l Pengertian Report Text, Fungsi, Contoh, Ciri, Generic Structure & Tujuannya | Artikelsiana

Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Report Text, Fungsi, Contoh, Ciri, Generic Structure & Tujuannya


Advertisement
Advertisement

Pengertian Report Text: Apa itu Report Teks? - Report is a text which present information about something, as it is. It is as a result of systematic observation and analysis. Artinya, report adalah sebuah teks yang berfungsi atau bertujuan untuk menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya.

Hal itu berarti, teks ini merupakan hasil dari pada observasi dan analisis yang dilakukan secara sistematis. Sehingga kesimpulan report text adalah berisi dengan fakta-fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah. 

Istilah akan ‘Report’ yang digunakan berada dalam materi pelatihan ini merujuk pada jenis teks Report yang dijelaskan dalam Kurikulum 2004, dan dipaparkan oleh Gerott dan Wignel (1994).

Report teks juga disebut Report oleh Hammond dkk. (1992) dan juga oleh Hardy dan Klarwein (1990), yang menggolongkannya ke dalam dua jenis yakni Short Report dan Long Report. Sedangkan Derewianka (1990) menyebutnya sebagai Information Report.

Pengertian Report Text: Apa itu Report Text?

Pengertian Report Text - Pengertian Teks report (report text) adalah suatu jenis teks yang menggambarkan/mendeskripsikan suatu bentuk, ciri atau sifat umum (general) benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia atau peristiwa. Teks report atau report text mempunyai bentuk yang serupa dengan descriptive text.

Pada umumnya, siswa mengalami kesulitan dalam membedakan antara kedua jenis teks tersebut. Walaupun serupa dengan Report Text, bukan berarti sama

Teks ini berbeda dengan teks Deskripsi memiliki fungsi dalam memberikan uraian akan suatu benda tertentu dan tidak dimaksudkan untuk menjeneralisasi. Hal itu sehingga jenis teks ini digunakan hampir terdapat dalam keseluruhan mata pelajaran lain, kemampuan membuat dan memahami jenis teks ini merupakan bagian penting dari perkembangan kemampuan literasi di sekolah. 

Perbedaan Report Text dengan Descriptive Text 

Hal itu dapat diketahui dengan merujuk contoh-contoh report text dan juga contoh descriptive text. Selain itu, ada juga rujukan dalam mengetahuinya dengan melihat dari sisi perbedaan maksud apa itu report text dan juga descriptive text.

Perbedaannyanya dimana Report Text menggambarkan bentuk, ciri atau sifat benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia atau peristiwa secara umum (general).

Jadi dalam artian report text tidak fokus pada satu benda melainkan keseluruhan benda yang berada  dalam satu kategori. Contoh report text, sedang membicarakan gajah, maka yang menjadi pembahasan adalah sifat, bentuk, karakter gajah pada umumnya.

Sedangkan untuk pengertian descriptive Text adalah mennggambarkan bentuk, ciri atau sifat benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia atau peristiwa secara khusus (specific) atau lebih dalam. 

Tujuan Report Text

Selain dari pada contoh report text yang membantu untuk mengetahui maksud dari report text juga terdapat beberapa pakar/para ahli menyebutkan ataupun menyampaikan akan gagasannya mengenai tujuan report text. Adapun tujuan report text adalah sebagai berikut: 
  1. Tujuan teks report adalah untuk menyampaikan informasi hasil pengamatan dan analisa yang sistematis
  2. Tujuan report text selain itu, untuk informasi yang dijelaskan dalam report text pada umumnya bersifat umum, baik itu alamiah ataupun juga secara buatan. Contohnya seperti binatang mamalia, transportasi, bebatuan, negara bagian, tumbuh-tumbuhan, planet dan budaya atau sebagainya.

Ciri-Ciri Report Text

Report text merupakan salah satu dari ke-13 jenis teks dalam bahasa Inggris yang menghadirkan informasi. Ciri kebahasan (language feature) dalam report text menggunakan present tense. Dengan kata lain teks report menjelaskan what something is like, something in detail and scientifically, the way things are with reference, what phenomenon under discussion is.

