengguna dikenal dengan 'requesting supporting data item'. Kebanyakan alamat web di internet dapat diakses dengan menggunakan web browser dan data yang berupa foto atau media lainnya dapat disimpan secara langsung dalam dokumen computer.

Menurut Chaudhury (2002) bahwa Web browser berjalan di jenis-jenis platform misalnya UNIX, Windows, dan MAC OS. Pada World Wide Web (WWW), semuanya server tersebut yang berjalan pada platform apapun dapat berinteraksi ke seluruh browser yang terdapat pada komputer klien yang terhubung melalui internet. 

Hal itu terjadi, sebabkan Web Browser mengirimkan permintaan akan halaman web dan nama domain menerjemahkan alamat menajdi lokasi fisik dan menemukan jalur ke lokasi halaman.

Manfaat Browsing

Berdasarkan penjelasan diatas, dan kegunannya yang begitu besar di era milenial. Maka disadari bahwa browsing memiliki manfaat yang begitu besar bagi peradaban manusia. Adapun manfaat tersebut adalah:
  1. Belajar online dengan browsing.
  2. Menambah ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat.
  3. Dengan browsing, kita bisa mendapatkan file atau dokumen yang kita butuhkan.
  4. Meningkatkan budaya membaca.
  5. Menambah wawasan.

Macam-Macam Contoh Web Browser 

Berdasarkan fungsi dan manfaat web browser yang kini digandrungi dunia dalam peradaban digital, terdapat sejumlah web browser yang terus berdiri dan yang populer digunakan. Adapun jenis-jenis web browser tersebut yakni: 

1. Google Chrome

Sejak diluncurkan pada 2 September 2008, kini lebih dari 50% pengguna internet memilih Chrome sebagai browser sering digunakan. 

Chrome merupakan Google yang sukses menjadi web browser dan menempati posisi pertama sebagai web browser terbaik. 

Berkat kemampuan Chrome yang sangat stabil, cross-platform dan desain yang responsif untuk semua perangkat dan sebagainya. Tidak hanya itu, Chrome sangat mudah untuk didownload dan pengaturan yang sederhana. 

Akan tetapi, tetap saja web browser peringkat pertama ini masih saja memiliki kelemahan diantaranya berat dalam hal penggunaan sumber daya, sehingga untuk RAM yang kecil sangat sulit.

2. Opera

Web browser yang dinilai berkualitas ini memiliki fitur yang tidak dimiliki web browser lainnya. Salah satunya karena fitur Opera Turbo. Fitur ini dengan kelebihan traffic web Anda melalui server Opera sehingga memiliki performa yang lebih cepat.

Hal itu sehingga bermanfaat dalam menggunakan jenis web browser opera sebab untuk daerah terpencil dengan koneksi apa adanya masih dapat digunakan. 

Selain itu, hal ini juga lebih menghemat paket data atau bandwidth Anda. Opera juga lebih aman digunakan ketika Anda mau membuka website sensitif seperti online banking sehingga tak mudah terkena potensi pelanggaran privasi.

Opera pun memiliki mode hemat baterai untuk menjaga laptop Anda menyala lebih lama dan fitur vpn milik Opera memungkinkan Anda membuka beberapa situs web tertentu yang diblokir oleh pemerintah.

Akan tetapi, banyak pengguna web browser ini yang meninggalkan opera. 

3. Microsoft Edge

Dengan hadirnya macam-macam browser yang hadir, perusahaan Microsoft tetap berinovasi untuk mengembangkan browser. Bahkan ia mengatakan bahwa Microsoft Edge adalah browser user friendly yang terintegrasi dengan Windows 10.

Aplikasi modern pada mode tablet Windows 10 dan terhubung dengan Cortana yang efisien dilihat dari usianya saat ini yang mampu mengusir atau menghalau protokol tidak aman seperti ActiveX.

Keuntungann lainnya, Microsoft menjamin pengguna dapat melakukan pencarian dengan cepat, nyaman dan aman karena menggunakan sistem operasi yang terbaru.

4. Mozilla Firefox

Firefox dirilis pada tahun 2004 yang merupakan ‘anak’ dari Mozilla dan kini telah berkembang menjadi browser terpopuler kedua di internet.

Jenis web browser ini menempati posisi ketiga dalam peringkat web browser. Walapun terdapat beberapa pihak menyayangkan hal ini karena kemampuan Mozilla contohnya memisahkan kotak URL dan pencarian.

Akan tetapi, Mozilla mampu mengikuti benchmark tes sampai tahap akhir, namun memang akan sedikit melambat. 

