l Pengertian Fundamental & Arti Analisis Fundamental Dalam Bisnis | Artikelsiana

Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Fundamental & Arti Analisis Fundamental Dalam Bisnis


Advertisement
Advertisement

Pengertian Fundamental - Pengertian Fundamental adalah merujuk pada prinsip menyatakan suatu kebenaran umum atau yang berada dalam realitas. Secara etimologi pengertian Fundamental merupakan kata sifat yang memberikan pengertian “bersifat dasar (pokok), mendasar”. Kata tersebut diderivasi dari kata “fundament” yang berarti “dasar, asas, alas, fondasi”.(Lihat Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990), h. 245). 

Sedangkan jika berbicara mengenai pengertian atau definisi dari Analisis Fundamental adalah metode analisis dalam pasar modal yang didasarkan pada fundamental ekonomi suatu perusahaan. 

Sedangkan jika merujuk pengertian para ahli terkait pengertian Analisis Fundamental menurut Jumayanti (2004:3) adalah analisis yang mempelajari brosur atau data perusahaan, penjualan, kekayaan, pendapatan, produk dan penyerapan pasar, evaluasi manajemen perusahaan, membandingkan dengan pesaingnya dan memperkirakan nilai intrinsik dari saham perusahaan tersebut. 

Tidak hanya itu, pengertian atau definisi dari Analisis Fundamental juga dikemukakan oleh Suad Husnan (2005:307). Menurut Suad Husnan bahwa pengertian Analisis Fundamental adalah mencoba memperkirakan harga saham di masa yang akan datang dengan 
  • Mengestimasi nilai faktor-faktor fundamental yang mempegaruhi harga saham di masa yang akan datang, dan 
  • Menerapkan hubungan variabel-variabel tersebut sehingga diperoleh taksiran harga saham. Model ini kerap disebut dengan nama Share price forecasting model, dan sering difungsikan dalam sejumlah pelatihan analisis sekuritas.
Menurut Darmadji (2012: 149) bahwa pengertian Analisis fundamental merupakan salah satu cara untuk melakukan penilaian saham dengan mempelajari atau mengamati berbagai indikator yang terkait dengan kondisi makro ekonomi dan kondisi industri suatu perusahaan hingga berbagai indikator keuangan dan manajemen perusahaan. 

Sedangkan menurut Husnan (2003:303) definisi dari Analisis fundamental adalah analisis memperkirakan harga saham di masa yang akan datang dengan mengestimasi nilai faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi harga saham di masa yang akan datang dan menerapkan hubungan variabel-variabel tersebut sehingga diperoleh taksiran harga saham. 

Sehingga berdasarkan dua teori yang disebut diatas, maka dapat ditarik kesimpulan akan pengertian analisis fundamental. Adapun pengertian analisis fundamental adalah analisis yang difungsikan untuk memperkirakan harga saham di masa yang akan datang dengan mempertimbangkan faktor internal dan faktor eksternal sehingga mampu memperoleh taksiran harga saham. 

Faktor-Faktor Fundamental 

Pada umumnya, faktor-faktor fundamental yang kerap diteliti adalah nilai instrinsik, nilai pasar Return On Asset (ROA), Return On Investment (ROI), Return On Equity (ROE), Book Value (BV), Debt Equity Ratio (DER), Deviden Earning, Price Earning Ration (PER), Dividen Payout Ratio (DPR), Dividen Yield dan Likuiditas Saham. 

Sehingga dalam melakukan analisis terhadap suatu perusahaan, investor pada umumnya harus berdasarkan pada suatu kerangka pikirnya. 

Hal itu dibagi dalam dua komponen utama dalam analisis fundamental diantaranya Earning per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) perusahaan. 

Hal yang menjadi alasan dasar mengapa mesti menggunakan dua komponen demikian. Lantaran kedua komponen tersebut difungsikan untuk mengstimasi nilai intrinsik suatu saham. 


Demikianlah informasi mengenai Pengertian Fundamental & Arti Analisis Fundamental Dalam Bisnis. Semoga informasi ini dapat menambah ilmu pengetahuan kita dan membuka cakrawala berpikir. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Fundamental & Arti Analisis Fundamental Dalam Bisnis