Sebagai suatu cara dalam membedakan dengan jenis teks lainnya adalah dapat dengan merujuk ciri atau karakteristik report text. Adapun ciri-ciri report text adalah
  1. Umumnya menggunakan bahasa ilmiah
  2. Report text didominasi oleh simple present tense.
  3. Judulnya akan terlihat umum, contohnya playing footbal dan bukan Manchester Football Club.
  4. Pada umumnya terdapat gambar atapun data statistik yang didalamnya terdapat diagram ataupun peta sebagai bentuk dalam menyakinkan bahwa hasil penelitiannya dilakukannya secara ilmiah. 

Jenis-Jenis Teks Report (Types of Information Report) 

Adapun macam jenis report teks adalah: 
  1. Reference articles
  2. Lectures
  3. Scientific articles
  4. Textbooks
Sebagai contoh, sisiwa diberikan tugas membuat teks report akan tentang bank, sehingga siswa memerlukan pengamatan dan juga membandingkan sebuah bank dengan bank lainnya yang mempunyai keunggulan yang sama sehingga dapat disebut, siswa bukan menjelaskan satu bank, tapi beberapa bank lainnya sehingga dapat bermanfaat, kelemahan dan keunggulan.

Generic Structure Report Text

Report text hanya mempunya dua jenis atau macam struktur umum atau disebut dengan generic structur. Adapun generic structure antara lain: 
  1. General Clasification. Pengertian general clasification adalah pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan dan klasifikasinya.
  2. Description. arti dari hal tersebut dimana bagian ini pada umumnya penjabaran dari informasi umum tersebut. Contohnya memberikan gambaran akan suatu fenomena-fenomena yang terjadi; baik bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, kebiasan ataupun tingkah lakunya. Atau pada intinya adalah penjabaran dari klasifikasi yang diberikan secara ilmiah. 

Pola Tata Bahasa dalam Report Text

Setiap tulisan mempunyai ciri bahasa tersendiri seperti halnya dengan jenis teks recount text dan narrative text yang kerap mempunyai ciri tata bahasa atau pola bahasa menggunakan simple past.

Pengertian Report Text - Pengertian Teks report (report text) adalah suatu jenis teks yang menggambarkan/mendeskripsikan suatu bentuk, ciri atau sifat umum (general) benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia atau peristiwa. Teks report atau report text mempunyai bentuk yang serupa dengan descriptive text. Hal itu dapat diketahui dengan merujuk contoh-contoh report text dan juga contoh descriptive text. Selain itu, ada juga rujukan dalam mengetahuinya dengan melihat dari sisi perbedaan maksud apa itu report text dan juga descriptive text. Perbedaannyanya dimana Report Text menggambarkan bentuk, ciri atau sifat benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia atau peristiwa secara umum (general). Selain dari pada contoh report text yang membantu untuk mengetahui maksud dari report text juga terdapat beberapa pakar/para ahli menyebutkan ataupun menyampaikan akan gagasannya mengenai tujuan report text. Ciri kebahasan (language feature) dalam report text menggunakan present tense. Dengan kata lain teks report menjelaskan what something is like, something in detail and scientifically, the way things are with reference, what phenomenon under discussion is. Sebagai suatu cara dalam membedakan dengan jenis teks lainnya adalah dapat dengan merujuk ciri atau karakteristik report text. Report text hanya mempunya dua jenis atau macam struktur umum atau disebut dengan generic structur. General Clasification. Pengertian general clasification adalah pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan dan klasifikasinya. Description. arti dari hal tersebut dimana bagian ini pada umumnya penjabaran dari informasi umum tersebut. Contohnya memberikan gambaran akan suatu fenomena-fenomena yang terjadi; baik bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, kebiasan ataupun tingkah lakunya. Atau pada intinya adalah penjabaran dari klasifikasi yang diberikan secara ilmiah.
Ilustrasi: Pengertian Report Text, Fungsi, Tujuan, Ciri, Generic Structure & Contohnya