Browsing dan Web Browser - Internet adalah kumpulan jaringan dari komputer yang ada diseluruh dunia.  Diketahui Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking. secara harfiah, pengertian internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP).  Sedangkan menurut para ahli tentang pengertian internet dalam hal ini Lani Sidharta, menyatakan bahwa internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan komputer yang dapat memberikan layanan informasi secara lengkap.  Dan, terbukti bahwa internet dilihat sebagai media maya yang dapat menjadi rekan bisnis, politik, sampai hiburan. Semuanya tersaji lengkap di dalam media ini.  Hasil karya teknologi di dunia ini terus berkembang pesat. Dalam menjelajahi ke berbagai komputer yang terhubung melalui internet salah satunya dibutuhkan perantara dalam hal ini disebut dengan Browser atau web browser.  Pengertian Browsing dan Web Browser: Apa itu?  Pengertian Browsing - Pengertian Browsing adalah istilah dalam dunia komputer jaringan atau internet yang menggambarkan kegiatan pencarian informasi melalui web browser.  Arti browsing sering disamaartikan dengan istilah yang disebut dengan "searching". Hal itu terjadi lantaran kata searching yang berarti 'mencari' yang juga menggambarkan aktifitas pencarian informasi tersebut. Akan tetapi, kedua hal baik browsing dan searching memiliki perbedaan yang begitu jauh. Dalam proses dan penggunannya, searching menggambarkan aktifitas pencarian dengan search engine. Sedangkan untuk browsing merupakan alat dimana search engine itu berjalan. Pengertian Browser - Pengertian Browser atau web browser adalah suatu aplikasi perangkat lunak membuat pengguna  untuk  menayangkan  dan  berinteraksi  baik melalui tulisan, gambar, video, musik dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman Web  di sebuah  situs di World Wide Web atau di jaringan LAN lokal.  Sedangkan pengertian web browser menurut para ahli diantaranya Winarno dan Utomo (2010:31) menyebutkan bahwa arti “web browser adalah alat yang digunakan untuk melihat halaman web“.  Selain itu, fungsi dan juga manfaat Web   browser   suatu aplikasi yang memudahkan untuk mengakses  informasi secara cepat dan mudah yang  diberikan  oleh banyak situs Web dengan cara menjelajahi link tersebut. Dengan memformat informasi  HTML  untuk  di  tayangkan,  oleh  karena  itu  penampakan halaman  Web akan agak berbeda dari satu browser ke browser yang lain. Menurut Connolly (2005) terkait web browser bahwa terdapat banyak informasi pada web disimpan dalam dokumen-dokumen dengan menggunakan bahasa yang disebut dengan HTML dan web broser harus mengerti dan dapat menerjemahkan HTML untuk menampilkan dokumen-dokumen ini. Fungsi Browser  Pada dasarnya, web browser memiliki keuntungan dan kegunaan sebagai mesin pencari dalam membantu masyarakat untuk mengakses informasi di macam-macam laman web.  Jauh dari pada itu, ternyata web browser memiliki jenis-jenis fungsi yang biasa digunakan namun tak diketahui. Berikut fungsi dari web browser...  1. Memastikan Keamanan Suatu Web Umumnya, web browser terdapat proses verifikasi suatu website atau laman yang berfungsi untuk tujuan tidak berbahaya bagi perangkat saat dikunjungi. Salah satunya berguna menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa merusak sistem computer. 2. Membuka Laman Website Fungsi web browser yang utama adalah mengarahkan pengguna untuk alamat website yang dituju sebagai bentuk efektifitas dan efisien dengan mengarahkan kata kunci yang sesuai pada search engine.  3. Mengumpulkan Data Dan Memaksimalkan Tampilan Selain itu, web browser berfungsi dalam mengumpulkan seluruh data pada suatu website bahkan efek yang terdapat didalamnya. Hal itu sehinggalaman web dapat ditampilkan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, web browser juga bisa menampilkan foto, video dan audio pada suatu laman. 4. Mendukung Penggunaan Search Engine Web browser mendukung penggunaan search engine. Hal itu disebabkan lantaran search engine/mesin pencari merupakan bagian dari web browser sehingga dapat mencari data dengan lebih mudah dan lebih cepat. 5. Mendukung Permintaan Data Mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh pengguna dikenal dengan 'requesting supporting data item'. Kebanyakan alamat web di internet dapat diakses dengan menggunakan web browser dan data yang berupa foto atau media lainnya dapat disimpan secara langsung dalam dokumen computer. Menurut Chaudhury (2002) bahwa Web browser berjalan di jenis-jenis platform misalnya UNIX, Windows, dan MAC OS. Pada World Wide Web (WWW), semuanya server tersebut yang berjalan pada platform apapun dapat berinteraksi ke seluruh browser yang terdapat pada komputer klien yang terhubung melalui internet.  