Selain jenis teks tersebut, juga berlaku dengan report text yang memiliki tata bahasa tersendiri dalam penyusunannya. Demikian ini, mampu untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara membuat report text. Olehnya itu, pola grammar yang umum digunakan dalam teks report diantaranya: 
  1. Use of general nouns, eg hunting dogs, rather than particular nouns, eg our dog;
  2. Use of relating verbs to describe features, eg Molecules are tiny particles;
  3. Some use of action verbs when describing behaviour, eg Emus cannot fly;
  4. Use of timeless present tense to indicate usualness, eg Tropical cyclones always begin over the sea;
  5. Use of technical terms, eg Isobars are lines drawn on a weather map;
  6. Use of paragraphs with topic sentences to organise bundles of information; repeated naming of the topic as the beginning focus of the clause.
Keterangan Pola Tata Bahasa dalam Report Text
  1. General nouns, maksudnya adalah, suatu benda (baik itu hidup atau mati) yang bersifat umum. Coba bandingkan : Hunting dogs >< My dog. Hunting dogs bersifat umum; sedangkan my dog bersifat khusus. 
  2. Relating verbs, dalam grammar disebut juga dengan linking verbs. Seperti to be [is, am, are: present], seem, look, taste dan lain sebagainya. 
  3. Timeless present tense adalah salah satu penanda waktu dalam simple present seperti "often, usually, always" dan lain-lain. 
  4. Technical terms, maksudnya adalah istilah-istilah yang meliputi teks report tersebut. Misalnya tentang "music" maka, istilah-istilah musik harus

Contoh-Contoh Report Text

Telah disebutkan diatas akan ciri, tujuan, fungsi report text dan juga perbedaannya dengan descriptive text. Selain dari pada itu, contoh-contoh report text juga dapat menjadi salah satu patokan dalam memahami penjelasan diatas sehingga dalam mendeksripsikan atau menggambarkan sesuatu dapat sesuai dengan generic structure sebagaimana paparan diatas. Adapun salah satu contoh report text antara lain: 

Telah disebutkan diatas akan ciri, tujuan, fungsi report text dan juga perbedaannya dengan descriptive text. Selain dari pada itu, contoh-contoh report text juga dapat menjadi salah satu patokan dalam memahami penjelasan diatas sehingga dalam mendeksripsikan atau menggambarkan sesuatu dapat sesuai dengan generic structure sebagaimana paparan diatas. A flood is one of natural disaster that caused by an overflow water that submerges land which is usually dry. The European Union (EU) Floods Directive defines a flood as a covering by water of land not normally covered by water.Some floods can occur suddenly and quickly. Others take days or more.


Flood
General Clasification.
A flood is one of natural disaster that caused by an overflow water that submerges land which is usually dry. The European Union (EU) Floods Directive defines a flood as a covering by water of land not normally covered by water.Some floods can occur suddenly and quickly. Others take days or more.
Description.
There are several types of flood. Periodic floods occur naturally on many rivers, forming an area known as the flood plain. These river floods usually result from heavy rain, sometimes combined with melting snow, which causes the rivers to overflow their banks. A flood that rises and falls rapidly with little or no advance warning is called a flash flood.
When floods happen, the water can carry along object. Flooding is very dangerous for human being. It also has great erosive power and can be extremely destructive
Istilah ‘mampu berbahasa Inggris’ berarti dapat menggunakan sejumlah jenis teks yang kerap digunakan di dunia nyata. Oleh sebab itu akan semakin kecil kemungkinan seorang pengajar yang tidak mempunyai kemampuan berbahasa Inggris dapat diberi tanggung jawab dan wewenang untuk mengajar bahasa Inggris. 

Hanya melalui penguasaan yang baik terhadap jenis teks yang diajarkan, sehingga pengajar mampu memberikan bentuk fasilitasi yang memang diperlukan siswa. Untuk itulah maka, pembelajaran akan jenis-jenis teks salah satunya report text memiliki peranan penting sebagai peningkatan dan pembuktian mampu untuk berbahasa inggris. 

Demikianlah informasi mengenai  Pengertian Report Text, Fungsi, Tujuan, Ciri, Generic Structure & Contohnya. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-teman. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Report Text, Fungsi, Contoh, Ciri, Generic Structure & Tujuannya