Hal itu terjadi, sebabkan Web Browser mengirimkan permintaan akan halaman web dan nama domain menerjemahkan alamat menajdi lokasi fisik dan menemukan jalur ke lokasi halaman. Manfaat Browsing Berdasarkan penjelasan diatas, dan kegunannya yang begitu besar di era milenial. Maka disadari bahwa browsing memiliki manfaat yang begitu besar bagi peradaban manusia. Adapun manfaat tersebut adalah:  Belajar online dengan browsing. Menambah ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat. Dengan browsing, kita bisa mendapatkan file atau dokumen yang kita butuhkan. Meningkatkan budaya membaca. Menambah wawasan. Macam-Macam Contoh Web Browser  Berdasarkan fungsi dan manfaat web browser yang kini digandrungi dunia dalam peradaban digital, terdapat sejumlah web browser yang terus berdiri dan yang populer digunakan. Adapun jenis-jenis web browser tersebut yakni:  1. Google Chrome Sejak diluncurkan pada 2 September 2008, kini lebih dari 50% pengguna internet memilih Chrome sebagai browser sering digunakan.  Chrome merupakan Google yang sukses menjadi web browser dan menempati posisi pertama sebagai web browser terbaik.  Berkat kemampuan Chrome yang sangat stabil, cross-platform dan desain yang responsif untuk semua perangkat dan sebagainya. Tidak hanya itu, Chrome sangat mudah untuk didownload dan pengaturan yang sederhana.  Akan tetapi, tetap saja web browser peringkat pertama ini masih saja memiliki kelemahan diantaranya berat dalam hal penggunaan sumber daya, sehingga untuk RAM yang kecil sangat sulit. 2. Opera Web browser yang dinilai berkualitas ini memiliki fitur yang tidak dimiliki web browser lainnya. Salah satunya karena fitur Opera Turbo. Fitur ini dengan kelebihan traffic web Anda melalui server Opera sehingga memiliki performa yang lebih cepat. Hal itu sehingga bermanfaat dalam menggunakan jenis web browser opera sebab untuk daerah terpencil dengan koneksi apa adanya masih dapat digunakan.  Selain itu, hal ini juga lebih menghemat paket data atau bandwidth Anda. Opera juga lebih aman digunakan ketika Anda mau membuka website sensitif seperti online banking sehingga tak mudah terkena potensi pelanggaran privasi. Opera pun memiliki mode hemat baterai untuk menjaga laptop Anda menyala lebih lama dan fitur vpn milik Opera memungkinkan Anda membuka beberapa situs web tertentu yang diblokir oleh pemerintah. Akan tetapi, banyak pengguna web browser ini yang meninggalkan opera.  3. Microsoft Edge Dengan hadirnya macam-macam browser yang hadir, perusahaan Microsoft tetap berinovasi untuk mengembangkan browser. Bahkan ia mengatakan bahwa Microsoft Edge adalah browser user friendly yang terintegrasi dengan Windows 10. Aplikasi modern pada mode tablet Windows 10 dan terhubung dengan Cortana yang efisien dilihat dari usianya saat ini yang mampu mengusir atau menghalau protokol tidak aman seperti ActiveX. Keuntungann lainnya, Microsoft menjamin pengguna dapat melakukan pencarian dengan cepat, nyaman dan aman karena menggunakan sistem operasi yang terbaru. 4. Mozilla Firefox Firefox dirilis pada tahun 2004 yang merupakan ‘anak’ dari Mozilla dan kini telah berkembang menjadi browser terpopuler kedua di internet. Jenis web browser ini menempati posisi ketiga dalam peringkat web browser. Walapun terdapat beberapa pihak menyayangkan hal ini karena kemampuan Mozilla contohnya memisahkan kotak URL dan pencarian. Akan tetapi, Mozilla mampu mengikuti benchmark tes sampai tahap akhir, namun memang akan sedikit melambat.  Ilustrasi: Pengertian Browsing, Fungsi, Manfaat, & Macam Contoh Web Browser Demikianlah informasi mengenai Pengertian Browsing, Fungsi, Manfaat, & Macam Contoh Web Browser. Semoga informasi demikian dapat menambah cakrawala pengetahuan kita dan memudahkan dalam mengerjakan berbagai tugas sebab informasi ini telah merangkum sejumlah informasi terpisah yang disajikan di sejumlah laman website. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
Ilustrasi: Pengertian Browsing, Fungsi, Manfaat, & Macam Contoh Web Browser

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Browsing, Fungsi, Manfaat, & Macam Contoh Web Browser. Semoga informasi demikian dapat menambah cakrawala pengetahuan kita dan memudahkan dalam mengerjakan berbagai tugas sebab informasi ini telah merangkum sejumlah informasi terpisah yang disajikan di sejumlah laman website. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Browsing, Fungsi, Manfaat, & Macam Contoh Web Browser